Punya bayi tapi kerja kantoran? Inilah Cara Menyimpan ASI perah yang harus kamu ketahui

Punya bayi tapi kerja kantoran? Inilah Cara Menyimpan ASI perah yang harus kamu ketahui

Firdaus45.com - ASI merupakan kebutuhan pokok bayi dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saat bayi berusia 0-6 bulan, memang seharusnya tidak boleh lepas dengan ASI. Oleh karena itu, banyak ibu saat ini mulai sadar dan berlomba-lomba untuk tetap memenuhi kebutuhan ASI si kecil meskipun sedang bekerja kantoran.

Bekerja kantoran bukanlah menjadi alasan untuk tidak memberikan ASInya kepada si kecil. Karena banyak cara agar si kecil tetap meskipun sedang sibuk bekerja. Salah satunya adalah dengan menyiapkan ASI perah.



Bila Anda berniat memberikan ASI perah selama bekerja, maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara memijat ASI agar dapat keluar, karena tidak jarang ibu yang merasa kesulitan dalam memerah ASInya sendiri tanpa bantuan alat.

Baca juga: Tujuan dan Manfaat Pemberian ASI Eksklusif

Selain itu, cara menyimpan ASI perah yang baik dan benar juga harus mendapat perhatian agar kualitas ASI perah tetap terjaga.

Bila Anda bingung bagaimana cara melakukannya, simak penjelasan berikut ini sampai habis dan jangan terlewatkan.

1. Memerah ASI dengan tangan.
Ketika Anda ingin memerah asi dengan tangan, sebaiknya kompres payudara Anda dengan air hangat agar semua otot yang ada di payudara melunak.

Jangan lewatkan:
  1. Benjolan di payudara yang harus diwaspadai
  2. Cara mendeteksi tumor payudara sendiri
  3. Memahami bagaimana pembentukan kelenjar payudara
  4. Tips dan cara memperlancar asi
  5. Proses pembentukan ASI 

Biasakan untuk selalu mencuci bersih tangan Anda agar kuman pada tangan tidak ikut masuk ke wadah penyimpanan asi yang dapat menyebabkan si kecil diare ataupun mengalami masalah lain seperti sembelit.

Bagaimana cara memerah asi, berikut langkah-langkahnya.
  1. Pegang payudara Ibu dengan sebelah tangan lalu lakukan pemijatan dari bagian atas payudara menuju puting. Pijat menyeluruh, termasuk bagian bawah payudara.
  2. Selanjutnya, tekan perlahan-lahan pada area areola (kulit berwarnya gelap disekitar puting susu) dengan ibu jari dan telunjuk.
  3. Tekan kedua jari bersamaan, lalu tekan ke arah pucuk puting agar mengeluarkan ASI Ibu. Tekanlah sewajarnya jangan sampai puting susu terasa sakit.
  4. Bila ASI tidak keluar, kemungkinan cara memencet Anda salah. Ulangi dengan merubah letak Anda memencet areola sampai ASI benar-benar keluar. (banyak ibu yang salah memencet bagian ini sehingga pada akhirnya mereka menganggap payudara mereka tidak dapat memproduksi asi)

2. Cara Menyimpan Asi
Bila proses memerah ASI sudah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menyimpan ASI yang baik dan benar. 

Cara terbaik menyimpan asi agar dapat awet adalah dengan menaruhnya di lemari es baik di bawah freezer atau di freezernya. Bila asi sudah dihangatkan dan terdapat sisa, sebaiknya sisa asi yang sudah dihangatkan dibuang dan diganti dengan yang baru.

Alangkah baiknya untuk selalu memberikan tanggal pada setiap kemasan asi perah yang dibekukan. ASI yang diletakkan di dalam lemari pendingin dapat bertahan selama 72 jam.

Jika ASI ditempatkan di dalam freezer maka akan tahan selama 3 bulan. Tapi harus diingat, bila sudah dipanaskan dan tersisa, sebaiknya sisanya dibuang saja.

Semoga ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu semua yang selalu memperhatikan kebutuhan gizi si kecil.
Ayo Kenali dan Hindari Fad Diet!

Ayo Kenali dan Hindari Fad Diet!

Firdaus45.com - Kamu tahu apa itu fad diet? Fad diet adalah sebutan bagi diet yang menjanjikan hasil penurunan berat badan dalam jumlah banyak dan dalam waktu cepat. Berat badan yang berhasil diturunkan biasanya tidak bertahan lama.

