9/24/2016

Yang Perlu Anda Lakukan Agar Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Firdaus45.com - Menjadi Pribadi yang Baik dan Menyenangkan - Setiap orang pasti memiliki sifat dasar untuk menjadi baik. Sekejam apapun seorang penjahat pastilah memiliki rasa sayang kepada istri dan anak ataupun kepada anak buahnya.

Menjadi seorang yang baik dan menyenangkan akan membawa hal positif kepada anda. Akan tetapi, banyak orang yang tanpa tersadar melakukan suatu hal yang malah membuat dirinya terlihat buruk di mata orang lain. Terkadang kita menganggap bahwa tindakan dan ucapan kita benar di mata kita, namun ternyata hal itu salah di mata orang lain. Sebenarnya hal ini adalah hal yang wajar karena karakter setiap orang berbeda. Akan tetapi alangkah baiknya jika yang kita lakukan itu benar di mata kita dan juga benar di mata orang lain.


Beberapa hal yang dapat anda lakukan agar anda menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan adalah

1. Senyum
Bagi orang Islam, senyum merupakan sebuah ibadah yang wajib dilakukan ketika berjumpa dengan orang lain, sahabat dan semuanya. Semua orang juga pasti sepakat bahwa orang yang selalu memberikan senyum kepada orang lain akan membuat orang lain tersebut memberikan senyuman balik kepada kita. Senyum yang harus anda hindari adalah senyum kepada seorang wanita dengan mata genit. Jika anda melakukan hal ini, maka bukannya balasan senyum yang anda peroleh akan tetapi sebuah tamparan di pipi yang akan anda dapat.

2. Meningkatkan Kepedulian terhadap Sesama
Setiap orang pastilah ingin dipedulikan dan diperhatikan. Peduli bukan berarti kepo yang mendalam dan terus mencari tau baik buruknya teman anda. Terlebih yang terus anda cari tahu adalah sisi buruk dari teman anda. Itu bukanlah kepedulian, tapi anda berupaya mencari kesalahan yang mungkin dapat anda gunakan sebagai kartu AS. Peduli terhadap orang lain dapat anda lakukan ketika teman anda bercerita masalahnya kepada anda tanpa anda minta kemudian anda menolongnya mencari solusi dengan sepenuh hati. Peduli kepada orang lain juga dapat anda lakukan dengan menolong seorang kakek/nenek yang hendak menyeberang jalan. Peduli tidak harus anda lakukan kepada teman dekat saja, kepedulian dapat anda lakukan kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongan anda.

3. Menjadi pendengar yang baik
Ketika anda dengan senang hati mendengarkan obrolan, keluhan dan apa saja dari lawan bicara anda, maka perlahan orang tersebut akan mulai menyukai anda. Terlebih jika anda dapat menjaga kerahasiaan dari obrolan yang telah anda dengar, maka sudah pasti lawan bicara anda akan kembali kepada anda untuk sekedar berbincang entah itu hal pribadi atau hanya sekedar ngobrol ringan.

Beberapa hal yang perlu anda lakukan saat anda berusaha menjadi pendengar yang baik yaitu perhatikan dengan baik ketika orang lain mengatakan sesuatu. Meski hanya dengan menganggukan kepala, setidaknya tampak memperhatikan dan tidak bersikap cuek terhadap apa yang dia utarakan. Meskipun terkadang dengan menjadi pendengar yang baik terkesan membosankan. (Baca: Tips Menjadi Pendengar yang Baik)

4. Tunjukan kebahagiaan
Jadi orang yang selalu tampak bahagia. Meskipun ada masalah, jangan tampak murung atau sedih. Tunjukan semangat bahwa kehidupan yang sedang dijalani adalah suatu kenikmatan.

5. Bersikap ramah
Bersikap ramah pada orang yang dikenal. Tunjukan rasa hormat ketika memberikan sapaan. Ini tentu saja, menjadi cara terpenting untuk bisa menjadi orang yang menyenangkan.

6. Tidak membicarakan keburukan orang
Jika tidak ditanya untuk suatu keperluan yang cukup penting, jangan memulai apalagi membicarakan keburukan orang lain. Kalau memang terpaksa, sebaiknya seperlunya saja. Jangan berlarut-larut apalagi sampai membuatnya menjadi sesuatu yang menyenangkan.

7. Tampil menarik
Tampil menarik sesuai keadaan sekitar. Perbaiki penampilan sampai batas kemampuan. Perlu diingat, tetap sesuaikan keadaan agar tidak tampak berlebihan. Perhatikan cara berpakaian dan kebersihan. Ini cukup berpengaruh pada masalah ini.

8. Sering berbaur
Sering berbaur dan berkumpul pada kelompok tertentu. Lebih umum terhadap masyarakat sekitar. Libatkan diri sendiri pada acara-acara tertentu. Jangan terlalu menutup diri terutama pada orang-orang terdekat.

9. Merendah
Merendah dan tidak menyombongkan diri. Sebab sikap sombong tidak membuat orang lain merasa senang. Rasa bangga memang ada tapi bangga terhadap dan oleh diri sendiri.

10. Mengalah
Mengalah untuk menang, atau mengalah bukan berarti kalah. Sering mengalah agar menjadi orang yang menyenangkan. Tapi, untuk keadaan tertentu seperti masalah serius, merugikan, atau dengan orang yang sifatnya menindas atau melunjak, jangan lakukan hal yang satu ini.

11. Percaya diri
Percaya diri dalam keadaan apapun. Jangan malu atau minder dengan apa yang ada pada diri sendiri.

12. Jujur
Jujur dan tidak suka berbohong terutama untuk masalah besar. Selama itu untuk kebaikan, terus menjadi orang yang jujur bukanlah tindakan yang buruk. Selain bisa menjadi orang yang menyenangkan. Kejujuran juga bisa membuat orang yakin dan percaya terhadap apa yang kita bicarakan atau tunjukan.

13. Menghargai
Siapapun, dimanapun, dan kapanpun, bisa menghargai orang lain. Tidak peduli dia orang miskin, jelek, kecil, tidak berguna, dll kita tetap menghargai bahwa dia adalah seorang manusia. Pantas diperlakukan sama dan dihargai selayaknya orang-orang pada umumnya.

14. Bisa menyesuaikan diri
Bisa menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada. Selain itu, bisa juga menyesuaikan diri dengan kelompok atau lingkungan yang baru. Jangan menjadi asing meskipun sebenarnya hal itu adalah sebuah kenyataan.

15. Sopan
Sopan dari tindakan dan sikap. Tunjukan bahwa diri sendiri memiliki kepribadian yang baik. Tidak memalukan bagi orang lain karena sikap yang kurang sopan untuk menjadi orang yang menyenangkan.

16. Membuka diri
Lebih bersikap terbuka bagi orang lain. Tidak menutup diri dari kehidupan luar.

17. Berpikir positif
Selalu berpikir positif dan juga mengimbangi hal seperti ini dengan tindakan positif juga. Orang lain akan merasa senang dan diri sendiri juga akan lebih nyaman.

18. Mandiri
Bisa menjadi orang yang mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang lain. Bisa mengurus banyak hal sendiri dengan baik.

19. Bertanggung jawab
Agar jadi orang yang menyenangkan menurut orang lain, jadilah orang yang bisa bertanggung jawab. Itu jelas berpengaruh besar terhadap pandangan orang sekitar. Sehingga menjadi orang yang bertanggung jawab, bisa dijadikan cara untuk membuat diri sendiri jadi orang yang menyenangkan.

20. Berbagi
Jangan malas untuk berbagi. Apapun bentuknya wajib melakukan hal ini jika ingin jadi orang yang menyenangkan. Tidak harus berupa barang, ilmu atau pengalaman pribadi juga termasuk. Yang lebih sederhana lagi, berbagi artikel ini pada orang lain.

Artikel Menarik Lainnya