10/18/2016

Inilah Tips Agar Presentasi Kamu Sukses

Firdaus45.com - Tips Agar Dapat Berbicara Dengan Lancar Saat Presentasi - Mengapa setiap orang dituntut untuk pandai berbicara? Pertanyaan tersebut mungkin akan memiliki jawaban yang beraneka ragam. Khususnya seorang politikus dan sales, keahlian berbicara akan menentukan kesuksesan karir di bidangnya.

Pada dasarnya, tidak hanya politikus dan sales yang harus pandai berbicara. Hampir semua profesi dituntut untuk mampu berkomuniasi dengan baik terhadap lawan bicaranya. Kita ambil contoh seorang guru dan para ilmuan yang memiliki temuan terbaru tentang teknologi. Bila guru berbicara di depan kelas dan membahas materi yang begitu rumit dengan bahasa yang terlalu tinggi yang tidak dikuasai oleh siswanya, maka sudah jelas apa yang kita bayangkan. Siswa tidak akan mengerti dengan apa yang disampaikan oleh gurunya karena penggunaan bahasa yang tidak dimengerti oleh siswanya. Untuk kasus seorang professor yang menemukan teknologi terbaru, bila sang professor tidak mampu menyampaikan dengan baik apa manfaat dari teknologi yang dihasilkannya otomatis para pendengar merasa bahwa teknologiya tidak berguna.


The power of speaking - adambraun.com

Untuk itu, agar presentasi Anda berhasil, Anda dapat melakukan beberapa tips dibawah ini

1. Jangan pernah minta maaf
Mungkin akan terdengar sangat sombong sekali tips yang satu ini. Akan tetapi, meminta maaf saat melakukan presentasi akan membuat Anda tidak dipercaya oleh audiens Anda. Terlebih jika Anda terlalu sering melakukan hal itu ketika presentasi, maka audiens semakin tidak percaya dengan apa yang Anda sampaikan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah meralat perkataan yang salah tadi. Sebagai contoh ketika Anda salah mengucap nama produk Anda maka gantilah dengan "maksud saya" dan jangan pernah bilang "maaf".


2 Jadilah pemegang kendali
Presentasi seringkali gagal padahal persiapan sudah dilakukan sebaik mungkin. Kegagalan sewaktu presentasi seringkali terjadi ketika Anda merasa gugup dan seolah akan dihakimi oleh audiens yang sedang Anda hadapi. Terlebih bila audiens yang sedang Anda hadapi adalah calon pembeli produk Anda, atau penentu nasib Anda apakah diterima atau ditolak diterima kerja atau yang lainnya. Ketika Anda merasa grogri dengan tatap audiens Anda yang sangar dan berkesan penuh penolakan, maka pandangilah audiens yang selalu memberi Anda senyum dan anggukan positif. Wajah yang penuh aura positif akan membuat Anda semakin percaya diri dan dapat kembali fokus dengan tujuan Anda melakukan presentasi.

3. The power of Smile
Rasa gugup dan grogi mungkin membuat Anda lupa memberikan senyum kepada audiens Anda. Padahal, senyum yang tulus dari dalam hati akan membawa aura positif bagi Anda dan audiens Anda. Terkadang, seorang pembeli membeli barang bukan karena melihat kualitas barang yang Anda jual, melainkan karena melihat bagaimana cara Anda menawarkan barang. Dengan sebuah senyuman, dua kerajaan besar Yunani dan Mesir kuno bersatu. Ini disebabkan karena Julius Caesar tergila-gila dengan senyum manis Cleopatra yang pada waktu itu menjadi ratu Mesir.

4. Gunakan kata yang sederhana
Saat melakukan pembicaraan atau presentasi, gunakanlah bahasa yang dimengerti oleh audiens Anda. Pilihlah kata yang biasa didengar oleh audiens Anda agar audiens mengerti apa yang sedang Anda bicarakan. Terkadang, bahasa yang terlalu tinggi membuat audiens Anda tidak mengerti alur pembicaraan Anda.

5. Usahakan untuk selalu good looking
Ketika Anda pernah melihat bagaimana presiden SBY membacakan pidato, satu kata yang akan keluar rapi. Yup, begitu juga dengan Anda ketika melakukan presentasi, jangan pernah tampil di muka umum ketika Anda belum merapikan diri Anda. Penampilan yang rapi akan menambah daya tarik untuk selalu memperhatikan Anda. Karena sudah menjadi kebiasaan orang selalu melihat kemasan terlebih dahulu ketimbang isi.

6. Sampaikanlah dengan tulus
 Menyapaikan suatu hal yang berasal dari hati akan lebih mudah diterima ketimbang menyampaikan sesuatu penuh dengan paksaan. Ketika Anda menyampaikan suatu hal dengan penuh rasa cinta dan tulus, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Beban akan terasa hilang ketika Anda menyampaikan dengan penuh ketulusan.

7. Hilangkan kata "ee", "anu", "emm"
Kata tersebut seringkali muncul ketika kita sedang merasa bingung untuk melontarkan kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang hendak disampaikan. Terlalu banyak mengeluarkan kata ee, anu, emm menjadikan audien melihat ketidaksiapan Anda dalam melakukan presentasi. Cara mudah mengatasi hal ini adalah dengan diam sejenak dan mengucapkannya di dalam hati. Akan tetapai, ketika Anda diam sejenak untuk mengucapkan em, anu, dan emm dalam hati, akan terlihat jeda yang memperlihatkan bahwa Anda sedang kebingungan. Caranya, rekam perbincangan Anda dan belajarlah kosa kata sebanyak mungkin agar anu em dan hem hilang dari pikiran Anda.

Semoga ini dapat membantu Anda dalam menghadapi presentasi Anda. Jangan takut gagal, karena MC terkenal juga pernah mengalami kegagalan dalam membawakan acara. Semakin sering Anda belajar melakukan presentasi, maka semakin terasah kemampuan Anda berbicara dalam kegiatan presentasi atau yang lainnya.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya