Obat Herbal Tradisional yang Paling Efektif Turunkan Panas Maupun Demam

Firdaus45.com -  Demam atau panas memang merupakan salah satu gejala penyakit yang paling umum diderita banyak orang, khususnya di Indonesia, hampir tidak ada satupun orang yang tidak pernah mengalami demam atau panas.

Demam yang terjadi pada seseorang disebabkan oleh banyak sekali faktor. Beberapa diantaranya adalah
  1. Pasca imunisasi,
  2. Terkontaminasi virus ataupun bakteri
  3. Infeksi karena gigitan nyamuk, seperti malaria, cikungunya
  4. kanker, 
  5. dan lain sebagainya, 

Meskipun bukan tergolong sebuah penyakit, namun demam yang diderita seseorang akan terasa cukup mengganggu bila kenaikan suhu tubuhnya cukup signifikan.

Terlebih bila yang terkena demam adalah bayi. Demam pada bayi memang sering kali terjadi, terlebih saat bayi masih berusia di bawah 6 bulan. Demam pada bayi merupakan suatu proses alami dalam membentuk imunitas atau kekebalan tubuh si bayi itu sendiri.


Bila bayi terkena demam, rasa panik seringkali muncul yang membuat orang tua terkadang salah dalam melakukan tindakan pertolongan. Padahal, bila orang tua memahami bagaimana gejala demam bayi, rasa panik mungkin sedikit akan menghilang. Jadi yang harus dilakukan ketika bayi demam adalah melakukan tindakan pertolongan pertama dengan benar. Bagaimana caranya silahkan Anda baca pada artikel Pertolongan pertama pada bayi saat terkena demam


Obat tradisional yang ampuh turunkan panas maupun demam

Indonesia adalah negara yang kaya akan beraneka jenis tumbuhan, termasuk salah satunya dalah tumbuhan yang digunakan untuk obat-obatan. Tumbuhan apakah yang dapat digunakan untuk mengobati panas atau demam? Baca pembahasan di bawah ini sampai habis.

1. Air Kelapa Muda
Sudah tidak diragukan lagi khasiat air kelapa ini, selain untuk mengobati orang yang sedang keracunan, air kelapa juga dapat digunakan sebagai pengganti cairan infus. Bila Anda pernah melihat film Who am I yang dibintangi oleh Jacky Chan, disitu terdapat adegan seorang pasien yang dipatuk ular kemudian diberikan infus menggunakan air kelapa.

Selain itu, air kelapa juga mengandung kalium yang merupakan jenis mineral yang dibutuhkan tubuh ketika sedang mengalami demam atau panas tinggi. Ketika tubuh sedang demam, secara otomatis tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Kekurangan cairan dalam tubuh akan memperparah demam. Cairan yang dikeluarkan tadi dapat tegantikan ketika orang tersebut meminum air kelapa.

2. Bawang Merah
Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah ternyata seringkali digunakan oleh orang jaman dahulu untuk mengobati panas atau demam.

Menggunakan bawah merah untuk mengobati demam maupun panas caranya sangat mudah. Anda cukup menghaluskan beberapa siung bawang merah kemudian oleskan pada sekujur tubuh. Agar lebih cepat, jangan lupa untuk memberikan minuman air kelapa.

3. Kunyit
Kunyit merupakan bumbu masak yang mengandung antioksidan, anti-inflamasi, kurkumin, turmeron, antibakteri dan minyak atsirinya sangatlah tinggi dan baik bagi tubuh.

Menurunkan panas dengan menggunakan kunyi caranya cukup mudah sekali. Ambilah beberapa siung kunyi kemudian parut sampai halus. Tambahkan air hangat ataupun air dingin biasa bukan dingin kulkas, kemudian peras dan buanglah ampasnya. Jangan lupa tambahkan jeruk nipis boleh satu ataupun setengah. Bila ada madu, sebaiknya tambahkan 1-3 sendok madu dan minumkan pada anak.

Baca: Manfaat kunyit putih

4. Temulawak
Pada umumnya, temulawak digunakan sebagai obat gangguan pencernaan seperti asam lambung. Salah satu pabrikan ternama di Indonesia juga menggunakan temulawak untuk menambah nafsu makan anak. Namun selain menjadi obat bagi lambung dan penambah nafsu makan, temulawak adalah obat manjur untuk menurunkan panas demam bagi anak maupun orang dewasa.

Mengobati demam menggunakan temulawak sangat mudah sekali caranya. Cukup siapkan 10 gram rimpang temulawak dan cuci bersih. Tambahkan air hangat dan kemudian ambil sarinya saja, jangan lupa tambahkan madu secukupnya kemudian minumlah saat dingin atau selagi hangat.

Baca: Manfaat temulawak

5. Sambiloto
Tanaman obat ini memang memiliki segudang manfaat dan tentunya bisa diandalkan juga sebagai obat penurun panas. Baik untuk mengobati demam dan panas anak maupun orang dewasa, caranya sama, yakni dengan menyiapkan daun sambiloto sebanyak 10 gram. Pastikan bahwa daun yang digunakan adalah daun yang kering.

Setelah itu, rebuslah daun sambiloto bersama dengan umbi kunyit kering sebanyak 25 gram bersama air 200 ml. Didihkan hingga air tinggal separuhnya alias 100 ml, barulah Anda menyaringnya. Sesudah menjadi hangat, tambahkan madu secukupnya, aduk-aduk dan barulah ramuan siap diminum; bagilah menjadi 3 bagian dan konsumsilah sehari 3 kali.
Sponsors Link

6. Lempuyang Emprit
Ada kandungan senyawa minyak atsiri di dalam lempuyang emprit ini dan itulah zat yang akan membantu suhu tubuh yang tinggi bisa turun secara alami. Penggunaan dikhususkan pada bagian rimpangnya yang memiliki rasa pahit dan juga memiliki warna putih kekuningan.

Untuk membuat ramuannya, Anda bisa coba mencuci umbi lempuyang emprot 10 gram lebih dulu, barulah setelah itu diparut. Hasil parutan kemudian ditambahkan dengan air panas sebanyak ½ gelas dan aduk-aduklah rata. Sesudah menjadi dingin, sarinya bisa Anda peras dan ambil untuk kemudian dicampurkan bersama madu 2 sendok makan. Ramuan ini bisa dikonsumsi sehari 3 kali untuk hasil terbaik.

7. Pegagan
Tanaman herbal satu ini bisa menjadi obat penurun panas juga bagi orang dewasa dan anak-anak. Di dalam daun pegagan ada banyak kandungan baik yang sangat aman bila dikonsumsi, seperti saponin, triterpenoid, vellarine, dan hydrocotyline. Selain mampu menjadi penurun panas, tumbuhan ini sangat bisa dimanfaatkan untuk merevitalisasi tubuh.

Dalam meramunya, Anda bisa menyediakan daun pegagan yang dalam kondisi segar sebanyak 1 genggam. Setelah itu rebuslah dengan air sebanyak 2 gelas sampai mendidih dan diamkan ramuan sampai tersisa kurang lebih satu gelas (250 ml). Ramuan kemudian bisa dibagi menjadi 3 untuk dikonsumsi 3 kali setiap harinya sampai panas turun.

Baca: Manfaat daun pegagan

8. Meniran
Satu lagi obat tradisional yang bisa menjadi solusi di kala tubuh sedang demam dan suhu tubuh naik. Daun tanaman meniran diketahui memiliki banyak kandungan baik, seperti misalnya vitamin C, triterpenoid, tanin, alkaloid dan flavonoid yang merupakan antioksidan. Seluruh kandungan baik tersebut sangat berperan besar sebagai penurun panas.

