5/30/2018

Bahaya Tidur Setelah Sahur yang Harus Kamu Ketahui!

Bagi orang islam, melakukan santap sahur ketika bulan Suci Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang memberikan banyak pahala. Pada bulan Ramadhan, tidak hanya orang dewasa saja yang melakukan sahur, tetapi anak-anak juga ikut-ikutan makan sahur ketika melihat anggota keluarganya sedang asyik makan sahur.

Akan tetapi, dibalik itu semua, ada kebiasaan buruk yang mengundang gangguan kesehatan bila tidak segera ditinggalkan.

Makan sahur yang pada umumnya dilakukan pukul 3-4 dini hari itu adalah waktu-waktu yang sangat enak digunakan untuk tidru. Bahkan, beberapa diantara mereka ada yang melanjutkan tidur selepas sahur tanpa membersihkan mulut terlebih dahulu. Selain akan menimbulkan bau mulut saat puasa di siang hari, juga akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan.

Larangan melanjutkan tidur setelah sahur disebabkan karena proses pencernaan makanan sedang berlangsung. Di bawah ini firdaus45.com merangkum beberapa alasan medis mengapa kita tidak dianjurkan tidur setelah makan sahur.


Bahaya Tidur setelah Makan Sahur Terhadap Kesehatan Tubuh

1. Memicu Penambahan Berat Badan
Walaupun puasa merupakan ibadah yang menghalangi seseorang untuk makan dan minum di siang hari, namun tak jarang seseorang malah mengalami kenaikan berat badan di bulan Ramadhan. Pola hidup tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak terkontrol disertai dengan tidur secara berlebihan merupakan penyebab utama obesitas di bulan ramadhan.

Penekanan utama tentu terletak setelah mengonsumsi menu sahur, dimana kita baru memberikan asupan makanan pada pencernaan. Bahkan, saat kita cenderung mengkonsumsi makanan berlemak, maka akan memperburuk keadaan tubuh.

2. Kinerja lambung akan terganggu
Lambung memerlukan waktu yang cukup untuk mencerna makanan dengan baik. Sehingga dapat dikatakan bila seseorang tidur setelah makan, akan berdampak pada pengolahan makanan yang sedang berlangsung tidak bekerja secara sempurna.

Makanan yang tidak dicerna secara sempurna akan berakibat pada produksi gas racun ‘amonia’ semakin meningkat. Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati, rasa tidak nyaman dan rasa panas pada bagian tenggorokan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Hindari tidur setelah makan! jika tetap memaksakan, pastikan untuk melakukannya sekitar 1-2 jam setelah makan. Termasuk dengan sahur, kerjakan setelah melakukan aktivitas shalat subuh di mesjid.

3. Memicu Terjadinya refluks
Tidur setelah makan sahur juga dapat menyebabkan refluks. Sebuah kelainan yang dapat menimbulkan rasa terbakar pada dada dan selanjutnya menjalar ke tenggorokan. Kondisi ini timbul akibat pelemahan katup yang terdapat diantara lambung dan kerongkongan.

Hindari mengkonsumsi cemilan dan makanan berat saat ingin tidur. Namun karena ini merupakan sahur yang berguna untuk ketahanan tubuh, maka menghindari tidur setelah sahur adalah pilihan terbaik.

4. Memicu rasa malas
Tidur setelah makan sahur dapat berdampak pada hilangnya semangat dan mood untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu juga berdampak pada wajah terlihat lebih pucat hingga segala rutininitas apapun yang akan dikerjakan ikut terganggu.

Selain rasa malas, tidur setelah makan sahur dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena serebrospinal bergerak ke arah otak yang mengganggu aktivitas di kepala. Selain itu, setelah bangun dari tidur berdampak pada leher akan terasa kaku dan sakit.

5. Mengundang penyakit stroke
Banyak penelitian yang mengungkap, tidur setelah makan akan berisiko terhadap pertumbuhan penyakit stroke. Sebuah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh hal-hal sepele termasuk di antaranya tidur setelah makan.

Baca juga: Mencegah stroke

Agar terhindar dari penyakit ini, hindari segala hal yang dapat memicunya. Termasuk tidur setelah makan sahur.

6. Meningkatkan bakteri jahat
Makanan yang tidak dicerna dengan sempurna juga dapat menimbulkan bakteri anaerob. Bakteri yang memiliki sifat asam sehingga memicu asam lambung semakin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan Anda terkena penyakit maag.

7. Menimbulkan serangan jantung
Dampak lain dari tidur setelah sahur adalah kalori dalam tubuh tidak terbakar secara cepat. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat, yang juga dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa tidur setelah makan sahur merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mengatur pola makan saat ramadhan hingga mengindari beberapa pemicu yang membahayakan tubuh merupakan hal wajib dilakukan.

Artikel Menarik Lainnya