11/01/2016

Tips Memilih Dot Botol Susu untuk Bayi

Firdaus45.com - Memilih Dot dan Botol Susu Bayi - Dot dan botol susu digunakan apabila ibu tidak memiliki cukup asi untuk memenuhi nutrisi bayi. Dot dan botol susu juga digunakan ketika bayi sudah tidak lagi mengkonsumsi asi atau telah disapih karena sudah 2 tahun masa menyusui.

Dot dan botol susu sekarang ini sangat beragam jenisnya yang terkadang membuat kita kesulitan memilih mana yang baik digunakan oleh bayi. Kenapa kita harus selektif memilih dot dan botol susu yang akan digunakan sebagai tempat susu bayi? Selektif dalam memilih disebabkan karena tidak semua bahan plastik atau silikon yang digunakan untuk membuat dot dan botol susu layak digunakan oleh bayi, apalagi digunakan untuk menaruh makanan yang masuk ke dalam pencernaan bayi. Bisa menjadi bahaya apabila partikel-partikel yang terdapat botol susu terlepas dan ikut masuk ke dalam tubuh bersama dengan susu yang diminum bayi.


Dot dan Botol Susu untuk Bayi

Berikut ada beberapa tips ketika Anda hendak memilih dot dan botol susu untuk bayi.
  •  pilihlah dot dengan bahan dasar silikon, penggunaan karet untuk dot dapat menyebabkan alergi pada bayi
  • pilihlah dot yang sesuai dengan ukuran makan bayi. Ada berbagai macam ukuran dot, ada yang memiliki lobang dot kecil dan ada juga dot yang berlubang besar
  • untuk botol susu, pilihlah yang berbahan kaca atau produk yang telah tersertifikasi BPA-free.
  • pilih botol susu dengan bentuk yang mudah dibersihkan. Botol susu dengan bentuk yang aneh-aneh akan menyulitkan Anda dalam membersihkannya. Ketika botol susu tidak dibersihkan dengan baik, dikhawatirkan sisa-sisa susu akan menimbulkan alergi pada bayi. Dampak buruk lainnya dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan pada bayi karena adanya kuman pada botol susu.
  • pilihlah botol susu yang memiliki katup udara sehingga bayi Anda tidak mudah tersedak ketika sedang minum susu dengan botol susu miliknya.
  • pilihlah dot yang memiliki bentuk seperti payudara 
Baca juga:
1. Tips memilih susu terbaik untuk bayi
2. Sufor Terbaik untuk Bayi 
3. Sufor untuk Tambah Berat Bayi 
4. Fungsi AA dan DHA Bagi Perkembangan Bayi 
5. Takaran Pemberian Sufor yang baik 

    Artikel Menarik Lainnya