2/02/2016

Rahasia Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Mata

Rahasia Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Mata – Siapa sih yang tidak mengenal dengan buah tomat. Buah yang memiliki bentuk bulat dengan warna hijau ketika masih mentah dan merah ketika sudah matang, sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisonal maupun pasar modern.

Buah tomat biasa dimanfaatkan oleh sebagian besar orang sebagai kebutuhan buah dan pelengkap bumbu masakan. Manfaat buah tomat sangat beraneka ragam. Hal  ini dikarenakan buah tomat sangat kaya akan jumlah kandungan nutrisi dan vitaminnya. Sejumlah vitamin yang paling banyak ditemukan pada buah tomat diantaranya adalah jenis vitamin C dan vitamin A.

Kandungan gizi buah tomat sangat berlimpah. Selain vitamin A dan vitamin C, masih banyak zat pendukung lainnya yang banyak ditemukan dalam buah tomat. Setiap satu buah tomat dengan ukuran sedang terdapat sejumlah kandungan zat pendukung yang dibutuhkan oleh tubuh yakni 22 kalori, serta susunan karbohidrat sebanyak 5 gram  yaitu 1 gram serat, 3 gram gula, dan 1 gram protein.

Buah tomat dikenal kaya akan kandungan senyawa antioksidan alami yang berupa asam alfa lipoic, likopen, kolin, asam folat, beta karoten, dan lutein. Peran dari senyawa asam alfa lipoic yang terkandung dalam buah tomat adalah untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Dimana kadar glukosa dalam darah akan diuraikan oleh asam alfa lipoic menjadi bentuk energi untuk sistem metabolisme tubuh. Selain itu, asam alfa lipoic juga dapat berperan untuk membantu proses peremajaan sel otak dan  sel saraf sehingga kesehatan otak dapat terjaga dan terkontrol.

Salah satu jenis antioksidan alami terbesar yang dapat ditemukan dalam buah tomat adalah senyawa likopen, Likopen merupakan sejenis zat yang dapat mengubah warna buah tomat menjadi merah saat matang. Kandungan senyawa likopen dalam buah tomat banyak ditemukan pada buah tomat yang sudah matang.

Kandungan likopen dalam buah tomat mampu memenuhi kebutuhan asupan likopen hingga 80% setiap harinya. Selain likopen juga ada sejenis zat Antioksidan lainnya yang  berupa senyawa kolin. Peran dari senyawa kolin  adalah untuk menjaga sistem pertahanan struktur membran sel, serta mengurangi terjadinya gangguan peradangan kronis dalam tubuh seperti radang tenggorokan, radang usus dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Mata

Dari sejumlah nutrisi yang terkandung dalam buah tomat memiliki rahasia yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Mungkin tidak semuanya orang mengetahui akan manfaat dari buah tomat tersebut khususnya untuk menjaga kesehatan mata. Untuk itu, mari simak beberapa manfaat yang diperoleh dari buah tomat bagi kesehatan organ mata.

1. Mencegah terjadinya infeksi pada mata

Kandungan jumlah vitamin A pada buah tomat sangat berlimpah ruah. Seperti yang telah diketahui oleh banyak kalangan umum fungsi dari vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai macam masalah. Selain banyak ditemukan dalam tomat, vitamin A juga banyak ditemukan pada wortel. Namun tidak semua orang menyukai sayuran wortel, sehinga bagi yang tidak suka dengan wortel salah satu alternatif dalam menjaga mata dari gangguan infeksi adalah dengan mengkonsumsi buah tomat secara teratur dan rutin.

2. Mencegah penurunan daya penglihatan

Buah tomat memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik. Vitamin A tersebut mampu mencegah timbulnya berbagai macam gangguan mata yang berakibat pada penurunan daya penglihatan. Berbagai macam gangguan yang berkaitan dengan penurunan daya ketajaman pada penglihatan antara lain adalah mata minus, silinder, katarak, glaukoma, dan beberapa jenis penyakit mata lainnya.

Dengan demikian, mengkonsumsi buah tomat secara teratur dan rutin  dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan mata. Selain itu, kandungan jumlah vitamin A pada buah tomat juga dapat berperan untuk mencegah terjadinya penyakit Stargardt. Penyakit Stargardt merupakan sejenis penyakit keturunan yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan daya penglihatan yang parah pada saat usia masih relatif muda.

3. Menjaga kelembaban organ mata

Buah tomat juga mampu menjaga kadar kelembaban pada kelopak mata. Bagi seseorang yang sering mengalami masalah mata kering dan terasa perih atau kerusakan akibat terkena paparan debu. Dapat diatasi dengan memanfaatkan buah tomat yakni dengan cara mengkonsumsinya secara teratur dan rutin. Jika keadaan mata kering tidak segera diatasi dapat mengakibatkan gangguan penurunan daya penglihatan pada mata.

4. Mencegah terjadinya kerusakan sel syaraf  mata

Buah tomat juga mengandung senyawa penting yaitu lutein dan xeaxanthin. Mengkonsumsi buah tomat secara teratur mampu memenuhi kebutuhan lutein dan xeaxanthin harian untuk mata. Jenis senyawa  lutein dan xeaxanthin merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh mata dalam menjaga kesehatannya. Peran utama dari kedua senyawa tersebut adalah untuk membantu proses penyaringan cahaya pada lensa mata.

Selain itu, lutein dan xeaxanthin yang terkandung dalam buah tomat juga mampu menghilangkan sinar cahaya biru yang berpotensi merusak jaringan mata. Menurut hasil dari sebuah penelitian oleh para ahli menyattakan bahwa mengonsumsi 6.000 mikrogram buah tomat setiap hari dapat berperluang terhindar dari resiko degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan masalah gangguan mata yang ditandai adanya kerusakan pada bagian retina mata.

5. Melancarkan produksi melanin pada mata

Jumlah vitamin C dan tembaga  yang terkandung  dalam buah tomat dapat  berperan untuk membantu melancarkan produksi melanin pada mata. Melanin merupakan senyawa yang dapat menyebabkan terbentuknya pigmen hitam pada bagian retina mata. Warna hitam yang jernih pada bagian tengah kelopak mata akan meningkatkan daya tarik seseorang.

6. Mencegah kerusakan pada bagian organ mata

Masuknya radikal bebas dalam organ mata dapat berpotensi menyebabkan timbulnya berbagai macam masalah kesehatan mata. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab timbulnya infeksi atau kerusakan pada jaringan mata. Dengan demikian, mengkonsumsi buah tomat secara rutin dan teratur dapat mencegah seranggan dari radikal bebas dalam organ mata. Hal ini merupakan peran dari sejumlah senyawa likopen, vitamin A dan vitamin C yang terkandung pada buah tomat.

7. Menghilangkan lingkaran hitam pada kulit sekitar mata.

Lingkaran hitam pada kulit disekitar  mata atau yang sering disebut dengan nama lain mata panda merupakan salah satu efek yang timbul karena mata terlalu lelah dan kurang tidur. Timbulnya kondisi mata panda tersebut dapat mengurangi penampilan seseorang terutama pada wanita. Untuk mencegah dan mengatasi timbulnya lingkaran hitam pada kulit sekitar mata, dapat menggunakan buah tomat.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan cara menempelkan  potongan buah tomat pada kulit sekitar mata dan pastikan mata sambil dipejamkan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal harus dilakukan dengan rutin dan teratur setiap malam hari sebelum tidur.