6/27/2018

Daftar Buah yang Bisa Membantu Anda Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat

Daftar Buah Penurun Kolesterol 

 

Buah Penurun Kolesterol - Kolesterol adalah lilin, seperti lemak, yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh.Banyak orang memandang negatif kolesterol. Banyak dari mereka menganggap bahwa kolesterol adalah biangnya obesitas. Padahal, keberadaan kolesterol dalam tubuh juga dibutuhkan oleh tubuh.

Di dalam tubuh, kolesterol dibutuhkan untuk membentuk beberapa hormon seperti hormon testosteron, kortisol, dan estrogen, vitamin D, dan asam empedu yang berguna untuk mencerna lemak dari makanan yang kita makan.

Timbunan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda berasal dari makanan yang Anda makan. Jadi jangan salahkan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda, tapi salahkan pola hidup Anda yang tidak sehat.

Kolesterol dibedakan menjadi dua macam yaitu:
1. Low density lipoprotein (LDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Penumpukan LDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

2. High density lipoprotein (HDL) yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. HDL membawa kolesterol dari bagian tubuh lain kembali ke hati. Kemudian oleh hati, zat ini akan dipecah dan dihilangkan dari tubuh. Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah Anda dari penyakit kronis.

Bila Anda sudah mengetahui sekilat mengenai kolesterol, dan Anda ingin mengurangi timbunan kolesterol dalam tubuh Anda, saya sarankan mulai dari sekarang konsumsilah makanan yang mengandung HDL tinggi dan hindari makanan yang banyak mengandung LDL seperti gorengan.

Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, namun bila jumlah kolesterol dalam tubuh jumlahnya berlebih juga akan membuat pembuluh darah Anda tersumbat karena timbunan lemak.

Untuk menghindari kondisi seperti itu, mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi sangat dianjurkan. Agar resiko penyumbatan pembuluh darah yang berujung stroke dapat dicegah sejak dini.

Memenuhi serat tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beraneka jenis buah. Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL, yang membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Nah, apa saja buah penurun kolesterol yang wajib dikonsumsi rutin?

1. Apel 

Apel, merupakan salah satu buah yang mengandung banyak pektin, khususnya pada bagian kulit apel. Pektin sendiri merupakan suatu zat yang atau serat yang mudah larut dalam air adn terbilang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol.

cara kerja pektin alam emenurunkan kolesterol dalam tubuh adalah dengan cara menyerap lemak dan juga kolesterol melalui usus halus yang kemudian dibawa keluar tubuh melalui urin dan fases.

Selain pektin, apel juga memiliki kandungan vitamin dan antioksidan polifenol yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut dapat digunakan untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Dan bagi anda yang sedang menjalani program diet, apel juga dapat digunakan sebagai buah penangkal lapar karena apel memberikan rasa kenyang yang lebih lama saat anda memakannya. Hal ini sangat cocok dikonsumsi bagi Ana yang sedang menjalani program diet.

2. Alpukat 

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung lemak baik. Lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat terbilang paling dominan daripada buah-buah yang lainnya. Mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggu secara teratur akan dapat menjaga kesehatan jantung Anda agar terhindar dari serangan jantung mendadak.

Selain lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serat dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi 1 buah alpukat per hari, Anda bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama — bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi — dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

3. Pir 

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun.

4. Berries (strawberry, blueberry, cranberry) 

Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL. Pada penelitian milik Erlund et al dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Pada penelitian Basu et al dengan subjek 16 wanita, asupan rutin dari buah berry menurunkan kolestrol LDL dalam 4 minggu. Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh.

5. Anggur 

Sama dengan buah yang lainnya, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Penelitian menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah. Itu sebabnya anggur menjadi camilan yang sangat baik untuk orang-orang yang memiliki aterosklerosis koroner. Antioksidan quercetin yang hadir dalam anggur juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

6. Pepaya 

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

7. Jambu biji 

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji pun dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sementara menaikkan kadar kolesterol baik HDL yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan di Malaysia selama 9 minggu menunjukan bahwa asupan buah jambu biji sebanyak 400 gram per hari meningkatkan total kolestrol HDL dalam darah dan kadar antioksidan di dalam tubuh.

8. Jeruk 

Jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah penurun kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker kanker payudara dan kanker usus. Manfaat jeruk sebagai antikanker ini dilaporkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2007 silam. Jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Yuk, mulai biasakan rajin makan buah setidaknya 2-3 porsi dalam sehari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya