Bahaya Tidur Setelah Sahur yang Harus Kamu Ketahui!

Bahaya Tidur Setelah Sahur yang Harus Kamu Ketahui!

Bagi orang islam, melakukan santap sahur ketika bulan Suci Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang memberikan banyak pahala. Pada bulan Ramadhan, tidak hanya orang dewasa saja yang melakukan sahur, tetapi anak-anak juga ikut-ikutan makan sahur ketika melihat anggota keluarganya sedang asyik makan sahur.

Akan tetapi, dibalik itu semua, ada kebiasaan buruk yang mengundang gangguan kesehatan bila tidak segera ditinggalkan.

Makan sahur yang pada umumnya dilakukan pukul 3-4 dini hari itu adalah waktu-waktu yang sangat enak digunakan untuk tidru. Bahkan, beberapa diantara mereka ada yang melanjutkan tidur selepas sahur tanpa membersihkan mulut terlebih dahulu. Selain akan menimbulkan bau mulut saat puasa di siang hari, juga akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan.

Larangan melanjutkan tidur setelah sahur disebabkan karena proses pencernaan makanan sedang berlangsung. Di bawah ini firdaus45.com merangkum beberapa alasan medis mengapa kita tidak dianjurkan tidur setelah makan sahur.


Bahaya Tidur setelah Makan Sahur Terhadap Kesehatan Tubuh

1. Memicu Penambahan Berat Badan
Walaupun puasa merupakan ibadah yang menghalangi seseorang untuk makan dan minum di siang hari, namun tak jarang seseorang malah mengalami kenaikan berat badan di bulan Ramadhan. Pola hidup tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak terkontrol disertai dengan tidur secara berlebihan merupakan penyebab utama obesitas di bulan ramadhan.

Penekanan utama tentu terletak setelah mengonsumsi menu sahur, dimana kita baru memberikan asupan makanan pada pencernaan. Bahkan, saat kita cenderung mengkonsumsi makanan berlemak, maka akan memperburuk keadaan tubuh.

2. Kinerja lambung akan terganggu
Lambung memerlukan waktu yang cukup untuk mencerna makanan dengan baik. Sehingga dapat dikatakan bila seseorang tidur setelah makan, akan berdampak pada pengolahan makanan yang sedang berlangsung tidak bekerja secara sempurna.

Makanan yang tidak dicerna secara sempurna akan berakibat pada produksi gas racun ‘amonia’ semakin meningkat. Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati, rasa tidak nyaman dan rasa panas pada bagian tenggorokan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Hindari tidur setelah makan! jika tetap memaksakan, pastikan untuk melakukannya sekitar 1-2 jam setelah makan. Termasuk dengan sahur, kerjakan setelah melakukan aktivitas shalat subuh di mesjid.

3. Memicu Terjadinya refluks
Tidur setelah sahur juga dapat menyebabkan refluks. Sebuah kelainan yang dapat menimbulkan rasa terbakar pada dada dan selanjutnya menjalar ke tenggorokan. Kondisi ini timbul akibat pelemahan katup yang terdapat diantara lambung dan kerongkongan.

Hindari mengkonsumsi cemilan dan makanan berat saat ingin tidur. Namun karena ini merupakan sahur yang berguna untuk ketahanan tubuh, maka menghindari tidur setelah sahur adalah pilihan terbaik.

4. Memicu rasa malas
Tidur setelah makan sahur dapat berdampak pada hilangnya semangat dan mood untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu juga berdampak pada wajah terlihat lebih pucat hingga segala rutininitas apapun yang akan dikerjakan ikut terganggu.

Selain rasa malas, tidur setelah makan sahur dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena serebrospinal bergerak ke arah otak yang mengganggu aktivitas di kepala. Selain itu, setelah bangun dari tidur berdampak pada leher akan terasa kaku dan sakit.

5. Mengundang penyakit stroke
Banyak penelitian yang mengungkap, tidur setelah makan akan berisiko terhadap pertumbuhan penyakit stroke. Sebuah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh hal-hal sepele termasuk di antaranya tidur setelah makan.

Baca juga: Mencegah stroke

Agar terhindar dari penyakit ini, hindari segala hal yang dapat memicunya. Termasuk tidur setelah makan sahur.

6. Meningkatkan bakteri jahat
Makanan yang tidak dicerna dengan sempurna juga dapat menimbulkan bakteri anaerob. Bakteri yang memiliki sifat asam sehingga memicu asam lambung semakin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan Anda terkena penyakit maag.

7. Menimbulkan serangan jantung
Dampak lain dari tidur setelah sahur adalah kalori dalam tubuh tidak terbakar secara cepat. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat, yang juga dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa tidur setelah makan sahur merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mengatur pola makan saat ramadhan hingga mengindari beberapa pemicu yang membahayakan tubuh merupakan hal wajib dilakukan.
25 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

25 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Teh Hijau

Pada dasarnya, baik teh hijau maupun teh hitam berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia Sinensi. Yang membedakan antara keduanya adalah cara pengolahannya. Bila teh hitam diolah dengan cara fermentasi, yang dapat mengurangi senyawa antioksidan secara drasti dalam kandungan dauh teh itu sendiri. Sedangkan teh hijau diolah dengan cara dikukus. Mengolah teh dengan cara pengukusan dipercaya akan dapat mempertahankan kandungan katekin yang terdapat di dalam daun teh.

Saat ini, banyak sekali podusen minumen teh yang memproduksi teh hijau seperti kepala jenggot, sariwangi, tong tji, cap botol, mustika ratu, dan masih banyak lagi produsen teh yang memproduksi produk serupa.

Sekedar mengingatkan kembali bahwa katekin adalah senyaawa yang termasuk dalam golongan metabolit sekunder dan juga flavonoid. Bila masuk ke dalam tubuh seseorang, senyawa ini dapat menjadi antioksidan alami hal ini disebabkan karena gugus fenol yang dimilikinya. (wikipedia)

Selain katekin, teh hijau juga memiliki kandungan kafein meskipun tidak sebanyak jumlahnya jika dibandingkan dengan kopi. Jadi bila dikonsumsi tidak akan menimbulkan efek tertentu seperti kecanduan misalnya.

Berbeda dengan kopi yang memiliki kandungan kafein sangat tinggi. Sehingga bila kita berlebihan dalam mengkonsumsinya, maka akan berdampak pada gangguan kesehatan tubuh. Jadi sebaiknya batasilah konsumsi kafein harian Anda.

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat teh hijau bagi kesehatan kita.

1. Sehat Untuk Perut

Kandungan di dalam teh hijau mampu untuk melawan berbagai bakteri jahat, selain itu dapat mencegah timbulnya penyakit perut. Salah satu penyebab sakit perut adalah keracunan makanan, maka kandungan di dalam teh hijau mampu melawan zat-zat racun yang merusak tubuh.

