2/20/2016

Agar Tidak Terlanjur Parah, Yuk Kenali Secara Pasti Gejala Kolesterol Tinggi Pada Diri Sendiri

Agar Tidak Terlanjur Parah, Yuk Kenali Secara Pasti Gejala Kolesterol Tinggi Pada Diri Sendiri

Firdaus45 – Pada dasarnya, keberadaan kolesterol di dalam tubuh tidak membahayakan kesehatan. Hanya saja mereka-mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehatlah yang seharusnya selalu mengkhawatirkan kadar kolesterol dalam dirinya.

Kolesterol yang sudah terlampau tinggi itulah yang menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan pada seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sejak dini kita senantiasa memperhatikan  gejala-gejala kolesterol tinggi agar tidak mengejutkan kita nantinya.

Kolesterol merupakan zat lemak atau biasa disebut dengan istilah lipid.  Lipid memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjalankan  fungsi organ tubuh tetap normal.

Agar Tidak Terlanjur Parah, Yuk Kenali Secara Pasti Gejala Kolesterol Tinggi Pada Diri Sendiri

Zat lipid didapatkan dari berbagai macam jenis-jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Serta dapat diproduksi oleh tubuh sendiri tepatnya dalam organ hati. Peredaran kolesterol keseluruh tubuh melalui darah dibantu oleh senyawa protein, dan gabungan antara kedua zat tersebut akan membentuk lipoprotein dalam tubuh.

Lipoprotein yang terdapat dalam tubuh tersebut menjadi dua jenis bagian dengan peran yang berbeda. Kedua Lipoprotein tersebut adalah LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). Peran dari kedua Lipoprotein tersebut jaauh sangat berbeda dimana HDL (High Density Lipoprotein) merupakan senyawa kolseterol yang memiliki peran baik pada tubuh. Sedangkan LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan senyawa kolesterol jahat dan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Semakin tinggi kandungan LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh akan semakin membahayakan kesehatan.

Kolesterol HDL memberikan peran yang sangat penting untuk memerangi dan melarutkan kolesterol jahat pembentuk  plak pada dinding pembuluh darah, penyebab penyakit aterosklerosis. Kelebihan kadar kolesterol di dalam darah (hiperlipidemia) yang melebihi batas normal antara 160 - 200 mg akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Hal ini perlu diwaspadai gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penumpukan kadar kolseterol LDL tinggi.

Gejala Kolesterol Tinggi

Terkadang tidak semua orang mengetahui gejala-gejala yang timbulkan akibat kelebihan kolseterol tinggi pada tubuh. Untuk itu, ada baiknya mengetahui akan gejala-gejala kolseterol tinggi sejak dini, agar tidak terserang berbagai macam komplikasi penyakit lainnya.  Berikut ini beberapa gejala kolesterol tinggi yaang perlu diketahui

1. Timbul rasa nyeri pada kaki

Penumpukan kolseterol yanG terlalu tinggi pada tubuh dapat menimbulkan gejala umum seperti klaudikasio. Klaudikasio merupakan sejenis penyakit akibat timbulnya rasa  nyeri atau rasa tidak nyaman pada bagian kaki. Klaudikasio timbul karena terjadinya peryumbatan pembuluh arteri sehingga darah yang akan mengalir menuju  kaki menjadi terhambat.

Selain itu, kaki  terasa berat  saat digunakan berjalan atau melakukan gerakan lainnya. Rasa sakit yang timbul biasanya dapat tersebar di seluruh kaki, seperti betis, paha, bahkan sampai terjadi hingga ke bokong. Rasa nyeri pada kaki dapat dihilang sesaat saat digunakan untuk bergerak atau berjalan, namun dapat timbul kembali secara tiba-tiba hal ini dikarenakan karena kelebihan kadar kolesterol yang tidak dapat terkontrol oleh tubuh.
 
2.  Bentuk kuku menebal dan pertumbuhan lambat

Kondisi kadar kolerterol yang tinggi juga dapat memicu pertumbuhan kuku terhambat, karena pasokan darah pada sel kuku tidak berjalan maksimal. Selain itu kolesterol tinggi juga dapat membuat bentuk kuku mengalami perubahan yakni dengan mengalami penebalan. Dengan demikian yang mengalami gejala penebalan bentuk kuku segera lakukan pemeriksaan guna memastikan kesehatan tubuh.

3. Terjadinya masalah kram ketika malam hari

Kandungan kadar kolesterol pada tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rasa kram pada seluruh anggota badan. Seperti yang telah dikatakan oleh  Dr. Darren Schneider, orang yang mengalami kenaikan kolesterol tinggi, Ketika sedang tidur akan merasakan kram di bagian tumit, jemari kaki, atau kaki bagian bawah.

Rasa sakit pada kaki akan segera hilang jika posisi kaki digantungkan atau ditempatkan dengan posisi lebih tinggi dari posisi badan. Agar lebih mudah untuk dilakukan yakni dengan memberikan sandaran kaki yang lebih tinggi ketika sedang tidur.

4. Mengalami perubahan pada kulit

Terjadinya perubahan warna kulit yang tidak wajar juga merupakan gejala dari kolerterol tinggi. Warna kulit yang banyak mengandung kolseterol tinggi mengalami perubahan warna menjadi merah keunguan. Hal tersebut dikarenakan terjadinya pelebaran pada pembuluh darah, sehingga sistem sirkulasi darah pada sel kulit terganggu dan tidak lancar.

Seperti yang telah banyak dilakukan oleh dokter saat melakukan pengecekan kadar kolesterol pada seorang pasien yaitu dengan cara mengangkat atau meletakkan kaki di atas meja. Kaki yang memiliki gangguan peredaran aliran darah berwarna putih pucat dan lama kelamaan terjadi perubahan warna menjadi merah keunguan.

5.  Kaki terasa dingin

Organ tubuh pada bagian  kaki yang sering mengalami dingin sebelah merupakan tanda-tanda dari gejala kadar kolesterol tinggi. Jika sering mengalami hal tersebut segera konsultasikan pada dokter ahli terdekatt untuk mendapat informasi dan kepastian lebih lanjut. Namun bagian kaki yang terasa dingin tidak dapat dijadikan indikator untuk menentukan tingginya kadar kolesterol secara pasti, karena kemungkinan faktor suhu daerah sekitar sehingga pada beberapa orang memiliki kadar kolesterol normal juga sering merasakan kedua kakinya dingin ketika sedang disentuh.

6. Proses pemulihan luka yang lambat

Gejala kolesterol juga ada berkaitannya dengan ciri-ciri penderita penyakit diabetes. Hal yang menyerupai dengan gejala penyakit diabetes salah satunya adalah luka yang susah disembuhkan terutama luka pada bagian kaki. Penurunan sirkulasi merupakan menjadi penyebab lambannya proses penyembuhan luka. Walaupun terbilang lambat namun juga bisa disembuhkan.

7. Mati rasa pada beberapa bagian tubuh

Timbulnya mati rasa pada organ tubuh seperti beberapa jari tangan atau jari-jari kaki merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan dari kelebihan kolesterol LDL. Gejala seperti terjadinya mati rasa juga memiliki kesaam pada gejala penyakit asam urat. Penyakit asam urat juga merupakan jenis penyakit yang sangat membahayakan yang hampir sama dengan penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Dengan demikian jika terjadi gejala seperti timbulnya mati rasa pada jar-jari tangan atau kaki segera lakukan pemeriksaan pada dokter ahli terdekat.

8. Sering mengalami diare

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat memicu timbulnya penyakit diare. Hal ini disebabkan kadar kolesterol tinggi dapat mengakibatkan sistem pencernaan dan proses penyerapan terhambat. Sehingga terjadi penumpukan yang berlebih  dan menjadi tempat  berkembang biaknya bibit-bibit penyakit penyebab diare.

