2/11/2016

Ciri-ciri dan Tanda Awal Kehamilan

Firdaus45.com - Ciri dan Tanda Awal Kehamilan - Seorang wanita dikatakan telah hamil apabila sel telur telah dibuahi oleh sperma. Telat datang bulan merupakan salah satu tanda awal bahwa Anda sedang hamil. Bagi sebagian orang, mengetahui kehamilan dengan cara seperti ini mungkin akan menjadi benar. Akan tetapi, bagi wanita yang mengalami siklus haid tidak normal sehingga mengetahui kehamilan dengan cara melihat keterlambatan datang bulan akan merasa kesulitan.

Atau mungkin, pernah melakukan hubungan suami istri selama pada saat masa subur wanita, dan setelah itu mengalami gejala-gejala perut mual serasa ingin muntah. Apakah tanda-tanda tersebut merupakan tanda awal atau ciri-ciri dari kehamilan seorang wanita?



Ciri-ciri Wanita Hamil dan Tanda Awal Kehamilan

Sebelum melakukan tes kehamilan, bahkan ada sebagian wanita yang telah mengetahui bahwa ia sedang hamil. Apakah memang ada cara yang lebih dini atau cara sederhana untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan?

Salah satu cara yang paling tepat untuk memastikan kehamilan dengan hasil positif adalah melakukan uji kehamilan. Tentunya dengan menggunakan alat-alat deteksi kehamilan. Namun, bukan berarti tanpa menggunakan alat deteksi kehamilan tidak diketahui ciri-cirinya dari kehamilan. Mengapa demikian? karena secara umum seseorang yang mengalami kehamilan dapat diketahui secara fisik dan adanya gejala-gejala yang timbul pada tubuh.

Memang tidak semua orang wanita dapat merasakan gejala awal kehamilan terutama bagi wanita yang baru pertama kalinya mengalami kehamilan. Bahkan ada sebagian wanita yang baru menyadarinya ketika janin sudah mulai membesar. Sebenarnya banyak petunjuk yang dijadikan indikator seseorang mengalami kehamilan meskipun pada tahap satu minggu pertama.

Untuk mengetahui gejala dan tanda-tanda awal kehamilan, kaum wanita memang diperlukan dengan menggali informasi sebanyak-sebanyaknya pada orang-orang yang sudah berpengalaman, media-media yang membahas tentang kehamilan ataupun berkonsultasi langsung ke dokter ahli kandungan terdekat agar diberi penejelasan lebih detail.

Dalam laman firdaus45  akan berupaya memberikan informasi tentang ciri-ciri kehamilan agar semua wanita yang membutuhkan informasi dapat terbantu. Berikut ini beberapa tanda-tanda kehamilan wanita yang perlu diketahui.

Tanda tanda Kehamilan Pertama: Merasakan nyeri pada payudara terutama  bagian puting susu

Kaum wanita lebih akrab dengan timbulnya rasa sakit dan nyeri pada puting payudara sebelum menstruasi. Namun rasa nyeri pada puting payudara belum seberapa dibandingkan dengan rasa nyeri saat sedang mengalami kehamilan. Bertemunya antara sel telur dengan sel sperma dapat mendorong produksi hormon pada payudara untuk mengalami perubahan lebih besar dan tahap proses pembentukan air susu ibu (ASI) sehingga terasa lebih  perih, dan nyeri ketika tersentuh. Rasa nyeri pada puting payudara akan semakin bertambah seiring dengan berlanjutnya waktu  kehamilan.

Tanda tanda Kehamilan Kedua:  Areola mengalami perubahan warna menjadi gelap

Areola merupakan kulit gelap yang melingkar terletak didaerah sekeliling puting payudara. Perubahan warna pada aerola yang semakin gelap juga merupakan  tanda-tanda awal kehamilan seorang wanita. anda mengkin berubah warna. Secara umum,semakin bertambahnya umur kehamilan warna areola akan mengalami pelebaran. Selain itu, besarnya produksi hormon kehamilan yang mengalir diseluruh tubuh dapat memicu terjadinya perubahan warna kulit lainnya selain aerola.

Tanda tanda Kehamilan Ketiga: Munculnya Bercak Darah

Ketika sel embrio sudah mulai melekat pada rahim dapat menimbulkan adanya bercak-bercak darah yang keluar. Timbulnya bercak darah tersebut akan muncul lebih awal dari siklus bulanan yang pernah terjadi yakni sekitar 5-10 hari setelah kehamilan. Warna darah yang keluar dari rahim cenderung merah muda tidak seperti halnya warna darah yang muncul ketika sedang menstruasi. Tanda bercak darah tersebut dapat dijadikan indikator kehamilan seorang wanita.

Tanda tanda Kehamilan Keempat: Peningkatan kuantitas waktu buang air kecil

Saat sel telut telah dibuahi oleh sel sperma dapat mendorong produksi hormon dalam tubuh dan rahim mengalami pembesaran sehingga dapat menekan kandung kemih yang memicu produksi air seni lebih banyak. Hal tersebut merupakan tanda-tanda awal kehamilan.  Pada saat umur kehamilan  sekitar 2-3 minggu  keinginan untuk buang air kecil semakin meningkat tajam.

Tanda tanda Kehamilan Kelima: Mudah merasa kelelahan

Ketika sedang hamil tubuh banyak menguras tenaga dan memerlukan energi yang lebih besar. Sehingga ibu hamil memerlukan asupan makanan yang lebih bergizi dan bernergi agar janin yang dikandungnya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat ( Baca selengkapnya Tips  Menjaga Agar Kandungan Sehat dan Kuat ).

Kesehatan ibu hamil juga dapat mempengaruhi atau menentukan kesehatan dan kecerdasan otak janin. Dengan demikian cara yang terbaik adalah dengan memperhatikan pemenuhan asupan gizi yang cukup dan seimbang dalam kesehariannya. Jenis-jenis  makanan yang baik untuk ibu hamil juga sangat banyak dan mudah ditemukan

Tanda tanda Kehamilan Keenam: Mual dan Ingin Muntah

Tanda-tanda masa kehamilan pada saat trimester pertama dapat menyebabkan  gejala-gejala aneh yakni timbulnya rasa mual dan disertai ingin muntah atau yang sering disebut dengan istilah (morning sickness). Masalah tersebut sering muncul dan banyak dialami oleh ibu hamil sekitar minggu ke-6.  Maka dari itu, munculnya penyebab morning sickness perlu diketahui oleh ibu hamil sejak dini agar lebih mudah cara mengatasinya.

Tanda tanda Kehamilan Ketujuh: Indera pencium lebih peka terhadap bau

Kehamilan dapat memicu  indera pencium  mengalami peningkatan rangsangan terhadap bau. Perubahan ketajaman pada indra penciuman sering dialami oleh beberapa wanita hamil, Bahkan lebih sensitif terhadap bau tertentu dan mudah tersinggung.

Tanda tanda Kehamilan Kedelapan: Suhu tubuh meningkat

Peningkatan suhu tubuh juga termasuk dalam tanda-tanda kehamilan seorang wanita. Untuk itu, wanita hamil perlu menyiapkan thermometer khusus untuk mengukur dan mengetahui suhu tubuh yang terjadi. Secara umum, peningkatan suhu tubuh saat hamil meningkat sekitar 0,5 derajat celcius. Jika melebihi dari suhu rata-rata atau panas secara berlebihan kemungkinan banyak faktor-faktor lainnya. Jika terjadi hal demikian sebaiknya segera periksakan ke dokter ahli terdekat.

Tanda tanda Kehamilan Kesembilan: Tidak mengalami menstruasi

Tanda-tanda kehamilan seorang wanita dapat diketahui dengan  berhentinya menstruasi dalam satu siklus normal. Dalam satu skilus normal seorang wanita yang mengalami telat menstruasi dapat dijadikan indikator sedang mengalami kehamilan dan segera melakukan uji kehamilan untuk memastikan hasilnya.

Memastikan Ciri ciri Kehamilan dengan Uji Tes Kehamilan Mandiri

Selain menggunakan naluri dari tanda-tanda fisik  seorang wanita hamil. Cara yang paling tepat untuk menentukan kepastiaan kehamilan adalah dengan menggunakan ilmu kedokteran. Ilmu kedokteran yang digunakan untuk memastikan kehamilan  yakni dengan menggunakan uji tes kehamilan mandiri. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mrnguji kehamilan secara mandiri.

Siapkan alat pengukur kehamilan  saat buang air kecil yakni dengan mengukur kadar  kadar human chorionic Gonadotopin (hCG) sebanyak satu hingga dua kali pengukuran. HCG merupakan hormone kehamilan yang dihasilkan oleh plasenta. Menguji kehamilan melalui kadar hCG pada urin dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

Hasil yang didapatkan dari Alat uji kehamilan mandiri juga dapat diketahui lebih cepat dan tepat, terutama digunakan pada saat mendekati tanggal dimulainya kehamilan.  Masuknya human chorionic Gonadotopin (hCG) ke aliran darah dan air seni hampir seketika setelah melekatnya embrio pada rahim yakni setelah terjadinya proses pembuahan sekitar 6-12 hari.

Hasil dari tes kehamilan dapat diketahui secara positif setelah hCG terdapat di dalam air seni. Namun menguji kehamilan mandiri terkadang banyak kendala dari keterbatasan tingkat kepekaan alat. Jumlah kadar hCG yang terdapat di dalam air seni, setelah masa kehamilan berlangsung selama satu minggu hasilnya masih negatif. Melakukan  pengukuran kadar hCG dengan menggunakan alat tes kehamilan pada saat hari ketujuh sebelum perkiraan menstruasi, Untuk mengetahui hasil kehamilan dengan  memerlukan ketelitian hingga 60%.

Memastikan Ciri ciri Kehamilan dengan Tes Darah

Cara mendeteksi kehamilan juga dapat dilakukan dengan menguji jumlah kadar hCG dalam darah. Namun untuk memastikan hasilnya dengan membutuhkan ketelitian hingga 100%, Jika cara tersebut dilakukan satu minggu setelah masa pembuahan sel telur, Hal yang lebih istimewa dari alat uji kehamilan melaui tes darah, dapat membantu untuk menentukan kepastiannya tanggal awal mulanya kehamilan. Yang menjadi acuan dari tes darah untuk menentukan permulaan kehamilan adalah dengan mengukur jumlah kadar hCG di dalam darah. Hal ini disebabkan  karena seiring bertambahnya umur kehamilan jumlah kadar hCG selalu berubah.

Seiring bertambahnya tahun alat-alat  teknologi uji kehamilan pun semakin canggih. Hal ini akan mempermudah untuk mengetahui dan memastikan kehamilan  seseoarang. Menguji kehamilan yang paling mudah dilakukan dengan sendirian adalah ,dengan meggunakan alat uji  tes kadar hCG air seni. Namun hasilnya tidak semaksimal uji kehamilan melalui tes darah yang dilakukan oleh dokter. 

Jika pernah mengalami tanda-tanda kehamilan namun hasil tes menunjukkan nilai negatif atau bahkan kesulitan susah hamil (Baca selengkapnya Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil.). Kemungkinan hal tersebut dipengaruhi oleh faktor kesehatan yang kurang bagus. Jika terjadi hal demikian sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ahli kandungan terdekat. Agar dapat diketahui penyebabnya secara pasti.

Baca juga: Tanda tanda melahirkan