2/08/2016

Inilah Manfaat Yodium Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Diketahui


Inilah Manfaat Yodium Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Diketahui

Firdaus45.com -  Cara menjaga kesehatan tubuh yang benar dan tepat tentunya menjadi pilihan utama oleh setiap orang. Menjaga kesehatan tubuh yang benar harus menjaga keseimbangan asupan mineral. Salah satu mineral yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh adalah senyawa yodium.

Sebenarnya banyak jenis makanan yang mengandung sumber yodium disekitar kita. Namun masih ada sebagian besar masyarakat yang tidak menyadarinya. Atau kemungkinan memang belum mengenal apa itu yodium.

Untuk itu, ada baiknya mengenali tentang yodium lebih detail yakni mengetahui fungsi yodium, makanan penghasil yodium, sumber yodium dan efek kekurangan yodium bagi tubuh.

Yodium merupakan salah satu jenis mineral yang dapat ditemukan pada unsur-unsur laut, seperti garam, ikan laut serta tumbuhan laut, seperti  rumput laut dan ganggang.



Senyawa yodium dalam unsur kimia memiliki nomor atom 53 dengan lambang “I” yang merupakan kepanjangan dari Iodium. Manfaat yodium sangat diperlukan oleh tubuh dalam menjalankan sistem metabolisme. Organ tubuh tidak dapat menghasilkan yodium sendiri, sehingga membutuhkan asupan makanan yang banyak mengandung senyawa yodium.

Dalam kesehariannya organ tubuh tidak akan lepas kaitannya dari kebutuhan yodium. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum menyadari akan manfaat dari yodium bagi kesehatan tubuh. Perlu diketahui, kekurangan zat yodium dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Manfaat Yodium Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari yodium bagi tubuh :

1. Mengontrol kinerja kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid memiliki peran dan fungsi paling utama untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan tubuh. Letak dari kelenjar tiroid berada pada bagian leher tepatnya dibawah laring (larynx) atau rongga pernapasan. Kelenjar tiroid memerlukan asupan yodium untuk menjalankan aktifitasnya dalam tubuh. Perlu diketahui, peran dari kelenjar tiroid adalah sebagai berikut
  • Mengatur sistem metabolisme tubuh dalam  proses pembakaran energi
  • Membantu memproduksi protein dalam tubuh   
  • Mengatur dan menghasilkan pembentukan hormon dalam tubuh.

2. Mencegah penyakit gondok

Manfaat yodium salah satunya adalah untuk mencegah penyakit gondok. Penyakit gondok merupakan jenis penyakit yang berupa pembengkakan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiorid tidak akan lepas kaitannya dari kebutuhan yodium. Masalah yang kerap terjadi akibat  kekurangan kadar yodium dalam tubuh adalah mengalami pembengkakan pada kelenjar tiroid atau disebut sebagi penyakit gondok. Secara umum gejala timbulnya penyakit gondok ditandai dengan munculnya benjolan yang besar pada daerah leher.

3. Mencegah gangguan mental

Manfaat yodium juga dapat digunakan untuk menjaga perkembangan mental dan kecerdasan seseorang. Dengan mencukupi kebutuhan yodium di dalam tubuh, akan dapat membantu menjaga kecerdasan dan kesehatan mental seseorang.

Kekurangan asupan yodium merupakan salah satu faktor utama penyebab seseorang mengalami keterbelakangan mental / mental retardation / intelligence disability. Secara umum, ciri-ciri penderita keterbelakangan mental ditandai dengan, Nilai IQ yang relatif rendah, kesulitan dalam bersosialisasi dan beraktivitas secara normal, serta memiliki kelainan bentuk tubuh.

4. Menjaga kesehatan kulit dari serangan

Zat yodium memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi gangguan pada kulit yang disebabkan oleh persebaran dan infeksi dari jamur. Beberapa jenis gangguan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur antara lain adalah eksim, kudis, kurap, kutu air dan kusta / lepra

Pemanfaatan yodium dapat berupa dikonsumsi ataupu penggunaan dari luar.  Dalam mengkonsumsi yodium untuk membantu proses perawatan kulit harus dilakukan oleh anda secara teratur dan tidak boleh berlebihan.

5. Untuk membunuh kuman penyakit dalam luka luar

Yodium dapat bermanfaat untuk mengusir kuman penyakit pada luka tubuh bagian luar akibat terjatuh, terparut atau teriri. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan yodium kedalam air bersih ,untuk membersihkan luka. Yodium memberikan efek yang sangat efektif untuk membunuh kuman yang menempel pada luka anda secara cepat dan instant, sehingga tidak akan khawatir dari masalah infeksi. pada luka.

6. Untuk mencegah penyakit stroke

Penyakit stroke terkadang datang menyerang penderita secara tiba-tiba. Hal ini membuat seseorang sangat mengkawatirkan. Karena penyakit stroke proses penyembuhannya tidak begitu mudah. Untuk itu kita perlu memenuhi asupan kadar yodium dalam tubuh agar terhindar dari penyakit stroke.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Zat yodium juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai macam penyakit. Menurut dari sebuah penelitian ahli medis menyatakan bahwa memenuhi kebutuhan asupan yodium kedalam tubuh setiap harinya secara tepat dan teratur dapat terhindar dari resiko penyakit pada mata. Beberapa jenis penyakit mata yang dapat dicegahakibat dari kekurangan kadar yodium antara lain, Rabun ayam, katarak , Mata silindris, rabun dekat dan rabun jauh. Selain itu, yodium juga dapat berfungsi untuk memperbaiki daya penglihatan mata yang sudah menurun

8. Mencegah penyakit kanker payudara

Zat yodium memiliki peran yang sangat penting yakni mampu mencegah serangan dari penyakit berbahaya dalam tubuh. Jenis penyakit berbahaya yang dapat dicegah oleh mineral yodium salah satunya adalah jenis penyakit  kanker payudara. Kaum wanita agar terhindar dari masalah kanker payudara sebaiknya dengan mengkonsumsi yodium secara teratur dan tepat. Baca selengkapnya beberapa makanan yang banyak mengandung kadar yodium tinggi.

Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kadar mineral yodium dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk penjernih air minum yang bagus dan menyehatkan. Tingkat kejernihan air juga menjadi faktor yang mepengaruhi tingkat kesehatan tubuh seseorang.