6/09/2018

Ingin Mudik atau Bepergian Dengan Bayi? Jangan Lupa Persiapkan Ini

Mudik atau bepergian dengan bayi memang tidak segampang yang kita pikirkan. Banyak yang harus dipersiapkan sebelum kita memulai perjalanan bersama bayi. Beberapa hal seperti perlengkapan bayi dan juga makanan bayi harus diperhatikan sebelum mulai bepergian bersama bayi. Agar perjalanan bersama bayi terasa menyenangkan dan aman, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Bunda perhatikan

 Seringkali kita melihat orang tua yang membawa anaknya ketika bepergian. Baik yang masih bayi atau yang sudah berusia 5 tahun ke atas. Pemandangan seperti ini sangat umum kita jumpai ketika kita bepergian atau pulang kampung misalnya.

Bagi ibu baru, bepergian bersama bayi mukanlah hal yang mudah dilakukan. Kebanyakan dari mereka merasa takut terlebih dahulu ketika hendak bepergian bersama bayi. Hal demikian terkadang juga terjadi kepada ibu yang telah memiliki 2-5 anak dan pernah melakukan bepergian bersama bayi.

Padahal, bila kita bisa mempersiapkan semuanya dengan baik, bepergian bersama bisa terasa menyenangkan, bahkan terkadang pengalaman ini akan terasa sangat berkesan.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Bepergian dengan Bayi

Ketika kondisi bayi sedang sehat, melakukan bepergian dengan bayi pada dasarnya sudah bisa dilakukan. Bahkan, saat ini beberapa maskapai penerbangan juga sudah memperbolehkan bayi yang baru lahir juga ikut dibawa menaiki pesawat. Syaratnya, minimal 2 hari setelah bayi dilahirkan.

Akan tetapi, membawa bayi yang belum genap seminggu untuk bepergian memerlukan persiapan ekstra karena kondisi fisik dan ketahanan tubuh bayi yang masih rentan terhadap virus dan bakteri.

Bila memang terpaksa harus bepergian dengan membawa bayi, beberapa hal yang harus dibawa yaitu:
  1. Gendongan bayi, sudah tentu perlengkapan yang satu ini tidak akan pernah ketinggalan. Karena memang benda yang satu ini adalah benda yang sering kita gunakan.
  2. Baju ganti, sebaiknya pilihlah baju ganti yang benar-benar nyaman. Usahakan untuk selalu menyesuaikan dengan kondisi sekitar.
  3. Siapkan popok ganti lebih banyak
  4. Jangan lupa membawa tisu basah untuk membersihkan bokong bayi saat bayi buang air besar.
  5. Handuk bayi yang lembut
  6. Obat-obatan sebagai antisipasi. Bawalah obat-obatan yang memang diperlukan bayi.
  7. Bantal yang empuk dan nyaman,
  8. Mainan bila sewaktu-waktu bayi Anda merasa bosan dalam perjalanan
  9. Makanan ringan  
  10. ASI perah yang sudah siap di dalam botol-botol. Saat membawa ASI perah, usahakan untuk menyimpannya dengan baik dan benar agar asi tidak cepat basi (baca: tanda asi basi).
  11. Susu formula bila bayi Anda tidak meminum asi secara eksklusif.
  12. Alas atau perlak
Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa kondisi bayi benar-benar sedang fit sebelum perjalanan dimulai.


Loading...

Artikel Menarik Lainnya