3/20/2018

Tips Merangsang dan Meningkatkan Tingkat Kecerdasan Bayi


Firdaus45.com - Memiliki bayi yang cerdas merupakan idaman setiap orang tua. Banyak cara yang akan dilakukan agar bayinya menjadi anak yang cerdas di kemudian hari.

Namun, bagi sebagian orang tua banyak yang percaya bahwa kecerdasan seorang anak itu merupakan keturunan dari ayah atau ibunya. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bayi kita menjadi seorang anak yang cerdas di kemudian hari.

Nah, bagi Anda yang berharap itu terjadi pada bayi Anda, cobalah beberapa tips berikut ini agar kemampuan otak bayi anda meningkat.


Tips Merangsang Kemampuan Otak

1. Berikan bayi rangasangan berupa pijatan (Stimulasi Sensori)
Dari beberapa penelitian, memberikan pijatan lembut kepada bayi dapat merangasang otak bayi secara perlahan.


2. Lakukan Komunikasi dengan Bayi
Meskipun bayi tidak dapat merespon dengan bayi apa yang kita bicarakan, tapi belum tentu bayi itu tidak mengerti apa yang kita ucapkan.

Mereka akan mendengar apa yang kita ucapkan kemudian menyimpan informasi tersebut bila suatu hari informasi tersebut terulang. Bila kita sering berkomunikasi dengan bayi, bayi akan memiliki kosa kata yang lebih banyak sehingga mendorong mereka untuk lebih cepat berbicara.

Selain itu, sering melakukan komunikasi dengan bayi akan dapat meningkatkan hubungan batin antara orang tua dengan anak.

3. Hindari Stimulus yang berlebihan dan suara-suara yang mengganggu.
Banyak penelitian yang menunjukkan hasil bahwa suara atau musik klasik akan membuat emosi bayi cenderung stabil. Berbeda dengan bayi yang terlalu sering mendengarkan musik-musik rock atau yang berirama tidak beraturan. Mereka akan cenderung memiliki emosi yang lebih tidak terkontrol.


Oleh karena itu, banyak pakar menyarankan untuk mendengarkan si kecil musik-musik klasik atau lantunan Al- Quran baik pada saat dalam kandungan ataupun sudah lahir.

4. Setel atau Aturlah Lingkungan Si Kecil Agar Mereka Mudah dalam Belajar
Lingkungan memang memiliki pengaruh yang cukup besar dalam hal apapun, salah satunya dalam meningkatkan kecerdasan bayi.


Menyetel atau mengatur lingkungan tempat si kecil bermain akan dapat membantu proses percepatan bayi dalam belajar.

Tidak harus benda-benda mahal, semua benda pada dasarnya dapat digunakan untuk melatih dan menstimulasi perkembangan otak si bayi.

Jadi pintar-pintarlah dalam menset suatu ruangan atau lingkungan tempat si kecil bermain agar setiap apa yang dilakukannya bernilai edukasi.

5. Meningkatkan Kepekaan Anda Terhadap Respon Bayi
Perhatikanlah semua gerak-gerik dan tingkah polah si kecil kemudian berikan respon kepadanya sehingga mereka merasa bahwa dirinya diperhatikan.


Berikan senyuman, ciuman, belaian dan apa saja ketika bayi sedang menatap atau melakukan gerakan-gerakan seperti senam, mengepal-ngepal, dan banyak lagi.

Bila si kecil mengeluarkan suara, berikan respon balik dengan suara menirukan atau menjawab apa sayang, iya sayang, dll.