2/01/2016

9 Tips Sederhana Merawat Kaki Untuk Penderita Diabetes

 9 Tips Sederhana Merawat Kaki Untuk Penderita Diabetes

Firdaus45 - Merawat penyakit kencing manis / diabetes melitus selain menggunakan obat diabetes juga dapat dilakukan dengan cara sederhana. Terkadang merawat penyakit kencing manis dengan cara sederhana dan alami menjadi pilihan banyak orang.

Selain praktis dan mudah diterapkan juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit komplikasi akibat kencing manis.

Penyakit kencing manis atau diabetes melitus selain dapat mengakibatkan komplikasi jenis penyakit lain juga tidak lepas kaitannya dengan masalah seputar kaki. Gejala diabetes sering timbul dengan kondisi permukaan kaki yang tidak sehat seperti mengalami pembengkakan, kulit berubah menjadi merah, kulit pecah-pecah, nyeri, linu dan luka yang tidak kunjung sembuh merupakan  hal yang harus diwaspadai bagi  penderita diabetes atau penderita penyakit kencing manis.



Untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan atau masalah yang berkaitan dengan kaki, para penderita diabetes harus segera memberikan perhatian lebih pada kondisi kakinya. Agar organ kaki selalu terasa segar dan sehat.

Melakukan perawatan kaki untuk penderita diabetes adalah langkah yang tepat dalam mencegah timbulnya penyakit komplikasi diabetes.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang harus dilakukan oleh penderita diabetes untuk membantu menjaga kesehatan kaki agar tetap

1. Memperhatikan kondisi kaki yang lebih maksimal seperti halnya merawat wajah.

Sebagian besar orang lebih cenderung mengabaikan perawatan kaki terutama bagi penderita diabetes. Penderita penyakit kencing manis disarankan selalu memeriksa kondisi kaki setiap hari apakah ada luka, bintik-bintik merah, lecet dan bengkak. Jika kesulitan dalam memeriksa bagian permukaan kaki, dapat menggunakan bantuan cermin agar dapat memastikan kondisi kaki.

2. Merendam kaki kedalam air sabun hangat setiap hari.

Merendam kaki kedalam air hangat setiap hari merupakan hal yang tepat untuk merawat kesehatan kaki, sehingga akan mendapatkan manfaat kelembaban alami. Karena penderita penyakit diabetes sebagian besar memiliki gejala permukaan kaki yang kering dan kasar. Ada yang perlu diingat, saat mengeringkan kaki setelah melakukan perendaman harus lebih berhati-hati dan diusap pelan-pelan terutama di antara jari-jari kaki, untuk mencegah lecet dan infeksi jamur.

3. Memberikan pelembab pada permukaan kaki  secara teratur.

Permukaan kulit kaki yang sering kering sebaiknya segera diberikan perhatiaan lebih dengan mengoleskan lotion maupun minyak zaitun keseluruh kulit kaki secara merata. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesenjangan antara jari-jari kaki Anda.

4. Menghilangkan kapalan pada telapak kaki secara lembut.

Penderita penyakit diabetes sering imbul kulit kaki yang kapalan. Untuk menggusir kapalan tersebut dapat menggunakan batu apung yang digosok-gosokan secara lembut pastikan kulit kaki tidak lecet.

5. Memotong kuku kaki  secara rutin.

Apabila kuku kaki yang sudah memanjang sebaiknya segera lakukan pemangkasan secara rutin, setidaknya setiap satu minggu sekali. Agar kondisi bagian ujung jari  kuku terlihat bersih dan bebas dari kotoran. Kotoran yang menempel pada kuku dapat mengakibatkan infeksi karena sebagai tempat perkembangbiakan bakteri dan kuman penyakit.

6. Memilih sepatu dengan hati-hati yang tidak terlalu sempit.

Penderita penyakit diabetes dalam memilih sepasang sepatu harus lebih berhati-hati yang pas tidak terlalu kecil agar lebih nyaman dan cocok. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari  kulit kaki dari lecet-lecet. Secara umum penderita penyakit diabetes memiliki kulit yang cenderung lebih mudah lecet. Untuk itu, selalu periksa bagian dalam sepatu Anda untuk menghindari dari kulit kaki terluka.

7. Memberikan sirkulasi peredaran darah pada kaki tetap berjalan.

Tidak disarankan untuk duduk bersila dalam jangka waktu yang terlalu lama. Sesegera mungkin menggerakkan pergelangan kaki dengan gerakan naik dan turun serta menggerakkan setiap jari-jari kaki selama sekitar 5 – 7 menit.

8. Mengoleskan minyak zaitun pada kaki.

Minyak zaitun memiliki khasiat yang sangat berlimpah, selain memberikan kelembaban alami. Minyak zaitun juga dapat menigkatkan kekebalan tubuh terutama untuk mengusir bakteri pada kulit kaki.

9. Konsultasikan ke dokter secara teratur.

Memeriksakan diri ke dokter ahli secara teratur dan rutin juga sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan. Salah satu yang paling penting adalah untuk memastikan kadar gula dalam darah, agar dapat mengontrol asupan kadar gula dengan baik. Selain itu, juga untuk merikasa kondisi tubuh agar terhindar dari komplikasi penyakit lainnya.

Memperhatikan kesehatan kaki merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh penderita penyakit diabetes. Selain itu, penderita diabetes juga harus memperhatikan jenis-jenis makanan yang rendah kadar gula. Agar kadar gula dara dalam tubuh tetap terkontrol lebih maksimal.