Fad diet biasanya tidak sehat, bahkan ada yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, banyak yang bertentangan dengan logika dan biokimia dasar. Fad diet menjadi populer karena menjanjikan hasil yang cepat dan relatif mudah dijalani.

Hampir semua fad diet tidak mempromosikan penurunan berat badan yang wajar dan sehat. Penurunan berat badannya hanya bekerja untuk jangka pendek.



Fad diet sendiri mempunyai banyak bentuk. Ada fad diet yang mempromosikan mengonsumsi makanan tertentu/spesifik (diet Cabbage Soup, diet Drinking Man, diet Grapefruit), kombinasi makanan tertentu (diet Zone), dan makan pada waktu tertentu (diet Rotation).

Beberapa fad diet lain yang populer merekomendasikan untuk menghindari makanan tertentu. Misalnya menghindari karbohidrat pada diet Atkins, diet Protein Power, diet Carbohydrate Addicts, diet Life Without Bread, dan diet Sugar Busters.

Jenis diet yang lain merekomendasikan makan sesuai golongan darah (diet Eat Right for Your Type), makan seperti manusia gua (diet Neanderthin). Menggunakan embel-embel nama selebriti (diet Suzanne Somer’s Get Skinny on Fabulous Food), embel-embel nama tempat terkenal (diet Beverly Hills, diet South Beach), embel-embel nama organisasi/perusahaan (diet GM).

Apakah fad diet ampuh mengatasi kegemukan? Tidak juga. Jika fad diet memang betul-betul ampuh, seharusnya masalah obesitas sudah teratasi sejak lama.

Beberapa fad diet bertahan kepopulerannya selama bertahun-tahun. Buku-buku diterbitkan dengan keterangan “baru, revisi”, dan terjual laris. Sayangnya, tidak ada yang baru atau revisi pada dietnya, hanya untuk menarik generasi baru obesitas dan para pelaku diet yang frustasi.

Alasan yang mendasari mengapa fad diet dapat menurunkan berat badan adalah karena asupan kalori dikurangi. Ketika asupan energi kurang dari pengeluaran energi, maka berat badan akan turun.

(Baca: Bahaya kekurangan energi saat hamil)

Fad diet yang mengurangi pemasukan kalori, entah dengan menghindari karbohidrat, makan sup kubis sepanjang hari, atau menambahkan grapefruit (jeruk besar) setiap kali makan, akan menurunkan berat badan. Jika dilakukan dalam jangka panjang memang bisa menjaga berat badan.

Tentu saja, hampir tidak ada yang mau selamanya makan sup kubis, atau selamanya pantang karbohidrat. Sehingga orang akhirnya berhenti berdiet dan berat badannya naik kembali seperti sebelum diet, bahkan ada yang beratnya naik melebihi semula. Belum lagi jika ditinjau dari segi kesehatan.

Cara Mengenali Fad Diet

American Heart Association memberikan beberapa tips untuk mengenali fad diet.
  1. Apakah pada diet itu ada semacam makanan ajaib? Tidak ada makanan super atau bahan makanan ajaib yang bisa menghapuskan efek jangka panjang dari makan berlebihan dan kurang aktivitas.
  2. Hati-hati terhadap diet yang mengklaim penurunan berat badan yang cepat (misal, 7 kg dalam seminggu). Meskipun kelihatannya menarik, berat badan turun disebabkan hilangnya cairan, bukan lemak. Program penurunan berat badan yang baik menargetkan tidak lebih dari sekitar 0,5 – 1 kg per minggu.
  3. Ciri lain dari fad diet adalah menurunkan berat badan tanpa berolahraga. Studi secara konsisten menunjukkan bahwa faktor yang paling penting untuk keberhasilan jangka panjang penurunan berat badan adalah aktivitas fisik.
  4. Waspadai juga aturan mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah yang tak wajar, atau pantang makanan tertentu. Misal sup kubis untuk sarapan, makan siang, dan makan malam; pantang produk susu; pantang karbohidrat.
  5. Melarang makanan tertentu atau seluruh kelompok makanan, selain menjadi tidak sehat, dapat meningkatkan kemungkinan bahwa seseorang akan curang/cheating, makan dengan serakah, atau menyerah berdiet.
  6. Menu dan jadwal makan yang ketat dan menyiksa. Diet yang baik adalah yang dapat diikuti seumur hidup, bukan hanya seminggu atau sebulan.
Fad diet tidak direkomendasikan untuk menurunkan berat badan, karena tidak berlaku untuk jangka panjang. Memang berat badan akan turun dalam waktu singkat, namun percuma jika setelah diet berakhir berat badan kembali naik seperti semula.

Semakin diulang, penurunan berat badan akan semakin sulit, akhirnya menimbulkan frustasi, rasa bersalah, dan hilangnya kepercayaan diri.

Dari sudut pandang gizi, banyak fad diet yang kekurangan nutrisi penting. Misalnya, diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat (seperti diet Atkins) yang rendah vitamin E, A, tiamin, B6, folat, kalsium, magnesium, besi, seng, kalium, dan serat makanan.

Baca: Jumlah porsi nutrisi ideal bagi tubuh

Selain itu, juga tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Di sisi lain, ketika orang diperbolehkan untuk memilih makanan dari semua kelompok makanan, diet mereka cenderung bertahan jangka panjang dengan gizi yang memadai dan sehat.

Kesimpulannya, kebanyakan fad diet tidak menghasilkan penurunan berat badan jangka panjang, dan sering tidak mengandung nutrisi yang memadai untuk dijalani dalam jangka panjang.
Inilah Hal yang Harus Dilakukan Bagi Kamu yang Baru Pertama Kali Merasakan Menstruasi

Inilah Hal yang Harus Dilakukan Bagi Kamu yang Baru Pertama Kali Merasakan Menstruasi

Firdaus45.com - Wanita yang tidak pernah mendapatkan informasi seputar haid pastilah akan merasa heran sekaligus takut bila secara mendadak keluar darah pada daerah kewanitaan.

Rasa panik dan malu untuk bertanya pada orang tua sudah tentu, terlebih jika haid pertama kali terjadi pada saat malam hari. Mungkin akan membuat kamu bingung bagaimana mencuci celana dalam yang sudah penuh dengan darah. Anda beranggapan bahwa orang tua tidak boleh mengetahui hal ini, karena takut dimarahi atau ditanyai yang aneh-aneh.



Semua hal tersebut adalah wajar sekali terjadi, sehingga diperlukan bimbingan, arahan serta pemahaman dari kedua orang tua bahwa si anak sudah beranjak dewasa dan memiliki tanggung jawab lebih terhadap mahkotanya tersebut.

Jika Anda belum pernah mengalami menstruasi dan sedang mencari-cari informasi seputar menstruasi, Anda tidak salah membaca artikel ini.

Sekilas akan dijelaskan mengenai apa saja gejala awal menstruasi akan datang. Berikut ini adalah beberapa gejala yang pada umumnya dialami oleh setiap wanita yang baru pertama kali merasakan haid pertamanya yaitu

1. Perubahan fisik
Perubahan fisik seorang gadis yang akan mengalami menstruasi pertamanya adalah membesarnya payudara.


Selain payudara, bila seorang gadis akan memperoleh haid pertamanya, pada daerah kewanitaan akan mulai tumbuh bulu halus.

Perubahan fisik tersebut dapat kamu jadikan sebagai penanda awal bahwa kamu akan segera mendapatkan haid pertamamu. Jadi persiapkan dengan baik dirimu.

2. Keluarnya lendir atau noda coklat yang menempel pada celana dalam
Seorang gadis yang akan mengalami haid pertama kali pasti ditandai dengan munculnya lendir. Lendir ini pada umumnya akan keluar 6 bulan sebelum darah haid pertama keluar.

3. Perubahan Hormonal
Bagi kamu yang bukan praktisi medis, perubahan hormonal tanda awal menstruasi memang seringkali terabaikan. Perubahan ini memang tidak berhubungan langsung dengan daerah kewanitaan yang kamu rasakan.

Perubahan hormonal lebih kepada naik turunnya emosi, dan mood yang tidak menentu.

4. Premenstrual Syndrome atau lebih dikenal dengan istilah PMS
Pada saat baru pertama kali merasakan haid, beberapa gejala dan keluhan semacam ini seringkali terjadi.

Rasa sakit pada bagian bawah perut sering dialami oleh setiap gadis yang baru mendapatkan menstruasinya. Rasa nyeri tersebut biasanya dikenal dengan istilah dismenore atau nyeri haid

Dismenore atau nyeri haid merupakan suatu kejadian alami yang diakibatkan oleh kontraksi otot rahim. 

selain itu, gejala lain seperti perut kembung, sakit kepala, dan terkadang membuat orang tersebut mudah sekali lelah. (baca: Cara mencegah perut kembung saat haid)

Selengkapnya: Tanda awal haid akan segera datang

Tips Memperiapkan Diri Menghadapi Menstruasi Pertama

Bila kamu sudah mengetahui apa saja yang merupakan tanda dan gejala awal bahwa haid pertama akan datang, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memperisapkan diri untuk menghadapi haid pertamamu. 

Apa saja yang harus dipersiapkan? yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pahami apa itu siklus menstruasi 
Siklus menstruasi merupakan periode kapan menstruasi ke 2 kamu peroleh. 

Dengan memahami siklus menstruasi ini, kamu akan mudah mempersiapkan diri jauh hari sebelum menstruasi datang. Sekaligus untuk membiasakan diri dalam mempersiapkan kebutuhan selama menstruasi.

2. Siapkan Pembalut
Menstruasi pertama memang datang tanpa harus permisi. Akan tetapi bila kamu sudah mengetahui tanda awal menstruasi akan datang, yang harus kamu lakukan untuk mengantisipasinya adalah dengan menyiapkan pembalut.

Pembalut digunakan untuk menahan darah yang keluar dari daerah kewanitaan agar tidak berceceran kemana-mana. 

Bila sedang bepergian, sangat disarankan untuk membawa pembalut cadangan sebagai ganti. Tujuannya adalah untuk dapat diganti sesegera mungkin bila pembalut sudah penuh dengan darah.

Saat memilih pembalut, sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kondisimu, atau pilihlah pembalut yang mampu menampung banyak darah dengan daya serap tinggi agar daerah kewanitaanmu tetap terjaga kebersihannya.

3. Siapkan obat atau ramuan tradisional pereda nyeri
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa gejala yang pada umumnya terjadi saat menstruasi pertama adalah munculnya rasa nyeri pada bagian perut bawah.

Bagi sebagian orang nyeri haid akan sangat mengganggu aktivitas. Namun, ada juga yang tidak terlalu merasakan sakit ketika haid pertama datang
Disarankan meminum pereda rasa nyeri bila memang kamu tidak dapat menahan rasa sakit yang ditimbulkannya. 

4. Kurangi aktivitas fisik
Bagi kamu yang gemar olahraga, jalan-jalan, dan lain sebagainya, sebaiknya kurangi kegiatan tersebut bila haid sedang menghampirimu.
Sebenarnya tidak ada larangan, hanya saja menjaga diri agar darah menstruasi tidak jatuh berceceran tanpa disadari. 

Terlebih bila haid pertama dibarengi dengan nyeri haid, maka sebaiknya beristirahatlah yang cukup. Konsumsi makanan sehat penyubur sel telur agar kualitas sel telur tetap terjaga.

Jaga cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. 

5. Siapkan pembersih daerah kewanitaan
Darah haid merupakan darah kotor yang harus dikeluarkan. Akan menimbulkan masalah lain bila kamu tidak rajin menjaga kebersihan daerah kewanitaan.

Beberapa masalah kesehatan bila kamu tidak rutin membersihkan daerah kewanitaan selama masa haid diantaranya yaitu keputihan, bau tidak sedap pada daerah kewanitaan, dan juga dapat berakibat munculnya kista yang dapat memicu kanker servik.
Saat haid datang, sering-seringlah mengganti pembalut yang sudah penuh dengan darah. Jangan lupa untuk mencuci bersih daerah kewanitaan agar darah yang diluar tersapu air. 

Bila tidak mengetahui dengan baik soal pembersih daerah kewanitaan, jagan gunakan obat tersebut.

Bila salah pemakaian, malah justru akan merusak pH pada daerah kewanitaan sehingga menyebabkan kuman tumbuh subur dan menyebabkan penyakit menular seksual.

Tidak usah terlalu panik menghadapi darah menstruasi, pada intinya selalu utamakan menjaga kebersihan daerah kewanitaan kamu selama masa subur datang.