Minum teh hijau membuat perut dan pencernaan menjadi lebih sehat dan nyaman. Minum teh hijau bisa membuat Anda jarang masuk angin. Saat musim dingin, Anda tidak mudah terserang flu dan virus lainnya.

Dari laman Medicalnewstoday.com. Sebuah studi sudah menemukan adanya manfaat dari teh hijau pada penurunan resiko kanker perut. Selain itu penelitian juga menemukan manfaat teh hijau untuk penurunan resiko kanker payudara, kanker usus, paru-paru, prostat, dan lainnya.

Dari laman Authoritynutrition.com, beberapa penelitian menunjukkan hasil bahwa teh hijau mampu untuk megurangi lemak berlebih di dalam tubuh, terutama di bagian perut.

Sebuah studi melakukan uji coba pada 240 pria dan wanita, penelitian berjalan selama 12 minggu. Hasinya, ternyata orang-orang yang diberikan asupan teh hijau mengalami penurunan berat badan yang cukup memuaskan, bahwa adanya penurunan lemak tubuh dan lingkar pinggang bisa lebih mengecil.

2. Baik Untuk Tekanan Darah

Kopi mengandung kafein tinggi, dimana kafein merupakan zat yang perlu dihindari oleh mereka yang mengalami masalah tekanan darah tinggi. Adapun teh hijau hanya memiliki sedikit kandungan zat kafein, sehingga tidak memberikan dampak buruk pada tekanan darah.

Dari laman Lifehack.org, bahwa konsumsi rutin teh hijau diduga mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, mengingat teh hijau rendah kafein dan tinggi antioksidan.

Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah stres dan depresi, hal ini sangat penting untuk mencegah seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Sudah umum diketahui bahwa marah-marah, rasa stres dan depresi bisa menimbulkan peningkatan tekanan darah.

Theanine adalah jenis asam amino alami yang terkandung di dalam minuman teh hijau, manfaatnya diperkirakan dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang sangat serius. Di dalam teh hijau terkandung senyawa tanin yang berkhasiat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Senyawa tanin ini bekerja untuk melawan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Keberadaan LDL bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan plak di arteri, yang akhirnya akan menimbulkan masalah penyumbatan di arteri sehingga sangat berbahaya.

Pada studi ilmiah menunjukkan bahwa kandungan zat katekin yang ada di dalam teh hijau bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus, sehingga dampak buruk dari mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol bisa diminimalisir.

Untuk menghindari masalah kolesterol tinggi, maka Anda harus membatasi segala bentuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi, kemudian juga lakukan secara rutin konsumsi teh hijau yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.

Dari laman Authoritynutrition.com, bahwa teh hijau telah terbukti mampu menurunkan kolesterol LDL, serta mmeproteksi partikel LDL dari masalah oksidasi yang berbahaya.

Studi observasional telah menemukan, bahwa peminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah dari terkena kolesterol tinggi. Masalah kolesterol tinggi nantinya bisa berimplikasi pada penyakit jantung.

Dari laman Medicalnewstoday.com, sebuah analisis dari penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, menunjukan bahwa konsumsi teh hijau, baik itu dalam bentuk minuman maupun kapsul, mampu secara signifikan untuk pengurangan kadar kolesterol total dan LDL di dalam tubuh.

4. Turunkan Risiko Stroke

Teh hijau diklaim mampu menurunkan risiko penyakit stroke sebesar 20 persen, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Heart Association, menemukan bahwa teh hijau bermanfaat untk mencegah stroke.

Hasil tersebut diperoleh setelah para peneliti melakukan pengamatan pada 83.269 orang dewasa di negara Jepang, rentang usia mereka adalah 45 hingga 74 tahun.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum dua sampai tiga cangkir teh hijau dalam sehari mengalami penurunan risiko stroke sebesar 14 persen. Adapun mereka yang minum hingga empat cangkir teh hijau mengalami penurunan resiko sebesar 20 persen.

Disisi lainnya, peneliti juga menemukan bahwa orang-orang yang lebih memillih konsumsi teh hijau akan lebih suka berolahraga daripada orang-orang yang lebih memilih konsumsi kopi.

Dr. Yoshihiro Kokubo mengatakan dalam sebuah siaran pers. "Anda bisa membuat perubahan gaya hidup kecil tapi bermanfaat penting untuk membantu menurunkan risiko stroke, yaitu dengan minum teh hijau setiap hari.

Dr. Yoshihiro Kokubo adalah seorang dokter kepala di departemen kardiologi preventif di National Cerebral and Cardiovascular Center, kota Osaka, Jepang.

5. Mencegah Diabetes

Teh hijau bermanfaat besar dalam mengontrol masalah diabetes tipe II agar tidak menyebabkan hal-hal yang sangat membahayakan.

Di dalam teh hijau terkandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya sekresi enzim berupa alpha-glucosidase, guna mencegah penyerapan glukosa dalam darah yang berlebihan.

Hal ini membuat tidak terlalu banyak insulin yang dipakai dalam menjaga glukosa dalam darah, sehingga tubuh tercegah dari masalah kekurangan insulin yang bisa memicu diabetes. Mengonsumsi teh hijau berkhasiat untuk menormalkan kadar glukosa di dalam tubuh.

Baca juga: Efek samping suntikan insulin

Dari laman Medicalnewstoday.com, ada beberapa studi yang menemukan adanya keterkaitan antara teh hijau dengan penurunan resiko diabetes. Dimana penelitian telah menunjukkan manfaat penurunan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Namun, sebagian penelitian justru ada yang menemukan bahwa minum teh hijau tidak mampu secara signifikan untuk menurunan resiko diabetes.

Menurut laman Lifehack.org, teh hijau mampu membantu mengatur kadar glukosa yang bertujuan untuk memperlambat kenaikan gula darah setelah konsumsi makanan.

Adapun menurut laman Authoritynutrition.com, ada studi yang telah menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. Studi yang dilakukan pada orang-orang di Jepang, menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah terkena diabetes tipe II.

Menurut review dari 7 buah studi yang pernah dilakukan, dengan jumlah peserta 286.701 orang, menemukan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko 18% lebih rendah terkena diabetes.

6 . Mencegah Arthritis

Konsumsi teh hijau bisa berkhasiat untuk mencegah rheumatoid arthritis, hal ini berguna untuk mencegah timbulnya penyakit rematik. Kandungan di dalam teh hijau berfungsi untuk mencegah timbulnya enzim kemokin yang merusak tulang.

Enzim kemokin menyebabkan timbulnya peradangan dalam tubuh, yang merusak fleksibilitas tulang rawan, yang akhirnya memicu penyakit rematik atau arthritis.

Dengan begitu, konsumsi teh hijau bermanfaat secara umum untuk melindungi organ tulang rawan.

Dari laman Medicalnewstoday.com, bahwa penelitian telah menemukan bahwa teh hijau membantu dalam mengatasi masalah arthritis dengan cara mengurangi peradangan, mencegah gigi berlubang dan mengobati masalah pada kulit.

7. Mecegah Kanker Prostat

Kandungan antioksidan pada teh hijau dinilai memiliki peran yang vital dalam menyehatkan sel-sel tubuh, sehingga dapat menghindari resiko kanker.

Munculnya kanker, salah satu pemicunya karena sering mengonsumsi makanan yang di didalamnya terkandung zat kimia yang kurang sehat, sehingga membahayakan tubuh.

Teh hijau bisa mencegah kanker prostat, dimana jenis kanker ini menjadi ancaman untuk kaum pria. Untuk mencegah resiko kanker prostat maka para pria hendaknya secara teratur mengonsumsi teh hijau.

Dari laman Authoritynutrition.com, Studi telah menemukan bahwa pria yang rutin mengonsumsi teh hijau setiap hari, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker prostat sebesar 48% dibandingkan pria yang tidak minum teh hijau. Prostat dinilai kanker yang paling umum pada kaum pria.

Dari laman Nutritionsecrets.com, Dr Katherine kru, seorang asisten profesor kedokteran dan epidemiologi di Columbia University, melakukan penelitian pada pria mengenai kanker prostat. Hasil penelitiannya menemukan bahwa peminum teh hijau memiliki resiko kanker prostat yang lebih rendah, yang hal ini juga terkait dengan pertumbuhan tumor prostat.

8. Mencegah Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang menyerang pada bagian usus besar (kolon) atau rektum. Biasanya, jenis kanker ini berawal dari adanya polip yang tumbuh dan berkembang di bagian dinding permukaan yang ada di dalam usus besar dan rektum.

Gejala kanker kolorektal yaitu:
  • Rasa mual, muntah.
  • Tubuh terasa lemas.
  • Sakit pada bagian perut.
  • Diare.
  • Mengalami masalah BAB seperti tidak bisa tuntas.
  • Kotoran / tinja terdapat lendir.
  • Ada sedikit darah pada kotoran.
Penyebab seseorang terkena kanker kolorektal karena sering mengonsumsi minuman berlakohol, malas berolahraga, merokok, jarang makan-makanan yang kaya serat dan tubuh gemuk.

Sebuah studi yang melakukan analisa pada 69710 orang wanita di China, yang mereka semua berusia antara 40 sampai 70 tahun. Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau mengalami penurunan resiko kanker kolorektal sebesar 57% l dibandingkan wanita yang tidak minum teh hijau.

Sebuah Studi yang menyatakan bahwa teh hijau mampu melawan kanker kolorektal atau kolon. Teh hijau yang mengalami beberapa proses mempunyai kandungan polifenol yang lebih tinggi dibandingkan teh hitam.

Penelitian ini menggunakan obyek tikus, Orner dan rekannya yang meneliti tentang hubungan teh hijau dengan anti kanker kolon. Penelitian Orner yang memakai obyek tikus yang mengalami tumor diususnya.

Setelah 12 minggu dilakukan pengobatan, dimana obyek tikus yang diberikan teh hijau maupun dan teh putih mengalami penyembuhan tumor lebih baik secara signifikan dibandingkan tikus yang tidak diberikan teh hijau.

Orner mengatakan: "...minuman ini (teh hijau) banyak dikonsumsi mungkin sangat berguna dalam pencegahan kanker usus pada individu predisposisi genetik.”

Disarankan agar bisa mendapatkan manfaat berupa usus yang sehat dan terhindar dari yang namanya kanker kolon maka minum teh hijau maupun teh putih sebanyak tiga cangkir teh dalam setiap harinya.

9. Mencegah Kanker Payudara

Ini adalah jenis kanker yang mengkhawatirkan banyak wanita, teh hijau dinyatakan mampu bermanfaat untuk mencegah timbulnya kanker payudaya yang sangat berbahaya.

Dari laman Authoritynutrition.com, terdapat sebuah studi analisis observasional yang menemukan bahwa para wanita yang rutin megonsumsi teh hijau mengalami resiko lebih rendah terkena kanker payudara sebesar 22% dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

Baca juga:
  1. Bejolan payudara yang harus diwaspadai 
  2. Cara Mendeteksi Tumor Payudara Sendir (SADARI) 
  3. Mencegah Kanker Payudara

10 . Mencegah Kanker Kulit

Senyawa polifenol (jenis antioksidan) dan lainnya yang terkandung di dalam teh hijau mampu berfungsi untuk menghambat kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet dan zat karsinogen.

Polifenol juga berfungsi untuk menghambat perkembangan VEGF dan HGF, yang keduanya dikenal merupakan zat berbahaya di dalam tubuh yang menyebabkan resiko perkembangan sel tumor berbahaya.

11. Meningkatkan Memori

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau bermanfaat untuk meningkatkan memori dan kesadaran spasial, hal ini berdasarkan sebuah laporan baru yang diterbitkan di Molecular Nutrition & Food Research. Yun Bai, dari Third Military Medical University di Chongqing, Cina mengatakan:

"Teh hijau adalah minuman terkenal di dunia. Ada banyak penelitian ilmiah tentang manfaat penggunaannya untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular, tapi sekarang juga muncul bukti bahwa sifat kandungan di dalamnya bisa bermanfaat pada mekanisme seluler di otak."

Para ahli dalam studi ini melakukan penelitian pada EGCG (epigallocatechin-3 gallate), sebuah kandungan zat di dalam teh hijau . Walaupun EGCG adalah antioksidan, para peneliti menyatakan bahwa manfaatnya juga bisa mencegah penyakit degeneratif yang muncul terkait dengan usia

Yun Bai melanjutkan. "Kami mengira bahwa EGCG mampu untuk meningkatkan fungsi kognitif dengan mempengaruhi generasi sel neuron, suatu proses yang dikenal sebagai neurogenesis. Fokus penelitian kami adalah pada hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang berfungsi untuk memproses informasi dari jangka pendek ke jangka panjang ingatan."

Hasilnya, ditemukan kandungan zat ECGC mampu bekerja untuk meningkatkan proses produksi sel saraf progenitor di dalam tubuh.

Penelitian dengan memakai obyek tikus guna mencari tahu tentang manfaat konsumsi teh hijau untuk meingkatkan produksi sel, guna meningkatkan kemampuan ingatan.

Dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa zat EGCG yang terkandng di dalam teh hijau mampu meningkatkan memori otak, serta meningkatkan kemampuan belajar.

Baca juga: Cara meningkatkan daya ingat

Bai mengatakaan: "Penelitian menunjukkan bahwa zat EGCG mampu bekerja untuk meningkatkan produksi sel-sel saraf progenitor, baik dalam tes kaca dan pada tikus. Hal ini membantu kita untuk memahami potensi dari EGCG ini, dan teh hijau yang mengandung itu. Sehingga bermanfaat untuk membantu mengatasi permasalahan penyakit degeneratif tempur dan hilang ingatan."

12. Mengurangi Stres dan Depresi

Kondisi emosional jiwa yang tidak stabil menyababkan munculnya stres dan depresi, kondisi ini bisa menjadi masalah yang serius. Konsumsi teh hijau bisa membantu Anda untuk lebih rileks, sehingga tercegah dari yang namanya stres dan depresi berkepanjangan.


Penelitian oleh pihak American Botanical Council, menunjukan hasil dimana orang-orang (diatas usia kepala tiga) yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki resiko yang lebih rendah dari terkena masalah depresi.


Konusmsi teh hijau baik untuk menjaga keseimbangan organ otak, dimana kandungan polifenol yang terkandung di dalam teh hijau bermanfaat untuk memenuhi dengan baik kebutuhan organ otak pada glukosa yang mencukupi.


Teh hijau disamping itu memiliki kandungan senyawa asam amino penting berupa Theanine, yang bermanfaat untuk menurunkan gejala kecemasan dan stres. Dimana theanine ini sering disebut sebagai anti-depresan.


13 . Menjaga Kesehatan Liver

Menjaga kondisi liver agar teta sehat dapat dilakukan dengn mengkonsumsi teh hijau. Hal ini karena di dalam teh hijau terdapat anti oksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas ke dalam tubuh.

Selain itu, mengkonsumsi teh hijau juga dapat membantu liver dari penumpukan lemak yang berada di dalam hati.

Manfaat teh hijau juga membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menontrol berat badan agar tidak berlebih, serta mencegah masalah gerakan glukosa di dalam sel-sel lemak. Hal-hal sangat penting untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit liver .

14 . Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan flavonoid dan polifenol bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Pada sekarang ini, hal semacam ini menjadi penting karena banyaknya polusi udara sehingga dapat membuat kita mudah sekali jatuh sakit. Dengan konsumsi teh hijau secara rutin, masalah ini dapat kita atasi secara perlahan. Dengan konsumsi teh hijau, tubuh lebih kuat dalam menangkal serangan virus dan infeksi.

Kandungan vitamin C juga berperan penting dalam hal ini. Orang-orang yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah jatuh sakit, contohnya yaitu sering terkena flu.

15 . Meringankan Gejala Asma

Di dalam teh hijau terkandung senyawa teofilin yang berfungsi untuk membuat rileks dan mengendurkan otot-otot saluran bronkial, hal ini berguna untuk menurunkan gejala asma. Sehingga asma yang dialami tidak terlalu parah.

Teh hijau juga bekerja untuk menurunkan kepekaan pada alergi, hal ini berguna untuk menurunkan frekuensi munculnya reaksi asma setiap tubuh mengalami masalah alergi.

16 . Mencegah Osteoporosis

Ini merupakan masalah tingkat kepadatan tulang yang mulai menurun. Teh hijau memiliki kandungan fluoride yang cukup banyak, fungsinya untuk menjaga tingkat kepadatan tulang, sehingga membantu mencegah timbulnya masalah kerusakan tulang, termasuk dapat menurunkan resiko penyakit osteoporosis.

17 . Baik Untuk Kehamilan

Teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan bermanfaat untuk mengatur kestabilan gula darah dan kadar insulin di dlaam tubuh, membantu proses perbaikan dari masalah kerusakan sel-sel tubuh, serta mencegah hipertensi. Hal-hal ini penting bagi Ibu hamil.

Masalah hipertensi amat dikhawatirkan pada proses kehamilan, terutama pada masa-masa akhir kehamilan karena bisa menimbulkan masalah serius. Manfaat teh hijau juga memperkuat kekebalan tubuh wanita hamil.

Tetapi tetap saja wanita hamil tidak boleh terlalu banyak minum teh hijau, karena di dalam teh hijau terkandung kafein walaupun sedikit. Jika ibu hamil mengonsumsi asupan kafein yang terlalu banyak maka bisa berdampak kurang baik bagi tubuh.

18 . Kuku Menjadi Lebih Kuat dan Mengkilat

Anda bisa merendam kuku pada teh hijau, hal ini bisa membuat kuku lebih sehat, kuat dan juga menghilangkan noda kekuningan pada kuku. Secara umum, mengonsumsi teh hijau bermanfaat untuk kesehatan kuku, yang membantu Anda untuk memiliki kuku yang sehat dan berkilau.

19 . Mencegah Penyakit Neurologis

Teh hijau yang di dalam tekrandung polifenol bermanfaat untuk melindungi bagian organ otak yang berfungsi untuk mengatur kemampaun ingatan dan juga menyerap informasi.

Khasiat minum teh hijau ini untuk mencegah kerusakan sel di otak. Mengonsumsi teh hijau secara rutin mampu mencegaj penyakit neurologis seperti parkinson dan alzheimer.

20 . Menyehatkan Rambut

Mengonsumsi teh hijau berkhasiat untuk menjaga keonrmalan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Kandungan senyawa yang ada di dalam teh hijau bereaksi pada testosteron, yang menjaga kadar darah yang seimbang dan mencukupi untuk kebutuhan pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala.

Teh hijau mengandung polifenol, vitamin C dan vitamin E yang membantu pertumbuhan rambut dan juga membuat rambut bisa lebih halus dan berkilau.

21 . Membuat Nafas Segar

Senyawa di dalam teh hijau bekerja untuk menghambat perkembangan bakteri dan virus di dalam mulut, yang juga bisa memicu penyakit gigi. Dimana keberadaan bakteri di dalam mulut mengakibatkan munculnya bau mulut.

Mengonsumsi teh hijau (dengan kadar gula yang rendah) membantu untuk membuat mulut menjadi segar.

22. Menjaga Kesehatan Kulit

Sejumlah penelitian sudah menemukan adanya manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Minum teh hijau membantu Anda untuk memiliki kulit yang bercahaya. Senyawa antidioksidan berupa polifenol berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

23. Menjaga Berat Badan Yang Normal

Obesitas atau kegemukan bisa memicu penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes dan hipertensi. Teh hijau yang mengandung antioksidan berupa polifenol katekin berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, manfaatnya dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh, dengan mengubah lemak menjadi kalori, kemudian mengoptimalkan proses detoksifikasi di dalam tubuh dan menekan nafsu makan yang berlebihan. Hal-hal ini sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan.

24. Menghindari Resiko Kebotakan

Terjadinya rambut patah dan rontok karena kondisi rambut yang kekurangan nutrisi. Teh hijau yang Anda konsumsi dapat mencukupi kebutuhan nutrisi rambut. Karena hal ini juga, banyak produk shampo dan perawatan rambut yang menggunakan bahan utama berasal dari ekstrak teh hijau.

25. Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

Anda bisa memanfaatkan minum teh hijau untuk menghilangkan sakit kepala ynag tak reda-reda. Banyak orang yang hilang sakit kepalanya setelah minum teh hijau.

Minum teh hijau dalam kondisi hangat, kehangatannya membantu untuk meringankan sakit kepala, selain itu teh hijau dapat membuat tubuh lebih rileks dan juga memperkuat sistem imun tubuh.
Kumpulan Kata Kata Sedih Buat Kamu yang Sedang Kecewa Karena Tersakiti

Kumpulan Kata Kata Sedih Buat Kamu yang Sedang Kecewa Karena Tersakiti

Kata Kata Sedih - Sedih atau galau adalah dua kata yang pastinya sering kita dengar ketika teman atau sabahat atau adik atau juga sodara, ayah ibu dan semua orang sedang putus cinta, gak punya uang, banyak utang, dan lain sebagainya. Kata galau dan sedih pasti akan melekat pada diri mereka. Seolah-olah dua kata tadi terlihat jelas di keningnya hehe.

Berikut ini saya coba kutipkan arti galau dari laman wiktionary, berikut ulasannya:

Arti dari kata "galau" pada masa kini, terlepas dari definisi yang diartikan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia mengandung 2 arti. Pertama, adalah sebuah perasaan yang mengungkapkan rasa bingung. Seperti dihadapkan dengan 2 pilihan. Contoh, "aku galau mau pilih Anwar apa Budi jadi pacar aku, dua duanya sama baik". Galau didalam kalimat tersebut mengandung makna "bingung". Kedua, galau bisa juga diartikan sebagai ungkapan rasa dimana harapan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi atau didapatkan. Seperti, putus cinta atau kasih yang tak sampai. Contoh (1), "aku galau, baru kemarin putus sama dia". Contoh (2), "aku galau, dia gak ngerti, dia gak peka kalau aku suka sama dia".

Sedangkan untuk kata sedih, berikut ulasannya:
Sedih adalah kesakitan psikologi yang dikaitkan dengan, atau berciri perasaan kekurangan, kehilangan, putus asa, tidak mampu melakukan apa-apa, pilu, dan marah. Perasaan sebegini biasanya dianggap negetif. Apabila seseorang sedih, dia menjadi kurang bercakap, kurang bertenaga, dan beremosi. Menangis merupakan satu petunjuk kesedihan. Kesedihan boleh dilihat sebagai merendahkan sementara mood, sementara kemurungan adalah lebih kronik.
Kurang lebih seperti itulah arti kata sedih dan galau yang sering terdengar di telinga kita. Semoga kalian dapat memahaminya, berikut juga perasaan orang yang berkata sedih dan juga galau kepadamu.

Sedih banget pembahasanya, tenang,, artikel kali ini, Firdaus45.com mencoba untuk menghibur pembaca atau kamu yang sedih dan juga galau dengan beberapa kata kata galau dan sedih agar kesedihan dan kegalauanmu sedikit terobati.

Kata Kata Galau Paling Menyentuh Hati

Buat kamu yang sedang bingung memilih calon pacar, atau sedang bingung bagaimana mengutarakan perasaanmu kepada dirinya yang kamu sayangi, coba gunakan kata-kata galau berikut ini pada status-statusmu atau dp BBMmu supaya si dia menyadari bahwa kamu mencintainya.

Kalau si dia tidak kunjung menyadari perasaanmu, ya mau gimana lagi? hehe

Tapi tenang bro, tetep semangat jangan pernah putus asa.

“Tidak ada yang paling berharga di dunia ini selain kebahagiaan dan tidak ada yang paling memilukan di dunia ini selain kehilanganmu”

“Menetes air mata ini ketika mengingatmu, mantan kekasih yang sangat aku cintai”

"Aku yakin, dibalik semua kesedihan ini, ada kebahagiaan yang udah menunggu di depan sana. Dan aku sangat yakin bahwa di balik kesedihan ini tuhan telah mempersiapkan kebahagiaan yang luar biasa buat aku."

Bersedih adalah suatu hal yang wajar, tapi jangan sampai kesedihan tersebut melemahkan hatimu hingga kamu berputus asa

Bila terpaksa harus menanggung kesedihan maka sebaiknya anda tidak meneruskannya dengan menghayatinya

Jatuh cintalah pada seseorang yang memberimu senyum kebahagiaan bukannya tangis kesedihan

Jika kesedihan dan kesusahan menimpaku, aku yakin tiada satu kejadian pun yang terjadi tanpa ada maksud dan pelajaran dariMU, Tuhan

Ketika patah hati, jangan terlalu lama larut dalam kesedihan. Percayalah, Tuhan tlah mempersiapkan cinta yang lebih baik untukmu.

Dilupakan oleh seseorang yang selalu kamu ingat adalah kesedihan yang paling sedih.

Aku butuh kamu disini, untuk membuatku kembali tersenyum saat kesedihan ini datang.

Ketika seseorang sedang mengalami kesedihan biasanya ia akan lebih mengingat hal sederhana yang pernah terjadi dalam hidupnya.

Terkadang apa yang dirasain nggak sama dengan apa yang ditunjukin, nutupin kesedihan dengan senyuman misalnya

Aku maafkan kamu tapi udah balikan tidak dulu

Tuhan Maha Adil dan Baik, karena Tuhan selalu punya cara untuk memberikan rasa bahagia di sela-sela kesedihan yang melanda hatimu

Tuhan, hapuslah kesedihan hatiku dan kebingungan pikiranku, dan bangunkanlah aku esok dalam kebahagiaan.

Saat kita membuat dia bahagia, pastikan tetap seperti itu, agar tidak ada kesedihan muncul di dalam hidupnya.

Dibalik sebuah musibah dan kesedihan, Tuhan menyelipkan hikmah dan kebahagiaan

Jika kamu menyukai senyumku, harusnya kamu gak bikin aku meneteskan airmata kesedihan.

Jangan pernah perlihatkan kesedihan kita di depan umum, karena itu tak akan pernah berguna.

Cinta hanyalah soal perasaan. Sejarah menunjukkan, pada kenyataan; Ia hanya menyuruh kita tabah dan erat memeluk kesedihan.

Sendiri itu indah, jika kamu tau cara mencintaiNya… Sendiri itu senyuman, jika kamu tau cara melepaskan kesedihan…

Apakah bersedih akan membuat semuanya menjadi lebih baik? Jika tidak, untuk apa tinggal dalam kesedihan? Tersenyumlah!

Adakah seseorang yang bisa membuatku merasa jatuh cinta setiap hari

Sendiri itu bebas dan tidak ada yang mengikat tanpa kekasih aku bisa bebas melakukan apa yang kusuka tanpa kekangan dan bebas pertama dengan siapa saja tak takut harus ada yang tersakiti atau menyakiti

Kamu hanya kisah masa lalu jangan ganggu aku

Tak seorang pun dalam hidup ini sangat kuat. Semua orang merasa kesedihan, namun terkadang kita mampu berpura-pura tersenyum

Bukan kesedihan yang merusak kehidupanmu, tapi caramu bersedih yang membuatmu tak menarik bagi orang lain.

Dia memang lebih cantik tapi apakah dia lebih setia dari aku

Mantan datang kembali Apa yang harus kulakukan

Kebahagiaan dan kesedihan, memiliki cara sendiri untuk datang dan pergi

Entahlah ini hati Sudah berapa kali dibuat terluka karena satu orang yang sama

Logika mengatakan tinggalkan tapi hati masih ingin Bertahan

Karena kuat menahan rindu adalah bagian dari kelebihanku

Masih gak ada keberanian untuk bilang kangen aku kan bukan siapa-siapanya

Untuk apa jika kamu bersamaku bila hatimu masih mengharapkan dia.

Disaat aku bilang tidak cinta lagi tapi hati kecilku mengatakan ingin kembali

Aku Bukan Yang Dulu yang mudah kamu bohongi

Lebih Baik Sakit karena kejujuran daripada bahagia karena kebohongan

Aku nggak milih-milih aku hanya lebih selektif agar tidak terluka kembali

Lindungi kesedihan dengan senyuman meskipun dihati penuh kedukaan karena itu menunjukkan adanya kesedihan.

Masalah terbesarnya adalah aku masih mencintainya

Kamu disana baik-baik saja atau tidak aku sudah tidak peduli

"Mencoba untuk tetap tersenyum meski tanpamu"

Bisakah laki-laki dan perempuan bersahabat tanpa melibatkan perasaan

Kesedihan mengajarkan kita untuk mencari kebahagiaan

Aku nyaman denganmu dan itu tak tergantikan

Entahlah apa karena aku yang terlalu sayang atau aku yang terlalu bodoh

“Kenapa kamu baru datang sekarang? Setelah aku menunggu begitu lama hingga ada mawar yang mengikatku”

Aku pernah menunggumu begitu lama kenapa baru sekarang datang disaat aku sudah melupakanmu

“Banyak wanita yang inginkan posisimu dihatiku, tapi kamu tetap tidak akan tergantikan”

“Kebaikan hati manusia bagaikan api abadi yang tidak akan pernah padam meskipun hujan badai”

“Yuk, kita berjuang bersama biar gak capek sayang”

“Jangan terlalu berlebihan menaruh harapan kepada seseoang, bila tidak ingin sakit karena kecewa”

“Hari-hariku terasa lengkap dan bahagia bila bisa terus bersamamu”

“Meskipun dirimu tidak secantik bidadari, tetapi apa yang aku mau semuanya ada pada dirimu”

“Tidak akan aku habiskan waktuku untuk hal yang sia-sia”



Related:
  1. Kata Kata Motivasi Sukses

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat


Bekas Jerawat dan Flek Hitam bagi sebagian orang merupakan masalah yang tak kunjung berakhir. Menggunakan cream pemutih wajah saja ternyata tidak cukup untuk dapat menghilangkan bekas jerawat pada area wajah.

Flek hitam bekas jerawat pada dasarnya akan mehilang secara perlahan secara alami tanpa perlu perawatan. Namun bila jumlahnya terlalu banyak, mungkin bantuan obat pemutih wajah atau bahan-bahan alami dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang bermunculan pada area wajah.

Cara alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat yang Membandel.

Bila Anda tertarik untuk mencoba bagaimana cara alami menghilangkan flek hitam bekas jerawat, Anda sedang membaca artikel yang sangat tepat. Artikel ini menjelaskan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam yang bertaburan di wajah.

Menghilangkan Fleks Hitam dengan Perasan Jeruk Lemon


Jeruk lemon sangat efektif menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Bahkan hasilnya bisa secara permanen menghilang dari kulit wajah bila digunakan secara teratur.

Banyak yang telah mencoba perasan jeruk lemon sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Beberapa diantara mereka memperoleh hasil yang sangat memuaskan ketika menggunakan cara ini.

Anda dapat menggunakan perasan jeruk lemon kemudian mengoleskan pada wajah. Lakukan ini sebanyak dua kali sehari.

Perbedaan jenis kulit pada masing-masing individulah yang membuat cara ini kurang cocok dilakukan.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, boleh menambahkan madu hitam pada perasan jeruk lemon kemudian oleskan pada area wajah yang terdapat flek hitam.

Vitamin C dan asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk lemon inilah yang dianggap sebagai pembersih wajah alami.

Menggunakan Madu dan Putih Telur sebagai Masker




Menggunakan campuran madu dan telur sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat sudah sejak dulu dilakukan oleh wanita wanita Indonesia. Banyak dari mereka berhasil menghilangkan bekas jerawat menggunakan cara semacam ini.

Kembali lagi pada kita masing-masing, apakah telaten ataukah tidak. Dan tentunya juga bergantung jenis kulit yang kita miliki. Bila kulit sangat sensitif, mungkin akan sebentar hilang kemudian balik lagi.

Menghilangkan bekas jerawat menggunakan campuran madu dan putih telur sangat mudah dilakukan. Cukum campurkan madu dan putih telur, aduk sampai merata kemudian gunakan adonan tersebut sebagai masker.

Biarkan masker tersebut menempel pada wajah Anda sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Sebaiknya gunakan masker ini sebelum Anda tidur sampai terbangun di pagi hari. Lakukan secara konsisten agar mendapat hasil yang memuaskan.

Menggunakan Gel Lidah Buaya


Lidah buaya biasanya dikenal dengan obat alami penumbuh dan penyubur rambut. Namun ternyata lidah buaya juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan lidah buaya sangatlah mudah dengan cara mengambil gel lidah buaya kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat secara merata. Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya, paling tidak 2-3kali sehari. Maka dengan sendirinya jerawat yang membandel akan berangsur menghilang tanpa bekas.

Dengan Menggunakan Air Jeruk Nipis


Jeruk nipis banyak sekali manfaatnya, selain untuk menghilangkan bau badan atau ketiak ternyata jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan jeruk nipis cukuplah mudah, yaitu degan cara mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah yang terdapat jerawat secara merata. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 sampai 18 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sambil dipijat secara halus.

Menggunakan Rempah Bawang putih

Bawang putih selain untuk bumbu rempah dapur ternyata bias juga untuk menghilangkan bekas jerawat membandel pada wajah. Caranya yaitu dengan haluskan 2-3 buah bawang putih kemudian oleskan pada wajah yang terdapat bekas jerawatnya secara merata. Meskipun bau, tetap konsisten untuk melakukan cara ini agar jerawat membandel cepat berangsur menghilang.

Menggunakan Tomat Sebagai Masker

Banyak orang yang beranggapan bahwa tomat adalah buah yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Tomat merupakan salah satu bahan alami yang cukup ampuh dan salah satu bahan cara menghilangkan bekas jerawat kita. Tomat kaya akan kandungan vitamin C, ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat atau pun kulit kering yang membandel dan susah dihilangkan pada area wajah.

Baca juga: Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Untuk mengolah buah tomat sebagai masker sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya dengan  menyiapkan satu atau dua buah tomat yang tidak terlalu matang. Selanjutnya blender sampai halus dan jangan menambahkan air.

Dengan begitu masker sudah siap untuk digunakan, anda hanya perlu mengoleskan tomat yang sudah di haluskan secara merata ke seluruh wajah. Setelah merata, kemudian diamkan 10-15 menit sampai kering, kemudian bersihkan dengan membasuh muka menggunakan air dingin.

Dengan Menggunakan ES Batu

Ternyata cara menghilangkan bekas jerawat juga bias dengan menggunakan es batu.Cara ini terbilang  cukup mudah dan sederhana tetapi sangat ampuh. Caranya dengan mencuci bersih wajah anda terlebih dahulu, kemudian ambil es batu secukupnya saja. Lalu Gosokan es batu yang telah anda siapkan pada wajah atau leher yang terdapat bekas jerawatnya secara ringan dengan arah memutar kurang lebih 15-20 menit secara merata diarea wajah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa melakukannya secara rutin antara 2 atau 4 kali dalam sehari.

Related:

  1. Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami 
  2. Kebiasaan Buruk Pemicu Munculnya Jerawat
Agar ASI Lancar Saat Menyusui, Inilah Olahraga yang Disarankan untuk Ibu Menyusui

Agar ASI Lancar Saat Menyusui, Inilah Olahraga yang Disarankan untuk Ibu Menyusui

Olahgara untuk Memperlancar ASI - Air Susu Ibu atau sering disingkat dengan ASI merupakan asupan penting bagi bayi yang baru lahir. Pencernaan yang masih rentan membuat bayi tidak boleh diberikan sembarang makanan sebagai pemenuhan nutrisi bayi.

Saat baru lahir, bayi hanya bisa diberikan makanan dalam bentuk cair. Paling dianjurkan adalah memberinya ASI eksklusif setidaknya sampai usia enam bulan sebelum diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Namun masalahnya akan berbeda bila setelah melahirkan ternyata ASI tidak lancar atau bahkan tidak keluar sama sekali. Susu formula terbaik mungkin jadi pilihan utama supaya kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi.

Pada dasarnya, ASI yang tidak lancar disebabkan karena beberapa faktor seperti berikut ini,
  • Kurangnya Stimulasi Menyusui
  • Kelelahan, Stres & Penyakit Ibu
  • Terlalu banyak konsumsi kafein, rokok & alkohol
  • Obat & Pil KB Penyebab ASI Tidak Lancar 
  • Diet & Hamil Saat Menyusui
  • Riwayat Operasi Payudara
Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk selalu merawat payudara selama kehamilan agar ASI tetap lancar pasca melahirkan nanti.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melancarkan ASI setelah melahirkan. Selain dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga juga dapat membantu Anda memperlancar ASI yang Anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa olahraga untuk ibu menyusui agar ASI lancar

Manfaat jalan santai pada pagi atau sore hari untuk ibu menyusui




Bila Anda baru saja melahirkan, melakukan aktivitas jalan pagi atau sore hari secara rutin akan membantu Anda terhindar dari kegemukan. Selain itu, rutin berjalan pagi hari atau sore hari juga dapat membantu Anda memperoleh kembali kebugaran tubuh Anda.

Jalan kaki di pagi hari ataupun di sore hari secara rutin dapat membantu Anda terhindar dari kegemukan setelah melahirkan. Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan untuk ibu pasca melahirkan karena kondisi tubuh yang masih belum prima. Dan yang terpenting adalah jalan kaki secara rutin baik pagi ataupun sore hari akan membuat aliran darah menjadi lancar dan membuat ASI juga menjadi lancar.

Yoga




Jenis olahraga yang bisa dilakukan ibu menyusui yang kedua adalah yoga, olahraga yang satu ini bisa dikatakan seringkali kita dengar. Bahkan banyak ibu hamil disarankan untuk mengikuti yoga karena efeknya yang baik bagi ketenangan jiwa ibu hamil dan bisa memperbaiki posisi bayi. Ternyata yoga ini merupakan olahraga yang sangat aman untuk ibu menyusui, tidak hanya aman. Yoga juga membawa beberapa manfaat bagi ibu yang sedang menyusui seperti misalnya mengurangi rasa nyeri pada payudara bunda, menghilangkan stress berlebihan, dan juga meningkatkan rasa percaya diri. Bunda bisa melakukan yoga ini sendiri dnegan mencari contoh gerakannya di internet atau juga bisa mengikuti kelas yoga supaya lebih terlatih dan aman.

Aerobik

Mungkin sebagai ibu-ibu kita sudah tak asing dengan yang namanya senam aerobik. Bahkan mungkin dari beberapa ibu-ibu ada yang sudah pernah mengikuti senam aerobik bahkan sebelum hamil? Aerobik sendiri merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan wanita, latihan aerobik ini merupakan olahraga kardiovaskuler yang bermanfaat untuk meningkatkan suplai oksigen ke dalam darah dan juga jantung. Olahraga ini juga baik bagi ibu menyusui karena selain bisa menurunkan berat badan juga bisa membuat tubuh menjadi bugar. Langkah pertama lakukan gerakan yang ringan, dan kalau bisa gunakan pendamping yang sudah mahir aerobik.

Berenang

Olahraga yang boleh dilakukan untuk ibu menyusui adalah olahraga yang masuk ke dalam golongan low impact atau artinya bukan olahraga yang berat dan tidak ekstrim. Olahraga yang boleh dilakukan selanjutnya adalah berenang, berenanglah jika memang sudah waktunya dan tubuh sudah siap untuk berolahraga. Renang bermanfaat untuk bisa mengontrol berat badan dan juga kalori, selain itu juga bisa melepaskan stress. Bahkan berenang aktif juga bisa mengurangi resiko sindrom baby blues pada ibu setelah melahirkan.

