2/18/2016

Ternyata Inilah Penyebab Kolesterol Anda Tinggi

Ternyata Inilah Penyebab Kolesterol Anda Tinggi - Kolesterol Anda tinggi? Banyak sekali faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi. Gaya hidup dan pola makan merupakan faktor utama penyebab dari tingginya kolesterol anda. Selain kedua itu, kolesterol tinggi pada umumnya disebabkan karena faktor-faktor yang mendasar yaitu faktor genetik, faktor umur, faktor keturunan serta karena faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi kolestero tinggi.

Memang, makanan dengan aroma yang membuat air liur menetes akan membuat orang tidak tahan untuk mencicipi makanan tersebut. Akan tetapi, tidak semua makanan tersebut dapat membuat kolesterol Anda tinggi. Kolesterol tinggi juga tidak sepenuhnya disebabkan karena faktor makanan. Ada faktor lain yang dapat menyebabkan kolesterol anda tinggi.

Ternyata Inilah Penyebab Kolesterol Anda Tinggi

Anda yang gemar dan memiliki kebiasan menghisap sebatang rokok dan terkadang mampu menghabiskan sebungkus rokok dalam sekali duduk akan memiliki kecenderungan mudah terkena kolesterol tinggi. Pada rokok terdapat sebuah zat kimia yang akan menghentikan HDL atau kolesterol baik yang berfungsi untuk mengangkut timbunan lemak dari seluruh tubuh menuju hati untuk dibuang. Akrolein yang rusak akibat kebiasaan merokok akan berdampak pada penurunan kadar HDL dalam tubuh. Saat HDL tidak lagi cukup untuk mengangkut timbunan lemak, lemak yang menimbun dan tidak terangkut akan mengendap dan menghambat laju darah karena arteri tertimbun oleh lemak. Kelanjutan dampak dari kolesterol tinggi adalah serangan jantung yang mengintai anda. Jadi berhati-hatilah dengan kolesterol tinggi yang sedang anda alami. Ubahlah kebiasan anda untuk segera menerapkan pola hidup sehat.

Rasa malas untuk berolahraga juga akan membuat anda semakin cepat dalam menimbuk lemak jahat dalam tubuh. Meskipun kadar HDL dalam tubuh dalam kondisi normal, anda menerapkan pola makan dengan menu sehat, akan tetapi jika anda malas berolahraga, jumlah timbunan lemak anda perlahan juga akan mengalami peningkatan secara perlahan seiring bertambahnya usia anda. Menerapkan pola makan sehat saja tidak cukup membuat anda terbebas dari kolesterol tinggi jika kadar HDL anda dalam masalah. Olahraga adalah solusi tambahan ketika kolesterol anda mulai meningkat. Dengan olahraga secara rutin, lemak yang ada dalam tubuh akan dirubah oleh tubuh menjadi energi yang digunakan ketika anda berolahraga.

Jika seseorang mengalami obesitas, maka dia memiliki kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida yang lebih tinggi dari kadar kolesterol baik. Berikut adalah contoh-contoh makanan yang tinggi kadar lemak jenuhnya dan sebaiknya anda hindari:

  • Santan

    Santan atau santen merupakan cairan putih mirip susu yang diperoleh dari hasil parutan kelapa. Tentunya semua orang sudah tidak asing lagi dengan istilah santan. Santan memiliki kandungan kadar lemak jenuh sangat tinggi, setiap perseratur gram santan mengandung lemak tak jenuh sekitar 21 gram. Hal ini dalam penggunaan santan untuk bahan konsumsi tidak boleh secara berlebihan. Jika mengkonsumsi santan secara berlebihan dalam setiap harinya akan memberikan dampak yang sangat buruk yakni mengalami kenaikan kolesterol tubuh yang sangat drastis sehingga akan menimbulkan berbagai macam masalah penyakit.

  • Jeroan

    Jeroan menjadi pemicu timbulnya kolesterol mengalami kenaikan cukup tinggi. Namun banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan zat-za yang terkandung dalam jeroan salah satunya adalah zat kolesterol. Jumlah kandungan kolesterol pada jeroan sapi per 10 gramnya terdapat 380 miligram kolesterol, sedangkan dalam dalam per 10 gram jeroan kambing terdapat 610 miiligram kolesterol.

  • Otak sapi

    Otak sapi memiliki kandungan kadar kolesterol sangat tinggi. Kandungan kolesterol setiap per 10 gram otak sapi terdapat 2300 miligram. Sehingga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit dengan riwayat kolseterol tinggi.

  • Daging kambing

    Daging kambing per 10 gramnya mengandung kolesterol sebanyak 70-90 mg. Kandungan kadar kolesterol pada daging kambing terbilang tidak terlalu besar, tetapi jika dikonsumsi secara terus menerus juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terutama bagi penderita dengan riwayat penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

  • Daging bebek dengan kulitnya

    Dibalik nikmatnya rasa yang dimiliki daging bebek terdapat jumlah kolesterol yang sangat tinggi. Kandungan kolesterol per 100 gram daging bebek dengan kulitnya sekitar 89 miligram dengan persentase 30%. Sedangkan kandungan lemak jenuhnya sekitar 35,7%.

  • Kuning telur ayam

    Jumlah kadungan kolesterol persepuluh gram kuning telur ayam terdapat 2000 miligram. Mengkonsumsi kuning telur ayam yang secara terus menerus dan tidak teratur dapat menyebabkan peningkatan jumlah kolesterol jahat pada tubuh.

  • Kerang

    Kerang atau tiram sejenissumber makanan dari hewani yang banyak mengandung kolesterol. Kandungan kolesterol pada kerang per 10 gramnya terdapat  450 miligram. Hal ini juga diperlukan dengan hati-hati saat mengkonsumsi kerang.

  • Udang

    Udang memiliki kelezatan yang luar biasa, udang biasa dimanfaatkan sebagai lauk-pauk dan jenis olahan lainnya. Namun dibalik kelezatan yang dimiliki udang terdapat 160 miligam kolesterol dalam setiap persepuluh gramnya.

  • Cumi-cumi

    Kandungan kolesterol yang terdapat dalam cumi-cumi juga terbilang sangat besar dan sangat membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur. Per 10 gram cumi-cumi mengandung kolesterol sebanyak sekitar 1170 miligramg.

  • Telur burung puyuh

    Telur puyuh walaupun memiliki bentuk yang sangat unik dan kecil namun kandungan kolesterolnya sangat tinggi. Per 10 gram telur burung puyuh mengandung kolesterol sebanyak sekitar 3.640 miligram.

Trigliserida merupakan kelompok senyawa lemak yang terkandung didalam darah. Naiknya kadar trigliserida dalam tubuh seseorang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Faktor kenaikan kadar trigliserida tersebut antara lain adalah faktor genetik, kegemukan, gaya hidup yang tidak sehat seperti minum minuman keras, dan terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung kadar gula atau makanan berkadar lemak tinggi.

Pengaruh naiknya kadar trigliserisida dan kadar kolesterol jahat (LDL)selain faktor gaya hidup, masih banyak faktor kondisi yang mendasar lainnya seperti penyakit tekanan darah tinggi, penyakit  diabetes, lemahnya kelenjar tiroid, penyakit ginjal dan penyakit hati. Jika hal-hal penyakit yang mendasar tersebut dapat dicegah maka besar kemungkinan tidak akan mengalami kenaikan kadar kolesterol. Selain itu, kenaikan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh juga dipengaruhi oleh faktor tetap.

Faktor tetap yang mempengaruhi kenaikan kadar kolesterol tinggi

Yang dimaksud dengan faktor tetap yaitu jenis faktor  yang dapat menyebabkan kenaikan kolesterol tinggi yang tidak dapat diubah. Beberapa faktor-faktor tetap tersebut antara lain adalah

  1. Faktor umur

    Umur juga dapat menjadi pengaruh terjadinya kadar kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan umur yang semakin bertambah tua pembuluh arteri  akan mengalami penyempitan atau aterosklerosis. Sehingga kadar kolesterol pada pembuluh arteri sulit untuk diuraikan dan mengalami penumpukan yang lebih tinggi.

  2. Faktor genetik dengan riwayat keluarga berpenyakit stroke atau penyakit jantung

    Faktor keturunan dengan keluarga yang terkena penyakit jantung atau penyakit stroke pada  usia dini, dapat membuat seseorang mengalami kolesterol tinggi. Keluarga yang mempengaruhi tersebut adalah ayah saat dibawah usia 55 tahun mengalami riwayat penyakit jantung dan stroke. Sedangkan  faktor keturunan dari ibu yang terkena stroke atau penyakit jantung pada usia dibawah 65 tahun.

    Faktor penyakit dari riwayat keluarga (familial hypercholesterolaemia ) memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kolesterol tinggi. Satu dari lima ratus orang tua mewarisi kondisi kolesterol tinggi terhadap keturunannya. Dengan demikian jika terdapat riwayat keluarga yang menglami penyakit stroke aaupun penyakit jantung di usia dini sebaiknya lebih waspada dalam menerapkan gaya hidup. Gaya hidup yang harus diterap[kan adalah dengan membiasakan gaya hidup sehat, yaitu dengan berolahraga secara teratur, tidak merokok, tidak minum-minuman keras, tidur yang cukup, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk menyeimbangkan kadar kolseterol dalam tubuh. Serta mengkonsumsi buah-buahan penurun kolesterol maupun makanan penurun kolesterol lainnya.

Artikel Menarik Lainnya