Untuk meramunya, Anda bisa menyiapkan daun meniran sebanyak 1 genggaman tangan dan pastikan bahwa kondisinya masih sangat segar. Rebuslah kemudian bersama air 2 gelas hingga mendidih. Rebuslah sampai akhirnya air tinggal segelas saja sisanya lalu diamkan sampai menjadi hangat sebelum dikonsumsi. Ramuan tersebut bisa dibagi 3 bagian untuk konsumsi 3 kali per harinya.

9. Daun Kemangi
Untuk menurunkan panas, Anda juga bisa mengandalkan daun kemangi yang biasanya digunakan sebagai lalapan sekaligus obat bau mulut. Ambil daun kemangi 20 lembar dan rebuslah bersama sesendok teh jahe yang sudah dihancurkan di dalam secangkir air. Setelah air dididihkan dan tinggal separuhnya, minumlah dengan menambahkan madu murni secukupnya.

10. Jahe
Walau ada efek samping jahe, tetap saja rempah ini dapat memberikan segudang manfaat bagi tubuh, apalagi di kala sakit. Untuk menurunkan panas, pastikan Anda mencoba membuat teh jahe dengan memasukkan 1 ½ sendok teh parutan jahe ke secangkir air panas dan biarkan selama beberapa menit. Tambahkan madu secukupnya sebelum dikonsumsi.

11. Cuka Sari Apel
Apel adalah buah yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Bila tubuh kekurangan serat, akan menyebabkan gangguan pencernaan misalnya sembelit atau susah buang air besar. (Baca: Cara efektif atasi sembelit pada bayi)

Selain itu, apel juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas maupun demam. Untuk menurunkan panas demam, Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel di mana yang Anda butuhkan adalah 1 ½ cangkir yang kemudian ditambahkan ke air hangat untuk mandi. Berendamlah di sana sekitar 10 menit dan setelah 20 menit baru akan terasa hasilnya. Cobalah lagi lakukan ini ketika tubuh panas lagi.

12. Putih Telur
Sebagai penurun panas, Anda bisa coba untuk memakai putih telur yang dikocok, lalu ambil saputangan tipis untuk dicelup atau direndamkan di putih telur tersebut. Setelah itu tempatkanlah kain tersebut ke telapak atau tumit kaki penderita panas demam. Ketika kain sudah mulai mengering dan terasa hangat, ganti segera dengan kain yang baru; lakukan sampai panas turun.

13. Mint
Daun mint juga ampuh digunakan sebagai penurun panas demam di mana Anda bisa menambahkan sesendok makan daun mint ke dalam secangkir air panas. Sesudah diseduh selama kurang lebih 10 menit, saringlah dan masukkan beberapa sendok teh madu. Penderita panas demam bisa mengonsumsinya sehari 3-4 kali untuk penyembuhan yang lebih cepat.

Ingin Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan? Coba lakukan kebiasaan ini saat hamil

Agar Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan - Memiliki buah hati yang cerdas sejak dalam kandungan memang menjadi dambaan bagi setiap orang tua.

Segala cara pasti akan dilakukan agar buah hati yang sedang dikandung dapat tumbuh dengan sehat dan memiliki kecerdasan yang luarbiasa.

Pada umumnya, setiap orang tua memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk kecerdasan otan janin.

Tapi pernahkah Anda ketahui, bahwa sesungguhnya mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan tidak hanya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi bayi sejak dalam kandungan. Ada beberapa hal atau kebiasaan seorang ibu saat hamil yang terkadang lupa dilakukan, apa sajakah itu? yuk simak penjelasannya.

Kebiasaan Saat Hamil yang Dapat Mencerdaskan Bayi Sejak dalam Kandungan

Hampir dari semua litetur menyebutkan bahwa kebiasaan seorang ibu saat hamil akan mempengaruhi kondisi mental bayi, termasuk juga kecerdasannya. 

Oleh karena itu, bila menghendaki calon bayinya nanti memiliki kecerdasan sejak dalam kandungan, maka lakukan beberapa kebiasaan berikut ini. 

1. Membaca buku
Seorang pakar pola asuh anak, Dr. Miriam Stoppard, menyarankan agar seorang ibu harus membiasakan diri untuk membacakan janin buku, baik dongeng, fiksi atau apapun yang daapat melatih kecerdasan otaknya semenjak trimester ke tiga. 

Menurutnya, usia janin dalam kandungan yang memasuki trimester ke tiga sudah mempu menyimpan memori dari bunyi yang ia dengarkan dari lingkungan sekitar.

Dari hasil sebuah penelitian yang meminta ibu hami di Amerika Serikat untuk membacakan cerita anak berulang-ulang saat bayi masih di dalam kandungan.

Dari penelitian tersebut diperoleh hasil yang sangat memuaskan, dimana bayi yang didengarkan dongeng atau cerita anak memmiliki  kemampuan mengingat suara ibu dan mempercepat kemampuan bicara.




2.Diperdengarkan Musik
Sering memainkan dan mendengarkan musik klasik merupakan suatu pendapat yang paling banyak diterapkan oleh banyak ibu hamil.

Memainkan musik klasik telah menjadi teori yang paling umum dan banyak diterapkan oleh ibu hamil.

Namun menurut Dr. Stappord, janin menyukai segala  genre musik. Sebab, musik dapat memicu hormon bahagia terus aktif. Salah satu hormon yang dapat diaktikan dengan mendengarkan musik adalah hormon serotonin. Hormon  inilah yang menyebabkan janin dalam kandungan menjadi lebih tenang dan bahagia.

Rasa bahagia saat mendengarkan musik, kata Dr Stappord, akan terus diingat bayi setelah lahir ke dunia. Jadi, ketika bayi mendengar musik, memorinya akan membawa kembali masa bahagia menikmati musik dalam kandungan.

Jadi jangan pernah merasa bosan mendengarkan musik, baik klasik ataupun pop lainnya agar janin di dalam kandungan tetap bahagia.





3. Suara Bacaan Al Quran
Jika banyak peneliti memaparkan bahwa bayi yang didengarkan musik klasik akan membuat otak bayi cerdas sejak dalam kandungan, kenapa tidak dengan bacaan Al Quran yang merdu?

Bagi umat Islam, Al Quran adalah mukjizat dimana yang membaca dan mendengarkannya akan menjadi tenang. 


Demikian juga dengan manfaat membacakan atau mendengarkan lantunan Al-Qur’an kepada bayi atau janin yang masih dalam kandungan.

Penelitian seputar lantunan Al quran yang didengarkan kepada janin akan menstimulus otak janin secara positif.

Menurut Dr. Nurhayati dari Malaysia, Al Quran yang diperdengarkan kepada janin akan berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan otaknya.

Menurut penelitiannya, bayi yang diperdengarkan Al Quran ketika berusia 48 jam dengan lantunan merddu menunjukkan respon tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Tidak hanya itu saja, Beberapa ahli juga menyatakan pendapatnya bahwa bayi yang sering diperdengarkan Al-Qur’an ketika dalam kandungan akan lebih cepat hafal Al-Qur’an setelah lahir kedunia. Memori suara Al-Qur’an yang sudah terekam dalam otaknya akan segera merespon ulang ketika ia dibacakan Al-Qur’an.


4. Berkomunikasi dengan Janin
Dari hasil penelitian, pada saat janin berusia sekitar 6-7 bulan, janin sudah dapat mendengar apa yang kita bicarakan. Meskipun pada saat nanti ketika si janin sudah keluar akan melupakan semua yang di dengar. Akan tetapi, berkomunikasi dengan janin pada saat hamil juga dapat berpengaruh terhadap kecerdasan si janin itu sendiri.


5. Mengikuti Kelas Senam Ibu Hamil
Melakukan senam ibu hamil secara berkala dapat membuat ibu hamil menjadi lebih rileks.

Ketika ibu hamil sering merasakan stress, gugup dan selalu memperoleh emosi negatif, hal ini akan berdampak pada perkembangan emosi janin.

