10/13/2016

Cara Ampuh Meningkatkan Berat Badan Bayi

Firdaus45.com - Tips Meningkatkan Berat Badan Bayi - Saat baru dilahirkan, berat badan bayi berada di kisaran 2,5 - 4,5 kg. Beberapa faktor yang menjadi penentukan berat badan bayi saat dilahirkan adalah kesehatan ibu selama kehamilan, genetik dan pemenuhan nutrisi janin saat di dalam kandungan.

Saat bayi yang Anda memiliki berat badan yang kurang dari normal, Anda tidak usah khawatir akan hal itu. Pertumbuhan bayi yang Anda lahirkan, baik kebutuhan nutrisi, berat badan, dan lainnya berada dalam buku catatan Kartu Menuju Sehat yang biasa dimiliki oleh setiap ibu yang baru saja melahirkan. Melalui kartu ini, dapat Anda jadikan acuan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutri bayi agar berat badan bayi anda menjadi normal.


Jangan terburu-buru memvonis bahwa bayi anda memiliki berat badan dibawah rata-rata berat badan bayi pada umumnya.Cara yang paling tepat dalam mengetahui apakah bayi anda memiliki berat badan kurang atau tidak yaitu dengan membandingkan berat badan dengan tinggi bayi. Jika dari perhitungan ini diketahui bahwa berat badan bayi masuk dalam kriteria kurang, maka langkah selanjutnya adalah mencari apa yang menjadi penyebab bayi anda memiliki berat badan yang kurang.

Beberapa hal yang menjadi penyebab bayi kurus atau memiliki berat badan yang kurang adalah
  1. Pemenuhan gizi dan nutrisi janin pada saat kehamilan tidak tercukupi dengan baik. (Baca: Pemenuhan nutrisi bayi)
  2. Makanan pendamping asi (MPASI) tidak tercukupi dengan baik setelah bayi melewati masa pemberian asi eksklusif. 
  3. Gerak dan aktivitas bayi yang semakin aktif menyebabkan berat badan bayi mengalami penurunan dalam jumlah yang wajar.
  4. Bayi anda sedang mengalami gangguan kesehatan, salah satunya yaitu gangguan pencernaan
  5. nafsu makan bayi menurun karena rasa makanan yang tidak sesuai selera
Apabila berat badan bayi anda tergolong cukup lamban mengalami kenaikan, berikut adalah tips untuk menaikkan berat badan bayi :
  1.  Ketika bayi masih berusia 0-6 bulan, cara yang paling tepat adalah dengan memberikan asi eksklusif yang berkualitas. Kualitas asi dapat dihasilkan dari asupan nutrisi ibu menyusui. Dengan melengkapi kebutuhan gizi dan nutri saat menyusui akan membuat kualitas asi anda semakin membaik. Memperoleh asi yang berkualitas juga dapat anda lakukan dengan menghindari stres.
  2. Lakukan penjadwalan pemberian makanan pendamping asi ( MPASI ). Pemberian MPASI pada umumnya ketika bayi berusia 6 bulan ke atas. Pada usia 6 bulan ke atas, bayi akan mengurangi minum ASI. Ketika bayi tidak lagi mengkonsumsi asi secara eksklusif maka, kebutuhan nutrisi harus dipenuhi dengan makanan tambahan untuk menjaga tumbuh kembang bayi. Penjadwalan MPASI dapat dilakukan dengan memberikan MPASI sebanyak 2-3 kali sehari dengan porsi yang disesuai menurut usia bayi. Hal terpenting dalam pemberian MPASI adalah kandungan gizi, terutama kalori anda dapat menambahkan minyak sayur atau keju ke dalam MPASI agar lebih menarik dan variatif. (Baca: Manfaat pemberian ASI Eksklusif)
  3. Perhatikan komposisi MPASI dengan baik. Buatlah makanan pendamping asi yang seimbang antara sayur, karbohidrat dan lauk. Atau anda juga bisa memberikan cemilan yang menyehatkan untuk bayi anda
  4. Gunakan susu formula apabila bila bayi anda menolak makanan yang anda berikan kepadanya. Hal yang perlu anda perhatikan adalah mengenai bagaimana memilih susu formula yang bagus untuk bayi. Susu formula yang bagus untuk menambah berat badan bayi adalah susu yang telah distandarisasi oleh lembaga kesehatan. (Baca: Susu formula penambah berat badan bayi)
Loading...

Artikel Menarik Lainnya