2/09/2016

Wajib Diketahui! 6 Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Firdaus45 - Sebelum mengetahui manfaat magnesium, ada baiknya mengenal terlebih dahulu tentang apa itu magnesium serta kegunaan magnesium. Magnesium adalah salah satu jenis mineral penting bagi tubuh yang memiliki unsur kimia dengan simbol Mg dan nomor atom 12. Sistem metabolisme tubuh tidak akan lepas kaitannya dengan manfaat magnesium bagi tubuh yakni dalam menjaga kesehatan tulang, dan jantung. Fungsi magnesium selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung, juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, organ tubuh sangat memerlukan sumber asupan magnesium. Jika asupan mineral magnesium yang tidak terpenuhi dalam kesehariannya, maka kinerja sistem metabolisme tubuh dalam melakukan fungsi sintesa protein, menjalankan fungsi saraf otot, serta mengatur kadar glukosa darah, dan juga mengontrol tekanan darah tidak akan berjalan maksimal.



Namun, kita tidak perlu kawatir dalam memenuhi kebutuhan mineral magnesium dalam setiap harinya. Karena telah banyak ditemukan beberapa sumber makanan yang mengandung magnesium. Mineral magnesium dapat diperoleh dari sumber makanan sehari-hari yang mudah didapatkan. Keperluan kadar magnesium untuk orang dewasa sebesar 25 gram, dimana 50% sampai dengan 60% diantaranya untuk tulang dan sisanya untuk memenuhi sel jaringan lunak.

Dalam sistem peredaran darah membutuhkan sekitar kurang dari 1% magnesium. Besar kecilnya kadar magnesium dalam tubuh juga ada kaitannya dengan kesehatan ginjal. Apabila kadar magnesium dalam tubuh kelebihan maka ginjal akan melakukan pembuangan magnesium bersamaan dengan urin. Dan sebaliknya, jika organ tubuh kekurangan kadar magnesium, secara otomatis ginjal akan mengurangi pengeluaran magnesium dari dalam tubuh.

Nutrisi terbanyak ke-11 didalam tubuh manusia yang paling mudah dijumpai adalah kadar magnesium. Magnesium yang berbentuk ion sangat berguna untuk pembentukan komponen polifosfat, seperti ATP, DNA, dan juga RNA.

Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Mungkin tidak semua orang mengetahui akan manfaat magnesium bagi kesehatn tubuh. Untuk itu, ada baiknya mulai saat ini mengetahui beberapa manfaat dan fungsi penting dari magnesium bagi kesehatan tubuh, sebagai berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mineral magnesium merupakan senyawa yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Sebanyak 50% hingga 60% magnesium dalam tubuh berada di bagian tulang. Peranan magnesium  dalam tubuh, untuk mengatur kadar kalsium, vitamin D, tembaga, dan juga seng sehingga kepadatan tulang akan selalu terjaga dan terhindar dari serangan penyakit osteoporosis.

2. Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2

Seperti hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh studi Kohort Prospektif menyatakan bahwa magnesium dapat berperan penting untuk menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 (dua). Kinerja magnesium untuk mempertahankan homeostasis glukosa serta mengatur sekresi dan sensitivitas insulin.  Selain itu, juga diperkuat dari pernyataan epidemiologi yang telah membuktikan bahwa melakukan diet dengan magnesium dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium secara teratur terbukti dapat mencegah gangguan penyakit jantung. Magnesium dapat mencegah tekanan darah tinggi sehingga mencegah kerusakan pembuluh arteri yang menjadi pemicu munculnya penyakit jantung koroner. Selain itu, masalah aritmia, atau jenis penyakit dikenal sebagai  gangguan irama jantung yang tidak normal, dapat diatasi dengan asupan kadar magnesium seimbang.

4. Mencegah Penyakit Sembelit

Penyakit sembelit atau konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang dapat mengakibatkan kesulitan buang air besar. Penyakit konstipasi juga merupakan  faktor utama penyebab timbulnya penyakit wasir atau ambeien. Dengan demikian, memcukupi kebutuhan magnesium dalam kesehariannya dapat berperan untuk mencegah timbulnya penyakit konstipasi,

5. Membantu Meningkatkan Kinerja Enzim

Dalam setiap aktifitas untuk melakukan kinerja sel-sel tubuh manusia memerlukan sebuah energi. Tentunya dalam proses untuk menghasilkan energi yang diperlukan oleh  sel-sel tubuh tersebut melibatkan kinerja enzim. Magnesium memiliki peranan penting dalam mengontrol kinerja enzim untuk menghasilkan energi serta menjalankan fungsi lainnya. Kekurangan asupan magnesium dalam tubuh akan mengakibatkan cepat merasa lelah.

6. Mencegah Depresi

Dalam susunan saraf manusia terdapat membran-membran yang memiliki reseptor untuk mengatur keluar masuknya pesan ke dalam sel-sel saraf. NMDA merupakan salah satu jenis reseptor yang berada di dalam otak manusia. NMDA memiliki kinerja untuk mengatur tingkat depresi seseorang. Dalam aktifitasnya NMDA memerlukan asupan magnesium yang cukup untuk menjalankan fungsinya sebagai reseptor. Sehingga tidak akan terkena gangguan depresi.

Manfaat magnesium selain tersebut diatas juga masih banyak memiliki manfaat lain bagi tubuh. Beberapa manfaat magnesium tersebut antara lain adalah  untuk mencegah resiko penyakit stroke, mencegah timbulnya penyakit asma, mengobati penyakit nyeri punggung dan kram, untuk menghasilkan kolagen, menyerap mineral makanan, mencegah sakit kepala sebelah atau migrain, dan membantu melancarkan sistem metabolisme.

Demikian manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh semoga dapat bermanfaat.