1/09/2017

Teman atau Sahabat Sedang Sedih? Berikut Tips Menghibur Dia yang Sedang Sedih dan Galau

Tips Menghibur Teman yang Sedang Sedih dan Galau

Firdaus45.com - Kesedihan memang tidak memandang gender dan juga umur. Setiap orang bisa saja sedih, dan bahkan sebagian orang sering merasakan kesehidan. 

Mengapa demikian?
Kesedihan yang dialami oleh seseorang disebabkan oleh berbagai macam alasan. Hanya mereka yang mengetahui secara pasti mengapa dan apa yang membuatnya bersedih.

Bila Anda adalah teman terdekatnya, atau sahabat dekatnya, dukungan, motivasi dan bantuan moril merupakan barang berharga bagi dia yang sedang sedih.


Tidak perlu Anda mencari tahu dan bahkan bertanya secara langsung berkaitan hal apa yang membuat sahabat Anda bersedih.

Ketika Anda menanyakan kenapa ia bersedih, terkadang rasa sedih akan semakin menjadi-jadi karena dia akan mengingat kembali hal yang menyedihkan tersebut hanya untuk menceritakan kembali kapada Anda.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Bila ingin dan mencoba menghibur sahabat Anda, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar kegundahan teman Anda berangsur membaik.

1 Jadilah Pendengar Baik
Jangan terlalu bertanya mengenai apa yang membuatnya bersedih. Ketika teman Anda sedang bersedih, menjadi pendengar yang baik merupakan langkah tepat yang dapat dilakukan. Dengarkan dengan bersungguh-sungguh apa saja yang dia katakan.

Bila mungkin, berikan solusi terhadap masalah yang telah dia ceritakan kepadamu. Berikan solusi sewajarnya dan jangan sampai seolah malah Anda memarahi dia dalam memberikan solusi.

Bila tidak dapat memberikan solusi dalam memecahkan masalah, maka menjadi pendengar yang baik sudah cukup membuat teman Anda merasa diperhatikan dan ada yang mempedulikannya.

Baca: Tips Menjadi Teman Bicara yang Baik

2 Jangan Menyalahkan Sahabat
Ketika teman Anda sedang sedih, usahakan untuk tidak menyalahkannya meskipun pada kenyataannya dia benar-benar bersalah.

Berikan perkataan serta pengertian yang halus dan menenangkan. Dengan begitu, perlahan teman Anda akan memahami kesalahannya.

Baca: Inspirasi Kata Bijak dari Ust. Jeffry Al Buchori

3 Hindari Bercerita Tentang Kesedihan Anda
Ketika teman Anda sedang bersedih dan membutuhkan Anda, tetapi Anda juga sedang bersedih, maka tahanlah kesedihan Anda.

Sembunyikan kesedihan Anda dan jangan ceritakan kapada teman yang sedang membutuhkan kehadiran Anda.

Curhatan Anda mengenai kesedihan akan membuatnya menjadi merasa bersalah dan kesedihan kalian mungkin akan semakin bertambah.

Akan tetapi, pada beberapa kasus, dengan sama-sama menangis malah akan merasa bahwa dirinya tidak sendiri.

Dengan begitu kesedihan perlahan akan semakin mereda karena faktor senasib.

4 Pastikan Anda di Sampingnya
Ketika sahabat sedang tertimpa musibah, pastikan Anda untuk selalu ada di sampingnya. Cobalah untuk selalu ada untuknya baik ketika ia senang dan juga sedih. Hal ini menunjukkan bahwa Anda peduli kepadanya.

5 Pahami Kesedihannya
Belajarlah untuk memahami kesedihan yang dirasakan saudara atau sahabat Anda. Rasakan bahwa Anda sedang berada di posisinya agar ia merasa nyaman. Ketika Anda begitu memahami kesedihannya, hal ini bisa membuat Anda lebih berhati-hati dan senantiasa menghiburnya.

Baca: Gejala Depresi pada Anak

Itu hanya beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencoba menenangkan teman yang sedang sedih, gundah dan galau. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips agar presentasi kamu sukses
Loading...

Artikel Menarik Lainnya