1/22/2018

Kesalahan Menangani Demam Pada Anak, Jangan Lakukan ini ya Bund?

Kesalahan Menangai Demam Pada Anak - Demam pada anak memang seringkali membuat panik dan gelisah para orang tua. Terlebih lagi bila demam datang dengan tiba-tiba setelah anak aktif bermain.

Meskipun begitu, sebagai orang tua kita harus cepat tanggap bila mendapati anak mulai menunjukkan gejala tidak enak badan. Termasuk dalam menangani demam pada anak.

Baca: Cara mengatasi demam pada anak

Tidak semua orang tua mengerti bagaimana cara mengatasi demam pada bayi. Berikut poin lengkap kesalahan menangani demam pada anak

1. Menutupi badan anak secara berlebihan
Kesalahan menangani demam pada anak yang sering dilakukan orangtua adalah menutupi badan si kecil secara berlebihan. Biasanya, karena beranggapan bahwa demam akan segera hilang jika keringat yang keluar semakin banyak, orangtua akan memaksa anak untuk mengenakan selimut dan sweater secara berbarengan.

Padahal, hal ini justu merupakan tindakan yang salah. Penyebabnya tidak lain karena penutup badan berlebih justru akan membuat panas tubuh anak terperangkap dan tidak bisa keluar dengan optimal. Solusinya, pakaikan anak baju atasan dan celana yang berukuran pendek dan berbahan dasar katun.

2. Mengompres dengan air dingin
Ketika anak demam, hindarilah mengompres badannya dengan air dingin. Mengapa? Sebab kebiasaan ini justru akan membuat pori-pori kulit si buah hati mengecil. Inilah yang membuat panas tubuh anak susah keluar dan membaut demam bertahan lebih lama.

3. Mengompres di kening saja
Tahukah Anda, bahwa kebiasaan mengompres anak di bagian keningnya saja akan membuat proses pengeluaran panas tubuh tidak berjalan dengan optimal? Ya, dengan mengompres kening saja, Anda secara tidak sadar telah memusatkan proses pengeluaran panas tubuh di bagian kepala atas saja. Padahal, agar demam hilang dengan cepat, Anda diharuskan untuk merangsang pengeluaran panas dari seluruh bagian tubuh anak.

Solusinya, usaplah seluruh bagian tubuh si kecil dengan handuk yang sudah di rendam dalam air panas. Dengan cara ini, pori-pori kulitnya akan membuka lebar sehingga panas tubuh lebih mudah keluar.

4. Tidak memperhatikan jumlah konsumsi air putih
Kesalahan menangani demam pada anak yang selanjutnya adalah kebiasaan orangtua yang lalai dalam memperhatikan jumlah konsumsi air putih. Padahal, hal ini sangatlah penting sebab dapat meminimalisir risiko anak terkena dehidrasi. Karenanya, selalu pastikan bahwa anak minum dalam jumlah yang cukup –minimal 8 gelas sehari.

5. Memaksa makan banyak
Karena ingin demam reda dengan segera, banyak orangtua yang kemudian memaksa anaknya untuk makan dalam jumlah banyak. Padahal saat demam, anak akan mengalami penurunan selera dan kemampuan mengecap. Karenanya, jangan paksakan anak untuk makan secara berlebih; sebab hal ini justru akan membuat ia mual dan muntah.

6. Tidak mematuhi resep
Terakhir, kesalahan menangani demam pada anak yang sering dilakukan orangtua adalah tidak mematuhi resep obat yang tersurat di bagian kemasan; atau malah yang telah diresepkan dokter. Biasanya, orangtua malakukan hal ini sebab percaya bahwa semakin besar dosis obat yang diberikan, maka semakin cepat pula proses penyemnbuhan penyakit anak. Padahal, resep yang tertera sudah mempertimbangkan banyak hal, lho! Semisal umur dan berat badan anak. Jadi, jangan asal, ya!

Itu tadi 6 kesalahan menangani demam pada anak yang sering dilakukan orangtua. Semoga bermanfaat!

0 komentar

Post a Comment