9/27/2016

Olahan Kacang Merah yang Baik untuk Bayi

Firdaus45.com - Olahan Kacang Merah Untuk Balita - Pasca melahirkan dan selesai masa pemberian asi eksklusif, kegiatan rutinitas seorang ibu adalah menyiapkan makanan untuk si Kecil. Pada masa pemberian asi eksklusif, kebutuhan nutrisi bayi memanglah dapat terpenuhi hanya dengan pemberian ASI secara eksklusif. Sebagai makanan pendamping asi, sebaiknya anda harus selektif dalam memilih bahan makanan.

Terkadang si kecil masih sangat rentan terhadap alergi karena antibodi yang belum terbentuk dengan sempurna. Apabila anda memberikan makanan kepada si kecil secara sembarangan, maka resiko terkena gangguan pencernaan sangat besar. Meskipun sudah diperbolehkan memberikan makanan pendamping asi (MPASI), tetap saja anda harus selektif terhadap makanan yang hendak diberikan kepada si kecil. Kacang merah bisa menjadi pilihan yang cocok untuk membuat kudapan sehat.

Baca: Tanda bayi siap diberikan MPASI

Beberapa alasan mengapa kacang merah baik untuk dikonsumsi oleh bayi Anda.  Alasan utama adalah karena kandungan gizi yang terdapat di dalam kacang merah memanglah sangat bagus untuk kesehatan bayi Anda. Beberapa alasan mengapa kacang merah baik untuk dikonsumsi adalah mengandung serat yang tinggi. Serat sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia, karena akan berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan penyerapan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Para ahli sangat merekomendasikan untuk mengkonsumsi serat yang banyak


Para ahli merekomendasikan asupan serat sebanyak 25 gram sehari untuk mereka dengan asupan kalori 2000 kal/hari. Sebelum anda mulai mengonsumsi diet tinggi serat, ingatlah untuk selalu mengimbanginya dengan asupan cairan yang banyak (8 gelas/hari). Tingkatkanlah asupan serat anda perlahan-lahan untuk membantu adaptasi dari saluran cerna. Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh dalam sehari adalah:

1. Kandungan serat yang tinggi

Yang pertama karena kacang merah memiliki kandungan kadar serat tinggi di dalamnya, bahkan cukup secangkir kacang merah dimasak saja sudah menyediakan hingga ½ kebutuhan serat harian yang diperlukan oleh tubuh. Karenanya kacang merah baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

2. Kandungan antioksidan

Yang kedua karena kacang merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi juga di dalamnya. Kacang merah merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi apabila dibandingkan jenis makanan lainnya.

3. Rendah lemak

Yang ketiga karena kacang merah ini termasuk bahan makanan yang rendah lemak. Bahkan bayi pun juga sebaiknya dibiasakan diberi makanan yang rendah lemak, karena lebih sehat untuk mereka. Tak seperti bahan makanan daging, kacang merah ini bebas kolesterol buruk dan rendah lemak secara alami. Selain itu juga merupakan sumber dari zat besi yang dapat diandalkan.

4. Kaya akan Protein

Kacang merah merupakan sumber protein yang baik. Protein merupakan zat yang sangat penting apalagi pada masa awal tahap tumbuh kembang anak. Protein akan membantu dalam pertumbuhan sel dan jaringan tubuh anak berlangsung optimal. Satu sendok makan kacang merah sudah mampu memenuhi kebutuhan protein sebanyak 2,52 gram dari total 13 gram protein per hari yang dibutuhkan anak.

Dari kandungan gizi dari kacang merah di atas tentunya Anda wajib memberikan menu spesial dari olahan kacang merah. Salah satu kelebihan dari kacang merah yakni kemampuan berkamuflase mengikuti rasa apapun sesudah dimasak, jadi menjadikan kacang merah sebagai bahan masakan yang fleksibel dibuat menjadi campuran bubur bayi, serta campuran untuk aneka makanan anak. Berikut ini, beberapa resep mengolah kacang merah sebagai sajian enak dan bergizi tinggi:

1. Bubur Kacang Merah

Bahan:

250 gr kacang merah
50 gr gula merah
50 gr gula pasir
750 ml santan
2 batang daun pandan
1 sdt garam

Cara Membuat:
Rendam kacang merah selama 2 jam dan tunggu hingga mengembang.
Tuang santan dan masukkan potongan daun pandan.
Tambahkan gula pasir, gula merah dan garam. Masak hingga matang dan mendidih. Sajikan selagi hangat.

2. Puree Tomat Kacang Merah

Bahan:
50 gr tomat, buang kulit dan bijinya
50 gr kacang merah
100 gr kabocha
3 sendok takar susu formula
100 ml air matang

Cara Membuat:
Kukus tomat yang telah dibuang kulit dan bijinya.
Rebus 50 gr kacang merah.
Kukus 100 gr kabocha, kupas dan potong dadu.
Haluskan semua bahan menggunakan blender.
Tambahkan 3 sendok takar susu formula yang diseduh dalam 100 ml air matang.

 3. Jus Kacang Merah

Bahan:
50 gr kacang merah segar rendam dan rebus.
2 sendok takar peres susu formula dilarutkan dalam 100 ml air matang.

Cara Membuat:
Rebus kacang merah hingga lunak lalu haluskan dengan blender.
Tuang ke dalam mangkuk, tambahkan susu kemudian aduk rata dan sajikan.

4. Puding Kacang Merah

Bahan:
50 gr kacang merah, rebus kemudian haluskan lalu saring
1 bungkus agar-agar bubuk
1 sdm gula pasir
½ sdt vanilla bubuk
200 cc air
200 cc susu formula

Cara Membuat:
Rebus agar-agar dengan air hingga mendidih kemudian ambahkan gula dan vanilla.
Masukkan kacang merah lalu aduk hingga rata.
Setelah matang, angkatlah.
Tuang ke dalam cetakan dan biarkan mengeras.
Keluarkan dari cetakan, beri kuah susu lalu sajikan.

5. Puree Sukun Kacang Merah

Bahan:
1 sdm kacang merah
150 cc kaldu
50 gr sukun, kupas
3 sendok takar peres susu formula
100 ccair matang

Cara Membuat:
Rebus 1 sendok makan kacang merah yang sudah direndam dengan 150 cc kaldu.
Masukkan 50 gram sukun yang sudah dikupas, masak hingga matang.
Haluskan kacang merah dan sukun rebus menggunakan blender.
Tambahkan 3 sendok takar peres susu formula yang dilarutkan dalam 100 cc air matang.
Lima resep makanan balita dari kacang merah tersebut bisa Anda lakukan di rumah pada akhir pekan ini lho! Mintalah saran orang di sekitar Anda yang berpengalaman untuk mengolahnya menjadi kudapan enak lainnya. Selamat mencoba!

Baca juga:
  1. Kandungan gizi kacang merah
  2. Manfaat kacang merah untuk ibu hamil 
Loading...

Artikel Menarik Lainnya