Inilah Cara Mencegah Perut Kembung Saat Haid

Inilah Cara Mencegah Perut Kembung Saat Haid

Firdaus45 - Cara Mencegah  Perut Kembung Saat Haid. Haid adalah suatu gejala biologi yang pasti dialami oleh setiap wanita. Akan tetapi, masa haid setiap wanita berbeda-beda. Ketika seorang wanita sedang mengalami haid, beberapa keluhan lain terkadang muncul salah satunya adalah gejala perut kembung saat haid, terlambat datang bulan dan nyeri haid. Tidak hanya rasa sakit akibat haid yang membuat wanita mengeluh, akan tetapi perut kembung saat haid juga membuat wanita terkadang mengeluhkan akan hal itu.

Namun tak perlu khawatir, saat ini telah banyak cara mencegah perut kembung saat haid secara alami. Cara mencegah perut kembung pada saat haid sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan oleh setiap wanita. Selain menggunakan obat alami juga telah banyak berbagai macam merk obat perut kembung terbaik yang dapat digunakan untuk pengobatan. Perut kembung pada saat haid memang banyak faktor yang mempengaruhinya.

Menurut hasil survei seperti yang telah dilakukan oleh ahli kebidanan dan kandungan Diana Bitner, MD, kebanyakan wanita yang sedang haid memgalami keluhan masalah perut kembung sekitar 70 persen. Walaupun demikian, namun banyak sebagian wanita yang masih kebingungan dalam mengatasi masalah perut kembung saat haid tersebut.



Cara Mencegah Perut Kembung Saat Haid

Sebenarnya, masalah perut kembung yang kerap mengganggu pada wanita haid ini dapat dicegah. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah perut kembung pada saat haid.


1. Mengkonsumsi makanan kaya protein dan kalium

Seperti yang telah diungkapkan oleh dokter ahli di New York Amerika Serikat, asupan makanan yang mengandung kalium dan protein sangat berperan penting untuk mencegah timbulnya masalah perut kembung pada saat haid.

Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung mineral kalium ini juga sangat mudah diperoleh disekitar kita seperti buah pisang, buah melon, buah tomat,  chia, kacang-kacangan, dan salmon dan asparagus. Selain membantu untuk mencegah perut kembung saat haid, juga dapat berperan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan baik. Kandungan zat prostaglandin pada chia, kacang-kacangan, dan salmon inilah yang memiliki peran utama untuk  mencegah kembung dan menjaga kontraksi otot, tetap rendah.

2. Menghindari jenis makanan yang mengandung banyak gas.

Wanita yang sedang haid tidak boleh mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung gas. Karena jenis makanan yang banyak memiliki kandungan gas dapat menjadi penyebab perut kembung. Perlu anda ketahui beberapa jenis sayuran yang banyak mengandung senyawa gas seperti selada, kembang kol, brokoli dan kubis memiliki kandungan gula kompleks yang disebut raffinose. Zat raffinose inilah yang menjadi pemicu utama timbulnya perut kembung saat haid.

3. Menjauhi kafein dan alkohol.

Minuman berkafein dan tinggi alkohol merupakan jenis minuman yang menjadi  pemicu utama timbulnya perut kembung saat haid. Untuk itu, wanita haid sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis minuman tersebut guna mencegah masalah perut kembung.

4. Tidur yang cukup
Kekurangan waktu tidur pada wanita haid juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang kerap muncul pada wanita haid salah satunya adalah perut kembung. Mencukupi kebutuhan tidur yang cukup seperti tidur siang merupakan hal yang dapat memaksimalkan sistem metabolisme tubuh.

5. Olahraga secara teratur.

Berolahraga secara teratur merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap wanita haid. Melakukan olahraga secara teratur pada wanita haid dapat bermanfaat untuk mencegah timbulnya perut kembung serta mampu melancarkan menstruasi.

Demikian tips mencegah perut kembung saat haid semoga dapat bermamfaat bagi semua wanita.

Perlu Dicoba! Inilah Makanan yang dapat Menyuburkan Sel Telur

Firdaus45 –  Banyak wanita yang setelah menikah selama lebih dari satu tahun tak kunjung dikaruniai momongan. Lamanya waktu untuk memperoleh kehamilan disebabkan karena berbagai macam faktor. Jika masalah itu datang dari perempuan, bisa jadi ada kelainan pada kualitas sel telur. Oleh karena itu, menjaga dan meningkatkan kualitas  dan kesuburan sel telur merupakan langkah awal untuk mempercepat kehamilan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan rajin-rajin mengkonsumsi makanan yang dapat menyuburkan sel telur dan meningkatkan kualitas sel telur pada wanita. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas dan kesuburan sel telur anda.
Makanan yang dapat menyuburkan sel telur, jenis makanan untuk memperbesar dan memperbanyak sel telur.

Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang dapat berperan untuk meningkatkan kesuburan sel telur wanita. Hal ini disebabkan karena dalam bayam terdapat kandungan asam folat. Menurut beberapa sumber, setiap per 100 gram bayam memiliki kandungan asam folat sebanyak 194 mcg atau setara 49% AKG. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah didapat. Bayam juga mengandung rendah kalori, hanya sekitar 23 kalori per 1 ons pada daun mentah. Kandungan serat tertinggi dalam bayam terletak pada daun. Selain menyuburkan sel telur, bayam juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan dapat digunakan sebagai makanan diet.

Bayam juga banyak mengandung vitamin B kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin dan tentunya asam folat itu sendiri. Asam folat yang terdapat dalam daun bayam sangat berguna untuk mendukung kehamilan dan menghindari cacat syaraf pada otak bayi dan tulang belakang ketika dilahirkan. 

Akan tetapi sedikit perhatian bagi penderita asam urat. Jangan terlalu sering mengkonsumsi bayam karena konsumsi bayam yang berlebih akan memicu kenaikan asam urat dalam tubuh.

Buah Bit Merah

Buah yang memiliki bentuk seperti umbi dan berwarna merah keunguan ini juga dapat berperan untuk meningkatkan kualitas sel telur. Kandungan asam folat yang terdapat dalm buah bit juga sangat berlimpah. Setiap per 100 gram buah bit mengandung asam folat 107 mcg.  Selain itu, beberapa kandungan nutrisi seperti kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, protein, karbohidrat, serat larut dalam air dan zat anti oksidan. Sehingga dapat meningkatkan kesuburan sel telur.

Kubis

Kubis merupakan jenis sayuran yang sangat variatif. Tentunya sudah banyak yang mengenal berbagai jenis kubis yang ada di pasaran seperti kubis hijau, kubis putih dan kubis ungu. Dari berbagai jenis kubis juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Kandungan asam folat setiap per 100 gram kubis sekitar 43 mcg.

Asam folat dalam kubis memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sel telur hingga mendukung DNA terutama untuk ibu yang sedang hamil. Selain asam folat juga terdapat beberapa kandungan vitamin yang sangat penting seperti riboflavin, thiamin, pyridoxine dan asam pantotenat. 

Brokoli  

Brokoli adalah sayuran hijau yang masuk dalam kelompok tumbuhan persilangan. Bagian brokoli yang dapat dimakan adalah pada bagian daging sayuran yang berbentuk seperti bintik-bintik hijau kecil. Brokoli memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi.

Setiap 100 gram brokoli mengandung asam folat sebanyak 63 mcg. Kandungan asam folat pada brokoli ini memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sel telur. Selain itu masih ada berbagai macam nutrisi penting seperti kalsium, dan vitamin C yang berfungsi untuk menyegarkan tubuh dan menurunkan kolesterol.

Kale

Kale atau lebih dikenal dengan nama kaelan adalah sayuran hijau seperti sawi. Kandungan asam folat dan vitamin B6 pada kale dapat berfungsi sebagai penyubur sel telur. Selain asam folat dan vitamin B6, kale mengandung serat larut, protein, riboflavin, thiamin, zat besi, fosfor, magenesium, kalsium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, dan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh lainnya seperti mencegah penyakit jantung dan Alzheimer.

Asparagus 

Asparagus adalah sayuran batang dengan ujung seperti tombak pada bagian bunga. Asparagus memiliki beberapa kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin K, asam folat, anti oksidan, beta karoten, vitamin E, seng, selenium, mangan dan vitamin C. Kandungan asam folat per 100 gram asparagus sebanyak135 mcg Sehingga sangat berperan penting untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Tindak hanya sebagai penyubur sel telur, asparagus juga mampu menjaga kesehatan ibu hamil, melindungi janin bayi agar tidak cacat. Konsumsi asparagus harian untuk ibu hamil sangat disarankan. Namun harus tetap hati hati tidak boleh berlebihan karena asparagus merupakan makanan penyebab asam urat yang wajib di waspadai.


Selada 

Selada adalah sayuran yang banyak mengandung sumber vitamin dan mineral seperti asam folat yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Beberapa macam kandungan nutrisi yang ditemukan pada daun selada antara lain adalah serat, fito nutrisi, vitamin A, molybdenum, vitamin K dan asam folat. Bahkan dalam selada juga ditemukan beberapa sumber mineral seperti tembaga, zat besi, kalium dan mangan. 

Asam folat dalam selada juga sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung, mencukupi nutrisi ibu hamil untuk perlindungan syaraf bayi dan tulang belakang bayi. Selain itu selada juga mengandung homosistein yang bisa mengendalikan sistem pada pembuluh darah.

Jagung

Per 100 gram jagung mengandung asam folat sekitar 19 mcg yang mampu meningkatkan kualitas sel telur. Jagung menjadi beberapa sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin E. selain itu jagung juga banyak mengandung serat sehingga penting untuk penderita gangguan pencernaan. Jagung juga memiliki zat anti oksidan yang sangat penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Salah satu sumber vitamin penting pada jagung adalah vitamin B ( thiamin dan niacin). Jagung juga dapat menjadi sumber karbohidrat, protein dan lemak sehat. Bahkan dalam satu cangkir kecil jagung masak bisa menyediakan kebutuhan asam folat hingga 78 mcg. Asam folat dalam jagung selain berguna untuk kesuburan sel telur juga sangat penting untuk ibu hamil terutama melindungi kecacatan pada janin.

Ingin Cepat Hamil? Inilah Cara Meningkatkan Kualitas Sel Telur Secara Alami

Ingin Cepat Hamil? Inilah Cara Meningkatkan Kualitas Sel Telur Secara Alami

Firdaus45.comIngin Cepat Hamil? Inilah Cara Meningkatkan Kualitas Sel Telur Secara AlamiTerkadang masih ada sebagian besar kaum wanita yang ingin meningkatkan kualitas sel telur tetap prima agar cepat hamil. Namun banyak yang belum mengenali cara yang tepat dalam meningkatkan kualitas sel telur. Dengan demikian banyak kaum wanita yang selalu bertanya-tanya.

Bagaimana cara meningkatkan kualitas sel telur secara alami agar cepat hamil?

Sampai saat ini pengobatan secara alami masih menjadi pilihan utama bagi setiap orang, terutama dalam mengatasi sel telur yang tidak berkualitas. Karena cara alami selain terjangkau, secara jangka panjang juga tidak dapat menimbulkan efek negatif.

Sel telur yang dihasilkan oleh setiap wanita memang berbeda-beda ada yang berkualitas ada pula yang tidak berkualitas. Sel telur yang tidak berkualitas ini meliputi tidak lengkapnya lapisan sel telur, sel telur tidak matang, jumlah sel telur sedikit dan bahkan bentuk sel telur yang kecil-kecil.

Kualitas sel telur yang mengalami penurunan dapat mengakibatkan cadangan ovarium berkurang dan kesuburan sistem reproduksi wanita menurun sehingga sulit untuk mencapai kehamilan. Hal inilah yang kerap terjadi dan menghantui kaum wanita muda maupun tua, terutama bagi yang menginginkan cepat hamil.

