Manfaat jus strawberry

Manfaat jus strawberry

Manfaat Jus Stroberi


Firdaus45.com - Manfaat jus stroberi. Buah stroberi merupakan buah yang sangat populer dan digemari hampir sebagian orang. Rasa dan warna yang khas membuat orang menyukai buah strawberry ini, terutama anak-anak.

Selain rasa yang enak, buah strawberry memiliki banyak sekali manfaat bila kita konsumsi. Salah satu manfaat buah strawberry adalah untuk menjaga kecantikan. 

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap, seperti vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, C, beta karoten, zat besi, seng, sodium, asam folat, potassium, magnesium, kalsium, fosfor, karbohidrat, serat alami dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Dengan kandungan yang sangat lengkap, maka takheran jika buah strawberry sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.


Manfaat Jus Stroberi



Agar rasa menjadi lebih nikmat dengan tidak membuang kandungan gizi yang terdapat pada buah strawberry, maka pilihan terbaik dalam mengolah buah strawberry adalah dengan membuatnya menjadi jus. Selain itu, meminum jus buah saat cuaca sedang panas dapat menyegarkan kembali kondisi badan. Beberapa manfaat jus strawberry diantaranya yaitu :
Kandungan zat anti kanker yang terdapat di dalam buah strawberry sangat ampuh dalam mencegah dan melawan sel kanker di dalam tubuh, sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cepat.

Hal ini dikarenakan zat antioksidannya mampu menangkal serangan radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jus stroberi juga dapat mencegah dan menghilangkan jerawat dengan cepat.

Vitamin C, alpha hidroxy acids (AHA), asam salisilat dan juga flavanoid yang terdapat di dalam buah strawberry dapat membunuh bakteri penyebab jerawat juga dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat.

Jus stroberi juga dapat mengurangi kandungan minyak berlebih yang salah satu penyebab jerawat.

Selain untuk kecantikan, jus stroberi juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk melancarkan pencernaan yang terganggu.

Serat larut yang terdapat di dalam buah strawberry dapat membantu dalam melarutkan makanan yang sulit untuk dicernah oleh sistem metabolisme tubuh, sehingga buang air besar menjadi lancar.

Selain itu, kandungan serat alaminya mampu mencegah dan mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.


Jus stroberi yang diminum secara rutin juga akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung.

Anti oksidan yang tinggi di dalam buah strawberry dapat membantu dalam melindungi arteri dari kerusakan dan juga mencegah terjadinya pengumpalan di dalam pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung dan stroke.

Buah strawberry juga mengandung kalsium dan fosfor yang sangat berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan tulang dan gigi seperti osteoporosis dan mempercepat pertumbuhan gigi pada anak-anak.

Dengan meminum jus stroberi dengan rutin juga dipercaya akan menurunkan kadar kolesterol tinggi secara perlahan.

Phyto-nutrisi yang terdapat di dalam buah strawberry inilah yang akan membantu tubuh mengurangi kolesterol jahat dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik.

Cara membuat jus stroberi

Cara membuat jus stroberi sebenarnya tidaklah susah. Hampir semua orang bisa membuatnya tanpa membaca panduan. 

Namun, memang terkadang takaran kebutuhan tubuh terhadap gizi yang terdapat di dalam buah strawberry inilah yang seringkali dipertanyakan. Apakah harus ditambah dengan bahan lain, ataukah cukup hanya dengan jus buah strawberry saja sudah cukup?

Untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, memang sebaiknya Anda konsultasikan dulu seberapa besar kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Karena hanya ahli gizi yang dapat mengetahui seberapa pasti kebutuhkan gizi seperti kalori, lemak, gula, serat yang Anda perlukan dalam sehari. 

Mungkin sekedar informasi dasar seputar kebutuhan gizi dan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh setiap manusia dapat Anda baca disini

12 Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh 

Firdaus45 - Selain biji ketumbar, daun ketumbar juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi daun ketumbar juga sangat berlimpah. Namun tidak semua orang mengetahui akan manfaat dan kegunaan daun ketumbar bagi kesehatan tubuh. Sebagian besar orang secara umum memanfaatkan ketumbar pada bagian bijinya. Biji ketumbar biasa digunakan oleh kaum ibu-ibu sebagai pelengkap bumbu dapur atau penyedap berbagai macam masakan.      

Ketumbar termasuk jenis tananam rempah-rempah yang banyak ditemukan di wilayah benua Asia, terutama di Negara Indonesia. Sampai saat ini manfaat tanaman ketumbar sudah mulai mendunia. Bahkan setiap penduduk di seluruh penjuru dunia membutuhkan ketumbar baik daun maupun bijinya.

Antara daun ketumbar dan biji ketumbar memiliki kandungan gizi, mineral dan antioksidan yang melimpah. Sehingga ketumbar banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.



Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh 

Dalam artikel manfaat daun ketumbar ini akan membahas beberapa manfaat daun ketumbar yang perlu diketahui oleh banyak orang. Berikut ini manfaat yang diperoleh dari daun ketumbar bagi kesehatan tubuh.

1. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti hasil dari sebuah penelitian daun ketumbar banyak mengandung zat antibiotik alami yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Sejenis senyawa antibiotik yang terkandung dalam daun ketumbar salah satunya antara lain adalah dodecenal. Senyawa dodecenal yang terkandung dalam daun ketumbar memiliki peran  dua kali lebih efektif dari gentamisin dalam membunuh bakteri salmonella pada makanan.

2. Manfaat daun ketumbar untuk mencegah timbulnya sel  kanker dalam tubuh

Salah satu jenis tanaman herbal yang ditemukan pada daun ketumbar dapat berperan sebagai zat anti kanker alami. Zat antioksidan yang terdapat dalam daun ketumbar diantaranya adalah zat beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, quercetin, dan kaempferold. Beberapa zat tersebut memiliki peran yang sangat baik sebagai zat pembunuh sel kanker dalam tubuh. Selain itu, zat-zat antioksidan tersebut mampu menekan serta menurunkan risiko stres oksidatif.

3. Manfaat daun ketumbar untuk mengobati penyakit akibat radang pada kulit

Daun ketumbar dikenal mengandung senyawa Cineole. Senyawa cineole termasuk salah satu dari 11 komponen minyak esensial, dan asam linoleat. Kedua senyawa memiliki sifat antirematik dan antiartritik. Sehingga daun ketumbar dapat bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit  peradangan pada kulit. Selain itu, minyak esensial, dan asam linoleat juga  dapat berperan untuk meningkatkan kinerja metabolisme dalam memperbaiki struktur sel kulit.

4. Manfaat daun ketumbar untuk zat anti mikroba

Kandungan minyak atsiri dalam daun ketumbar bersifat anti mikroba, sehingga sangat baik  sebagai  ramuan untuk mencegah terjadinya infeksi jamur, dan bakteri dalam tubuh.

5. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan kesehatan kulit

Nutrisi yang terkandung dalam daun ketumbar bersifat desinfektan, detoksifikasi, antiseptik, anti jamur, dan sifat antioksidan. Sifat sifat penting yang dimiliki oleh daun ketumbar sangat ideal untuk membersihkan gangguan kulit seperti eksim, kusam, kering dan infeksi jamur.

6. Manfaat daun ketumbar untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi ramuan dari daun ketumbar secara teratur dan rutin, terbukti sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Interaksi antara ion kalsium dan kolinergik, neurotransmiter pada sistem saraf perifer dan pusat, lebih umum dikenal sebagai asetilkolin. Interaksi kedua unsur pembuluh darah tersebut dapat mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Baca juga:  Pencegahan hipertensi

7. Manfaat daun ketumbar untuk mengobati penyakit diare

Daun ketumbar banyak mengandung  minyak esensial seperti Borneol dan Linalol, kedua senyawa Borneol dan Linalol pada daun ketumbar dapat bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan fungsi hati dan lambung. Selain itu beberapa komponen lainnya seperti Cineole, Borneol, Limonene, Alpha-pinene & beta-phelandrene bersifat  anti bakteri dan mampu menyembuhkan penyakit diare dengan mudah

8. Manfaat daun ketumbar untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Zat asam seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C-) pada dun ketumbar  sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kelebihan kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan masalah pada kardiovaskular seperti artherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

9. Manfaat daun ketumbar untuk mencegah dan  mengobati penyakit anemia

Daun ketumbar dikenal banyak mengandung zat besi. Zat besi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh membantu melancarkan produksi sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Sehingga dapat mecegah timbulnya penyakit anemia. Kurangnya asupan  zat besi dalam darah dapat menyebabkan sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrim, dan penurunan fungsi kognitif.

10. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan kesehatan tulang

Daun ketumbar juga banyak mengandung kalsium dan zat besi. Kedua zat tersebut merupakan  zat vital yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang yakni membantu proses pertumbuhan, dan mencegah timbulnya berbagai kelainan dalam tulang.

11. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan kesehatan mata

Jumlah nilai gizi yang berupa kandungan zat beta-karoten dalam daun ketumbar sangat tinggi, zat tersebut merupakan zat anti-oksidan yang sangat berperan dalam membantu mencegah masalah penglihatan. Sehingga dengan memanfaatkan daun ketumbar dapat mencegah timbulnya degenerasi makula dan katarak.

12. Manfaat daun ketumbar untuk mencegah penyakit sariawan

Kandungan minyak atsiri pada daun ketumbar, merupakan antiseptik yang sangat baik. Ia memiliki sifat antimikroba serta mampu menyembuhkan luka akibat penyakit sariawan dalam rongga mulut. Selain itu, daun ketumbar dapat bermanfaat untuk menyegarkan napas dan mencegah bau mulut. Sehingga sangat cocok untuk pengobatan herbal dalam jangka panjang.

Baca juga: Manfaat ciplukan bagi kesehatan tubuh
Rahasia Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Yang Akan Membuat Anda Takjub

Rahasia Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Yang Akan Membuat Anda Takjub

Rahasia Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Yang Akan Membuat Anda Takjub

Firdaus45 - Tanaman ciplukan dikenal banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat  ciplukan sangat beraneka ragam dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun jenis tanaman ciplukan saat ini agak sedikit punah.

Jenis tanaman ciplukan berasal dari golongan genus Physalis, keluarga Solanaceae dan memiliki nama binomial. Ciri-ciri dari tumbuhan ciplukan memiliki batang dengan kettinggian 50 cm sampai 100 cm, dengan daun meruncing lunak, halus ,dan memiliki warna daun hijau, buah kecil-kecil bulat dan dilapisi mahkota dengan bentuk meruncing, Buah ciplukan memiliki kesamaan dengan buah kersen yang berbentuk bulat dan terasa manis.



Buah ciplukan yang sudah matang terasa harum dan manis, jika masih muda atau mentah rasanya sangat pahit. Namun dibalik rasa pahit pada buah ciplukan yang masih mentah, juga menyimpan banyak rahasia yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat ciplukan untuk kesehaan tubuh yang harus diketahui oleh semua orang.

1. Mengobati Penyakit Flu

Tanaman ciplukan dapat berperan untuk mengobati penyakit flu. Cara mengobati flu dengan tananam ciplukan yang dimanfaatkan adalahh bagian daunnya. Daun ciplukan memiliki kanddungan nutrisi yang berupa zat antioksidan. Zat antiioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara membuat ramuan dari daun ciplukan juga sangat mudah yakni,

Siapkan daun ciplukan secukupnya kemudaian cuci sampai bersih

Potong daun ciplukan yang telah dibersihkan tersebut hingga menjadi beberapa bagianR
Rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas
Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat secara teratur dan rutin

2. Mengobati Radang Tenggorokan

Selain bermanfaat untuk mengobati penyakit flu, daun ciplukan juga dapat bermanfaat untuk mengobati timbulnya penyakit radang pada tenggorokan. Penyakit peradangan kerap kali menyerang pada kaum anak-anak maupun dewasa. Dengan demikian mengkonsumsi ramuan dari daun ciplukan dapat teratasi. Cara memanfaatkannya seperti cara membuat ramuan untuk mengobati flu, yakni dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan secara teratur dan rutin setiap hari. Namun juga tidak boleh secara berlebihan.

3. Mengobati Pertusis atau Batuk Rejan

Pertusis merupakan penyakit batuk yang disertai rejan, jenis batuk rejan yang tidak segera ditangani juga dapat menjadi batuk kronis. Mengobati batuk rejan dapat menggunakan ramuan herbal salah satunya dengan memanfaatkan daun ciplukan. Daun ciplukan  terbukti dapat bermanfaat untuk menyembuhkan  batuk rejan atau pertusis. Senyawa antikosidan yang terkandung dalam daun ciplukan dapat berperan aktif untuk meredakan batuk secara alami dan cepat. Caranya dengan meminum air rebusan daun ciplukan.

4. Mengobati Penyakit Gondong

Penyakit gondong adalah kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Penderita yang mengalami gangguan penyakit gondong akan merasakan nyeri dan panas secara berlebihan disekitar kulit yang mengalami pembengkakan.