Jadi, sangat disarankan untuk ibu mengambil kelas senam dengan gerakan-gerakan rileksasi agar memberikan energi positif bagi ibu hamil sehingga stress pun hilang.

6. Hindari Hal-hal yang dapat mengkontaminasi bayi
Asap rokok, alkohol, atau obat-obatan jenis tertentu sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk dikonsumsi. Pasalnya, barang-barang tersebut sangat berpotensi sekali menyebabkan bayi lahir cacat atau prematur.

Sehingga usahakan untuk tidak mendekati seorang perokok, jangan minum alkohol, atau obat-obatan yang membahayan bayi Anda.

7. Konsumsi Makanan Sehat.
Sudah menjadi suatu keharusan bagi ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan begizi. Karena, apa yang kita makan, akan berdampak secara langsung kepada kondisi janin.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, Anda sudah berupaya membuat janin Anda tumbuh sehat dan cerdas.

Maksuda dari makanan sehat di sini adalah kandungan gizi dari makanan yang dibutuhkan janin pada tahap perkembangan.

Konsumsilah makanan yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan janin agar gizi si jabang bayi tercukupi selama kehamilan.
Jangan lupa perhatikan kesehatan hewan peliharaan Bila waktu melahirkan sudah dekat

Jangan lupa perhatikan kesehatan hewan peliharaan Bila waktu melahirkan sudah dekat

Firdaus45.com - Bagi Anda, calon ibu yang memiliki hewan peliharaan dan waktu melahirkan sudah dekat, jangan pernah lupa untuk merawat kesehatan hewan peliharaan kesayangan Anda.

Sayang terhadap hewan peliharaan boleh-boleh saja dilakukan bagi ibu hamil. Namun, menjaga kesehatan janin atau calon bayi adalah hal yang jauh lebih penting.

Bila sanggup, sebaiknya jangan memeliharan hewan peliharaan bila memiliki Anak kecil atau bayi.

Hampir dari banyak literatur menyebutkan bahwa hewan peliharaan pastilah membawa penyakit.

Salah satu penyakit dari hewan peliharaan yang paling ditakuti adalah toksoplasma.

Toksoplasma merupakan suatu penyakit yang ditularkan oleh protozoa Toksoplasma gondii melalui daging dan kotoran hewan yang terinfeksi.

Toksoplasma biasanya menulari orang yang suka memakan daging mentah, yang tidak dimasak dengan kematangan sempurna, yang tidak menjaga kebersihan badan serta lingkungannya dan yang gemar berkebun.

Hampir semua hewan berdarah panas dapat menjadi inang dari parasit Toksoplasma gondii ini.

Salah satunya adalah kucing, namun tidak hanya kucing saja yang dapat dijadikan sebagai inang parasit toksoplasma gondii. Ayam, bebek, kelinci, anjing terlebih-lebih babi juga dapat menjadi inang dan dapat menularkan penyakit toksoplasma kepada keluarga Anda bila tidak rutin menjaga kebersihan.

Selain melalui hewan, penularan juga dapat  melalui makanan dan kotoran hewan. Penularan ini dapat terjadi bila Anda memasak daging yang kurang matang dan tidak dicuci dengan bersih, atau tangan yang tidak dicuci dengan bersih ketika selesai berkebun.

Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita melakukan antisipasi sebelum penyakit-penyakit yang ditularkan oleh hewan peliharaan benar-benar menyerang buah hati Anda.

Menjaga kesehatan hewan peliharan sejak dini adalah hal yang paling bijak bila Anda tidak sanggup untuk menjual hewan peliharaan kesayangan Anda.

Tapi tenang saja, bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar hewan peliharaan tetap sehat, buah hati juga sehat. Yuk simak penjelasannya
  1. Bawa hewan peliharaan Anda secara rutin periksa ke dokter hewan. Pemeriksaan secara rutin bertujuan untuk mengetahui dan mengantisipasi bila hewan peliharaan mulai menunjukkan gejala tidak sehat.
  2. Usahakan dan ajarkan hewan peliharaan Anda untuk tidak memasuki ruangan rumah terutama ruangan tempat buah hati Anda tidur. Jika bisa, tempatkan hewan peliharaan Anda ke dalam ruangan khusus dan jangan biarkan berkeliaran di jalanan.
  3. Rajinlah-rajinlah menjaga kebersihan hewan peliharaan Anda, baik itu kandang, bulu, kuku dan semuanya jangan sampai terlewatkan.
  4. perhatikan makanan yang dikonsumsi oleh hewan peliharaan Anda. Berikan makanan dengan kualitas terbaik, atau setidaknya sehat untuk peliharaan Anda.
  5. Sterilisasi hewan peliharaan Anda, baik menggunakan vaksin ataupun suntikan.
  6. Ajarkan hewan peliharaan Anda untuk tidak menggigit majikannya.

Cara Mudah Hilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Cara Mudah Hilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Firdaus45.com - Komedo merupakan pori-pori kulit yang tersumbat. Secara umum, komedo dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Blackhead atau komedo yang terbuka, biasanya terlihat seperti bulu hitam. Sedangkan whitehead merupakan jenis komedo yang berada di dalam pori-pori dan menyumbat keluarnya minyak, biasanya terlihat putih dan tersembunyi.

Komedo dapat muncul karena disebabkan sekresi kelenjar minyak dalam jumlah yang berlebihan pada kulit. Selain itu, komedo juga disebabkan karena sel-sel kulit mati. Selengkapnya dapat dibaca pada artikel penyebab komedo

Bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati menumpuk di kulit.

Cara Hilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Campuran pasta gigi dan garam
Garam yang mengandung yodium sangat berguna pada proses pengelupasan sel kulit yang juga dapat membuat tumpukan sel kulit mati penyebab komedo berkurang.

Cara penggunaan:

  1. Campurkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh pasta gigi mint
  2. Aduk hingga merata
  3. Oleskan pada bagian hidung yang mengalami masalah komedo
  4. Diamkan selama 5 menit
  5. Pijat-pijat lembut dengan jari yang bersih
  6. Bilas dengan air hingga bersih
  7. Terakhir, ketuk-ketuk hidung sendok yang dingin (sendok yang sudah dimasukkan dalam kulkas) guna menutup pori-pori kulit
  8. Kulit akan terasa lebih lembut dan komedo berkurang

Campuran pasta gigi dengan putih telur
Putih telur mengandung tinggi protein, vitamin A, vitamin E, dan mineral. Putih telur sangat berkhasiat dalam mengurangi komedo yang menempel di hidung.

 Cara penggunaan:

  1. Pecahkan 1 buah telur, dan ambil putih telurnya
  2. Masukkan putih telur dalam mangkuk dan tambahkan pasta gigi mint secukupnya
  3. Aduk hingga merata
  4. Oleskan pada bagian hidung yang berkomedo
  5. Letakkan tissue diatas hidung yang sudah diolesi campuran pasta gigi dan putih telur
  6. Diamkan selama 20 menit
  7. Lepaskan tissue secara perlahan
  8. Bilas dengan air hingga bersih
Pada artikel sebelumnya, "cara menghilangkan komedo" sudah dijelaskan bagaimana cara menggunakan putih telur untuk membersihkan komedo di wajah.

Campuran pasta gigi dengan jeruk nipis
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis sangat berguna untuk mengangkat komedo yang ada di wajah. Vitamin C juga berkhasiat dalam mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mencerakan kulit.

Cara penggunaannya:

  1. Campurkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dengan pasta gigi
  2. Aduk hingga merata
  3. Oleskan pada bagian hidung yang mengalami masalah komedo
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Pijat-pijat lembut dengan jari yang bersih
  6. Bilas dengan air hingga bersih
  7. Terakhir, ketuk-ketuk hidung sendok yang dingin (sendok yang sudah dimasukkan dalam kulkas) guna menutup pori-pori kulit