12/20/2016

12 Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh 

Firdaus45 - Selain biji ketumbar, daun ketumbar juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi daun ketumbar juga sangat berlimpah. Namun tidak semua orang mengetahui akan manfaat dan kegunaan daun ketumbar bagi kesehatan tubuh. Sebagian besar orang secara umum memanfaatkan ketumbar pada bagian bijinya. Biji ketumbar biasa digunakan oleh kaum ibu-ibu sebagai pelengkap bumbu dapur atau penyedap berbagai macam masakan.      

Ketumbar termasuk jenis tananam rempah-rempah yang banyak ditemukan di wilayah benua Asia, terutama di Negara Indonesia. Sampai saat ini manfaat tanaman ketumbar sudah mulai mendunia. Bahkan setiap penduduk di seluruh penjuru dunia membutuhkan ketumbar baik daun maupun bijinya.

Antara daun ketumbar dan biji ketumbar memiliki kandungan gizi, mineral dan antioksidan yang melimpah. Sehingga ketumbar banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.



Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh 

Dalam artikel manfaat daun ketumbar ini akan membahas beberapa manfaat daun ketumbar yang perlu diketahui oleh banyak orang. Berikut ini manfaat yang diperoleh dari daun ketumbar bagi kesehatan tubuh.

1. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti hasil dari sebuah penelitian daun ketumbar banyak mengandung zat antibiotik alami yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Sejenis senyawa antibiotik yang terkandung dalam daun ketumbar salah satunya antara lain adalah dodecenal. Senyawa dodecenal yang terkandung dalam daun ketumbar memiliki peran  dua kali lebih efektif dari gentamisin dalam membunuh bakteri salmonella pada makanan.

2. Manfaat daun ketumbar untuk mencegah timbulnya sel  kanker dalam tubuh

Salah satu jenis tanaman herbal yang ditemukan pada daun ketumbar dapat berperan sebagai zat anti kanker alami. Zat antioksidan yang terdapat dalam daun ketumbar diantaranya adalah zat beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, quercetin, dan kaempferold. Beberapa zat tersebut memiliki peran yang sangat baik sebagai zat pembunuh sel kanker dalam tubuh. Selain itu, zat-zat antioksidan tersebut mampu menekan serta menurunkan risiko stres oksidatif.

3. Manfaat daun ketumbar untuk mengobati penyakit akibat radang pada kulit

Daun ketumbar dikenal mengandung senyawa Cineole. Senyawa cineole termasuk salah satu dari 11 komponen minyak esensial, dan asam linoleat. Kedua senyawa memiliki sifat antirematik dan antiartritik. Sehingga daun ketumbar dapat bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit  peradangan pada kulit. Selain itu, minyak esensial, dan asam linoleat juga  dapat berperan untuk meningkatkan kinerja metabolisme dalam memperbaiki struktur sel kulit.

4. Manfaat daun ketumbar untuk zat anti mikroba

Kandungan minyak atsiri dalam daun ketumbar bersifat anti mikroba, sehingga sangat baik  sebagai  ramuan untuk mencegah terjadinya infeksi jamur, dan bakteri dalam tubuh.

5. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan kesehatan kulit

Nutrisi yang terkandung dalam daun ketumbar bersifat desinfektan, detoksifikasi, antiseptik, anti jamur, dan sifat antioksidan. Sifat sifat penting yang dimiliki oleh daun ketumbar sangat ideal untuk membersihkan gangguan kulit seperti eksim, kusam, kering dan infeksi jamur.

6. Manfaat daun ketumbar untuk menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi ramuan dari daun ketumbar secara teratur dan rutin, terbukti sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Interaksi antara ion kalsium dan kolinergik, neurotransmiter pada sistem saraf perifer dan pusat, lebih umum dikenal sebagai asetilkolin. Interaksi kedua unsur pembuluh darah tersebut dapat mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Baca juga:  Pencegahan hipertensi

7. Manfaat daun ketumbar untuk mengobati penyakit diare

Daun ketumbar banyak mengandung  minyak esensial seperti Borneol dan Linalol, kedua senyawa Borneol dan Linalol pada daun ketumbar dapat bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan fungsi hati dan lambung. Selain itu beberapa komponen lainnya seperti Cineole, Borneol, Limonene, Alpha-pinene & beta-phelandrene bersifat  anti bakteri dan mampu menyembuhkan penyakit diare dengan mudah

8. Manfaat daun ketumbar untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Zat asam seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askorbat (vitamin C-) pada dun ketumbar  sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kelebihan kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan masalah pada kardiovaskular seperti artherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

9. Manfaat daun ketumbar untuk mencegah dan  mengobati penyakit anemia

Daun ketumbar dikenal banyak mengandung zat besi. Zat besi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh membantu melancarkan produksi sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Sehingga dapat mecegah timbulnya penyakit anemia. Kurangnya asupan  zat besi dalam darah dapat menyebabkan sesak napas, jantung berdebar-debar, kelelahan ekstrim, dan penurunan fungsi kognitif.

10. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan kesehatan tulang

Daun ketumbar juga banyak mengandung kalsium dan zat besi. Kedua zat tersebut merupakan  zat vital yang sangat berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang yakni membantu proses pertumbuhan, dan mencegah timbulnya berbagai kelainan dalam tulang.

11. Manfaat daun ketumbar untuk meningkatkan kesehatan mata

Jumlah nilai gizi yang berupa kandungan zat beta-karoten dalam daun ketumbar sangat tinggi, zat tersebut merupakan zat anti-oksidan yang sangat berperan dalam membantu mencegah masalah penglihatan. Sehingga dengan memanfaatkan daun ketumbar dapat mencegah timbulnya degenerasi makula dan katarak.

12. Manfaat daun ketumbar untuk mencegah penyakit sariawan

Kandungan minyak atsiri pada daun ketumbar, merupakan antiseptik yang sangat baik. Ia memiliki sifat antimikroba serta mampu menyembuhkan luka akibat penyakit sariawan dalam rongga mulut. Selain itu, daun ketumbar dapat bermanfaat untuk menyegarkan napas dan mencegah bau mulut. Sehingga sangat cocok untuk pengobatan herbal dalam jangka panjang.

Baca juga: Manfaat ciplukan bagi kesehatan tubuh