2/07/2016

Inilah Cara Alami Menghilangkan Uban yang Mulai Tumbuh Subur di Kepala (Patut Anda Coba)!

Cara Alami Menghilangkan Uban yang Mulai Tumbuh Subur di Kepala

Firdaus45 - Setiap orang yang sudah menjelang masa tua atau lanjut usia pasti mengalami perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih. 

Perubahan warna rambut menjadi putih tersebut secara umum dikenal dengan istilah sebagai uban. Tumbuhnya uban pada kalangan orang tua / kaum lanjut usia merupakan hal yang wajar.

Tidak semua orang yang memiliki uban adalah orang dengan usia lanjut.
 
Tidak jarang orang yang masih berusia remaja rambutnya sudah dipenuhi dengan uban.

Mengapa demikin?

Banyak sekali faktor yang menyebabkan uban tumbuh subur meskipun usia masih sangat muda. Nanti akan dibahas di bawah.

Tumbuhnya uban pada usia remaja merupakan kejadian yang sangat tidak wajar. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan uban tumbuh subur pada remaja.


Faktor Penyebab Timbulnya Uban

Salah satu faktor utama penyebab tumbuhnya uban adalah fungsi folikel dalam memproduksi melanin bekerja secara lamban.

Rambut yang kekurangan melanin akan mengakibatkan warna rambuh menjadi kusam,

Apa itu melanin?

Secara singkat,
Melanin adalah zat protein yang berperan menentukan warna kulit seseorang. Warna kulit yang lebih gelap mempunyai melanin yang lebih banyak pada lapisan epidermis dibandingkan kulit yang berwarna terang. Melanin yang terkena sinar UV akan menimbulkan noda gelap pada kulit. Lebih jelasnya dapat Anda baca pada sumbernya langsung disini

Penggunaan minyak rambut yang tidak disesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan rambut juga dapat memicu perubahan warna rambut menjadi lebih cepat.

Sebenarnya, munculnya uban di kepala bukanlah masalah yang serius dan perlu penanganan secara medis. 

Masalahnya disini adalah berkaitan dengan penampilan seseorang. 

Biasanya para remaja akan merasa malu bila melihat ada kekurangan dalam dirinya. Salah satunya adalah uban yang tumbuh bukan pada waktunya. 

Tumbuhnya uban disaat muda akan mengurangi rasa percaya diri, sehingga tidak jarang orang yang memiliki uban akan sering menggunakan semir rambut.

Apakah menggunakan semir rambut dapat mengatasi masalah putihnya rambut?

Saya rasa jawabannya tidak. 

Malah berlaku sebaliknya, penggunaan semir rambut ternyata memiliki efek terhadap kesehatan kulit kepala dan juga rambut itu sendiri.


Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Menghilangkan uban dengan bahan-bahan alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan bumbu dapur. Bahan yang biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur tersebut adalah bawang bombay. 

Bawang bombay merupakan tanaman yang banyak mengandung enzim katalase. Enzim katalase memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga rambut tetap hitam dan sehat. 

Cara mengatasi uban dengan bawang bombay juga sangat mudah untuk dilakukan yakni dibuat sebagai jus. Berikut ini cara alami menghilangkan uban yang perlu diketahui,
  • Siapkan 4-5 biji bawang bombay atau secukupnya saja
  • Kupas lalu cuci bawang bombay tersebut sampai bersih
  • Potong bawang bombay menjadi kecil-kecil dan haluskan dengan blender atau alat lainnya
  • Oleskan pada kulit kepala secara merata dan sambil dipijat dengan lembut
  • Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 – 30  menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan secara teratur dan rutin, satu minggu 3 – 4 kali.

Selain memanfaatkan jus bawang bombay sebagai obat oles, masih ada beberapa tips lainnya yang diperlukan untuk mencegah terjadinya masalah uban.  Berikut ini tips untuk mencegah timbulnya uban pada usia dini.

1. Tingkatkan asupan vitamin.

Produksi melanin yang semakin menurun, biasanya terjadi disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B12. Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B12  yakni dengan mengkonsumsi telur, susu dan daging secara teratur. 

Selain itu, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B serta A lebih tinggi,juga sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan rambut. 

Vitamin B dan A dapat ditemukan dalam sayuran berwarna hijau. Diluar itu, buah pisang, yoghurt, buah tomat, sereal serta kembang kol juga merupakan sumber yang sangatlah baik dari vitamin A dan vitamin B.

2. Mengkonsumsi makanan kaya yodium.

Zat yodium sangat efektif untuk mencegah warna rambut menjadi putih. Jenis Makanan sebagai sumber yodium, salah satunya makanan laut, pisang dan wortel. 

Selain itu, dianjurkan untuk mengkomsumsii garam meja yang banyak mengandung kadar yodium lebih tinggi. Baca Selengkapanya Jenis Makanan Mengandung Tinggi Yodium

3. Membiasakan gaya hidup sehat dan menghindari stres.

Membiasakan diri dengan gaya hidup sehat merupakan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan rambut. 

Kebiasaan hidup sehat diantaranya adalah tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman keras, serta melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Selain itu, menjauhi stres,  karena stres secara berlebihan juga menjadi pemicu munculnya uban lebih cepat.

Artikel Menarik Lainnya