9/29/2016

Yuk Pelajari Apa itu Sintesis Protein

Firdaus45.com - Sintesis Protein (Biosintesis) -  Sintesis protein adalah proses pembentukan protein yang melibatkan sintesis RNA yang dipengaruhi oleh DNA. DNA memiliki peran sebagai sumber pengkodean asam nukleat untuk menjadi asam amino yang menyusun protein. Akan tetapi, DNA tidak terlibat secara langsung pada proses sintesis protein tersebut.

Pada proses sintesis protein, molekul DNA yang terdapat dalam satu sel ditranskripsi menjadi molekur RNA. Pada sintesis protein, sebenarnya RNA lah yang dirubah bentuknya menjadi asam amino sebagai penyusun protein. Oleh karena itu, RNA lah yang secara langsung terlibat dalam pembentukan protein pada proses sintesis protein.

Sintesis Protein - sifaazmi-susilowati.blogspot.com

Hubungan antara DNA, RNA, dan asam amino dalam proses sintesis protein disebut dengan istilah "Dogma Sentral Biologi" yang secara sederhana dijabarkan dengan rangkaian proses DNA membuat DNA dan RNA, RNA membuat protein, yang dinyatakan dalam persamaan DNA >> RNA >> Protein. Seperti kebanyakan dogma, terdapat pengecualian pada proses pembentukan protein berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan setelahnya, sehingga dogma ini akhirnya disebut sebagai aturan.

Aspek yang paling penting pada proses sintesis protein adalah

  1. lokasi berlangsungnya sintesis protein pada sel
  2. mekanisme berpindahnya Informasi atau hasil transformasi dari DNA ke tempat terjadinya sintesis protein; dan 
  3. mekanisme asam amino penyusun protein pada suatu sel berpisah membentuk protein-protein yang spesifik. 
Sintesis protein berlangsung di dalam ribosom dengan menghasilkan protein yang non-spesifik atau sesuai dari m-RNA yang di translasi.

Artikel Menarik Lainnya