Waspada! Kelainan Rahim dan Servik Lemah, Penyebab Seringnya keguguran

Waspada! Kelainan Rahim dan Servik Lemah, Penyebab Seringnya keguguran

Firdaus45.com - Keguguran Akibat Rahim Abnormal dan Servik Lemah - Berbicara soal keguguran, setiap wanita memiliki resiko yang sama soal keguguran. Ketika dokter menyatakan bahwa kandungan Anda kuat, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan kehati-hatian ekstra. Keguguran pada wanita hamil dengan kandungan kuat sekalipun masih mungkin terjadi. Terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan seorang wanita hamil mengalami keguguran sebelum melahirkan.

Ketika masa-masa rentan janin sudah terlewati, yaitu masa kehamilan trimester pertama mungnkin Anda merasa bahwa selanjutnya tidak perlu khawatir untuk melakukan kegiatan. Meskipun di masa akhir kehamilan (trimester ke tiga) Anda dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang dapat memperlancar persalinan nantinya, Anda tetap harus berhati-hati. Ketika usia kandungan Anda telah melewati 4-6 bulan ke atas, resiko janin meninggal juga masih membayangi Anda. Keguguran berbeda dengn janin meninggal dalam kandungan. Benturan dan kehamilan yang melewati batas waktu menjadi salah satu penyebab janin Anda meninggal sebelum dilahirkan. (Baca: Penyebab janin meninggal dalam kandungan)

Jika Anda pernah mengalami keguguran sebanyak 2-3 kali secara berturut-turut, ada kemungkinan masalah Anda tersebut disebabkan oleh rahim yang abnormal dan servik yang lemah. Bentuk rahim pada setiap wanita tidak selalu sama, ada beberapa wanita yang memiliki bentuk rahim yang tidak seperti pada umumnya rahim seorang wanita. Kondisi kelaian semacam ini bisa disebut juga dengan istilah uterine septum.

Kelaian pada rahim Anda terkadang membuat embrio sulit berkembang atau bahkan embrio tidak dapat berkembang sama sekali sehingga tidak mampu untuk bertahan di dalam rahim Anda. Kelainan pada kondisi rahim menjadi penyebab hampir 10% kasus keguguran pada ibu hamil.

Kelainan pada rahim biasanya juga dibarengi dengan serviks yang lemah. Jika serviks seorang ibu hamil lemah, juga kan menyebabkan terjadinya keguguran. Hal ini disebabkan karena ketika janin mulai tumbuh dan berkembang, serviks tersebut tidak mampu menahannya. Biasanya, kejadian semacam ini terjadi pada trimester pertama masa kehamilan ketika embrio mulai membesar. (Baca: Seputar kanker serviks dan cara mengatasinya)


Keguguran - situkanginfo.blogspot.com

Apakah kelainan pada rahim dan servik lemah tidak dapat diobati?

Kelainan pada rahim dapat diobati dengan jalan operasi. Sedangkan untuk mengatasi masalah serviks yang lemah dapat dilakukan dengan cara menyangga serviks agar lebih kuat menahan janin yang sedang berkembang menggunakan semacam cincin. Pemasangan cincin ini tentu harus dengan anjuran dokter.

Jika Anda adalah salah satu yang mengidap kelainan pada rahim dan servik, maka segeralah konsultasi dengan dokter kandungan terdekat. Disana Anda akan mendapatkan saran apa yang harus Anda lakukan dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil. Karena resiko keguguran dapat terjadi pada siapa saja, maka wajib bagi setiap ibu hamil perlu berhati-hari dalam menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat.
Inilah Tanda Bayi Siap Diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Inilah Tanda Bayi Siap Diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Firdaus45.com - Tanda-tanda Bayi Siap Diberikan MPASI - Pada umunya, bayi yang sudah berusia 6 bulan keatas telah siap diberikan makanan pendamping ASI. Alasan utama mengapa pemberian MPASI harus menunggu setelah usia bayi melewati 6 bulan yaitu karena faktor sistem pencernaan bayi belum siap menerima makanan dengan tekstur yang kasar. Pada usia dibawah 6 bulan, bayi hanya mampu mencerna ASI dan susu formula.

Setiap bayi memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga usia tidak dapat dijadikan sebagai patokan baku untuk memberikan makanan pendamping asi pada bayi. Akan tetapi, pada umumnya pemberian MPASI dilakukan setelah bayi menginjak usia 6 bulan keatas untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan pada bayi.


Tanda bayi sudah siap diberikan MPASI - resepbayi.com

Jika Ibu ingin memberikan MPASI kepada bayi, maka perhatikanlah tanda-tanda berikut ini:

1. Bayi sudah dapat menegakkan kepalanya
Apabila bayi belum dapat menegakkan kepala dengan baik, sebaiknya tunda dulu niatan Anda untuk memberikan makanan pendamping asi untuk bayi Anda. Kenapa harus menunggu sampai bayi dapat menegakkan kepalanya? Hal ini penting bagi bayi agar lehernya dapat lurus ketika menelan makanan. Pada umumnya, bayi dapat menegakkan kepalanya ketika berusia 4-5 bulan.

2. Bayi sudah mampu untuk duduk sendiri
Memberikan makanan pendamping asi sebaiknya apabila bayi dapat duduk dengan tegak. Postur tubuh sangat penting bagi bayi ketika makan.