9. Tubuh lesu disertai timbulnya rasa sakit pada kepala  bagian sebelah (migrain)

Migrain walaupun  bukan termasuk gejala dari kolesterol tinggi yang pasti. Namun  kolesterol tingggi dapat memicu terjadi sakit kepala sebelah (migrain). Selain itu tubuh tampak lesu tak berdaya, karena kinerja sistem metabolisme dalam tubuh mengalami hambatan yang drastis. Kolesterol tinggi dapat membuat tubuh kekurangan energi seingga tubuh mudah terasa lelah dan lesu..

10. Terganggu kinerja otak sehingga mengalami penurunan kemampuan memori

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan kemampuan otak mengalami penurunan untuk mengingat. Kolesterol banyak tersimpan pada organ otak. Jika jumlah kadar kolesterol LDL lebih tinggi daripada  kolesterol HDL maka otak kesulitan untuk melakukan aktifitasnya terutama terutama dalam proses mengingat. Berkurangnya daya ingat akan membuat seseorang lebih cencerung mudah emosi, dan memicu penyakit alzeimer beserta penyakit neurologis lainnya.

11.  Jantung berdebar

Jantung yang sering sakit berdebar atau mengalami palpitasi merupakan gejala dari kolesterol tinggi. Tinnginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menghambat sirkulasi darah yakni pembuluh darah mengalami penyempitan. Terjadinya peyempitan pembuluh darah merupakan sinyal utama yang dapat membuat jantung mengalami masalah salah satunya seperti jantung berdebar. Hal ini dikarenakan aktifitas jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh membutuhkan tekanan yang sangat keras. 

12.  Mengalami kelebihan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat terjadi karena banyaknya kolesterol yang menumpuk pada tubuh. Hal ini penyerapan lemak dalam tubuh tidak berjalan maksimal sehingga akan mengalami penumpukan pada tubuh. Kelebihan berat badan memiliki kaitan erat dengan kolseterol tinggi. Untuk  itu yang memiliki berat badan berlebih juga perlu waspada akan adanya kolesterol tinggi dalam tubuh. 

13. Perut sering kembung

Kadar kolesterol tingggi yang paling sering terjadi menimbulkan gejala perut kembung. Hal ini disebabkan proses penyerapan asam lambung tidak sempurna, sehingga mengalami penumpukan asam lambung dan menyebabkan terbentuknya gas yang sulit untuk dikeluarkan melalui saluran usus. Maka dari itulah awal mula timbulnya masalah seperti perut.

14.  Muncul benjolan pada beberapa bagian tubuh

Jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh memicu terjadinya pembentukan benjolan pada bagian tubuh tepatnya terletak diantara otot dan kulit. Benjolan dalam tubuh akibat kolseterol tinggi biasa disebut sebagai lipoma.  Lipoma sering terjadi pada tubuh dibagian  leher, perut, tangan,  dan kaki dengan bentuk yang sangat kecil dan lembut, rata-rata memiliki diameter sekitar satu inci, dan merupakan pusat tumor di bawah kulit.

Jika terjadi gejala-gejala seperti  tersebut diatas sebaiknya memperhatikan menu makan yang sehat untuk mencegah terjadinya kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. (Baca selengkapnya : Tips Mecegah Kolesterol Dengan Menu Makanan Penurun Kolesterol ). Selain itu untuk memberikan efek yang aman secara jangka panjang. Hal yang menjadi alternafit untuk mengobati kolesterol tinggi dengan mengkonsumsi ramuan herbal salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirsak. (Baca selengkapnya : Tips dan Cara Mengobati Kolesterol Menggunakan Daun Sirsak )

Selain memperhatikan menu makanan sehat dan pengobatan menggunakan ramuan herbal, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter ahli terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Yang terpenting adalah untuk memastikan konsdisi kesehatan dari kadar kolseterol tinggi dalam tubuh. Demikian artikel menganai gejala-gejala kolesterol tinggi semoga dapat bemanfaat.

Artikel Menarik Lainnya