5/22/2016

Perlu Dicoba! Inilah Makanan yang dapat Menyuburkan Sel Telur

Firdaus45 –  Banyak wanita yang setelah menikah selama lebih dari satu tahun tak kunjung dikaruniai momongan. Lamanya waktu untuk memperoleh kehamilan disebabkan karena berbagai macam faktor. Jika masalah itu datang dari perempuan, bisa jadi ada kelainan pada kualitas sel telur. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan kualitas  dan kesuburan sel telur merupakan langkah awal untuk mempercepat kehamilan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan rajin-rajin mengkonsumsi makanan yang dapat menyuburkan sel telur dan meningkatkan kualitas sel telur pada wanita. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas dan kesuburan sel telur anda.
Makanan yang dapat menyuburkan sel telur, jenis makanan untuk memperbesar dan memperbanyak sel telur.

Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang dapat berperan untuk meningkatkan kesuburan sel telur wanita. Hal ini disebabkan karena dalam bayam terdapat kandungan asam folat. Menurut beberapa sumber, setiap per 100 gram bayam memiliki kandungan asam folat sebanyak 194 mcg atau setara 49% AKG. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah didapat. Bayam juga mengandung rendah kalori, hanya sekitar 23 kalori per 1 ons pada daun mentah. Kandungan serat tertinggi dalam bayam terletak pada daun. Selain menyuburkan sel telur, bayam juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan dapat digunakan sebagai makanan diet.

Bayam juga banyak mengandung vitamin B kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin dan tentunya asam folat itu sendiri. Asam folat yang terdapat dalam daun bayam sangat berguna untuk mendukung kehamilan dan menghindari cacat syaraf pada otak bayi dan tulang belakang ketika dilahirkan. 

Akan tetapi sedikit perhatian bagi penderita asam urat. Jangan terlalu sering mengkonsumsi bayam karena konsumsi bayam yang berlebih akan memicu kenaikan asam urat dalam tubuh.

Buah Bit Merah

Buah yang memiliki bentuk seperti umbi dan berwarna merah keunguan ini juga dapat berperan untuk meningkatkan kualitas sel telur. Kandungan asam folat yang terdapat dalm buah bit juga sangat berlimpah. Setiap per 100 gram buah bit mengandung asam folat 107 mcg.  Selain itu, beberapa kandungan nutrisi seperti kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, protein, karbohidrat, serat larut dalam air dan zat anti oksidan. Sehingga dapat meningkatkan kesuburan sel telur.

Kubis

Kubis merupakan jenis sayuran yang sangat variatif. Tentunya sudah banyak yang mengenal berbagai jenis kubis yang ada di pasaran seperti kubis hijau, kubis putih dan kubis ungu. Dari berbagai jenis kubis juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Kandungan asam folat setiap per 100 gram kubis sekitar 43 mcg.

Asam folat dalam kubis memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sel telur hingga mendukung DNA terutama untuk ibu yang sedang hamil. Selain asam folat juga terdapat beberapa kandungan vitamin yang sangat penting seperti riboflavin, thiamin, pyridoxine dan asam pantotenat. 

Brokoli  

Brokoli adalah sayuran hijau yang masuk dalam kelompok tumbuhan persilangan. Bagian brokoli yang dapat dimakan adalah pada bagian daging sayuran yang berbentuk seperti bintik-bintik hijau kecil. Brokoli memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi.

Setiap 100 gram brokoli mengandung asam folat sebanyak 63 mcg. Kandungan asam folat pada brokoli ini memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sel telur. Selain itu masih ada berbagai macam nutrisi penting seperti kalsium, dan vitamin C yang berfungsi untuk menyegarkan tubuh dan menurunkan kolesterol.

Kale

Kale atau lebih dikenal dengan nama kaelan adalah sayuran hijau seperti sawi. Kandungan asam folat dan vitamin B6 pada kale dapat berfungsi sebagai penyubur sel telur. Selain asam folat dan vitamin B6, kale mengandung serat larut, protein, riboflavin, thiamin, zat besi, fosfor, magenesium, kalsium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, dan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh lainnya seperti mencegah penyakit jantung dan Alzheimer.

Asparagus 

Asparagus adalah sayuran batang dengan ujung seperti tombak pada bagian bunga. Asparagus memiliki beberapa kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin K, asam folat, anti oksidan, beta karoten, vitamin E, seng, selenium, mangan dan vitamin C. Kandungan asam folat per 100 gram asparagus sebanyak135 mcg Sehingga sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Tindak hanya sebagai penyubur sel telur, asparagus juga mampu menjaga kesehatan ibu hamil, melindungi janin bayi agar tidak cacat. Konsumsi asparagus harian untuk ibu hamil sangat disarankan. Namun harus tetap hati hati tidak boleh berlebihan karena asparagus merupakan makanan penyebab asam urat yang wajib di waspadai.


Selada 

Selada adalah sayuran yang banyak mengandung sumber vitamin dan mineral seperti asam folat yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Beberapa macam kandungan nutrisi yang ditemukan pada daun selada antara lain adalah serat, fito nutrisi, vitamin A, molybdenum, vitamin K dan asam folat. Bahkan dalam selada juga ditemukan beberapa sumber mineral seperti tembaga, zat besi, kalium dan mangan. 

Asam folat dalam selada juga sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung, mencukupi nutrisi ibu hamil untuk perlindungan syaraf bayi dan tulang belakang bayi. Selain itu selada juga mengandung homosistein yang bisa mengendalikan sistem pada pembuluh darah.

Jagung

Per 100 gram jagung mengandung asam folat sekitar 19 mcg yang mampu meningkatkan kualitas sel telur. Jagung menjadi beberapa sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin E. selain itu jagung juga banyak mengandung serat sehingga penting untuk penderita gangguan pencernaan. Jagung juga memiliki zat anti oksidan yang sangat penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Salah satu sumber vitamin penting pada jagung adalah vitamin B ( thiamin dan niacin). Jagung juga dapat menjadi sumber karbohidrat, protein dan lemak sehat. Bahkan dalam satu cangkir kecil jagung masak bisa menyediakan kebutuhan asam folat hingga 78 mcg. Asam folat dalam jagung selain berguna untuk kesuburan sel telur juga sangat penting untuk ibu hamil terutama melindungi kecacatan pada janin.