3. Mulut bayi sudah mau terbuka saat dihadapkan dengan makanan
Ketika Anda ingin mencoba makanan pendamping asi, maka cobalah mendekatkan makanan di depan mulutnya. Ketika bayi sudah mau membuka mulutnya dengan lebar, ini menandakan bahwa bayi Anda telah siap menerima MPASI. Jika bayi Anda sudah mau membuka mulutnya dengan lebar dan mengecap makanan yang Anda berikan, hal yang perlu Anda lakukan adalah selektif dalam memilih makanan yang dapat dicerna dengan baik oleh bayi Anda. Pada saat bayi masih berusia di bawah 1 tahun, tidak semua makanan dapat dicerna oleh bayi. Oleh karena itu, pemilihan menu makanan pendamping asi untuk bayi usia dibawah 1 tahun sangat penting dilakukan oleh Anda.

4. Bayi tertarik dengan makanan yang kita makan
Bayi dan balita adalah peniru yang hebat. Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, bayi akan tertarik untuk mencoba apa yang kita makan. Bayi Anda akan terus memandangi ketika Anda sedang makan. Terkadang, bayi Anda akan merengek untuk mencoba mencicipi makanan yang sedang Anda makan.

5. Perubahan pola makan dan pola tidur
Memiliki pola makan yang berbeda dari biasanya. Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, maka pola makan bayi akan mendadak berubah. Ketika biasanya bayi Anda menyusu 3-4 kali dalam sehari, ini akan berubah secara mendadak dan lebih sering meminta asi Anda.

Perubahan ini juga akan dibarengi dengan perubahan pola tidur yang berbeda dari biasanya. Bayi 6 bulan biasanya sudah dapat tidur lebih lama di malam hari, sehingga tidak bangun setiap 2-3 jam seperti bayi baru lahir. Kini ia sering terbangun menangis karena lapar. Atau, ia bangun lebih pagi dari biasanya dan menangis minta susu. Itulah tandanya ia siap menerima MPASI.
Inilah Tips Agar Presentasi Kamu Sukses

Inilah Tips Agar Presentasi Kamu Sukses

Firdaus45.com - Tips Agar Dapat Berbicara Dengan Lancar Saat Presentasi - Mengapa setiap orang dituntut untuk pandai berbicara? Pertanyaan tersebut mungkin akan memiliki jawaban yang beraneka ragam. Khususnya seorang politikus dan sales, keahlian berbicara akan menentukan kesuksesan karir di bidangnya.

Pada dasarnya, tidak hanya politikus dan sales yang harus pandai berbicara. Hampir semua profesi dituntut untuk mampu berkomuniasi dengan baik terhadap lawan bicaranya. Kita ambil contoh seorang guru dan para ilmuan yang memiliki temuan terbaru tentang teknologi. Bila guru berbicara di depan kelas dan membahas materi yang begitu rumit dengan bahasa yang terlalu tinggi yang tidak dikuasai oleh siswanya, maka sudah jelas apa yang kita bayangkan. Siswa tidak akan mengerti dengan apa yang disampaikan oleh gurunya karena penggunaan bahasa yang tidak dimengerti oleh siswanya. Untuk kasus seorang professor yang menemukan teknologi terbaru, bila sang professor tidak mampu menyampaikan dengan baik apa manfaat dari teknologi yang dihasilkannya otomatis para pendengar merasa bahwa teknologiya tidak berguna.


The power of speaking - adambraun.com

Untuk itu, agar presentasi Anda berhasil, Anda dapat melakukan beberapa tips dibawah ini

1. Jangan pernah minta maaf
Mungkin akan terdengar sangat sombong sekali tips yang satu ini. Akan tetapi, meminta maaf saat melakukan presentasi akan membuat Anda tidak dipercaya oleh audiens Anda. Terlebih jika Anda terlalu sering melakukan hal itu ketika presentasi, maka audiens semakin tidak percaya dengan apa yang Anda sampaikan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah meralat perkataan yang salah tadi. Sebagai contoh ketika Anda salah mengucap nama produk Anda maka gantilah dengan "maksud saya" dan jangan pernah bilang "maaf".


2 Jadilah pemegang kendali
Presentasi seringkali gagal padahal persiapan sudah dilakukan sebaik mungkin. Kegagalan sewaktu presentasi seringkali terjadi ketika Anda merasa gugup dan seolah akan dihakimi oleh audiens yang sedang Anda hadapi. Terlebih bila audiens yang sedang Anda hadapi adalah calon pembeli produk Anda, atau penentu nasib Anda apakah diterima atau ditolak diterima kerja atau yang lainnya. Ketika Anda merasa grogri dengan tatap audiens Anda yang sangar dan berkesan penuh penolakan, maka pandangilah audiens yang selalu memberi Anda senyum dan anggukan positif. Wajah yang penuh aura positif akan membuat Anda semakin percaya diri dan dapat kembali fokus dengan tujuan Anda melakukan presentasi.

3. The power of Smile
Rasa gugup dan grogi mungkin membuat Anda lupa memberikan senyum kepada audiens Anda. Padahal, senyum yang tulus dari dalam hati akan membawa aura positif bagi Anda dan audiens Anda. Terkadang, seorang pembeli membeli barang bukan karena melihat kualitas barang yang Anda jual, melainkan karena melihat bagaimana cara Anda menawarkan barang. Dengan sebuah senyuman, dua kerajaan besar Yunani dan Mesir kuno bersatu. Ini disebabkan karena Julius Caesar tergila-gila dengan senyum manis Cleopatra yang pada waktu itu menjadi ratu Mesir.

4. Gunakan kata yang sederhana
Saat melakukan pembicaraan atau presentasi, gunakanlah bahasa yang dimengerti oleh audiens Anda. Pilihlah kata yang biasa didengar oleh audiens Anda agar audiens mengerti apa yang sedang Anda bicarakan. Terkadang, bahasa yang terlalu tinggi membuat audiens Anda tidak mengerti alur pembicaraan Anda.

5. Usahakan untuk selalu good looking
Ketika Anda pernah melihat bagaimana presiden SBY membacakan pidato, satu kata yang akan keluar rapi. Yup, begitu juga dengan Anda ketika melakukan presentasi, jangan pernah tampil di muka umum ketika Anda belum merapikan diri Anda. Penampilan yang rapi akan menambah daya tarik untuk selalu memperhatikan Anda. Karena sudah menjadi kebiasaan orang selalu melihat kemasan terlebih dahulu ketimbang isi.

6. Sampaikanlah dengan tulus
 Menyapaikan suatu hal yang berasal dari hati akan lebih mudah diterima ketimbang menyampaikan sesuatu penuh dengan paksaan. Ketika Anda menyampaikan suatu hal dengan penuh rasa cinta dan tulus, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Beban akan terasa hilang ketika Anda menyampaikan dengan penuh ketulusan.

7. Hilangkan kata "ee", "anu", "emm"
Kata tersebut seringkali muncul ketika kita sedang merasa bingung untuk melontarkan kata yang tepat untuk menjelaskan apa yang hendak disampaikan. Terlalu banyak mengeluarkan kata ee, anu, emm menjadikan audien melihat ketidaksiapan Anda dalam melakukan presentasi. Cara mudah mengatasi hal ini adalah dengan diam sejenak dan mengucapkannya di dalam hati. Akan tetapai, ketika Anda diam sejenak untuk mengucapkan em, anu, dan emm dalam hati, akan terlihat jeda yang memperlihatkan bahwa Anda sedang kebingungan. Caranya, rekam perbincangan Anda dan belajarlah kosa kata sebanyak mungkin agar anu em dan hem hilang dari pikiran Anda.

Semoga ini dapat membantu Anda dalam menghadapi presentasi Anda. Jangan takut gagal, karena MC terkenal juga pernah mengalami kegagalan dalam membawakan acara. Semakin sering Anda belajar melakukan presentasi, maka semakin terasah kemampuan Anda berbicara dalam kegiatan presentasi atau yang lainnya.

Pentingnya AA dan DHA Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Firdaus45.com - Fungsi AA dan DHA Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi - Bagi sebagian orang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah AA dan DHA yang ramai beredar saat iklan susu di televisi. Banyak merk susu dan makanan khusus untuk bayi mencatumkan label yang menyebutkan bahwa di dalam kemasan tersebut mengandung AA dan DHA. Mungkin Anda bertanya, sebenarnya untuk apa fungsi AA dan DHA bagi bayi?

Sekilas Mengenai AA dan DHA
AA atau asam arakidonat (arachidonic acid ) dan DHA atau asam dekosaheksaenoat (docosahexaenoic acid) merupakan asam lemak rantai panjang. DHA memiliki rantai karbon 22 dengan 6 ikatan rangkap yang juga termasuk ke dalam kelompok asam lemak omega 3. Sedangkan AA memiliki rantai karbon 20 dengan 4 ikatan rangkap yang termasuk ke dalam kelompok asam lemak omega 6. Penamaan omega sebenarnya didasarkan pada ikatan rangkap atom C yang terdapat di dalam suatu senyawa atau zat. Dikatakan omega 3 berarti di dalam rantai karbon terdapat ikatan rangkap atom C pada nomor 3 begitu juga halnya dengan Omega 6.

Pentingnya AA dan DHA bagi Perkembangan Otak Bayi dan Janin - Republika.co.id

Dalam tubuh manusia, DHA merupakan bagian penyusun utama dari otak dan retina. Hampir sekita 97% penyusun otak merupakan asam lemak omega 3. Sedangkan pada retina, hampir 93% asam lemak omega 3 menjadi penyusun utama. Lebih jelasnya dapat anda penjelasannya pada laman eurekalert.org. Sehingga jelas bagi kita bahwa kebutuhan DHA bagi tubuh seseorang sangat penting, khususnya bagi ibu hamil dan bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan DHA tersebut. Dengan memenuhi kebutuhan DHA selama masih dalam kandungan dan selama masa perkembangan setelah melahirkan akan menjaga perkembangan otak bayi Anda.

Sama halnya dengan DHA, AA juga merupakan senyawa yang memiliki peranan penting dalam perkembangan otak. Selain itu AA juga berperan dalam pembentukan senyawa yang mirip hormon yang bernama eicosanoids. Eicosanoids berfungsi sebagai zat imunitas yang menjaga dari berbagai penyakit, pembekuan darah, dan fungsi vital lainnya dalam tubuh.