Angkat beban ringan

Banyak sekali ibu menyusui yang merasa strees dengan berat badan mereka, oleh karena itu banyak yang memilih diet. Jika bunda ingin diet maka wajib tahu mengenai cara diet ibu menyusui. Olahraga untuk ibu menyusui tidak hanya bisa dilakukan sendirian saja, namun bunda bisa membuatnya lebih menyenangkan yaitu berolahraga bersama buah hati kecil. Bunda bisa melakukan ini di rumah, yaitu angkat beban ringan. Bunda bisa berposisi terlentang kemudian mengangkat kedua kaki hingga lutut sejajar dengan wajah lalu letakkan bayi (sambil dipegangi) diatas kaki. Naikkan dan turunkan itu selama beberapa kali, olaharga ini bisa membantu ibu menguatkan otot kaki bunda.

Pilates

Apa bunda sudah pernah mendengar nama olahraga yang satu ini? Atau mungkin baru kali ini tahu ada olahraga yang namanya pilates? Sebenarnya pilates ini merupakan jenis dari yoga, bisa dikatakan serupa ya bunda. Pilates ini hampir sama, hanya saja pilates lebih bertujuan untuk menjaga stamina tubuh beda dengan yoga yang lebih menjaga kesehatan jiwa dan mental. Pilates ini cocok dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui karena bisa melangsingkan badan bunda. Pastikan bunda mengikuti kelas pilates yang cocok.

Jogging

Olahraga untuk ibu menyusui yang selanjutnya adalah jogging. Ibu yang sedang menyusui bisa melakukan jogging pada pagi hari atau ketika hari minggu dan sabtu, jogging bermanfaat untuk ibu menyusui karena tidak akan mempengaruhi produksi ASI dan bermanfaat untuk membakar kalori sehingga berat badan bisa seimbang. Durasinya bisa dari 10 menit hingga 20 menit, asal jangan terlalu lelah ketika berolahraga ya bunda. Karena ibu yang sedang menyusui juga tidak boleh terlalu lelah berolahraga.

Senam

Tidak hanya senam aerobik saja, senam biasa pun ternyata juga aman untuk dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui. Senam ini bisa bunda lakukan di rumah sendirian karena senam ternyata membawa beberapa manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah senam bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga bunda tidak gampang terserang penyakit. Tentu itu juga akan membantu menjaga kesehatan si kecil secara tidak langsung bukan? Namun ketika bunda berolahraga selama menyusui harus diimbangi dengan makanan sehat untuk ibu menyusui sehingga tubuh tetap sehat.

Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang sangat menyenangkan, ketika kondisi bunda pasca melahirkan sudah pulih benar maka bunda bisa mulai bersepeda dengan mengelilingi kompleks. Bersepeda selain menyenangkan juga membawa manfaat yaitu bisa membakar kalori dan lemak yang menyebabkan berat badan menjadi melar. Selain itu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga ibu tidak mudah sakit.

Pemanasan setiap pagi

Olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil yang kesepuluh adalah pemanasan setiap paginya. Bunda bisa melakukan ini untuk membuat otot-otot supaya tidak tegang dan supaya sirkulasi darah menjadi lancar. Bunda bisa melakukan pemanasan setiap pagi yang ringan misalnya angkat satu kaki bergantian, gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri bergantian, dan masih banyak gerakan yang lainnya.

Plank

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga yang wajib Anda lakukan ketika ingin berolahraga selama kehamilan. Plank ini modelnya hampir sama seperti push up, kita diminta untuk menahan tubuh selama beberapa detik. Plank ini bermanfaat untuk mengencangkan otot kaki, perut, bokong, tangan. Selain itu gerakan plank bermanfaat untuk membakar kalori sehingga bisa membantu kita untuk mendapatkan tubuh yang langsing walau sedang menyusui buah hati tercinta.

Lari maraton

Lari maraton merupakan sebuah olahraga lari jarak panjang dimana kita berlari bersama banyak orang, nah olahraga yang satu ini juga bisa menjadi solusi bagi ibu yang sedang menyusui. Banyak sekali ibu yang sedang menyusui mengikuti lari maraton bersama suami atau anak mereka yang sudah besar sambil mendorong kereta dorong bayi kecil mereka. Selain menyehatkan bukankah ini bisa menjadi ajang refreshing?

Sit up

Olahraga selanjutnya yang aman dan bisa untuk ibu lakukan saat menyusui adalah sit up. Tentu saja bunda sudah tidak asing dengan gerakan sit up bukan? Sit up ini merupakan gerakan terlentang dimana nantinya kita akan mengangkat beban tubuh kita hingga setengah duduk. Latihan gerakan sit up ini baik untuk mengencangkan otot perut. Tapi olahraga ini tidak disarankan untuk ibu yang memiliki masalah pada otot dan organ reproduksi setelah melahirkan.

Jalan cepat

Olahraga yang boleh dilakukan untuk ibu hamil merupakan olahraga ringan hingga sedang. Tidak boleh olahraga yang terlalu ekstrim karena bisa membuat bunda malah tidak fit, terutama bagi bunda yang menjalani operasi itu sangat berbahaya dan beresiko. Bunda bisa olahraga jalan cepat saja, karena bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga produksi ASI akan menjadi baik dan berkualitas.

Menggendong bayi

Siapa bilang menggendong bayi bukan olahraga? Menggendong bayi merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa bunda lakukan di rumah karena dengan menggendong bayi maka itu akan memperkuat otot tangan dan lengan bunda, maka dari itu sering-seringlah menggendong si kecil ya bunda. Ibu juga bisa mencoba menggendong bayi sambil berjalan setiap pagi dan sore. Kegiatan ini bisa membantu meningkatkan hubungan dekat antara ibu dan bayi.

Senam kegel

Yang terakhir adalah senam kegel, untuk gerakannya bunda bisa mencari di internet ya. Senam kegel ini bisa bunda lakukan jika bunda saat ini sedang menyusui, selain bisa membuat tubuh Anda semakin kuat. Senam kegel ini bermanfaat untuk menguatkan otot panggul, dan juga menguatkan rahim. Bahkan senam ini bisa meningkatkan kesuburan sehingga kesehatan reproduksi ibu akan terjaga.

Itu dia beberapa informasi mengenai olahraga untuk ibu menyusui. Sebagai bunda yang sedang menyusui bunda wajib mengetahui tentang cara meningkatkan kualitas ASI supaya bayi kita mendaptkan nutrisi yang tepat. Jika ibu masih ragu, olahraga mana yang paling tepat maka bisa berkonsultasi dengan ahlinya.