1/21/2017

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Firdaus45.com - Buah naga adalah salah satu jenis buah yang satu rumpun dengan kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga yang ada di Indonesia berasal dari Meksiko. Akan tetapi, pada saat ini buah naga banyak dibudidayakan di beberapa negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Hal yang yang unik dari buah naga (Hylocereus) yaitu bunganya hanya mekar pada saat malam hari.

Penyebaran buah naga dimulai pada tahun 1870. Pada tahun itu, orang Perancis yang melakukan penjelajahan ke Guyana kemudian menuju Vietnam. Pada mulanya, tanaman ini digunakan untuk penghias rumah atau tanaman hias. Namun, menurut beberapa masyarakat Vietnam dan Cina pada waktu itu, buah naga ini membawa keberkahan bagi mereka. Karena anggapan itu, buah naga ini selalu ditempatkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).



Varietas buah naga
Buah naga yang ada saat ini memiliki setidaknya 4 varietas, penamaan buah naga merujuk pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis:
  • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.
  • Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.
  • Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.

Morfologi buah naga
Morfologi tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah. Buah naga memiliki akar serabut yang terdapat disepanjang batang bagian punggung dan sirip yang ada di sudut-sudut batang. Buah memiliki bunga bakal buah yang tumbuh pada bagian duri. Bunga buah naga hampir mirip dengan bunga Wijayakusuma. Bunga dari buah naga akan menjadi buah apabila bunga tersebut tidak rontok. Bentuk dari buah naga seperti buah Alpukat, bulat dan agak lonjong dengan ukuran yang juga hampir mirip dengan ukuran buah Avocado. Kulit dari buah naga memiliki warna merah menyala baik buah naga putih maupun merah. Kulit buah naga berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga.

Buah naga memiliki bentuk batang segitiga dengan duri yang sangat pendek dan samar seperti halnya duri pada pohon kaktus. Karena duri yang terdapat pada batang buah naga hampir mirip dengan pohon kaktus, maka buah naga juga sering dianggap sebagai Kaktus tak berduri. Pada umumnya, bunga dari buah naga akan mekar pada awal senja apabila ukuran kuncupnya sudah mencapai ukuran sekitar 30cm. Bunga dari buah naga memiliki warna krem pada mahkota bagian luar, mahkota bagian dalam berwarna putih bersih. Bunga ini akan mekar kurang lebih sekitar 9 malam dan akan terbuka secara penuh apabila sudah tengah malam. Bunga buah naga dikenal sebagai night blooming cereus. Saat mekar penuh, buah naga menyebar bau yang harum. Aroma ini untuk memikat kelelawar, agar menyerbuki bunga buah naga.

Pembudidayaan buah naga
Pada umumnya, pembudidayaan buah naga dilakukan dengan cara stek atau juga dengan penyemaian biji. Buah naga akan tumbuh subur apabila di taman pada media porous (tidak becek), memiliki kandungan unsur hara yang banyak, berpasir, memiliki sinar matahari yang cukup dan memiliki suhu antara 38-40 °C. Bukan berarti daerah yang bersuhu dibawah dari itu buah naga tidak dapat tumbuh. Buah naga mampu tumbuh dengan ketinggian dan kondisi apapun asalkan memiliki unsur hara yang banyak, karena buah naga ini cukup rakus akan unsur hara. Sehingga, bila tanah yang ditanami buah naga tidak memiliki unsur hara yang melimpah, pertumbuhan buah naga akan terhambat. Akan tetapi, Anda tidak usah terlalu khawatir karena buah naga ini memiliki sifat adaptif yang tinggi sehingga buah naga dapat dibudidayakan pada daerah dengan ketinggian 0–1200 m dpl. Hal yang terpenting adalah buah naga mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Pada usia 1 tahun, ketinggian pohon dari buah naga dapat mencapai 3 meter. Hal ini berdasarkan beberapa sumber daerah budidaya buah naga yang ada di Indonesia seperti Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Wonogiri, Kalibawang, Kulon Progo, Batam dan Bandung. Buah naga dengan perawatan yang cukup baik akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan. 

Konsumsi buah naga
Apabila Anda hendak mengkonsumsi buah naga, maka buah naga harus dibelah hingga dagingnya terlihat. Tekstur buah naga sering disamakan dengan tekstur buah kiwi karena sama-sama memiliki biji hitam yang renyah dan tidak pahit pada bagian dagingnya. Daging buah naga memiliki rasa yang agak manisdengan kandungan kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita Diabetes. Biji buah naga memiliki rasa yang agak pedas seperti rasa daun mint dengan kandungan yang kaya akan lipid. Perlu diperhatikan ketika Anda memakan biji buah naga, yaitu kunyahlah sampai lembut karena biji buah naga tidak mudah dicerna oleh tubuh. Selain dimakan langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, bubur mutiara, dan sebagainya.

Manfaat buah naga
Hampir semua jenis buah naga memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai pada kulit dari buah naga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Rekomendasi buah naga untuk konsumsi kesehatan lebih banyak pada buah naga merah.   

Beberapa kandungan buah naga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh antara lain zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (mencegah demam badan); vitamin B2 (menambah selera); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat).



Kalsium dan zat besi yang terkandung dalam buah naga cukup tinggi oleh karena itu, FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi dan nutrisi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Setidaknya kalsium dan zat besi yang diperoleh dari mengkonsumsi buah naga mampu memenuhi 8% dari kebutuhan harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.

Beberapa manfaat buah apabila dikonsumsi antara lain:
Mencegah Kanker
Buah naga memiliki antioksidan phytoalbumin yang mampu mencegah munculnya penyakit kanker di dalam tubuh. Antioksidan phytoalbumin mampu mencegah pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh yang mejadi penyebab utama penyakit kanker. Buah naga juga memiliki kandungan serat, kalsium, fosfor, Vitamin C dan B2.
Menjaga kesehatan jantung
Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terdapat di dalam buah naga dapat membantu Anda untuk memperoleh jantung yang sehat dan menjaganya agar tetap sehat. Menjaga kesehatan jantung dapat Anda lakukan dengan berolahraga seperti lari pagi dan juga dapat ditambah dengan bantuan konsumsi buah naga.
Mencegah diabetes melitus
Buah naga memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan kadar kalori yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Rasa manis buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah naga 
merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat.
Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda apabila Anda secara rutin mengkonsumsi buah naga tersebut. Antioksidan yang terdapat pada buah naga juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda. Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, konsumsi buah naga juga aman dan sangat baik untuk pertumbuhan anak Anda. 
Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga, mampu membantu
menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan
sebagai bahan lulur. Caranya ambil satu buah naga dan kupas kulitnya, haluskan. Lalu buah naga yang telah diblender dimasukkan kedalam gelas dan ambil airnya dengan sendok usapkan pada wajah. Lakukan secara teratur setiap hari.
Menetralkan racun

Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin akan mampu menetralkan racun dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain, yang membahayakan kesehatan.
Merawat Kesehatan Mata

Karoten yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
Menghambat Penuaan Dini

Selain buah apel, ternyata buah naga juga mampu menjaga proses penuaan dini. Karena didalam buah naga terkandung antioksidan yang berfungsi untuk menghambat penuaan dini.
Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium organik yang terdapat dalam buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah buah naga tersebut secara teratur setiap hari.   
Mencegah kolesterol

mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar
kolesterol dan untuk menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat
mengatasi tekanan darah tinggi. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.


Manfaat lain mengkonsumsi buah naga bagi kesehatan antara lain:

  • Baik untuk membersihkan usus
  • Mencegah peradangan
  • Menjaga ion tubuh
  • Buah untuk meningkatkan stamina
  • Agar tidak mudah kram
  • Mencegah kelumpuhan otot
  • Baik untuk menjaga kelembaban kulit
  • Baik untuk manula
  • Menjaga kesehatan syaraf
  • Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
  • dapat digunakan untuk perwarna alami (buah naga merah)
  • dapat digunakan untuk membasmi jerawat
  • Mencegah kerapuhan tulang
  • Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun
  • Menjaga kelancaran sistem peradaran darah
  • Baik untuk meningkatkan ASI
  • Baik untuk mengobati panas dalam
  • Baik untuk mengobati sariawan
  • Sangat ampuh untuk mengatasi tengorokan kering
  • Dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang
Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur. Buah naga tidak terlalu memiliki efek buruk kepada kesehatan tubuh Anda sehingga tidak perlu khawatir apabila Anda mengkonsumsi buah naga secara teratur dalam jumlah yang secukupnya.

Loading...

Artikel Menarik Lainnya