10/19/2016

Waspada! Kelainan Rahim dan Servik Lemah, Penyebab Seringnya keguguran

Firdaus45.com - Keguguran Akibat Rahim Abnormal dan Servik Lemah - Berbicara soal keguguran, setiap wanita memiliki resiko yang sama soal keguguran. Ketika dokter menyatakan bahwa kandungan Anda kuat, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan kehati-hatian ekstra. Keguguran pada wanita hamil dengan kandungan kuat sekalipun masih mungkin terjadi. Terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan seorang wanita hamil mengalami keguguran sebelum melahirkan.

Ketika masa-masa rentan janin sudah terlewati, yaitu masa kehamilan trimester pertama mungnkin Anda merasa bahwa selanjutnya tidak perlu khawatir untuk melakukan kegiatan. Meskipun di masa akhir kehamilan (trimester ke tiga) Anda dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang dapat memperlancar persalinan nantinya, Anda tetap harus berhati-hati. Ketika usia kandungan Anda telah melewati 4-6 bulan ke atas, resiko janin meninggal juga masih membayangi Anda. Keguguran berbeda dengn janin meninggal dalam kandungan. Benturan dan kehamilan yang melewati batas waktu menjadi salah satu penyebab janin Anda meninggal sebelum dilahirkan. (Baca: Penyebab janin meninggal dalam kandungan)

Jika Anda pernah mengalami keguguran sebanyak 2-3 kali secara berturut-turut, ada kemungkinan masalah Anda tersebut disebabkan oleh rahim yang abnormal dan servik yang lemah. Bentuk rahim pada setiap wanita tidak selalu sama, ada beberapa wanita yang memiliki bentuk rahim yang tidak seperti pada umumnya rahim seorang wanita. Kondisi kelaian semacam ini bisa disebut juga dengan istilah uterine septum.

Kelaian pada rahim Anda terkadang membuat embrio sulit berkembang atau bahkan embrio tidak dapat berkembang sama sekali sehingga tidak mampu untuk bertahan di dalam rahim Anda. Kelainan pada kondisi rahim menjadi penyebab hampir 10% kasus keguguran pada ibu hamil.

Kelainan pada rahim biasanya juga dibarengi dengan serviks yang lemah. Jika serviks seorang ibu hamil lemah, juga kan menyebabkan terjadinya keguguran. Hal ini disebabkan karena ketika janin mulai tumbuh dan berkembang, serviks tersebut tidak mampu menahannya. Biasanya, kejadian semacam ini terjadi pada trimester pertama masa kehamilan ketika embrio mulai membesar. (Baca: Seputar kanker serviks dan cara mengatasinya)


Keguguran - situkanginfo.blogspot.com

Apakah kelainan pada rahim dan servik lemah tidak dapat diobati?

Kelainan pada rahim dapat diobati dengan jalan operasi. Sedangkan untuk mengatasi masalah serviks yang lemah dapat dilakukan dengan cara menyangga serviks agar lebih kuat menahan janin yang sedang berkembang menggunakan semacam cincin. Pemasangan cincin ini tentu harus dengan anjuran dokter.

Jika Anda adalah salah satu yang mengidap kelainan pada rahim dan servik, maka segeralah konsultasi dengan dokter kandungan terdekat. Disana Anda akan mendapatkan saran apa yang harus Anda lakukan dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil. Karena resiko keguguran dapat terjadi pada siapa saja, maka wajib bagi setiap ibu hamil perlu berhati-hari dalam menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat.