5/28/2016

Inilah Cara Mencegah Perut Kembung Saat Haid

Firdaus45 - Cara Mencegah  Perut Kembung Saat Haid. Haid adalah suatu gejala biologi yang pasti dialami oleh setiap wanita. Akan tetapi, masa haid setiap wanita berbeda-beda. Ketika seorang wanita sedang mengalami haid, beberapa keluhan lain terkadang muncul salah satunya adalah gejala perut kembung saat haid, terlambat datang bulan dan nyeri haid. Tidak hanya rasa sakit akibat haid yang membuat wanita mengeluh, akan tetapi perut kembung saat haid juga membuat wanita terkadang mengeluhkan akan hal itu.

Namun tak perlu khawatir, saat ini telah banyak cara mencegah perut kembung saat haid secara alami. Cara mencegah perut kembung pada saat haid sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan oleh setiap wanita. Selain menggunakan obat alami juga telah banyak berbagai macam merk obat perut kembung terbaik yang dapat digunakan untuk pengobatan. Perut kembung pada saat haid memang banyak faktor yang mempengaruhinya.

Menurut hasil survei seperti yang telah dilakukan oleh ahli kebidanan dan kandungan Diana Bitner, MD, kebanyakan wanita yang sedang haid memgalami keluhan masalah perut kembung sekitar 70 persen. Walaupun demikian, namun banyak sebagian wanita yang masih kebingungan dalam mengatasi masalah perut kembung saat haid tersebut.



Cara Mencegah Perut Kembung Saat Haid

Sebenarnya, masalah perut kembung yang kerap mengganggu pada wanita haid ini dapat dicegah. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah perut kembung pada saat haid.


1. Mengkonsumsi makanan kaya protein dan kalium

Seperti yang telah diungkapkan oleh dokter ahli di New York Amerika Serikat, asupan makanan yang mengandung kalium dan protein sangat berperan penting untuk mencegah timbulnya masalah perut kembung pada saat haid.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung mineral kalium ini juga sangat mudah diperoleh disekitar kita seperti buah pisang, buah melon, buah tomat,  chia, kacang-kacangan, dan salmon dan asparagus. Selain membantu untuk mencegah perut kembung saat haid, juga dapat berperan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan baik. Kandungan zat prostaglandin pada chia, kacang-kacangan, dan salmon inilah yang memiliki peran utama untuk  mencegah kembung dan menjaga kontraksi otot, tetap rendah.

2. Menghindari jenis makanan yang mengandung banyak gas.

Wanita yang sedang haid tidak boleh mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung gas. Karena jenis makanan yang banyak memiliki kandungan gas dapat menjadi penyebab perut kembung. Perlu anda ketahui beberapa jenis sayuran yang banyak mengandung senyawa gas seperti selada, kembang kol, brokoli dan kubis memiliki kandungan gula kompleks yang disebut raffinose. Zat raffinose inilah yang menjadi pemicu utama timbulnya perut kembung saat haid.

3. Menjauhi kafein dan alkohol.

Minuman berkafein dan tinggi alkohol merupakan jenis minuman yang menjadi  pemicu utama timbulnya perut kembung saat haid. Untuk itu, wanita haid sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis minuman tersebut guna mencegah masalah perut kembung.

4. Tidur yang cukup
Kekurangan waktu tidur pada wanita haid juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang kerap muncul pada wanita haid salah satunya adalah perut kembung. Mencukupi kebutuhan tidur yang cukup seperti tidur siang merupakan hal yang dapat memaksimalkan sistem metabolisme tubuh.

5. Olahraga secara teratur.

Berolahraga secara teratur merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap wanita haid. Melakukan olahraga secara teratur pada wanita haid dapat bermanfaat untuk mencegah timbulnya perut kembung serta mampu melancarkan menstruasi.

Demikian tips mencegah perut kembung saat haid semoga dapat bermamfaat bagi semua wanita.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya