2/02/2016

Pentingnya Asam Folat Bagi Kesehatan Tubuh


Pentingnya Asam Folat Bagi Kesehatan Tubuh

Firdaus45 - Terkadang masih banyak yang belum mengenal tentang apa itu asam folat dan apa saja kegunaan asam folat. Mengenal pengertian asam folat dan fungsinya sangatlah penting. Asam folat atau folic acid adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat asam folat ini diperlukan dalam pembangunan sel tubuh karena bersifat multifungsi, mulai dari memproduksi DNA hingga membentuk sel darah merah.

Kegunaan dan fungsi asam folat sangat berperan penting dalam memelihara kesehatan tubuh untuk semua usia, mulai dari bayi sampai orang dewasa. Oleh karena itu penting kiranya untuk selalu menjaga dan memenuhi kebutuhan sumber asam folat dalam tubuh agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.



Beberapa fungsi asam folat bagi tubuh

Asam folat dikenal memiliki manfaat yang berlimpah. Mungkin masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui manfaat asam folat. Untuk itu, mari kita simak manfaat dan kegunaan asam folat dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa keuntungan bagi orang yang selalu menjaga kebutuhan asupan asam folat dalam tubuh, diantaranya:

Membantu Pembentukan Sel-sel Tubuh

Asam folat yang terpenuhi dengan baik dapat berfungsi untuk membantu proses pembentukan sel-sel tubuh dan sel pembawa kode gen akan bekerja dengan baik jika asam folat dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Asam folat didalam tubuh akan berkolaborasi dengan vitamin B12 dan vitamin C memecah, menggunakan serta membentuk protein baru yang nantinya akan digunakan untuk pembentukan sel darah merah dan dalam memproduksi DNA.

Fungsi asam folat juga dapat membantu membangun dasar tubuh yang membawa informasi melalu kode genetik. Selain memproduksi DNA, asam folat juga berperan dalam hal perbaikan DNA dan RNA dari kerusakan. Selain itu, asam folat juga berperan dalam membantu pembelahan sel dan pertumbuhan sel agar tidak terjadi cacat dalam tubuh terutama ketika pertumbuhan janin yang masih dalam kandungan.

Menghindari Anemia

Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, maka produksi sel darah merah akan selalu di bawah normal sehingga Anda mudah mengidap anemia.

Mencegah bayi terlahir cacat

Pembentukan saraf pusat sudah dilakukan sejak awal manusia dibentuk dalam kandungan. Asam folat sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya kecacatan pada otak (anensefali) ataupun gangguan susunan saraf pusat (spina bifida). Nutrisi jenis asam folat ini juga  berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA dan fondasi sel-sel tubuh yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin. Jadi, ibu hamil  membutuhkan lebih banyak asupan asam folat untuk menghindari bayi terlahir dalam keadaan cacat.

Makanan Kaya Asam Folat

Penting sekali manfaat asam folat bagi tubuh kita, bukan? Beruntung, makanan yang mengandung asam folat tersedia dalam jumlah yang melimpah. Beberapa makanan kaya asam folat yang mudah didapatkan di sekitar kita antara lain:

Sayur-sayuran berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, dan selada.
Kacang-kacangan, seperti kacang polong.
Buah-buahan, misalnya melon, pisang, dan lemon.
Makanan yang diperkaya folat, seperti roti, sereal, dan jus.

Bagaimana Caranya Mencukupi Asam Folat?

Cara mudah dalam mencukupi asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah dengan mengkonsumsi beraneka ragam jenis makanan yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Jadi jangan selalu terfokus pada satu makanan saja, selain karena akan memicu kebosanan makanan yang dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah banyak, juga akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti halnya kekurangan vitamin jenis lain yang masih diperlukan oleh tubuh.

Konsumsi makanan mengandung asam folat dengan variasi berbeda juga tidak berbahaya bagi tubuh. Karena meski terdapat tingkat asam folat yang berlebihan pada tubuh, akan segera dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Kebutuhan akan asam folat sendiri sangat bervariasi bagi tiap-tiap individu. Beberapa instrumen yang mempengaruhi kebutuhan tubuh akan asam folat antara lain usia dan jenis kelamin. Pengaruh lain seperti kehamilan dan penyakit berperan dalam pemenuhan asam folat bagi tubuh.

Jika sesudah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat diatas Anda masih mengalami kekurangan asam folat, sebaiknya segera hubungi dokter. Dokter kemungkinan akan menyarankan Anda mengonsumsi suplemen asam folat yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya