2/13/2016

Kolesterol Tinggi, Tapi Hobi Ngemil? Inilah Cara yang Dapat Anda Lakukan Agar Kolesterol Tetap Stabil

Kolesterol Tinggi, Tapi Hobi Ngemil? Inilah Cara yang Dapat Anda Lakukan Agar Kolesterol Tetap Stabil - Kolesterol merupakan salah satu lemak (lipid) yang terdapat dalam tubuh setiap orang. Pada dasarnya, lemak memiliki fungsi tersendiri bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan jenisnya, kolesterol dibedakan menjadi dua yaitu kolesterol LDL (low density lipoprotein ) dan kolesterol baik HDL ( high density lipoprotein ). Jenis kolesterol LDL inilah yang akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika jumlah sudah melewati batas toleransi.

Pada kondisi dan jumlah yang masih normal, kolesterol berfungsi sebagai penyusun struktur membran sel, melindungi kulit dari racun dan menjaga kulit agar tetap awet muda. Kolesterol yang masih pada tahap normal juga berperan sebagai pembentuk vitamin D bersamaan dengan pancaran sinar UV saat kita sedang jalan pagi. (Baca: Manfaat jalan pagi untuk kesehatan tubuh)

Namun banyak orang miliki pandangan yang salah terhadap kolesterol. Pada umumnya, orang beranggapan bahwa kolesterol itu adalah penyebab segala macam masalah tubuh, seolah menjadi biangkerok menurunnya kesehatan tubuh seseorang. Padahal, jika kita dapat menjaga kolesterol tetap stabil, justru akan berdampak positif bagi kesehatan kita, seperti yang telah disebutkan diatas.

Jumlah kolesterol yang stabil di dalam tubuh akan menjadi sumber energi cadangan dan juga sumber energi bagi sel-sel tubuh anda agar tetap dapat beregenerasi dengan baik dan tidak kekurangan nutrisi. Akan tetapi, kadar kolesterol dalam tubuh yang melebihi batas toleransi, akan menjadi bahaya bagi kesehatan tubuh. Batas toleransi kadar kolesterol dalam tubuh setiap orang berbeda-beda.




Cara Menjaga Kolesterol Agar Tetap Stabil, Yang Perlu Dicoba Oleh Setiap Orang

Menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil dalam tubuh, sebenarnya banyak cara mudah yang harus dilakukan. Namun tidak semua orang memperhatikan cara yang benar untuk menjaga kadar koleseterol dalam tubuh tetap stabil. Bahkan ada sebagian orang yang mengabaikan hal terkecil dari pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mejaga kadar kolesterol dalam tubuh tentunya membiasakan diri dengan pola hidup sehat.

Gaya hidup sehat sangat erat kaitannya dengan  kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak sebagian orang yang tidak menyadari bahwa terjadinya penyakit berbahaya akibat kadar kolesterol yang tidak stabil salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat dalam setiap harinya akan memiliki dampak yang sangat serius terhadap penurunan tingkat kesehatan tubuh.

Salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan dari kebiasaan pola hidup tidak sehat adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat yakni low density lipoprotein (LDL). Kelebihan kadar kolesterol LDL dalam tubuh akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh yang lainnya seperti penyakit jantung maupun stroke. Untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kadar kolseterol, kunci utama yang harus dilakukan agar kolesterol tetap stabil adalah dengan membiasakan  gaya hidup sehat sejak dini. Salah satu cara menerapkan gaya hidup sehat  adalah dengan mengatur pola makan dengan menu sehat dalam setiap harinya.

Sebenarnya banyak menu makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolseterol jahat (LDL) dalam tubuh.  Menu makanan sehat merupakan cara tepat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Walau  sudah ada sebagian orang yang menerapkan menu sehat untuk menurunkan kadar kolseterol jahat dalam tubuh. Tetapi tidak semua orang mengetahui cara menerapkan menu sehat tersebut. Dengan demikian, tentunya diperlukan informasi tambahan cara  menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil dan terhindar dari penyakit kolesterol. ( Baca selengkapnya : Tips Mecegah Penyakit Kolesterol Dengan Menu Makanan Penurun Kolesterol. )


Selain menu sehat, cara menjaga kolseterol tetap stabil yang mudah dilakukan aladah  berolahraga secara teratur. Berolahraga memiliki peran yang sangat penting dalam menigkatkan kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang diperoleh dari olahraga secara teratur adalah mampu membuang penumpukan kolesterol dalam tubuh dalam bentuk energi.

Menurut Dr. Eugenia Gianos, ahli jantung di NYU Langone Medical Center, menyatakan bahwa menjaga pola makan dengan menu sehat dan berolahraga secara teratur dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mampu menurunkan kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh hingga sekitar 20%-25%.

Selain mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur, berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil.

Tidak Merokok
Merokok secara tidak disadari merupakan kegiatan menanam bibit-bibit penyakit kedalam tubuh. Baik dari rokok tembakau mapun rokok elektrik sama-sama berbahaya (Baca Selengkapnya : Bahaya Mematikan Dari Rokok Elekrik). Saat ini banyak sebagian kalangan orang tua pria mapupun wanita tidak mau meninggalkan dari rokok. Bahkan kaum remaja yang masih duduk dibangku sekolah saat ini banyak yang merokok. Padahal, dampak dari kebiasaan merokok sangat buruk dan merusak kesehatan tubuh. Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh sangat nyata salahh satunya yaitu dapat menyebabkan penurunan kadar high density lipoprotein (HDL). Dimana kadar kolesterol HDL yang sebenarnya memiliki peran yang baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, bahaya lainnya adalah dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru, asma, dan jenis penyakit paru-paru lainnya. Jumlah nikotin dan jenis-jenis racun lainnya yang terkandung dalam rokok juga dapat menyebabkan kerusakan lapisan dalam arteri, atau endothelium.

Zat karsinogen juga banyak ditemukan pada  asap rokok.  Perlu diketahui, zat karsinogen merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit kanker yakni kanker servik, kanker kulit, kanker otak, kanker payudara, kanker tulang dan lain sabagainya.

Selain karsinogen, zat berbaaya lainnya adalah karbon monoksida. Jenis zat karbon monoksida tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh arteri sehingga dapat memicu peningkatan produksi kadar kolesterol jahat dalam darah dan tubuh menjadi rentan terhadap kejang.

Menghindari Minuman Beralkohol
Mengkonsumsi minuman dengan kandungan kadar alkohol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah memicu  penumpukan produksi lemak secara berlebihan dalam tubuh. Dan menyebabkan pinggang mengalami perubahan ukuran menjadi melebar (belly beer) sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Menjaga Berat Badan
Kelebihan berat badan atau disebut dengan istilah obesitas, perlu diwaspadai dan segera lakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Cara Sederhana menurunkan berat badan, salah satu cara latihan  sederhana yang dapat dilakukan setiap hari oleh penderita obesitas adalah dengan jalan kaki.  Cara sederhana jika dilakukan setiap hari dengan teratur  dapat bekerja dengan baik. Untuk memulainya, lakukan kegiatan ringan seperti berjalan, latihan beban, aerobik, bersepeda dan berolahraga karena akan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Kelebihan berat badan (Obesitas) dapat menyebabkan sistem tubuh mengalami resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan suatu kondisi dimana penggunaan hormon insulin didalam tubuh tidak disesuaikan dengan benar. Pengunaan hormon insulin dalam tubuh oleh pankreas untuk mengubah glukosa dalam darah  menjadi energi. Resistensi insulin dapat mengakibatkan gejala penyakit diabetes dan naiknya kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Mengkonsumsi Ikan
Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan dapat berperan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan menghindari penyakit jantung, stroke dan kadar kolesterol tinggi. Makanan yang banyak mengandung nutrisi Omega-3 sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menurut sebuah penelitian oleh ahli medis, diet dengan rutin mengkonsumsi makanan laut terutama manfaat ikan, dapat bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL).

Mengkonsumsi Bayam

Mengkonsumsi bayam secara rutin dan teratur juga dapat bermanfaat untuk  mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Sekitar 13 jenis senyawa flavonoid dapat ditemukan pada bayam sehingga mampu berperan dalam menjauhkan dari berbagai macam penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Selain itu, kandungan senyawa lutein pada bayam dapat mencegah serangan penyakit jantung yang disebabkan oleh kelebihan kolesterol dalam tubuh.

Konsumsi Ramuan Herbal
Banyak sekali ramuan herbal yang dapat anda gunakan sebagai obat penurun kolesterol. Salah satunya adalah dengan ramuan daun sirsak. Agar kolesterol dalam tubuh tetap stabil, ada beberapa resep obat herbal dari tanaman sirsak yang dapat dimanfaatkan. Pemanfaatan tanaman sirsak sebagai obat pengontrol kolesterol lebih spesifiknya terdapat pada bagian daun sirsak. Untuk membuat resep tradisional tersebut. (Baca: Cara Mengobati Kolesterol Menggunakan Daun Sirsak)
Loading...

Artikel Menarik Lainnya