10/19/2016

Inilah Tanda Bayi Siap Diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Firdaus45.com - Tanda-tanda Bayi Siap Diberikan MPASI - Pada umunya, bayi yang sudah berusia 6 bulan keatas telah siap diberikan makanan pendamping ASI. Alasan utama mengapa pemberian MPASI harus menunggu setelah usia bayi melewati 6 bulan yaitu karena faktor sistem pencernaan bayi belum siap menerima makanan dengan tekstur yang kasar. Pada usia dibawah 6 bulan, bayi hanya mampu mencerna ASI dan susu formula.

Setiap bayi memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga usia tidak dapat dijadikan sebagai patokan baku untuk memberikan makanan pendamping asi pada bayi. Akan tetapi, pada umumnya pemberian MPASI dilakukan setelah bayi menginjak usia 6 bulan keatas untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan pada bayi.


Tanda bayi sudah siap diberikan MPASI - resepbayi.com

Jika Ibu ingin memberikan MPASI kepada bayi, maka perhatikanlah tanda-tanda berikut ini:

1. Bayi sudah dapat menegakkan kepalanya
Apabila bayi belum dapat menegakkan kepala dengan baik, sebaiknya tunda dulu niatan Anda untuk memberikan makanan pendamping asi untuk bayi Anda. Kenapa harus menunggu sampai bayi dapat menegakkan kepalanya? Hal ini penting bagi bayi agar lehernya dapat lurus ketika menelan makanan. Pada umumnya, bayi dapat menegakkan kepalanya ketika berusia 4-5 bulan.

2. Bayi sudah mampu untuk duduk sendiri
Memberikan makanan pendamping asi sebaiknya apabila bayi dapat duduk dengan tegak. Postur tubuh sangat penting bagi bayi ketika makan.

3. Mulut bayi sudah mau terbuka saat dihadapkan dengan makanan
Ketika Anda ingin mencoba makanan pendamping asi, maka cobalah mendekatkan makanan di depan mulutnya. Ketika bayi sudah mau membuka mulutnya dengan lebar, ini menandakan bahwa bayi Anda telah siap menerima MPASI. Jika bayi Anda sudah mau membuka mulutnya dengan lebar dan mengecap makanan yang Anda berikan, hal yang perlu Anda lakukan adalah selektif dalam memilih makanan yang dapat dicerna dengan baik oleh bayi Anda. Pada saat bayi masih berusia di bawah 1 tahun, tidak semua makanan dapat dicerna oleh bayi. Oleh karena itu, pemilihan menu makanan pendamping asi untuk bayi usia dibawah 1 tahun sangat penting dilakukan oleh Anda.

4. Bayi tertarik dengan makanan yang kita makan
Bayi dan balita adalah peniru yang hebat. Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, bayi akan tertarik untuk mencoba apa yang kita makan. Bayi Anda akan terus memandangi ketika Anda sedang makan. Terkadang, bayi Anda akan merengek untuk mencoba mencicipi makanan yang sedang Anda makan.

5. Perubahan pola makan dan pola tidur
Memiliki pola makan yang berbeda dari biasanya. Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, maka pola makan bayi akan mendadak berubah. Ketika biasanya bayi Anda menyusu 3-4 kali dalam sehari, ini akan berubah secara mendadak dan lebih sering meminta asi Anda.

Perubahan ini juga akan dibarengi dengan perubahan pola tidur yang berbeda dari biasanya. Bayi 6 bulan biasanya sudah dapat tidur lebih lama di malam hari, sehingga tidak bangun setiap 2-3 jam seperti bayi baru lahir. Kini ia sering terbangun menangis karena lapar. Atau, ia bangun lebih pagi dari biasanya dan menangis minta susu. Itulah tandanya ia siap menerima MPASI.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya