4/21/2018

Manfaat Daun Kemangi Serta Efek Sampingnya Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Manfaat Daun Kemangi (Kandungan & Efek Sampingnya)

Pada umumnya, masyarakat Indonesia memanfaatkan daun kemangi sebagai lalapan, bahan sambal, atau bahkan bumbu pelengkap agar masakan menjadi lebih nikmat.

Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya disajikan bersamaan dengan kubis, mentimun dan juga sambal untuk teman santap belut, lele, ikan goreng ataupun ikan bakar.

Nilai Gizi dan Kandungan Daun Kemangi

Pada 100 gram daun kemangi mengandung 5.5 gr protein, 7.5 gr karbohidrat, 0,3 gram lemak, 43 kilokalori energy, 35 miligram kalsium, 106 miligram fosfor dan 1 miligram zat besi.

Selain itu, di dalam 100 gram daun kemangi juga terkandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A sebanyak 1017 IU, Vitamin B1 sebanyak 0.06 miligram dan Vitamin C sebanyak 30 miligram.

Zat flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin juga banyak terdapat di dalam daun kemangi.

Daun kemangi memiliki senyawa minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri.

Daun kemangi tidak mengandung kolesterol dan juga rendah kalori. Dan yang paling penting adalah daun kemangi memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, mineral dan juga vitamin.

Daun kemangi tinggi akan beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini berfungsi dalam melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS), dampaknya seperti penuaan dini dan meningkatkan resiko penyakit berbahaya.

Zea xanthin adalah senyawa karotenoid flavonoid yang berfungsi untuk menyaring sinar UV yang berbahaya memasuki retina mata. Studi menunjukkan bahwa sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan zea xanthin, berbukti bermanfaat untuk melindungi dari penyakit yang berkaitan dengan mata. Hal ini terutama bagi orang yang berusia lanjut.

Manfaat vitamin A sudah populer memiliki sifat antioksidan dan baik untuk organ mata. Selain itu, mengkonsumsi makanan alami yang kaya vitamin A mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium menjadi bagian penting berkaitan dengan sel-sel dan cairan tubuh, serta membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Zat besi berfungsi sebagai komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah, bekerja dalam pembawaan oksigen dalam darah.

Vitamin K sangat dibutuhkan darah dan juga menjaga fungsi tulang, penguatan tulang, mencegah penyakit tulang.

Gambar Daun Kemangi

Berikut ini adalah nilai gizi dan kandungan daun kemangi dari hasil penelitian yang mengambil sampel sebanyak 100 gram daun kemangi.
  • Bagian yang dapat dikonsumsi (bdd / food edible) = 65 %
  • Jumlah kandungan Energi = 43 kkal
  • Jumlah kandungan Protein = 5,5 gr
  • Jumlah kandungan Lemak = 0,3 gr
  • Jumlah kandungan Karbohidrat = 7,5 gr
  • Jumlah kandungan Kalsium = 35 mg
  • Jumlah kandungan Fosfor = 106 mg
  • Jumlah kandungan Zat Besi = 1 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin A = 1017 IU
  • Jumlah kandungan Vitamin B1 = 0,06 mg
  • Jumlah kandungan Vitamin C = 30 mg

Informasi nilai gizi daun kemangi tersebut diperoleh dari berbagai jenis publikasi ilmiah baik dari dalam negeri seperti publikasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber dari luar negeri.

Manfaat Daun Kemangi dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Tubuh


Daun Kemangi dapat Meningkatkan kekebalan tubuh


Tubuh sehat dan bugar dengan daun kemangi

Beta karoten yang terdapat di dalam daun kemangi memiliki fungsi untuk meningkatkan respon antibody. Selain itu, beta karoten yang ada di dalam daun kemangi juga memiliki fungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Daun Kemangi dapat Mencegah Munculnya Kanker


Ilustrasi Sel Kanker

Dari hasil studi klinis yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer diperoleh hasil bahwa daun kemangi mengandung phytochemical. Phytochemical ini memiliki manfaat untuk mencegah kanker secara alami pada bagian kulit, hati, lidah dan juga paru-paru.

Kemampuan daun kemangi membantu meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang berguna untuk menghentikan tumor kanker yang bila dibiarkan akan terus menyebar ke seluruh jaringan tubuh. Hasil ini ditunjukkan pada penelitian yang menggunakan obyek hewan untuk mengetahui pengaruh daun kemangi tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa ekstrak daun kemangi yang diberikan kepada hewan mampu meningkatkan perlindungan terhadap serangan kanker.

Selain itu, ekstrak daun kemangi juga dapat membantu melindungan jaringan yang normal dan sel-sel dari efek samping pengobatan kanker seperti radiasi atau kemoterapi.

Bila merujuk pada penelitian ini, maka sudah selayaknya bila daun kemangi dapat dijadikan sebagai pengobatan kanker atau setidaknya sebagai bahan untuk mencegah munculnya kanker di dalam tubuh.

Daun Kemangi dapat Melancarkan Peredaran Darah


Ilustrasi Peredaran Darah Manusia

Kandungan Magnesiun yang terdapat di dalam daun kemangi dapat membantu merilekskan pembuluh darah dan juga jantung sehingga dapat menjaga aliran darah tetap lancar.

Selain itu, magnesium juga memiliki beberapa manfaat lain seperti:
Mengatasi oste

Daun Kemangi dapat Mencegah Kemandulan

Siapa sangka bahwa kemandulan yang terjadi pada seseorang dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun kemangi.
Daun kemangi mengandung zar arginin yang dipercaya memiliki manfaat untuk memperpanjang usia atau daya hidup sperma. Dengan begitu, sperma akan dapat bertahan hidup lebih lama sampai akhirnya dapat menembus sel telur yang memicu terjadinya pembuahan pada seorang wanita.

Daun Kemangi dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Kombinasi magnesium dan beta keroten yang dikonsumsi atau yang tercampur dalam suatu makanan akan berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Dimana magnesium merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh jantung untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Antioksidan yang terkandung di dalam daun kemangi juga berperan dalam menjaga kondisi jantung agar tetap sehat.

Daun Kemangi dapat Digunakan untuk Mengobati sariawan

Banyak sekali yang menjadi penyebab sariawan. Kekurangan vitamin C, Daya tahan tubuh yang sedang menurun, kebersihan mulut yang kurang terjaga, terkena gigitan, produk pasta gigi yang tidak cocok, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas mapun asa, semuanya itu menjadi salah satu penyebab kenapa Anda mengalami sariawan.

Bila terkena sariawan, langkah yang harus Anda lakukan adalah membersihkan mulut Anda dari berbagai macam kuman dan bakteri penyebab sariawan. Bisa menggunakan obat apotik bisa juga menggunakan bahan herbal alami.

Bila pada umumnya orang lebih kenal daun sirih sebagai obat sariawan dan juga gusi bengkak. Namun apakah Anda pernah mendengar bahwa daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan?

Bila tertarik ingin mencoba, caranya cukup mudah. Ambilah beberapa lembar daun kemangi kemudian kunyah-kunyah sekitar 3-5 menit. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat. Lakukan ini sebanyak 1-3 kali dalam sehari secara teratur.

Sebagai pelengkap, penuhilah kebutuhan vitamin C Anda bila ternyata penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin C dengan mengkonsumsi buah tomat, jeruk, atau beli suplemen vitamin C di apotek terdekat.

Daun Kemangi juga dapat membantu perkembangan tulang

Fosfor, merupakan zat yang berperan dalam perkembangan tulang. Kekurangan fosfor di usia muda akan mempercepat pengeroposan tulang bahkan osteoporosis. Untuk itu, bila tidak ingin mengalami pengeroposan tulang ataupun osteoporosis dini, banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung fosfor dan juga kalium.

Beruntunglah bagi Anda yang gemar mengunyah lalapan seperti daun kemangi. Karena daun kemangi memiliki kandungan fosfor dan juga kalium yang memiliki peran dalam pembentukan tulang.

Bila tulang Anda masih sehat dan normal, mengkonsumsi daun kemangi baik sebagai lalapan ataupun sebagai bumbu masakan akan membantu Anda mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Daun Kemangi Dapat Digunakan untuk Mengobati Panu

Meskipun tidak berbahaya, panu merupakan suatu penyakit yang sangat mengganggu, terutamanya mengganggu penampilan.
Kemunculan panu pada area kulit akan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Pasalnya, panu yang ada pada kulit identik dengan kepribadian seseorang apakah dia itu selalu menjaga kebersihan badan ataukah orang tersebut sangat jorok.

Menghilangkan panu pada dasarnya mudah sekali dilakukan. Banyak cara yang dapat Anda lakukan agar panu pada kulit menghilang. Bisa menggunakan obat oles seperti kalpanax atau canesten.

Namun bila Anda malu untuk membeli obat-obatan tersebut di apotek, anda bisa menggunakan cara alami agar panu hilang yaitu dengan menggunakan daun kemangi.
Haluskan daun (sebelumnya dicuci bersih), lalu campurkan dengan sedikit kapur sirih, terakhir oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Daun Kemangi dapat Mengurangi bau keringat

Bau keringat juga dapat diatasi menggunakan daun kemangi. Apabila Anda mengalami bau keringat... maka coba konsumsi daun Kemangi sebagai lalapan selama satu minggu saja, rasakan khasiatnya.

Daun Kemangi dapat Mencegah dan menghilangkan jerawat

Daun kemangi efektif mencegah timbulnya jerawat karena fungsinya yang memurnikan darah dengan membuang racundi dalam darah. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang manfaatnya mencegah peradangan.

Kandungan antiseptik yang terdapat di dalam daun kemangi dapat membunuh bakteri dan juga memperlancar peredaran darah. Fungsi inilah yang dipercaya bahwa daun kemangi mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan untuk penggunaan harian akan membantu mencegah kembalinya jerawat.

Untuk penggunaan luar: pertama-tama haluskan daun Kemangi, lalu campur dengan air panas. Aduk sampai sarinya keluar, dan tunggu hingga agak dingin.
Peras daun kemangi dan simpan airnya dalam botol. Terakhir oleskan pada wajah. Hal ini bermanfaat agar jerawat bisa segera kering dan wajah menjadi lebih bersih.

Daun Kemangi Dapat Digunakan untuk Mencegah Komedo

Mencegah komedo menggunakan daun kemangi cukup mudah dilakukan. Caranya yaitu, ambil beberapa lembar daun kemangi kemudian haluskan. Campur sedikit air kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo. Biarkan sampai kurang lebih 20 menit agar meresap secara maksimal ke seluruh permukaan kulit wajah. Bila sudah terasa mongering, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Konsumsi daun kemangi juga membantu membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah, karena fungsinya yang memurnikan darah dan menghilangkan racun dari dalam tubuh, hingga membantu menyembuhkan masalah kulit.

Mencegah rambut beruban

Untuk membuat ramuannya: pertama-tama rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalaman, lalu cuci rambut dengan ramuan ini pada keesokan harinya. Manfaatnya mencegah rambut beruban hingga rontok.

Mencegah rambut rontok

Rambut rontok adalah masalah umum yang terjadi karena gatal di kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut, kemudian dioleskan pada kulit kepala bermanfaat untuk menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan juga menguatkan rambut.

Mencerahkan kulit kusam

Kulit yang kusam juga dapat diatasi dengan menggunakan daun kemangi. Caranya sama seperti ketika digunakan untuk menghilangkan komedo yaitu dengan menghaluskan beberapa lembar daun kemangi dan campur dengan madu. Bila adonan sudah jadi gunakanlah adonan tersebut seperti bila anda menggunakan masker dari produk-produk kecantikan pada umumnya.

Obat alami untuk mengatasi ketombe

Bila ingin ketombe hilang dan tidak datang lagi, anda bisa menggunakan ramuan daun kemangi.

Caranya buatlah minyak dari daun kemangi kemudian campur dengan minyak kelapa. Hangatkan kemudian oleskan minyak yang sudah tercampur tadi ke bagian kepala lalu pijit dengan lembut sampai minyak meresap ke dalam kulit kepala.

Sebaiknya campuran minyak kelapa dan minyak kemangi ini digunakan pada saat hendak tidur. Biarkan semalaman dan cuci rambut menggunakan shampoo pada saat bangun tidur.

Manfaat yang diperoleh yaitu meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan rasa gatal, dan membersihkan kotoran pada rambut dan kulit kepala.

Anti Aging Alami

Zat antioksidan di dalam kemangi berkhasiat untuk melindungi kulit dan tubuh dari bahaya serangan radikal bebas, efek buruk radikal bebas ini semakin parah dengan semakin banyaknya polusi di lingkungan hidup. Kandungan antioksidan menjaga kulit agar tidak dimasuki zat asing berbahaya, serta mencegah penuaan dini.

Kesehatan gigi dan mulut

Kemangi menjadi obat herbal yang populer untuk mengobati gigi dan mulut. Sifat antibakteri dari kemangi mampu menghancurkan bakteri merusak di dalam mulut, yang manfaatnya untuk mencegah penyakit gigi dan mulut. Juga membuat gusi lebih kuat dan mempercepat penyembuhan ulkus.

Mengobati rasa gatal akibat gigitan serangga

Rasa gatal setelah gigitan serangga dapat diredakan dengan daun kemangi. Caranya: siapkan daun kemangi yang masih segar dan bersih, lalu hancurkan daun, lalu oleskan pada bagian tubuh yang gatal. Diamkan selama beberapa menit, membeirkan manfaat untuk mengatasi rasa gatal.

Mencegah batu ginjal

Daun kemangi memiliki sifat diuretik dan baik untuk proses detoksifikasi. Hal ini memiliki manfaat sangat besar dan penting, untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah, yang mencegah terjadinya batu ginjal.

Meredakan demam & masuk angin

Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin, terutama pada balita. Caranya membaut ramuannya, siapkan beberapa lembar daun kemangi, lalu dihancurkan bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung.

Mengatasi Keputihan 

Manfaat daun kemangi untuk keputihan

Keputihan memang seringkali dialami oleh setiap wanita. Penyebabnya juga sangat bervariasi, namun pada umumnya adalah karena kurangnya menjaga kebersihan pada area kewanitaan.

Mengatasi keputihan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun kemangi. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kemangi keluhan keputihan yang Anda alami.

Menghilangkan rasa gatal

Seringkali keputihan yang dialami setiap wanita juga diikuti dengan rasa gatal. Gatal yang Anda rasakan pada saat keputihan disebabkan karena jamur. Salah satu yang dapat Anda amati apakah Anda sedang keputihana atau tidak yaitu dengan melihat adakah cairan berwarna putih kental seperti susu, kadang tidak berbau namun juga ada rasa gatal pada sekitar area kewanitaan.

Perlu Anda ketahui bahwa keputiha terjadi atau ditularkan bukan karena hubungan S3ksu4l. Mengatasi keputihan sebenarnya juga cukup mudah yaitu dengan menggunakan obat anti jamur.

Obat anti jamur alami yang dapat Anda gunakan adalah daun kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan senyawa esensial seperti eugenol, linalool, terpineol, sitronelol, citral dan juga limonene yang merupakan senyawa anti bakteri sehingga bisa digunakan untuk membunuh jamur serta bakteri penyebab keputihan yang diikuti rasa gatal sekaligus mengurangi rasa sakit dan perih akibat aktivitas menggaruk area sekitar vagina.

Mengatasi bau keputihan

Cara mengatasi bau menyengat pada saat keputihan juga bisa dihilangkan dengan daun kemangi. Dalam daun kemangi mengandung phytochemical yang sangat baik untuk mencegah kanker serviks sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada keputihan sekaligus melindungi jaringan normal dari sel negatif yang ditimbulkan kanker serviks.

Mengurangi jumlah keputihan

Keputihan yang terlalu banyak menandakan jika ada penyakit keputihan tidak normal yang anda alami sehingga bisa membuat vagina basah dan harus segera diatasi. Daun kemangi juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang sangat baik untuk mengurangi racun dalam tubuh penyebab keputihan terlalu banyak. Selain itu, kemangi juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga bisa mengatasi peradangan yang umumnya terjadi pada saat keputihan.

Mengatasi lengket pada area kewanitaan

Keputihan juga membuat organ intim wanita terasa lengket dan akhirnya bisa menimbulkan rasa gatal. Untuk mengatasi rasa lengket akibat keputihan juga bisa diatas dengan kemangi yang sekaligus juga membuat organ intim wanita menjadi lebih kesat dan tentunya sehat terbebas dari bakteri.

Menghilangkan bau amis pada area kewanitaan

Bau tidak sedap seperti amis yang ditimbulkan pada saat keputihan terjadi karena pola hidup tidak sehat sehingga menyebabkan pH pada organ intim jadi tidak seimbang, kemudian bakteri berkembang biak dan akhirnya menimbulkan bau amis yang tentunya sangat mengganggu. Memakai kemangi pada saat keputihan berguna untuk menghilangkan bau amis yang terjadi dan juga meningkatkan respon antibodi karena beta karoten dalam kemangi akan memperbaiki fungsi sel yang rusak sekaligus menghambat perkembangan bakteri penyebab bau tidak sedap tersebut. Selain itu, anda juga bisa menggunakan ketumbar.

Efek samping daun kemangi

Walaupun tidak menyebabkan efek samping yang serius, seseorang yang menderita diabetes dan sudah mengambil obat resep untuk diabetes, maka jika ingin menggunakan daun kemangi harus berkonsultasi dengan dokter. Daun kemangi berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah, yang akibatnya bisa beresiko menimbulkan pusing (jika juga mengkonsumsi obat diabetes).

Beberapa penelitian pada obyek hewan telah menunjukkan bahwa konsumsi ramuan dari bahan daun kemangi bisa beresiko menurunkan kesuburan. Meskipun tidak ada bukti yang cukup kuat tentang efek samping dari kemangi pada ibu hamil, disarankan ibu hamil hati-hati dalam konsumsi daun kemangi.

Dilansir dari hamil.co.id, daun kemangi, daun kol, buncis, kacang panjang dan wortel kurang baik bagi ibu hamil ini karena:
  • Sayur mentah mengandung banyak bakteri, bakteri yang ada pada sayuran tersebut bisa membuat ibu hamil muntah, mual dan pusing.
  • Ibu hamil bisa terkena diare atau bahkan disentri.
  • Janin juga bisa terinfeksi dengan bakteri.

Disamping itu ada pihak yang pro mengenai konsumsi daun kemangi bagi ibu hamil, bahwa tidak mengapa ibu hamil konsumsi daun kemangi. Manfaatnya untuk mengatur pembekuan darah (karena kandungan vitamin K di dalamnya), dimana manfaat vitamin K berperan dalam pembekuan darah. Sehingga mengurangi risiko kehilangan darah.

Kandungan vitamin A bermanfaaat untuk menjaga kesehatan jantung, mata, otak dan paru-paru janin. Manfaat lainnya untuk membantu perkembangan sistem saraf pada janin, lalu membantu pembentukan tulang janin, hal ini karena kandungan magnesium di dalam kemangi.

Baca juga:
  1. Manfaat belimbing wuluh
  2. Manfaat Strawberry
  3. Manfaat kunyit putih
  4. Manfaat Buah Ceri

Selain itu, mengonsumsi kemangi bermanfaat untuk meningkatkan energi, sangat penting dalam mencegah kelelahan selama kehamilan.

Dengan begitu (karena ada yang pro dan kontra) maka ibu hamil tetap boleh konsumsi daun kemangi, tetapi harus DIBATASI konsumsinya (jangan banyak-banyak).

Artikel Menarik Lainnya