Tips Memenuhi Kebutuhan AA dan DHA pada ibu hamil dan bayi. 
Memenuhi kebutuhan AA dan DHA dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dengan menu yang beragam dan kaya akan gizi. Beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan DHA diantaranya
  1. Algae - algae merupakan sumber utama DHA yang ada pada ikan. Ikan yang mengkonsumsi algae akan menjadikan ikan tersebut menjadi kaya akan DHA.
  2. Ikan salmon, makarel, tuna, halibut,
  3. Minyak ikan
  4. Unggas
  5. Kuning telur
Kacang walnut merupakan sumber ALA (Alpha linolenic acid) dan bukan merupakan sumber DHA. ALA adalah zat penyusun DHA yang diubah di dalam tubuh menjadi DHA. Pengubahan ALA menjadi DHA dipengaruhi oleh faktor usia, kesehatan, gender, dan pola makan. Sehingga tubuh setiap orang memiliki perbedaan masing-masing dalam kecepatan mengubah zat ALA menjadi DHA. Sedangkan beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan AA diantaranya adalah daging, telur dan susu.

Kandungan AA dan DHA dalam Susu Formula
Dari hasil sebuah penelitian mengemukakan bahwa AA dan DHA secara alami terkandung di dalam ASI. Oleh karena itu, pemberian asi secara eksklusif sangat penting sekali mengingat kebutuhan AA dan DHA bagi perkembangan otak, retina dan kekebalan tubuh bayi usia 0 - 2 tahun. Pemberian asi secara eksklusif saat bayi berusia 0 - 6 bulan dan dilanjutkan sampai usia bayi menginjak 1 tahun sangat penting sekali. Pada bayi usia 0 -  1 tahun kebutuhan nutrisi dapat dipenuhi hanya dengan memberikan ASI secara eksklusif pada bayi. Ketika usia bayi mulai beranjak dari 1 - 2 tahun, jangan berhenti dalam memberikan asi. Meskipun harus memberikan makanan pendamping asi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bayi, pemberian asi jangan dihentikan. Pemberian asi boleh dihentikan ketika bayi sudah melewati usia 2 tahun.

Permasalahan yang muncul ketika seorang ibu yang baru saja melahirkan tidak dapat memproduksi asi, maka langkah yang paling tepat adalah dengan memberinya susu formula yang sesuai dengan kondisi tubuh bayi (Baca: susu formula yang sesuai dengan kondisi bayi). Tidak semua susu formula bagus untuk bayi, ada sebagian bayi yang alergi terhadap susu formula karena kandungan yang terdapat di dalam susu formula tersebut.

Penting untuk diingat! bahwa susu formula tidak dapat menggantikan peran asi secara eksklusif.
Pembuatan susu formula berasal dari susu sapi dengan kandungan AA dan DHA tidak setinggi AA dan DHA yang terdapat di dalam ASI. Oleh karena sebab itu, banyak produsen susu yang sengaja menambahkan kandungan AA dan DHA sebanyak 0,2 sampai 0,5% dalam susu formula kemasan yang beredar di pasaran. Pemberian AA dan DHA dalam susu formula untuk bayi seharusnya sesuai proporsinya mendekati asi supaya memberikan efek yang optimal untuk perkembangan otak, dan kekebalan tubuh janin, bukan malah menimbulkan efek yang negatif ketika dikonsumsi oleh bayi.

Meskipun memiliki kandungan yang hampir mirip, susu formula tetap bukan menjadi rekomendasi utama pengganti asi. Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika seorang ibu memberikan asi secara eksklusif kepada bayinya. Salah satu manfaat yang diperoleh adalah kedekatan batin yang semakin erat antara ibu dan bayi. Sehingga bila asi anda tidak keluar, tetaplah menyodorkan asi Anda untuk dihisap bayi Anda. Untuk lebih jelas bagaimana proses pembentukan asi, dapat Anda baca pada artikel Proses pembentukan asi. Jika Anda ingin mengetahui mengapa Anda harus memberikan asi secara eksklusif pada bayi Anda, baca artikel mengenai Segudang manfaat pemberian asi secara eksklusif. Semoga artikel ini dapat membantu Anda

Artikel Seputar susu formula lainnya
1. Sufor Terbaik untuk Bayi
2. Tips Memilih Susu Formula 
3. Susu Formula Penambah Berat Badan Bayi
4. Tips Memilih Dot dan Botol Susu untuk Bayi 
5. Takaran Pemberian Susu Formula

Cara Ampuh Meningkatkan Berat Badan Bayi

Firdaus45.com - Tips Meningkatkan Berat Badan Bayi - Saat baru dilahirkan, berat badan bayi berada di kisaran 2,5 - 4,5 kg. Beberapa faktor yang menjadi penentukan berat badan bayi saat dilahirkan adalah kesehatan ibu selama kehamilan, genetik dan pemenuhan nutrisi janin saat di dalam kandungan.

Saat bayi yang Anda memiliki berat badan yang kurang dari normal, Anda tidak usah khawatir akan hal itu. Pertumbuhan bayi yang Anda lahirkan, baik kebutuhan nutrisi, berat badan, dan lainnya berada dalam buku catatan Kartu Menuju Sehat yang biasa dimiliki oleh setiap ibu yang baru saja melahirkan. Melalui kartu ini, dapat Anda jadikan acuan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutri bayi agar berat badan bayi anda menjadi normal.


Jangan terburu-buru memvonis bahwa bayi anda memiliki berat badan dibawah rata-rata berat badan bayi pada umumnya.Cara yang paling tepat dalam mengetahui apakah bayi anda memiliki berat badan kurang atau tidak yaitu dengan membandingkan berat badan dengan tinggi bayi. Jika dari perhitungan ini diketahui bahwa berat badan bayi masuk dalam kriteria kurang, maka langkah selanjutnya adalah mencari apa yang menjadi penyebab bayi anda memiliki berat badan yang kurang.

Beberapa hal yang menjadi penyebab bayi kurus atau memiliki berat badan yang kurang adalah
  1. Pemenuhan gizi dan nutrisi janin pada saat kehamilan tidak tercukupi dengan baik. (Baca: Pemenuhan nutrisi bayi)
  2. Makanan pendamping asi (MPASI) tidak tercukupi dengan baik setelah bayi melewati masa pemberian asi eksklusif. 
  3. Gerak dan aktivitas bayi yang semakin aktif menyebabkan berat badan bayi mengalami penurunan dalam jumlah yang wajar.
  4. Bayi anda sedang mengalami gangguan kesehatan, salah satunya yaitu gangguan pencernaan
  5. nafsu makan bayi menurun karena rasa makanan yang tidak sesuai selera
Apabila berat badan bayi anda tergolong cukup lamban mengalami kenaikan, berikut adalah tips untuk menaikkan berat badan bayi :
  1.  Ketika bayi masih berusia 0-6 bulan, cara yang paling tepat adalah dengan memberikan asi eksklusif yang berkualitas. Kualitas asi dapat dihasilkan dari asupan nutrisi ibu menyusui. Dengan melengkapi kebutuhan gizi dan nutri saat menyusui akan membuat kualitas asi anda semakin membaik. Memperoleh asi yang berkualitas juga dapat anda lakukan dengan menghindari stres.
  2. Lakukan penjadwalan pemberian makanan pendamping asi ( MPASI ). Pemberian MPASI pada umumnya ketika bayi berusia 6 bulan ke atas. Pada usia 6 bulan ke atas, bayi akan mengurangi minum ASI. Ketika bayi tidak lagi mengkonsumsi asi secara eksklusif maka, kebutuhan nutrisi harus dipenuhi dengan makanan tambahan untuk menjaga tumbuh kembang bayi. Penjadwalan MPASI dapat dilakukan dengan memberikan MPASI sebanyak 2-3 kali sehari dengan porsi yang disesuai menurut usia bayi. Hal terpenting dalam pemberian MPASI adalah kandungan gizi, terutama kalori anda dapat menambahkan minyak sayur atau keju ke dalam MPASI agar lebih menarik dan variatif. (Baca: Manfaat pemberian ASI Eksklusif)
  3. Perhatikan komposisi MPASI dengan baik. Buatlah makanan pendamping asi yang seimbang antara sayur, karbohidrat dan lauk. Atau anda juga bisa memberikan cemilan yang menyehatkan untuk bayi anda
  4. Gunakan susu formula apabila bila bayi anda menolak makanan yang anda berikan kepadanya. Hal yang perlu anda perhatikan adalah mengenai bagaimana memilih susu formula yang bagus untuk bayi. Susu formula yang bagus untuk menambah berat badan bayi adalah susu yang telah distandarisasi oleh lembaga kesehatan. (Baca: Susu formula penambah berat badan bayi)
Inilah Tanda-tanda Haid / Menstruasi Pertama Akan Segera Datang pada Seorang Remaja

Inilah Tanda-tanda Haid / Menstruasi Pertama Akan Segera Datang pada Seorang Remaja

Tanda-tanda Haid / Menstruasi Pertama Akan Segera Datang Pada Gadis Remaja - Menstruasi atau haid adalah siklus bulan yang menjadi ciri khas dari seorang gadis remaja.

Haid pertama seorang gadis akan diperoleh ketika gadis tersebut sudah matang secara biologis yang menjadi penanda bahwa gadis sudah memasuki masa pubertas.

Pada umumnya, haid pertama kali akan dibarengi dengan rasa nyeri di bagian perut (Baca: Nyeri Haid).

Oleh karena itu, penting bagi seorang gadis untuk mengetahui bagaimana cara merawat daerah kewanitaan untuk mempersiapkan haid pertamanya.

Pada umumnya, setiap wanita gadis tidak terlalu mengerti akan perubahan tubuhnya. Apabila secara mendadak didapati ada bercak darah di dalam pakaian dalam, maka rasa panik dan bingung akan menghampiri gadis  tersebut.

Oleh karena itu, penting kiranya setiap gadis memperoleh pemahaman mengenai haid secara menyeluruh. Persiapan pertama yang perlu diketahui yaitu tanda-tanda yang muncul dari tubuh yang menjadi penanda bahwa haid pertama akan segera datang.

Tanda-tanda Menstruasi akan Segera Datang


Beberapa tanda-tanda haid yang akan segera dapat diamati secara jelas seperti penjelasan berikut ini



1. Usia gadis
Pada umumnya, seorang wanita mendapatkan haid pertamanya ketika Dia berusia 8-15, usia yang masih sangat belia untuk mengerti soal masalah reproduksi wanita.

Hal ini menjadi penyebab bahwa peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak gadisnya dan memberikan pemahaman mengenai apa itu menstruasi.

Usia yang masih sangat belia tersebut membuat sebagian wanita akan panik, bingung dan malu jika harus menceritakan kejadian yang dialaminya kepada ke dua orangtuanya.

Haid pertama seorang gadis berbeda-beda, ada  beberapa gadis memperoleh haid pertamanya ketia berusia 8 atau 9 tahun. Adapula yang memperoleh haid pertamanya ketika berusia 14 atau 15 tahun.

Sebenarnya hal ini adalah kejadian yang normal terjadi, karena kematangan setiap gadis berbeda-beda. Ada faktor lain yang menyebabkan anak perempuan lebih cepat matang secara biologis.

Dalam bahasa medis, seorang anak perempuan yang telah mendapatkan haid pertama disebut dengan istilah menarche atau puber. Dalam hal ini, Gen sangat mempengaruhi kapan gadis tersebut memperoleh haid pertamanya.

Menstruasi pada seorang anak perempuan akan datang sendiri pada waktunya, sehingga tidak dapat dimajukan atau dimundurkan waktunya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda bertama kepada Ibu atau kakak perempuanmu, kapan mereka mendapatkan haid pertamanya. Ada kemungkinkan kamu juga akan mendapatkan haid pertamamu di usia yang sama seperti mereka.

Jika usiamu sudah menginjak angka 16 dan kamu masih juga belum mendapatkan haid, ada baiknya periksa ke dokter untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang salah.

2. Perhatikan perubahan dan pertumbuhan payudara 
Saat anda akan mendapatkan haid pertama anda, perubahan pada payudara menjadi sangat terasa. Salah satu tanda seorang gadis akan memasuki masa puber yaitu payudara yang semakin membesar, terasa lunak dan lebih sensitif. 

Setiap anak memiliki perubahan yang berbeda-beda, ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Penting untuk anda ketahui, bahwa payudara yang anda miliki akan memiliki ukuran yang berbeda antara payudara kanan dan payudara kiri. Akan tetapi, jangan merisaukan hal ini, karena ini adalah hal yang wajar. Pada akhirnya nanti, kedua payudara anda akan memiliki ukuran yang sama, meskipun tidak benar-benar sama.

Ketika payudara anda tumbuh dan membesar dengan sangat cepat, biasanya juga akan dibarengi dengan rasa sakit pada bagian puting. Untuk melindungi payudara, sebaiknya anda mulai mengenakan bra. Mengenakan bra yang sesuai ukuran juga akan menjaga bentuk payudara agar tidak mengendur saat masa pertumbuhan. (Baca: Tips memilih bra yang sehat)

Menstruasi akan datang ketikan payudara sudah mulai tumbuh. Namun, ada sebagian orang yang baru mendapatkan haid beberapa tahun setelah payudaranya tumbuh. Sekali lagi, keadaan ini berbeda-beda bagi tiap orang. Namun setidaknya kamu sudah bisa mengira-ngira kapan kamu akan mendapat menstruasi pertama. (Baca: Cara mempertahankan payudara tetap kencang)

3. Tumbuhnya bulu, baik di kaki, lengan, ketiak dan daerah kewanitaan
 Munculnya bulu di beberapa bagian tubuh juga menjadi tanda bahwa haid pertama akan segera anda dapat. Bulu yang tumbuh di daerah kemaluan disebut dengan rambut pubes. Bulu ini memiliki tekstur yang kasar dan gelap. Dengan tumbuhnya bulu di daerah ini, berarti anda harus lebih sering-sering membersihkan daerah kewanitaan. Jika anda malas untuk membersihkannya, maka perlahan akan muncul bau tidak sedap pada daerah kewanitaan anda. (Baca: Cara menjaga daerah kewanitaan agar tidak bau)

Selain daerah kewanitaan, pada daerah ketika juga akan ditumbuhi bulu. Bulu yang tumbuh pada daerah ketiak anda akan menyebabkan anda lebih mudah berkeringat dan menimbulkan bau yang kurang sedap pada area sekitar ketiak. Jangan risau, anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan deodoran. Atau anda juga bisa mencukur bulu ketiak anda, akan tetapi saat anda mencukur bulu ketiak akan terasa sangat geli dan mengganggu. Rasa geli perlahan menghilang seiring tumbuhnya bulu. (Baca: Apakah deodoran dapat memicu kanker payudara?)

4. Bercak-bercak noda di celana dalam / sekresi serviks
Biasanya yang sering diabaikan yaitu bercak noda putih kekuningan atau kehijuan 6 bulan sebelum haid pertama datang atau juga terjadi pada 1-2 hari sebelum waktu haid datang.

Cairan yang dikeluarkan adalah seperti susu putih dan biasanya kondisi ini terjadi sebelum waktunya haid datang. Noda ini akan semakin gelap dan kental menjelang minggu-minggu akhir haid pertamamu. Oleh karena itu jangan pernah abaikan gejala-gejala kecil yang muncul pada dirimu. Tanda haid satu ini merupakan tanda bahwa haid sebentar lagi akan datang dan merupakan sebuah keadaan yang normal. Jika mulai mengalami hal ini, maka bersiaplah karena Anda akan kedatangan tamu 1-2 hari setelahnya.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan pembalut agar noda-noda tersebut tidak sampai mengenai celana dalam kamu.

