12/03/2017

Hal-hal yang Dilarang Saat Menstruasi (Antara Mitos dan Fakta)

Mitos dan Fakta Seputar Haid - Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang memang normalnya terjadi pada wanita. Darah haid yang keluar lewat daerah kewanitaan merupakan suatu proses ketika sel telur wanita yang sudah matang dan tidak dibuahi, maka akan meluruh dengan sendirinya, proses ini lebih dikenal dengan istilah menstruasi atau haid.

Bila seorang wanita telah mengalami haid, beberapa perubahan tentu akan terjadi pada gadis tersebut. Salah satunya adalah perubahan hormonal, mood swing, nafsu makan yang menggila, rasa nyeri di sekujur tubuh, pusing, dan bahkan nafsu untuk berhubungan badan lebih tinggi.

Perubahan-perubahan semacam ini mengharuskan seorang wanita untuk belajar mengontrol dirinya agar tidak menuruti perubahan hormonal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika haid seperti yang dilansir dari boldsky.com.



1. Berhubungan seks 
Hal pertama yang harus dihindari adalah berhubungan seks ketika haid. Selain karena faktor agama, berhubungan badan saat menstruasi akan berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Banyak kerugian yang akan anda peroleh ketika melakukan hubungan seks ketika pasangan anda sedang mengalami menstruasi.

Salah satunya yang akan mengancam kesehatan anda adalah infeksi pada alat kelamin yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Beberapa dasar yang menjadi larangan berhubungan badan saat menstruasi adalah:

Saat sedang datang bulan, organ reproduksi wanita cenderung tidak steeril akibat dari peluruhan dinding rahim, sehingga pembuluh darah disekitar dinding rahim menjadi terbuka yang berarti sangat rentan sekali terkena infeksi

Selain itu, melakukan hubungan badan saat menstruasi beresiko mengalami kemadian mendadak bagi pelakunya. Karena pada saat menstruasi banyak pembuluh darah yang terbuka, dan aktivitas seksual yang dilakukan bisa menyebabkan udara masuk ke dalam pembuluh darah hingga ke jantung, dan hal ini sangat membahayakan.


2. Makan yang berlebihan
Setiap wanita memiliki perbedaan soal pola makan ketika menstruasi. Ada sebagian wanita yang memiliki penurunan nafsu makan dan ada pula sebagian wanita yang memiliki nafsu makan semakin menggila ketika sedang haid.

Tentu bila hal ini dibiarkan, akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Ketika menstruasi, Anda akan kehilangan banyak darah sehingga anda harus tetap makan makanan sehat secara teraturr agar kondisi tubuh tetap bugar ketika menstruasi sedang bertamu.



3. Bekerja terlalu keras
Saat menstruasi, wanita sebaiknya tidak bekerja terlalu keras. Sebab rasa nyeri yang muncul saat menstruasi dan dipadukan dengan kerja yang keras akan membuat rasa nyeri tersebut semakin memburuk. 

4. Jarang mengganti pembalut 
Saat mens, pembalut merupakan hal utama yang pasti dipakai wanita. Jangan malas untuk menggantinya terutama jika darah mens Anda sedang banyak-banyaknya. Alasan utamanya adalah untuk mencegah Anda dari infeksi vagina. 

5. Tidak menjaga kebersihan tubuh 
Selain harus mengganti pembalut dengan rutin, Anda juga tidak boleh lupa untuk menjaga kebersihan tubuh terutama di organ intim Anda. Hal ini bermanfaat untuk menghindarkan tubuh Anda dari berbagai macam bakteri penyebab infeksi.

6. Mengkonsumsi Kafein
Dikutip dari Women’s Health, saat menstruasi seorang wanita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, karena pada saat menstruasi sedang datang, biasanya perut cenderung kembung dan sensitif.

Sehingga ketika seorang wanita mengkonsumsi kafein saat menstruasi hal itu justru akan memperburuk kondisi perut yang tidak nyaman dan kembung bahkan bisa memperparah kram perut akibat menstruasi.


Itulah beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika menstruasi sedang bertamu.