2/04/2016

Penyebab Sakit Mata dan Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Penyebab Sakit Mata dan Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Firdaus45.com - Sakit mata belek  atau lebih kenal dengan kondisi mata bengkak berwarna merah, kerap menyerang pada seseorang. Penyakit mata belek bukan termasuk jenis penyakit yang mematikan, namun jika tidak segera diobati akan memperparah keadaan. Terlebih membuat kepala terasa pusing dan badan panas.


Sakit mata belek tidak sama dengan penyakit mata minus, penyakit belek dikenal jenis penyakit menular, penularan penyakit mata belek dapat melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Cara yang terbaik untuk mengobati penyakit mata belek dapat dilakukan secara alami. Pengobatan penyakit mata belek secara alami tentunya memberikan efek yang positif tanpa efek samping. Namun juga diperlukan penggawasan dari dokter ahli yang khusus  menangani mata.

Hal ini diperlukan untuk memastikan gejala-gejala yang ditimbulkan tersebut. Serta untuk mengetahui penyebab penyakit belek secara pasti. Penyakit mata belek disebabkan oleh banyak faktor-faktor tertentu. Berikut ini adalah penyebab timbulnya penyakit mata yang perlu diketahui.

Penyebab sakit mata beserta gejala yang ditimbulkan

1. Mata sakit akibat serangan virus
Gangguan penyakit mata yang disebabkan oleh virus termasuk jenis penyakit yang menular. Sakit mata yang disebabkan oleh virus salah satunya adalah viral conjunctivitis. Gejala yang ditimbulkan oleh gangguan viral conjunctivitis adalah mata cenderung benyk mengeluarkan cairan bening dan encer  Namun jenis penyakit viral conjunctivitis walaupun jenis penyakit menular namun juga proses penyembuhannya terbilang sangat mudah.

2. Mata sakit akibat serangan bakteri
Gangguan sakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri  jika tidak segera diobati dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Gejala yang ditimbulkan akibat serangan bakteri adalah timbulnya cairan kental berwarna kekuningan

3. Mata sakit akibat alergi
Gangguan mata akibat masuknya debu, serbuk sari ataupun bulu hewan peliharaan pada mata dapat menyebabkan alergi. Alergi akiba debu atau enis kotoran lainnya yang masuk dalam mata dpat berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun bukan termasuk kedalam kategori penyakit mata yang menular. Gejala yang sering timbul akibat alergi adalah ditandai mata terasa  gatal, peri dan berwarna merah.

4. Mata sakit akibat iritasi
Iritasi pada mata disebabkan oleh banyaknya kotoran berupa debu atau hal lainnya seperti terkena percikan dan lain-lain. Gejala sakit mata akibat iritasi mata terasa perih, berair dan kering.

Tips Merawat Mata Agar Terhindar Dari Penyakit Belek

Sebenarnya banyak tips yang harus dilakukan untuk menghindari masalah penyakit mata yang diakibatkan dari berbagai hal tersebut diatas. Namun tidak semua orang memperhatikan tips-tips penting agar mata tampak sehat selalu. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan mata agar selalu sehat.

  • Menggunakan pelindung mata saat berkendara agar terhindar dari debu
  • Tidak menyentuh mata mata dalam keadaan tangan kotor
  • Tidak mengucek mata secara berlebihan agar tidak terjadi iritasi
  • Mengurangi penggunaan make-up yang berlebihan
  •  Tidak menggunakan lensa kontak,mata.
Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Secara Alami

Berikut ini cara mengiobati sakit mata secara alami serta langkah-langkahnya yang harus diketahui.

1. Cara mengobati sakit mata dengan menggunakan bawang putih

Bawang putih dipercaya banyak memiliki zat antioksidan yang tinggi. Selain sabagai pelengkap bumbu masakan, telah banyak orang memanfaatkan bawang putih sebagai pengobatan. Salah satunya adalah untuk pengobatan sakit mata. Cara mengobati sakit mata dengan menggunakan bawang putih adalah berikut ini.
  1. Siapkan 1 butir bawang putih kupas kulitnya dan cuci sampai bersih'
  2. Potong sedikit bagian ujung bawang putih Pertama cucilah mata anda dengan air bersih
  3. Cuci muka dengan menggunakan air bersih 
  4. Oleskan permukaan bawang putih yang telah dipotong tersebut pada kulit tepi  kelopak mata bagian bawah (cara menggunakannya persis seperti saat anda menggunakan eyeliner)
  5. Diamkan beberapa saat hingga mata anda terasa perih dan menguarkan air. 
  6. Ulangi lagi dengan mengoleskan bawang putih tersebut pada  kulit daerah tepi mata
  7. Lakukan secara teratur dan rutin setiap pagi dan sore hari.
2. Cara mengobati sakit mata dengan menggunakan daun sirih

Khasiat yang dimiliki daun sirih memang beraneka ragam, daun sirih selain bermanfaat untuk mengharumkan organ kewanitaan, juga dapat berguna unutk menyembukan mata sakit akibat belekan. Cara untuk mengobati sakit mata belek cukup muda caranya adalah sebagai berikut ini.
  1. Siapkan daun siri sebanyak 1-3 lembar kemudian cuci denganmengunakan air dingin hingga  bersih
  2. Rebus daun sirih tersebut dengan 2 gelas air putih  hingga mendidih
  3. Setelah  mendidih, angkat dan tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut dingin
  4. Saring rebusan daun sirih tersebut untuk diambil airnya
  5. Gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan area mata yang sakit
  6. Lakukan secara teratur dan rutin
3. Cara mengobati sakit mata dengan menggunakan air hangat

Air hangat juga dapat digunakan untuk mengurangi sakit pada mata. Penggunaan air hangat merupakan hal yangg paling mudah untuk dilakukan. Cara penggunaannya dengan cara mengkompreskannya pada mata. Pastikan kain yang digunakan untuk mengkompres benar-benar steril

4. Cara mengobati sakit mata dengan menggunakan daun patikan kebo


Tumbuhan patikan merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh secara liar dipekarangan rumah. Tumbuhan patikan memiliki naman latin Euphorbia hirta L. Tumbuhan patikan banyak mengandung senyawa alkoloid, glikosida, zat penyamak dan gom. Tumbuhan patikan biasa dimanfaatkan getahnya untuk menggobati sakit mata  Yaitu degan cara meneteskan getahnya pada kelopak mata hingga 2-3 tetes.