2/03/2016

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan yang Mengandung Asam Folat 

Firdaus45 - Terkadang sampai saat ini masih banyak sebagian orang yang belum mengenal jenis makanan yang mengandung asam folat. Padahal dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah lepas kaitannya dari manfaat asam folat. Asam folat memang sangat diperlukan bagi tubuh manusia menjalankan sistem metabolisme. Dari hasil penelitian telah diketahui bahwa asam folat ini memiliki peranan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, pembentukan sel darah merah, serta perbaikan DNA. Kekurangan asam folat dalam tubuh akan mengakibatkan kondisi mental yang buruk, seperti halnya depresi.

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin esensial yang menandakan bahwa tubuh tidak dapat memproduksi sendiri asam folat tersebut. Asam folat dalam tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada kasus ibu hamil, kekurangan asam folat akan berdampak pada kelahiran bayi yang cacat dan keterbelakangan mental. Sementara pada orang dewasa pada umumnya, kekurangan asam folat akan menyebabkan orang tersebut rentan terhadap penyakit alzhaimer dan kanker.

Ragam makanan yang mengandung asam folat

Karena manfaatnya bagi tubuh, maka dari itu penting sekali bagi kita untuk selalu memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Dan berikut ini adalah beberapa makanan yg mengandung asam folat tinggi diantaranya:

Bayam

kandungan asam folat pada bayam

Menurut beberapa sumber, bayam memiliki kandungan asam folat sebanyak 194 mcg / 100 gram, atau 49% AKG. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah didapat. Bayam juga mengandung rendah kalori, hanya sekitar 23 kalori per 1 ons pada daun mentah. Kandungan serat tertinggi dalam bayam terletak pada daun. Bayam juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan dapat digunakan sebagai makanan diet alami.

Bayam juga banyak mengandung vitamin B kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin dan tentunya asam folat itu sendiri. Asam folat yang terdapat dalam daun bayam sangat berguna untuk mendukung kehamilan dan menghindari cacat syaraf pada otak bayi dan tulang belakang ketika dilahirkan. 

Akan tetapi sedikit perhatian bagi penderita asam urat. Jangan terlalu sering mengkonsumsi bayam karena mengkonsumsi bayam yang berlebih akan memicu kenaikan asam urat dalam tubuh. 

Bit Merah (107 mcg / 100 gr, 27% AKG)

kandungan asam folat pada buah bit merah

Buah bit
Buah bit memiliki bentuk seperti umbi dan berwarna merah keunguan. Buah ini dapat dikonsumsi dengan olahan menjadi salad atau jus.

Kandungan nutrisi dalam buah bit antara lain adalah kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. Selain itu buah bit juga memiliki kandungan asam folat, protein, karbohidrat, serat larut dalam air dan zat anti oksidan. Asam folat dalam bit merah sangat penting untuk:

  • Mendukung pertumbuhan janin pada tiga bulan pertama kehamilan.
  • Asam folat dibutuhkan untuk membentuk jaringan syaraf dan mencegah semua cacat pada bagian tulang belakang.
  • Asam folat juga mendukung kekuatan tulang sehingga ibu hamil tidak akan mudah merasa cepat lelah dan lemah.
  • Bit juga sangat baik untuk penderita diabetes karena termasuk salah satu makanan rendah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Kubis (43 mcg / 100 gram, 11% AKG)

kandungan asam folat pada kubis

Kubis adalah sayuran yang sangat variatif. Ada berbagai jenis kubis yang ada di pasaran seperti kubis hijau, kubis putih dan kubis ungu. Kandungan anthocyanin dalam kubis ungu sangat bermanfaat untuk mencegah sel kanker. Kubis juga menjadi salah satu sumber asam folat yang cukup tinggi.

Asam folat dalam kubis memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung DNA terutama untuk ibu yang sedang hamil. Beberapa kandungan vitamin yang sangat penting dari kubis adalah seperti riboflavin, thiamin, pyridoxine dan asam pantotenat. Jadi, sayuran kubis sangat kaya akan vitamin dan mineral yang membuatnya adalah salah satu makanan kaya serat dan makanan sehat untuk paru paru perokok

Brokoli  (63 mcg / 100 gram, 16% AKG)

kandungan asam folat pada brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang masuk dalam kelompok tumbuhan persilangan. Bagian brokoli yang dapat dimakan adalah pada bagian daging sayuran yang berbentuk seperti bintik-bintik hijau kecil. Brokoli memiliki kandungan kalsium, asam folat dan vitamin C yang akan menyegarkan tubuh.

Selain itu masih ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang bisa Anda temukan. Kandungan asam folat dalam brokoli penting untuk semua orang termasuk ibu hamil atau perempuan yang sedang menjalankan program kehamilan. Brokoli juga dapat dijadikan makanan penurun kolesterol dalam darah.

Asparagus (135 mcg / 100 gr, 34% AKG)

kandungan asam folat pada asparagus

Asparagus adalah sayuran batang dengan ujung seperti tombak pada bagian bunga. Asparagus memiliki beberapa kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin K, asam folat, anti oksidan, beta karoten, vitamin E, seng, selenium, mangan dan vitamin C.

Asparagus sangat penting untuk kesehatan ibu hamil, untuk melindungi janin bayi agar tidak cacat. Konsumsi asparagus harian untuk ibu hamil sangat disarankan. Namun harus hati hati yah terutama bagi anda penderita asam urat, karena asparagus merupakan makanan penyebab asam urat yang wajib diwaspadai.

Seledri (36 mcg / 100 gram, 9% AKG)

kandungan asam folat pada seledri

Seledri adalah sayuran yang mengandung kalori dalam jumlah kecil. Beberapa zat penting yang ditemukan dalam seledri adalah seperti riboflavin, vitamin C dan asam folat. Kandungan asam folat dalam seledri sangat penting untuk penderita anemia dan ibu hamil. Seledri juga penting untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh, membantu pengaturan kolesterol dan melancarkan proses metabolisme. Seledri merupakan jenis makanan rendah kolesterol yang dapat anda konsumsi setiap hari.

Selada (29 mcg / 100 gram, 7% AKG)

Selada adalah sayuran yang banyak mengandung sumber vitamin dan mineral. Ini adalah sayuran segar yang bisa dikonsumsi secara langsung atau menjadi bahan makanan olahan seperti salad.

Beberapa macam kandungan nutrisi yang ditemukan pada daun selada antara lain adalah serat, fito nutrisi, vitamin A, molybdenum, vitamin K dan asam folat. Bahkan dalam selada juga ditemukan beberapa sumber mineral seperti tembaga, zat besi, kalium dan mangan. Selada juga dikenal sebagai makanan untuk diet yang cukup ampuh dalam menurunkan berat badan.

Asam folat dalam selada juga sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung, mencukupi nutrisi ibu hamil untuk perlindungan syaraf bayi dan tulang belakang bayi. Selain itu selada juga mengandung homosistein yang bisa mengendalikan sistem pada pembuluh darah.

Jagung (19 mcg / 100 gr, 5% AKG)

Jagung adalah sayuran yang banyak mengandung kalori sehat untuk tubuh. Jagung menjadi beberapa sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin E. selain itu jagung juga banyak mengandung serat sehingga penting untuk penderita gangguan pencernaan. Jagung juga memiliki zat anti oksidan yang sangat penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Salah satu sumber vitamin penting pada jagung adalah vitamin B ( thiamin dan niacin). Jagung juga menjadi sumber karbohidrat, protein dan lemak sehat. Bahkan dalam satu cangkir kecil jagung masak bisa menyediakan kebutuhan asam folat hingga 78 mcg. Asam folat dalam jagung sangat penting untuk ibu hamil untuk melindungi kecacatan pada janin.

Kale (29 mcg / 100 gr, 7% AKG)

Kale atau lebih dikenal dengan nama kaelan adalah sayuran hijau seperti sawi. Kale mengandung serat larut, protein, riboflavin, thiamin, asam folat, zat besi, fosfor, magenesium, kalsium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, dan vitamin C. Folat dalam kale dapat bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan syaraf bayi dari kecacatan. Selain itu asam folat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan Alzheimer.