Jika terjadi hal demikian dapat diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan untuk menyembuhkannya. Tanaman ciplukan memiliki sifat anti peradangan, sehingga  dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan secara teratur kondisi tubuh akan sehat kembali

5. Untuk Mengobati Penyakit Bisul

Sifat anti radang yang dimiliki oleh tanaman ciplukan sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit salah satunya bisul. Timbulnya penyakit bisul memang membuat penderita merasa tersiksa, hal yang paling menyiksa adalah munculnya bisul pada daerah pantat. Karena membuat si penderita kesulitan untuk duduk.

Caranya membuat ramuan dari daun ciplukan juga cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan ke daerah kulit yang sedang mengalami peradangan atau berbisul.

6. Mempercepat Pengeringan Luka

Kulit yang mengalami luka tergores atau setelah jatuh dapat diatasi dengan daun ciplukan. Hanya dengan mengoleskan tumbukan daun ciplukan yang telah dihaluskan, pada seluruh luka secara merata. Maka luka pada kulit akan lebih cepat mengering dan sembuh.

7. Mengobati Kencing Manis

Penyakit kencing manis / diabetes melitus juga dapat diatasi dengan menggunakan daun ciplukan. Hal ini kerana nutrisi yang terkandung dalam daun ciplukan mampu mnormalkan kadar gula dalam darah. Penderita kencing manis hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan secara rutin agar penyakit kencing manis dapat segera hilang.

8. Menyembuhkan Penyakit Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah terkadang sering menyerang pada seseorang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Daun ciplukan dapat berkhasiat untuk mengobati penyakit paru-paru basah. Cara mengatasi penyakit paru-paru basah dengan menggunakan daun ciplukan juga tidak terlalu sulit. Yakni dengan meminum air rebusan daun ciplukan secara teratur dan rutin, seta tidak berlebihan.

9. Mengurangi resiko Terjadinya Epilepsi

Nutrisi yang terkandung dalam daun ciplukan juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Sehingga bagi yang memiliki riwayat penyakit epilepsi dapat memanfaatkan ramuan daun ciplukan. Yakni dengan cara merebus daun  ciplukan dan meminumnya secara teratur.

10. Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening

Yang terakhir, daun ciplukan juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah pembengkakan kelenjar getah bening, Jika sering meminum air rebusan daun ciplukan secara rutin dan teratur. Maka jenis masalah pembengkakan kelenjar getah bening dapat terminimalisir.

Demikian manfaat dari tanaman ciplukan semoga dapat bermanfaat. Ada yang perlu diingat cara mengkonsumsi ramuan tidak boleh secara berlebihan. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi ramuan dari daun ciplukan berkonsultasi terlebuh dahulu pada dokter ahli terdekat.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Firdaus45.com - Pori-pori wajah yang besar seringkali membuat wajah mudah sekali berminyak. Pori-pori wajah yang besar juga menjadi penyebab utama munculnya jerawat, komedo dan pada akhirnya noda hitam yang menghiasi wajah.

Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Seperti biasa, sebelum melakukan pengobatan, sebaiknya ketahui dahulu dengan pasti apa penyebab pori-pori wajah menjadi besar. Dengan mengetahui penyebab pori-pori wajah yang membesar, kita akan lebih mudah mencari tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah dengan baik dan benar.


Beberapa factor penyebab pori-pori wajah menjadi besar yaitu:

1. Faktor Genetika

Genetik merupakan sifat alami atau bawaan dari lahir yang menjadi penyebab pori-pori wajah Anda besar. Apakah lubang pori yang besar pada wajah Anda merupakan factor genetic atau bukan, Anda dapat melihatnya dari pori-pori wajah anggota keluarga kamu. Bila ternyata semuanya sama, kemungkinan besar pori-pori wajah kamu penyebabnya adalah factor genetic.

2. Produksi Minyak Berlebih

Keluarnya minyak dari kulit merupakan suatu yang alami terjadi. Minyak yang keluar dari kulit merupakan salah satu fungsi dari system kekebalan tubuh. Dengan keluarnya minyak, kulit menjadi tetap terjaga dari kekeringan sehingga dapat terhindar dari kotoran.

Bila jumlah minyak yang dikeluargan masih tergolong normal, maka itu tidak akan menjadi masalah. Namun bila jumlah minyak yang keluar dari kulit, terumata kulit wajah jumlah berlebih dan tidak wajar, maka itu juga akan berdampak buruk terutama bagi kecantikan kamu. Minyak yang keluar secara berlebihan juga merupakan penyebab pori-pori kulit wajah kamu menjadi lebih besar.

3. Kotoran

Untuk penyebab yang satu ini, selain diakibatkan oleh kotoran seperti debu dan polusi, juga dapat disebabkan oleh sisa riasa make-up yang kamu gunakan sendiri.

Penggunaan produk kosmetik / produk kecantikan memang bisa membuat kamu tampil lebih cantik. Namun tahukah kamu, pemakaian alat kecantikan juga dapat menjadi penyebab kerusakan kulit jika kamu lupa membersihkannya.

Apalagi sampai terbawa tidur semalaman sehingga kulit kamu tidak bisa bernafas, karena terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit kamu.

4. Pertumbuhan Bakteri Pada Kulit

Salah satu penyebab pori-pori wajah membesar adalah karena adanya pertumbuhan bakteri di wajah kamu. Salah satu tkamunya adalah dengan munculnya komedo atau bintik hitam diwajah kamu. Sehingga pori-pori pada kulit wajah kamu membesar.

5. Sinar Matahari

Manfaat sinar matahari bagi kesehatan memang banyak, tapi sinar matahari juga dapat memberikan efek buruk pada kulit kamu. Mengapa? Karena paparan sinar matahari dapat membuat sel-sel pada permukaan kulit kamu menjadi kental dan memberikan kesan pori-pori kamu terlihat besar. Terlalu lama terpapar sinar matahari juga akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. 

Baca: Cara alami atasi kulit kering

6. Kurang Pandai Menjaga Kebersihan Kulit

Pada dasarnya manusia terlahir dengan kulit yang halus tanpa jerawat ataupun pori-pori yang besar. Namun semua masalah pada kulit termasuk pori-pori besar timbul karena kita tidak pkamui menjaga kebersihan kulit.

Sehingga kesehatan kulit pun menjadi terganggu. Memang terlihat sepele tapi pada kasus terburuk, kurang pkamui membersihkan kulit dapat menjadi penyebab kanker kulit.

Cara Mengecilkan pori-pori wajah secara alami

Di atas telah disebutkan beberapa penyebab pori-pori kulit wajah kamu menjadi lebih besar. Bila kamu memperhatikan dengan baik, seharunya kamu sudah tau apa yang harus dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah kamu yang terbilang besar tadi.

Namun, artikel ini hanya sekedar memberikan informasi seputar cara dan bagaimana tips mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Mungkin dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

Berikut ini beberapa tips mengecilkan pori-pori wajah yang dapat kamu lakukan di rumah.

1. Membersihkan Wajah

Cara paling mudah untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan rajin membersihkan kulit wajah. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwasannya kulit wajah yang dipenuhi dengan kotoran akan menyebabkan lubang keluarnya minyak tersumbat. Sumbatan kotoran ini akan menghambat keluarnya minyak sehingga pada akhirnya minyak tersebut akan memadat dan menjadikan lobang pori-pori wajah menjadi semakin besar.

Terutama bagi kamu yang sering berkegiatan di luar ruangan. Membersihkan wajah secara teratur menjadi kewajiban bila tidak ingin pori-pori wajah kamu semakin membesar.

2. Eksfoliasi

Apa itu eksfoliasi? eksfoliasi yaitu mengangkat atau membersihkan kulit mati sehingga kulit menjadi terlihat lebih sehat. Bagaimana caranya? kamu dapat menggunakan produk yang mengandung bahan asam salisilat dengan memakai scrub untuk mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati, bakteri dan minyak berlebih dari wajah kamu.

3. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Salah satu penyebab pori-pori kulit membesar adalah karena paparan sinar matahari. Jadi untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya gunakan pelindung fisik seperti topi, payun dan krim pelindung kulit saat kamu berada diluar rumah.

4. Membersihkan minyak

Produksi minyak berlebih juga bisa membuat pori-pori kulit membesar maka dari itu, kita juga wajib menjaga dan membersihkan minyak berlebih dari kulit. kamu dapat melakukannya dengan menggunakan kertas atau tisu. Karena kedua bahan tersebut mampu menyerap minyak.

Benjolan di payudara yang Harus diwaspadai

Firdaus45.com - Benjolan di payudara yang harus diwaspadai. Wanita memang rentan sekali terhadap tumor payudara dan juga kanker payudara. Biasanya orang sering mengaitkan antara benjolan di payudara sebagai tumor dan juga kanker payudara. Meskipun biasanya kanker payudara akan menimbulkan gejala berupa benjolan di payudara, tapi ternyata tidak semua benjolan itu adalah kanker.

Padahal, tidak semua benjolan di payudara merupakan tumor dan juga kanker. Ada beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan adanya benjolan di payudara. Maka, yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa benjolan di payudara dan mencari tahui apakah benjolan di payudara merupakan kanker, tumor ataukah gejala penyakit lainnya.

Untuk mengetahui benjolan di payudara apakah berbahaya atau tidak, silahkan baca pada artikel cara mendeteksi tumor payudara 


Pada kasus benjolan di payudara tetapi bukan merupakan kanker payudara, maka itu bisa saja menjadi beberapa gejala penyakit berikut ini:

Kista
Pada payudara, kista akan berisi cairan yang terdapat di dalam jaringan payudara sehingga akan tampak seperti benjolan jika dilihat dari luar. Benjolan di payudara akibat adanya kista akan terasa lunak bila diraba.

Kista pada payudara biasanya dialami oleh wanita dengan rentang usia antara 35-40 tahun. Bila ukuran kista sudah semakin membesar, akan menimbulkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada payudara.

Perubahan fibrokistik
Fibrokistik merupakan perubahan yang terjadi pada payudara dikarenakan hormon yang tidak stabil. Biasanya hal ini terjadi pada saat siklus menstruasi. Perubahan hormonal ini akan juga akan menimbulkan benjolan di payudara yang menyebabkan rasa nyeri. 

Pada saat terjadi fibrokistik, puting susu juga akan terasa lebih sensitif. Hal ini bukanlah gejala penyakit yang serius, melainkan karena orang tersebut sedang mengalami menstruasi, dan akan membaik seiring berakhirnya menstruasi

Bila ternyata rasa nyeri tidak kunjung reda beberapa hari setelah haid selesai, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut apa yang menyebabkan benjolan di payudara Anda.

Fibrioadenoma
Fibrioadenoma merupakan kasus adanya benjolan padat di payudara akibat payudara Anda sedang memproduksi susu. Selama proses pembentukan asi, benjolan yang muncul pada payudara tidak terasa sakit, namun akan terasa bergeser bila ditekan atau disentuh. 
Fibrioadenoma biasanya terjadi pada wanita usia matang, antara 20-30 tahun. Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, akan tetapi benjolan ini sering dikaitkan dengan hormon kesuburan wanita. 

Infeksi
Ada benjolan di payudara juga dapat disebabkan karena adanya infeksi pada payudara Anda. Bakteri penyebab munculnya benjolan di payudara adalah bakteri mastitis. Infeksi semacam ini biasanya terjadi pada ibu yang sedang menyusui, karena bakteri yang terdapat pada mulut bayi, atau tubuh Anda masuk melalui saluran keluarnya ais susu ibu yang terdapat pada puting. 

Saluran asi yang tertutup ternyat ajuga menjadi salah satu penyebab infeksi semcam ini. Hal ini terjadi ketika Anda menyusui tetapi disudahi, padahal susu di payudara belum habis. Akibatnya susu kembali lagi ke saluran, sehingga memicu infeksi dan menimbulkan benjolan.

Gejala lain akibat terkena infeksi mastitis adalah demam, dan ketika menyusui, payudara terasa seperti terbakar. Segera konsultasikan ke dokter agar tidak semakin memburuk. Bila nanti Anda diberikan antibiotik oleh dokter, jangan terlalu khawatir, karena dokter juga mengerti berapa takaran yang pas dan aman agar Anda tetap bisa menyusui bayi Anda. 

Benjolan di payudara karena disebabkan kanker
Bila benjolan di payudara Anda disebabkan karena adanya kanker, maka hal ini harus diwaspadai dan sesegera mungkin dilakukan pengobatan. 
Kanker payudara dapat terjadi apabila sel-sel yang terdapat di dalam payudara tumbuh secara tidak normal, atau anomali pertumbuhan sel. Sel kanker yang tumbuh dengan pesat ketimbang sel normal, perlahan akan menimbulkan benjolan di payudara. Untuk itu waspadai benjolan di payudara Anda. Berikut ini adalah beberapa gejala benjolan di payudara yang disebabkan oleh kanker.
  1. Benjolan pada payudara terasa keras dan berbeda dengan benjolan di payudara lainnya. 
  2. Tidak ada rasa sakit, dan bila ditekan tidak bergeser.
  3. Ukuran payudara mengalami perubahan dan juga bentuknya
  4. Puting susu terlihat seperti terbenam atau tertarik ke dalam
  5. Beberapa kasus ada yang sampai mengeluarkan cairan yang bercampur darah
  6. Terkadang juga muncul bintik merah pada sekitar puting susu seolah terkena eksim
  7. Adanya penebalan kulit pada beberapa area payudara.
Menjaga kesehatan dan mencegah sejak dini merupakan pengobatan yang paling baik dari semua pengobatan. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin. Pahami berbagai macam jenis benjolan di payudara Anda. Bila Anda secara rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri, akan membuat Anda lebih sensitif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara Anda.

Sehingga Anda akan mengetahui keberadaan benjolan di payudara sekecil apapun ukurannya Anda akan dengan mudah mengetahui dan mendeteksinya. Bila ternyata Anda menemukan benjolan di payudara yang tidak wajar menurut Anda, segeralah lakukan pemeriksaan apakah benjolan di payudara Anda berbahaya atau tidak. 

Saran anjuran dari dokter bagi wanita yang berusia diatas 50 tahun agar sering-sering melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Namun bukan berarti bagi Anda yang masih berusia dibawah 50 tahun tidak harus mewaspadai hal ini. Kanker payudara bisa muncul pada wanita mana saja, dan bukan tidak mungkin di usia yang belum genap 40 tahun sudah mengidap kanker payudara. Untuk itu, perlu kewaspadaan dari Anda sendiri.
Cara Mengatasi Telat Datang Bulan / Haid Secara Cepat dan Alami

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan / Haid Secara Cepat dan Alami

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan / Haid - Bagi sebagian wanita, siklus menstruasi terkadang berjalan sesuai dengan jadwal, terkadang pula tidak sesuai dengan jadwal. Haid seringkali maju, namun lebih sering telat. Keterlambatan datang bulan inilah yang menyebabkan seorang wanita harus pandai-pandai mensiasati bila sewaktu-waktu tamu bulanan datang padanya.

Penyebab telat haid secara umum tidak dapat disamakan antara wanita yang satu dengan wanita yang lainnya. Banyak kemungkinan yang menjadi penyebab seorang wanita mengalami telat datang bulan, dan biasanya kebanyakan orang menganggap bahwa telat datang bulan merupakan tanda awal kehamilan.

Memang benar bila telat menstruasi merupakan tanda awal kehamilan. Akan tetapi, tanda kehamilan biasanya akan dibarengi dengan gejala yang lainnya seperti mual, muntah, sakit kepala, demam, badan cepat lelah dan lain sebagainya.



Lantas, Apa yang Menjadi Penyebab Terlambat Datang Bulan pada Seorang Wanita?

Menstruasi pada seorang wanita terjadi karena terjadinya peluruhan dinding pada bagian dalam rahim. Darah haid yang keluar merupakan darah dari sel telur yang tidak dibuahi dan hal ini berbeda dengan kasus anovulasi (sel telur yang gagal matang). Ovarium secara teratur akan menghasilkan sel telur, bila ovarium terlambat menghasilkan sel telur maka akan terlambat pula sinyal yang dikirimkan ke rahim sehingga menyebabkan keterlambatan menstruasi. 

Bagi yang menginginkan untuk cepat hamil, hal ini tentu akan menjadi masalah utama. Karena dengan masalah ini, pasangan tersebut akan kesulitan untuk menentukan masa subur. Pada kasus normal, seorang wanita biasanya memilki siklus menstruasi setiap 28 hari.
Adakah faktor lain yang menyebabkan menstruasi sering terlambat? Mungkin penjelasan di bawah ini akan membantu Anda menemukan jawabannya.

Masalah yang pertama adalah masalah psikis.
Rasa stres pada seorang wanita kemungkinan besar berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita. Ketika stres, biasanya seseorang akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Gangguan keseimbangan hormon juga menjadi salah satu penyebab anovulasi yaitu PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Polycystic Ovary Syndrome sendiri dapat mengakibatkan hormon kesulitan mengatur keseimbangan pelepasan sel telur, haid tidak teratur dan tentunya infertilitas.

Faktor Usia
Perubahan usia menjadi sangat krusial bagi kesuburan seseorang, baik wanita dan pria. Pada usia remaja, hormon tubuh seringkali mengalami perubahan, penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormon terkadang juga dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi.

Pada usia 45-55 tahun merupakan awal seorang wanita memasuki masa menopause. Perubahan ini akan membuat tubuh kembali mengalami masa perubahan yang juga menyebabkan haid tidak lancar bahkan sudah tidak lagi mengalami menstruasi karena tidak lagi memproduksi sel telur. Sehingga bagi Anda yang sudah memasuki usia 45-55 ada kemungkinan bahwa masa menopause sudah terjadi pada diri Anda. Sebaiknya tanyakan pada dokter agar lebih jelas.

Faktor PCOS
Diatas sudah disebutkan sedikit mengenai PCOS atau polycystic ovary syndrome.  Ketika seorang wanita mengalami PCOS, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron ketimbang hormon wanita Estrogen dan Progesteron.

PCOS ini akan mengakibatkan ovum tidak mampu lagi memproduksi sel telur secara sempurna. Sehingga proses ovulasi tidak dapat terjadi yang pada ujungnya menstruasi tidak dapat terjadi. Selain itu, juga akan berdampak pada telah haid dalam waktu yang cukup lama, bisa hitungan minggu bahkan hitungan bulan. Lebih buruk lagi, hal ini akan menyebabkan seorang wanita susah mendapatkan keturunan.

Faktor berat badan
Berat badan yang berubah secara mendadak juga dapat menjadi penyebab keterlambatan datang bulan. Alasannya adalah, berat tubuh dibawah ideal akan menyebabkan fungsi organ tubuh tidak maksimal, termasuk juga pada organ kewanitaan. Sedangkan jika berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Hal ini mungkin karena tubuh memutuskan bahwa sedang tidak berada dalam kondisi ideal untuk memiliki keturunan.

Saat tubuh mengalami penambahan berat badan secara pesat, hormon insulin juga akan mengalami peningkatan sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan hormon-hormon lainnya.

Faktor Kelainan
Kelainan di sini dibedakan menjadi dua macam, yaitu kelainan anatomi dan non-anatomi.

Kelainan anatomi lebih disebabkan karena faktor penyakit kista ovarium (kista indung telur), myoma uteri, dan juga kanker yang bisa membuat siklus haid terlambat atau tertunda.

Sedangkan untuk faktor non-anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti yang tadi sudah dijelaskan. Faktor non-anatomi lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang mengakibatkan pembekuan darah.

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan dengan Metode Alami
Faktor penyebab telat haid di atas memang tidaklah sama bagi setiap wanita. Namun bila Anda mengalami masalah telat menstruasi, yang pertama harus Anda lakukan adalah tetap tenang dan sebisa mungkin hindari rasa stres.

Hindari berpikiran negatif yang terlampau jauh sebelum fakta-fakta terkait keterlambatan datang bulan yang sedang Anda alami. Untuk itu, ada baiknya bila Anda selalu mengecek kondisi tubuh Anda, baik dari segi mental, kebugaran, asupan nutrisi dan vitamin atau yang lainnya.

Rasa stress ditambah penat akibat aktivitas yang terlampau diporsir juga menjadi penyebab perubahan hormon pada seseorang. Dan bisa jadi inilah yang menjadi penyebab telat haid yang Anda alami.  Bila masalahnya adalah faktor psikologis, maka yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri Anda, hibur, dan pulihkan kondisi mental Anda dengan cara-cara yang Anda sukai. Usahakan juga untuk tetap mencukupi kebutuhan tidur Anda.

Melancarkan atau bahkan mempercepat haid agar siklusnya kembali normal dapat Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat, merupakan upaya yang dapat Anda lakukan supaya menstruasi lancar.

Beberapa makanan dan minuman memang dipercaya dapat memperlancar haid, salah satunya adlah jeruk nipis. Dengan rajin mengonsumsi perasan air jeruk nipis akan membantu anda menormalkan kembali siklus haid Anda. Tidak hanya itu saja, rutin mengkonsumsi air jeruk nipis juga akan membantu Anda menjaga daya tahan tubuh Anda, mencukupi kebutuhan vitamin C.

Tidak hanya dengan jeruk nipis, bila Anda gemar mengkonsumsi jamu paitan, segelas air rebusan daun sirih juga dapat membantu Anda dalam melancarkan haid. Bila Anda hendak minuman rebusan daun sirih, sebaiknya tidak dicampur dengan garam, karena akan membuat lambung terasa perih. Daun sirih saja sudah cukup membuat lambung Anda terasa perih. Jangan dipaksakan bila Anda tidak terbiasa meminumnya.

Bila segala upaya telah Anda lakukan dengan cara berbagi informasi dan tetap haid Anda tidak kunjung lancar, maka segeralah berkonsultasi pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.