Saat memilih pembalut, sebaiknya pilihlah yang dianjurkan oleh dokter, bertekstur halus dan yang lebih penting saat digunakan terasa nyaman dan tidak menimbulkan rasa gatal di daerah selangkangan yang mengakibatkan selangkan menjadi hitam akibat gesekan dengan pembalut dan celana dalam.(Baca: Cara memutihkan selangkangan secara alami)

Tidak semua noda yang keluar pertama kali itu merupakan tanda haid pertama akan datang. Bisa jadi noda tersebut bertanda bahwa ada infeksi atau luka di badian dalam tubuh anda.

Saat terjadi infeksi di bagian dalam tubuh, noda yang keluar memiliki tekstur yang kental dengan bau yang tidak sedap dan dibarengi dengan gatal pada daerah kewanitaan. Jika ini terjadi, kamu harus segera mengunjungi dokter yang bisa meresepkan obat untukmu. (Baca: Gejala kanker serviks)

Bagi Anda yang belum pernah mengalami menstruasi atau akan segera memperoleh haid pertama kalinya, mungkin akan mengalami beberapa gangguan seputar menstruasi. Biasanya, akan terjadi kepanikan karena faktor belum pernah mengalaminya.

5. Wajah mulai tumbuh jerawat
Ketika haid atau menstruasi akan segera datang, hormon tubuh juga akan mengalami perubahan. Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan beberapa kestabilan hormon terganggu. Hal ini memicu jerawat tumbuh subur disekitar wajah.

Sehingga bila anak SD sudah mulai terlihat memiliki beberapa jerawat, maka itu merupakan tanda-tanda haid pertama akan segera datang.

6. Terasa sakit saat buang air kecil
Bila anak sering mengeluh sakit ketika buang air kecil, ada kemungkinan bahwa anak gadis anda akan segera memperoleh haid pertamanya.

7. Terjadi penurunan berat badan
Berat badan yang semakin turun juga dapat menjadi tanda-tanda bahwa anak gadis Anda akan segera memperoleh menstruasi pertamanya.

Pada sebagian wanita yang akan segera memperoleh menstruasi pertama mungkin mengalami penurunan berat badan, namun bagi sebagian wanita lainnya tidak mengalami hal ini. Jadi ini bukanlah merupakan tanda-tanda umum haid pertama yang dapat dijadikan sebagai patokan.

Penurunan berat badan bianya tidak terlalu banyak, hanya berkisar 1-5kg. Penurunan berat badan akan kembali normal setelah memperoleh haid pertamanya.

8. Vagina Kering
Bila di atas disebutkan bahwa tanda-tanda haid biasanya dimulai dengan adanya bercak noda di celana dalam, namun terkadang hal berbeda terjadi pada sebagian wanita.

Beberapa diantara mereka ada yang mengalami kekeringan pada daerah kewanitan saat hendak menstruasi. Hal semacam ini masih tergolong dalam keadaan normal yang tidak harus dikhawatirkan.

Jadi bila mendapati daerah kewanitaan mendadak mengering jangan panik. Tetaplah tenang dan selalu utamakan menjaga kebersihan daerah kewanitaan Anda pada saat menstruasi berkunjung.

9. Susah berkonsentrasi
Susah berkonsentrasi karena dampak dari tubuh lelah dan mengantuk yang menyebabkan seorang wanita akan mulai sulit berkonsentrasi. 

10. Suasana Hati Mudah Berubah
Para wanita kebanyakan juga akan mengalami tanda haid berupa perubahan suasana hati yang cukup drastis. Kalau biasanya perubahan suasana hati ini dikaitkan dengan gejala depresi atau stres, maka bila suasana hati berubah disertai tanda haid lain yang telah disebutkan, tentu bukan berhubungan dengan stres.

11. Sakit Punggung
Sebelum haid datang, para wanita juga rata-rata akan mengalami yang namanya nyeri di bagian punggung. Jadi bukan hanya di bagian payudara saja rasa nyeri tersebut menyerang, punggung pun akan terasa sakit. Rasa sakit di sini bisa nyeri atau juga pegal-pegal tanpa alasan di mana sebetulnya wajar dan nanti bisa hilang sendiri.

12. Kram Perut Bawah
Rasa sakit di punggung dan payudara ternyata juga bisa diikuti dengan rasa sakit di bagian perut. Bila perut terasa sakit dan kram, sebetulnya ini hal yang biasa. Kram akan datang pada umumnya di perut bagian bawah di mana ini disebabkan adanya kontraksi di bagian rahim.

Rasanya benar-benar tidak nyaman saat kram perut ini datang. Ada beberapa kasus di mana wanita dengan tanda haid ini akan sulit hanya untuk bangun karena rasa sakit yang begitu serius di perutnya. Saat sedang mengalami rasa nyeri perut semacam ini, rata-rata wanita akan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam melakukan aktivitasnya.

Persiapan yang harus dilakukan ketika menstruasi datang, untuk kamu yang belum pernah menstruasi harus baca ini. 

Belum pernah menstruasi? atau sedang mengalami tanda dan gejala awal menstruasi? Sebaiknya kamu harus tahu apa saja persiapan yang harus dilakukan ketika menstruasi datang menghampiri.

Menstruasi memang terkadang datang tanpa disadari oleh kita. Meskipun kita sudah sering mengalami menstruasi, namun tetap saja terkadang kedatangan menstruasi membuat kita kaget karena waktu datangnya yang tidak tepat misalnya.

Persiapan sebelum datangnya masa haid menjadi sangat penting bagi kamu yang baru saja mengalami menstruasi atau akan mengalami menstruasi.

Selengkapnya baca: Hal yang perlu dilakukan ketika haid pertama datang menghampiri

Apa itu Kehamilan Ektopik dan Bagaimana Cara Mengetahuinya?

Firdaus45.com - Kehamilan Ektopik dan Cara Mengetahuinya - Kehamilan Ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim. Janin berkembang tidak pada tempatnya, melainkan di luar rahim, biasanya di dalam tuba falopi. Kehamilan ektopik ini sangat membahayakan nyawa, karena dapat menyebabkan pecahnya tuba falopi apabila kehamilan terus berkembang tanpa mendapatkan tindakan medis. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan jalan operasi atau dengan obat-obatan sesuai saran dokter. Jangan terburu-buru memilih jalan aborsi, karera itu bukan satu-satunya solusi. Bahkan perlu anda ketahui, aborsi juga memiliki resiko kematian bagi pelakunya.

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memeriksakan kandungan anda melalui USG untuk mengetahui dan memastikan apakah janin anda berada di dalam rahim ataukan di luar rahim. Sebelum anda melakukan hal itu, dan anda berkeinginan untuk mengakhiri kehamilan bisa jadi kehamilan ektopik tidak terjadi pada anda. Jika darah tidak keluar saat anda meminum pil penggugur kandungan, ada kemungkinan anda mengalami kehamilan ektopik. Apabila anda tiba-tiba merasa sangat nyeri di bagian perut atau punggung, atau jika anda merasa akan pingsan atau benar-benar pingsan, atau anda merasa sakit di area bahu, kemungkinan anda mengalami kehamilan ektopik yang telah pecah dan harus segera dibawa ke rumah sakit. Kehamilan ektopik dapat diobati bahkan ditempat yang membatasi akses aborsi.

kehamilan ektopik, kasus kehamilan ektopik, penyebab kehamilan ektopik, ket pada kehamilan, faktor penyebab kehamilan, tanda tanda kehamilan ektopik, pengertian kehamilan, tanda dan gejala kehamilan ektopik, penyebab hamil diluar kandungan, gejala hamil diluar kandungan, apa yang menyebabkan kehamilan, yang menyebabkan kehamilan, ciri2 hamil diluar kandungan, hamil diluar kandungan, gejala hamil ektopik, tanda tanda hamil diluar kandungan, proses kehamilan, gejala kehamilan ektopik, penyebab kehamilan, kehamilan, apa itu kehamilan, apa penyebab kehamilan, tanda tanda kehamilan ektopik terganggu

Kehamilan ektopik dapat terjadi jika terlur yang dibuahi tidak dapat menempel dan tumbuh di dalam rahim seperti kehamilan pada umumnya. Melainkan sel telur yang dibuahi menempel di tempat lain yang semestinya bukan menjadi tempat menempel dan berkembangnya sel telur. Pada umumnya, sel telur yang menyebabkan kehamilan ektopik menempel pada tuba falopi.

Sekedar untuk diketahui, tuba falopi adalah sebuah saluran kecil yang menjadi jalan bagi sel telur yang telah dibuahi menuju rahim untuk berkembang. Janin yang menempel pada tuba falopi dan berkembang terlalu besar dalam tuba falopi akan menyebabkan tuba falopi pecah. Ketika hal ini terjadi, maka kehamilan tersebut harus dihentikan dan janin tersebut harus dikeluarkan untuk menyelamatnya nyama sang Ibu. Karena ketika tuba falopi pecah, janin juga tidak lagi dapat berkembang di dalamnya. Perawatan oleh ginekolog diperlukan untuk memastikan kesehatan perempuan. Ginekolog di negara manapun menangani perempuan dengan kondisi tersebut, bahkan negara yang sangat membatasi aborsi. Jika tidak diobati, resiko yang dihadapi adalah perdarahan berat internal disebabkan oleh pecahnya tuba falopi.

Gejala yang ditimbulkan akibat kehamilan ektopik
Gejala atau tanda awal seorang wanita mengalami kehamilan ektopik hampir mirip dengan gejala nyeri haid, dan keluar darah sedikit. Ketika anda mendapati gejala lanjutan seperti,
  • Perbedaan warna darah. Darah yang keluar karena kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan) biasanya berwarna lebih gelap atau lebih terang, juga lebih encer daripada biasanya. (Baca: Penyebab keluar darah saat hamil muda)
  • Rasa nyeri yang hebat dan terus-menerus di satu sisi perut bagian bawah.
anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisi tubuh anda. Akan tetapi apabila kehamilan ektopik tidak terdeteksi sejak awal kehamilan, ada kemungkinan saluran tuba falopi telah pecah akibat desakan embrio yang terus berkembang dan membesar. Gejala yang ditimbulkan akibat pecahnya tuba falopi adalah sebagai berikut: 
  • nyeri pada bagian perut atau panggul
  • kram pada satu sisi panggul
  • perdarahan dalam jumlah kecil yang tidak biasa
  • payudara sakit
  • mual
  • nyeri pada bagian punggung bawah.
  • Berkeringat, merasa pusing atau hampir pingsan, diare, atau ada darah dalam feses Anda.
  • Pingsan atau syok akibat pendarahan yang parah.
  • Nyeri pada bahu. Ini terjadi apabila pendarahan internal sampai mengganggu organ-organ lain.
Baca juga: Tanda melahirkan sudah dekat