Rendahnya kualitas sel telur ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Satu-satunya faktor yang menjadi pengaruh kualitas sel telur bukanlah umur seseorang.  Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya kualitas sel telur seorang wanita adalah lingkungan yang tidak sehat, stres yang berlebih, buruknya pola makan, produksi hormon yang tidak seimbang, dan pasca operasi ovarium.

Sel telur yang tidak berkualitas memang sangat rentan terhadap serangan radikal bebas. Untuk itu kaum wanita yang masih ingin memiliki keturunan sebaiknya menjaga kualitas sel telur dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan mencukupi kebutuhan asam folat setiap hari kurang-lebihnya 400 mcg, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan sehat, memenuhi asupan vitamin B6 yang cukup, memperbanyak minum air putih, tidak merokok, dan menjauhi minuman tinggi alkohol.

Perlu anda ketahui, wanita usia diatas umur 35 tahun yang tidak menerapkan pola hidup sehat juga mudah mengalami penurunan kualitas sel telur dan mudah mengalami anovulasi. Anovulasi merupakan kejadian dimana sel telur sulit matang. Sel telur yang memiliki kualitas rendah juga sulit dibuahi oleh sel sperma. Sehingga sulit mencapai kehamilan.

Agar terhindar dari kualitas sel telur rendah. Kaum wanita dapat mengkonsumsi ramuan herbal untuk meningkatkan kualitas sel telur. Bahan-bahan alami yang digunakan sebagai bahan obat herbal penyubur sel telur juga cukup mudah didapatkan.

Cara Meningkatkan Kualitas Sel Telur Secara Alami

Berikut ini bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas sel telur serta cara pembuatannya.

Bahan:

  • Bubuk kayu manis sebanyak ½ sendok makan 
  •  Madu murni sebanyak 1 sendok makan. 
  •  Air putih sebanyak 1 gelas.

Cara meramu:

  • Rebus bubuk kayu manis dengan 1 gelas air putih sampai mendidih.
  • Kemudian angkat dan tambahkan satu sendok makan madu murni, aduk sampai merata.
  • Minum secara teratur dan rutin sehari satu kali.
Namun sebelum mengkonsumsi ramuan herbal tersebut sebaiknya konsultasikan pada dokter ahli terdekat terlebih dahulu.

Jika Kamu Ingin Cepat Hamil, Maka Perhatikanlah Kualitas sel Telur Anda!

Firdaus45 - Cara menjaga kualitas sel telur yang benar, merupakan langkah utama yang harus dilakukan oleh setiap wanita agar cepat hamil. Terkadang banyak kaum wanita yang tidak memperhatikan penyebab sel telur rusak / bermasalah. Sehingga rusaknya sel telur menjadi salah satu penyebab susah hamil.


Perlu anda ketahui, sel telur merupakan cikal bakal terbentuknya janin setelah dibuahi sel sperma yang dimiliki oleh setiap wanita dan menjadi tujuan kelangsungan generasi penerus. Kualitas sel telur yang dimiliki oleh setiap wanita juga menjadi faktor penentu jenis kelamin calon bayi yang akan dilahirkan. Maka dari itu, setiap wanita harus menjaga kualitas sel telur dengan sebaik-baiknya.

Sel telur pada saat kondisi normal terdapat beberapa jenis lapisan yang berfungsi untuk menjaga tumbuh kembangnya janin. Beberapa lapisan sel telur tersebut diantaranya adalah zona pellucida, sitoplasma, nukleus / inti sel telur. Setiap lapisan sel telur masing-masing juga memiliki fungsinya tersendiri.

Berikut ini fungsi dari beberapa lapisan sel telur :

  1. Zona pellucida  berfungsi untuk  melindungi sel telur dari berbagai masalah selama sel telur berkembang untuk menjadi janin. Zona pellucida tersebut terletak pada lapisan paling luar pada sel telur.
  2. Sitoplasma merupakan lapisan sel telur yang berfungsi sebagai penyedia makanan bagi sel telur, karena dalam lapisan sitoplasma ini terdapat kandungan protein yang sangat berlimpah.
  3. Nukleus merupakan bagian inti sel telur, yang memiliki fungsi untuk membawa pita-pita berisi sifat dari individu baru.


Sel telur yang dikatakan memiliki kondisi normal yaitu sel telur yang memiliki bagian lapisan-lapisan dengan lengkap untuk proses tumbuh kembangnya janin. Namun bila memiliki kondisi sebaliknya atau sel telur dalam kondisi tidak normal, apakah yang akan terjadi pada perkembangan janin? Tentunya kondisi sel telur yang tidak normal dapat menimbulkan permasalahan pada proses kehamilan.

Sel telur yang dimiliki oleh setiap wanita terkadang memang berbeda-beda dan tidak semua sel telur dapat diproduksi dengan sempurna. Mungkin banyak hal yang menjadi faktor penyebab sel telur tidak berkualitas. Beberapa faktor yang menjadi penyebab kualitas sel telur bermasalah diantaranya adalah faktor lingkungan, gaya hidup, maupun genetik.

Kualitas sel telur yang rendah dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Berikut ini berbagai macam masalah sel telur yang kerap terjadi dan dapat berdampak pada kehamilan serta mempengaruhi kondisi kesehatan janin yang akan menjadi calon bayi.

Kerusakan pada Sel Telur.
Masalah yang kerap terjadi dan mengganggu sel telur adalah kromosom atau pita-pita pembawa sifat yang terdapat pada inti sel mengalami kelainan, dimana inti sel telur tidak dapat berkembang dengan sempurna. Sehingga membuat kaum wanita mengalami kehamilan tanpa disertai embrio atau calon janin tidak ada dalam kandungan.

Pada kondisi normal apabila seorang wanita dikatan hamil, setelah terjadinya pembuahan sel telur akan mengalami proses penempelan pada dinding rahim. Pada masa awal kehamilan saat kandungan telah berusia sekitar 6 minggu, seharusnya embrio yang terdapat dalam kantung kehamilan sudah mulai tumbuh bersama-sama dengan tempat berkembangnya janin. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi embrio yang sel telurnya rusak atau mengalami masalah, melainkan yang terus tumbuh dan berkembang hanya kantung kehamilannya saja.

Pada tahap awal, kehamilan yang tidak disertai dengan tumbuhnya embrio memiliki tanda-tanda yang sama dengan kehamilan normal. Seperti membesarnya payudara, berhenti haid dan hasil tes kehamilan juga menunjukkan nilai positif. Namun seiring berjalannya waktu, kehamilan yang tidak berjanin lama-kelamaan pertumbuhan plasenta akan berhenti.

Sehingga membuat kadar hormon kehamilan mengalami penurunan drastis dan mulai muncul adanya tanda-tanda keguguran. Seperti adanya bercak darah yang keluar dari dalam rahim, munculnya rasa kram pada perut dan lain sebagainya. Jenis keguguran pada kehamilan yang tidak disertai dengan tumbuhnya embrio ini tidak dapat dicegah.

Namun tidak perlu berkecil hati, karena kerusakan sel telur tidak akan dialami lagi oleh sebagian besar wanita yang pernah mengalami kerusakan sel telur pada sebelumnya. Biasanya untuk berikutnya proses kehamilan akan berhasil dan tidak mengalami keguguran. Namun, apabila tetap mengalami keguguran lagi, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan dan mengetahui penyebab keguguran.

Mutasi Genetik Herediter.
Mutasi genetik herediter adalah terjadinya perubahan gen pada satu sel kelamin yakni sel telur atau ovum maupun sel sperma yang diwariskan pada generasi penerusnya. Bila sel telur yang mengalami perubahan gen dan bertemu dengan sel sperma hingga membentuk zigot. Maka zigot yang berkembang menjadi janin dalam kandungan akan memiliki kelainan. Dimana bayi yang dilahirkan tidak identik atau memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan gen ibu maupun ayahnya.

Mutasi ini dapat menjadi penyebab timbulnya kanker pada bayi yang baru lahir, misalnya tumor retinoblastoma yaitu suatu tumor ganas pada lapisan retina mata. Atau ginjal bayi mengalami kelainan seperti adanya tumor Wilm.

Kelainan pada Sel Telur.
Kelainan sel telur merupakan salah satu faktor penyebab utama hamil anggur.  Secara normal sel telur mengandung pita kromosom sebagai pembawa DNA (senyawa protein sebagai cetak biru calon bayi) dari ibu. Begitu pula dengan sel sperma, sel sperma juga mengandung pita kromosom sebagai pembawa DNA dari sang ayah. Pita kromomosom tersebut akan disumbangkan secara bersamaan secara lengkap setelah terjadinya pembuahan antara sel telur dengan sel sperma.

Akan tetapi, bila jumlah kromosom dari salah satu sel kelamin memiliki kelainan, maka akan menyebabkan kehamilan anggur. Kehamilan anggur atau biasa disebut sebagai kehamilan mola terkadang juga sulit diketahui penyebabnya secara pasti. Hal inilah yang membuat kaum ibu merasa cemas berlebih.

Kehamilan anggur dibedakan menjadi dua jenis yakni kehamilan anggur sebagian dan kehamilan anggur menyeluruh. Kehamilan anggur sebagian disebabkan karena terjadinya pembuahan dua sel sperma pada sel telur normal sehingga mengakibatkan kelebihan jumlah kromosom / ketidak seimbangnya kromosom dan membuat embrio yang terbentuk berhenti tumbuh. Sedangkan pada kehamilan anggur menyeluruh adalah terjadinya pembuahan pada sel telur yang tidak membawa cetak biru sehingga embrio tidak akan terbentuk sama sekali.

Ciri-ciri gejala hamil anggur ditandai adanya tanda-tanda perdarahan dari dalam mrs. V pada usia kehamilan sekitar 4-12 minggu. Bercak darah yang keluar dari dalam rahim biasanya berwarna cokelat kemerahan. Namun, sebagian besar kaum wanita yang mengalami kehamilan anggur tidak menunjukan gejala.

Secara umum kelainan pada kehamilan anggur dapat diketahui secara pasti / terdeteksi pada saat melakukan USG di usia kandungan 10-14 minggu. Hasil dari prosedur USG di dalam kantong janin akan terdapat penampakan sekelompok bulatan yang menyerupai buah anggur.

Kehamilan yang positif mengalami masalah kehamilan anggur, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan operasi penyedotan maupun pengangkatan rahim. Kelemahan dari operasi pengangkatan rahim ini dapat mengakibatkan wanita tidak bisa hamil selamanya. Tetapi bagi yang menginginkan kehamilan kembali, sebaiknya alternatif yang dipilih adalah melakukan operasi penyedotan.

Demikianlah hal-hal yang terjadi ketika sel telur bermasalah. Untuk itu sebaiknya lakukanlah pemeriksaan dan konsultasi secara rutin dengan dokter, agar jika terjadi sesuatu dapat terdeteksi sejak dini. Selain itu mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur adalah peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas sel telur tetap sehat dan subur.

Inilah Pantangan Makanan Bagi Penderita Kencing Batu

Tips Kesehatan - Kencing batu merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya endapan mineral dalam kandung kemih. Mineral yang mengendap tersebut merupakan mineral yang terdapat pada beberapa jenis makanan. Oleh karena itu, bagi penderita kencing batu hendaknya selektif dalam memilih makanan. Bukan dibatasi, tetapi harus sesuai dengan takaran dengan melihat kondisi tubuh anda setelah melakukan cek up dengan dokter.

Ginjal, bagi manusia adalah organ yang sangat penting. Fungsi ginjal dalam tubuh manusia adalah untuk membuang racun atau kotoran yang ada di dalam tubuh yang mengalir bersama dengan darah. Kotoran yang terdapat dalam darah disaring dan kemudian dibuang bersama urine. Batu ginjal terbentuk ketika kotoran-kotoran dari makanan tersebut mengeras dan membentuk kristal di ginjal maupun saluran kencing.

Membatasi makanan yang akan dikonsumsi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Berikut ini adalah beberapa diet untuk penderita batu ginjal yang dirangkum dari berbagai sumber yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan.


1. Perbanyak minum air putih
Dapat dikatakan bahwa sebenarnya air putih merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Dengan air putih, seseorang dapat menahan lapar dan juga sebagai salah satu metode untuk memperoleh wajah yang terlihat awet muda. Selain dapat membuat seseorang menjadi lebih awet muda, air putih juga dapat membantu anda dalam mencegah terjadinya endapan pada ginjal. Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, komponen pembentuk batu ginjal akan menjadi lebih mudah luruh bersamaan dengan keluarnya urine. Penderita batu ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2,5 liter dalam sehari, sehingga harus minum lebih banyak dari jumlah tersebut. Jika cuaca panas atau sedang banyak aktivitas, konsumsi air harus diperbanyak supaya lebih sering buang air kecil.

2. Batasi kalsium
Kalsium pada umumnya dapat diperoleh dari sayuran hijau, susu dan beberapa olahan berbahan susu. Kalsium yang berasal dari susu akan lebih mudah diserap usus ketimbang kalsium yang berasal dari sayuran hijau. Biasanya tubuh tidak akan menyerap kalsium melebihi yang dibutuhkan. Pada kondisi tertentu, seseorang dapat menderita hypercalciuria atau kelebihan kalsium. Kelebihan kalsium juga menjadi salah satu pemicu terjadinya endapan pada ginjal. Penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi asupan kalsium maksimal 800 mg/hari untuk pria dan 1.200 mg/hari untuk wanita.

3. Batasi oksalat
Oksalat atau asam oksalam adalah suatu senyawa yang mengandung satuan COO2. Asam oksalat di dalam tubuh juga dapat membentuk kristal penyebab batu ginjal. Asam oksalat banyak dijumpai pada sayur bayam, strawberry, cokelat, gandum, biji-bijian dan teh. Karena sifatnya yang dapat membentuk kristal saat mengendap, maka penderita batu ginjal disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali makanan yang banyak mengandung oksalat. Penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi oksalat tidak lebih dari 50 mg/hari. Apabila penderita batu ginjal mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat lebih dari 50 mg/hari, dapat mengakibatkan gagal ginjal lebih parah.

4. Batasi garam dan protein nabati
Membatasi konsumsi garam natrium dapat mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan lewat ginjal. Oleh karena itu jika yang terbentuk adalah batu kalsium, maka konsumsi garam natrium sebaiknya dibatasi antara 2.500-3.500 mg/hari.

Sementara protein hewani bisa memicu beberapa jenis mineral di urine untuk membentuk batu ginjal. Karena itu penderita batu ginjal harus menggantikannya dengan protein nabati.

5. Perbanyak serat tidak larut
Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tak larut, masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini, serat tak larut yang terdapat pada gandum, padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

6. Batasi konsumsi vitamin C
Salah satu hasil metabolisme vitamin C adalah oksalat. Karena oksalat bisa membentuk kristal, maka penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C.

7. Konsumsi Kedelai dan Kacang-kacangan
Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Tapi sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.

8. Konsumsi Tomat
Tomat mengandung asam asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

9. Konsumsi Sayuran Berdaun Gelap
Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal.

10. Konsumsi Daging Merah
Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, sehingga ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

11. Konsumsi Ikan
Ikan mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah kalsium dan penyebab asam urat tinggi dalam tubuh penderita batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang dapat dipecah menjadi asam urar dan masuk ke dalam urin. Makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan resiko yang lebih berat untuk penderita batu ginjal.

12. Konsumsi Produk dari Susu
Produk susu merupakan salah satu bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.

13. Konsumsi Minuman Berkarbon dan Manis
Semua jenis minuman yang mengandung pemanis, gula dan bahaya minuman bersoda juga harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Minuman manis merupakan pantangan batu ginjal karena bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi. kombinasi berbagai zat ini bisa meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.

14. Makanan Mengandung Natrium dan Sodium
Makanan yang mengandung natrium (garam) dan sodium adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh semua penderita batu ginjal. Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal.

15. Minuman Berkafein
Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk penderita batu ginjal. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.