1/15/2018

Inilah 10 Tanda Bahwa Janin Anda Sehat dan Normal,


Tanda janin sehat - Memperoleh momongan merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Sehingga tidak jarang mereka melakukan berbagai macam cara agar dapat memperoleh momongan yang sehat dan normal tentunya, terlebih bagi mereka yang telah menikah sudah cukup lama dan tak kunjung dikarunai momongan.

Jadi berbahagialah kalian yang telah dikaruniai momongan dengan mudah dan cepat, karena banyak yang menginginkan itu. Oleh sebab itu, sudah menjadi tugas kalian menjaga kesehatan kehamilan sampai proses persalinan datang.

Selama masa kehamilan, tentu ada kemungkinan terjadi masalah dalam kandungan meskipun kita tidak mengharapkan itu terjadi pada kita. Namun, kita juga harus tetap waspada agar kandungan dan janin kita tetap dalam kondisi sehat dan normal.

Sebagai bahan bacaan, berikut ini kami kumpulkan beberapa informasi mengenai 10 tanda janin sehat dan normal.

1. Janin bergerak-gerak
Tanda pertama yang menunjukkan bahwa janin Anda sehat adalah adanya aktivitas pergerakan dari janin. Anda akan mulai merasakan janin bergerak-gerak ketika ruh sudah ditiupkan Allah SWT ke dalam janin Anda. Kurang lebih Allah mulai meniupkan ruh ke janin kita yaitu pada usia 4 bulan masa kehamilan.

Sehingga tidak heran bahwa pada umumnya orang akan melakukan syukuran sebagai tanda rasa syukur kepada Allah karena telah memberikan karunianya kepada kita.

2. Hormon HCG Normal
Tanda yang kedua adalah jumlah hormon HCG berada pada taraf normal.

Hormon HCG sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Hormon HCG akan mengalai naik turun pada masa awal kehamilan (Trimester pertama) dan seiring bertambahnya usia kandungan hormon ini akan mulai stabil.

Bila pada usia akhir kehamilan, atau pada trimester ketiga hormon HCG Anda tidak stabil, ada baiknya untuk segera konsultasi pada dokter kandungan Anda.

Baca juga:
  1. Perekembangan Janin Pada Trimester Pertama Kehamilan 
  2. Tips Menjaga Janin Agar Tetap Sehat Pada Masa Awal Kehamilan

3. Bertambahnya berat badan.
Bertambah besarnya perut saja tidak menjamin bahwa kondisi kandungan Anda sehat dan baik-baik saja. Hal ini disebabkan karena kehamilan anggur juga menunjukkan tanda seperti orang hamil normal, yaitu perut yang semakin membesar, akan tetapi, pada kehamilan anggur kondisi janin sudah tidak ada lagi. (Baca: Tanda dan Gejala Hamil Anggur dan Kehamilan Ektopik)

Oleh karena itu, melihat kenaikan berat badan selama kehamilan juga menjadi salah satu cara bagi kita untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan kita. Karena janin yang sehat dan normal akan mengalami pertambahan berat badan seiring bertambahnya usia kehamilan.

4. Detak jantung bayi terdeteksi
Setidaknya seminggu sekali atau sebulan sekali Anda harus melakukan cek kehamilan pada dokter kandungan agar mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggunya.

Salah satu pengecekan yang biasa dilakukan yaitu mengecek detak jantung bayi. Banyak cara untuk mengetahui detak jantung bayi salah satunya adalah dengan USG.

Bila detak jantung telah terdeteksi lewat USG, bisa dipastikan bahwa janin Anda baik-baik saja di dalam kandungan.

5. Tidak terjadi kontraksi pada masa kehamilan awal
Tanda janin sehat dan normal dalam kandungan selanjutnya adalah Anda tidak merasakan adanya kontraksi selama masa kehamilan muda atau pada saat usia perkembangan janin berapa dibawah 3 bulan atau pada saat perkembangan janin 3 bulan.

6. Ibu hamil tidak mengalami pendarahan
Pendarahan selama masa kehamilan bisa menandakan terjadinya keguguran, oleh karena itu kenalilah beberapa tanda akan keguguran saat hamil muda agar janin Anda bisa berkembang secara sempurna. (Baca: Keluar Darah Saat Hamil Muda)

7. Tidak mengalami morning sickness berlebihan
Morning sickness yang bisa sampai seharian terjadi pada ibu hamil adalah suatu kondisi yang wajar apabila usia kandungan masih berada pada trimester pertama. Adanya morning sickness berlebihan setelah melewati masa itu perlu dicurigai. Kenali juga beberapa cara mengatasi morning sickness untuk membantu Anda mengatasi kondisi ini.

8. Tidak ada rasa nyeri berarti pada perut bagian bawah
Perut bagian bawah adalah tempat dimana plasenta menempel. Adanya rasa nyeri yang tak tertahankan bisa memberi efek buruk pada plasenta, ada juga kondisi abnormal seperti plasenta letak rendah yang perlu diwaspadai.

9. Adanya peningkatan kadar gula dan tekanan darah
Peningkatan tekanan darah dan kadar gula pada tubuh ibu hamil adalah hal yang wajar, tetapi apabila kenaikannya terlalu signifikan maka Anda perlu mencurigainya. (Baca: Hipertensi Saat Hamil)

10. Perut membesar
Dan tanda terakhir yang bisa Anda ketahui dan lihat dengan jelas adalah perubahan perut Anda yang makin membesar. Janin yang berkembang akan membutuhkan tempat yang lebih luas juga.

Jadi itulah beberapa tanda janin sehat dan normal dalam kandungan yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga informasi ini bisa berguna bagi Anda untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan Anda.