11/22/2016

Inilah Penyebab Mengapa Bayi Anda Sering Cegukan, dan Berikut Cara Mengatasinya


Firdaus45.comCegukan pada bayi. Cegukan tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa saja, bayi juga bisa mengalami cegukan. Seringkali para ibu merasa khawatir setiap kali melihat bayinya mengalami cegukan setelah minum asi. Jika bayi Anda mengalami cegukan, janganlah terlalu panik dan berfikir yang negatif. Biasanya, cegukan pada bayi akan hilang dengan sendirinya.

Orang dulu mengatakan bahwa bayi yang mengalami cegukan pertanda akan segera dewasa. Padahal sebenarnya tidaklah demikian. Cegukan pada bayi disebabkan lebih karena syaraf bayi yang belum terbentuk dengan sempurna sehingga pengaturan diafragma bayi seringkali terganggu ketika makan, minum atau saat sedang menyusu.




Penyebab Cegukan Pada Bayi

Sudah tahukah Anda bahwa ternyata bayi yang masih dalam kandungan sudah mengalami cegukan? Hal ini bisa terjadi karena cegukan memang tidak ada kaitannya dengan pernapasan. Seperti yang sudah disebutkan tadi, cegukan bayi memang terjadi karena kontraksi otot-otot diafragma. Kontraksi otot ini bisa terjadi karena dipicu oleh stimulasi otot, bisa juga karena iritasi.

Beberapa dokter Anak juga berpendapat bahwa cegukan bisa terjadi karena aktivitas makan dan minum, bisa juga disebabkan karena perubahan suhu tubuh bayi secara mendadak, seperti saat dimandikan.

Perubahan emosi dan posisi bayi saat minum asi yang tidak nyaman juga dapat membuat bayi mengalami cegukan. Untuk itu, aturlah posisi bayi Anda senyaman mungkin saat menyusui dan carilah tempat dengan suasana yang nyaman. Bila Anda merasa tidak nyaman, gelisah, atau lainnya, bisa jadi bayi Anda juga merasakan hal yang sama karena kontak batin Anda dengan bayi.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cegukan pada bayi pada dasarnya adalah hal normal dan wajar. Namun, bila Ibu merasa kasihan melihat bayi yang mengalami cegukan, ada beberapa tips meminimalisir agar bayi tidak mengalami cegukan yang parah.

Berikut tips yang dapat Ibu lakukan agar bayi meminimalisir terjadinya cegukan pada bayi

Usahakan kepala bayi Anda lebih tinggi dari perutnya saat sedang menyusui. Jangan biarkan leher bayi tertekuk pada saat menyusui. Coba Anda rasakan sendiri bila Anda minum dengan posisi badan Anda lebih tinggi dari kepala, kemungkinan besar Anda pasti tersedak. Begitu juga dengan bayi, posisi kepala yang lebih rendah akan menyebabkan bayi mudah tersedak. Selain itu, dengan posisi semacam itu, akan memudahkan udara masuk bersamaan saat menelan asi.

Bila cegukan menjadi lebih sering, maka untuk sementara hentikan memberi asi kepada bayi Anda.
Setelah menyusui, usahakan agar bayi bersendawa. Jika tidak, maka tepuklah bagian punggung bayi dengan perlahan sambil menggendongnya. Kalau bisa, lakukan sampai bayi bersendawa (kurang lebih sekitar 1-2 menit). Dengan bersendawa, maka udara yang masuk bersamaan saat menyusu akan dapat keluar. Dengan bersendawa, kejang otot dapat dilepaskan sehingga dapat menghentikan cegukan yang dialami oleh bayi.

Ketika bayi sedang cegukan, jangan pernah memberinya makan ataupun minum, karena hal ini akan memperparah cegukan yang diderita oleh bayi

Jangan memberi kejutan atau mengagetkan, menarik lidah, menekan ubun-ubun dan bola mata bayi ketika sedang cegukan.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya