Waspada!! Inilah Penyebab Janin Meninggal dalam Kandungan Ibu Hamil

Waspada!! Inilah Penyebab Janin Meninggal dalam Kandungan Ibu Hamil

Firdaus45.comPenyebab Janin Meninggal dalam Kandungan - Setiap ibu hamil tentu tidak akan mengharapkan terjadi sesuatu  (keguguran misalnya) terhadap janin yang dikandungnya. Akan tetapi, resiko-resiko memperoleh keguguran setiap ibu hamil berbeda-beda. Bagi ibu hamil yang memiliki kondisi fisik lemah, atau kekurangan gizi selama masa kehamilan akan lebih rentan mendapati kematian janin yang dikandungnya (Baca: Dampak KEK pada Ibu Hamil). Jika merasa kondisi fisik Anda selama masa kehamilan tidak terlalu fit, maka perlu kiranya bagi Anda untuk terus waspada dan selalu memantau bagaimana perkembangan janin yang sedang Anda kandung.

Perlu menjadi perhatian disini yaitu perbedaan antara keguguran dan janin meninggal dalam kandungan. Sebuah janin dikatakan meninggal di dalam kandungan ketika janin telah mencapai usia kehamilan lebih dari 140 hari dengan berat janin telah mencapai kurang lebih 500gr. Sedangkan jika kejadian janin meninggal terjadi ketika usia kehamilan dibawah usia trimester pertama, maka kejadian tersebut dikatakan keguguran atau abortus.



Terjadinya masalah kehamilan yang berupa janin meninggal di dalam kandungan,hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor yang memicu kematian janin dalam kandungan bisa terjadi dari faktor luar (kondisi kesehatan sang ibu) maupun dari kondisi kesehatan janinnya itu sendiri (Baca: Tips menguatkan janin dalam kandungan). Sehingga selama masa kehamilan diperlukan perawatan yang ekstra yakni dengan memenuhi kebutuhan gizi, menjaga pola makan yang sehat, berolah raga secara teratur dan lain sebagainya.

Beikut ini artikel yangg disarankan untuk menambah wawasan tentang makanan sehat ibu hamil yang harus dipenuhi.

Membiasakan diri dengan memperhatikan gaya hidup sehat yang benar, kemungkinan besar akan mengurangi masalah kehamilan seperti janin meninggal dalam kandungan. Perlu anda ketahui, beberapa penyebab janin meninggal dalam kandungan yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

1. Penyebab janin meninggal dalam kandungan ibu hamil karena Kehamilan lewat waktu.  

Secara umum, masa kehamilan ditargetkan hingga selama 42 minggu. Jika masa kehamilan melebihi dari 42 minggu, kehamilan tersebut dinamakan hamil lewat waktu. Jika terjadi hhal demikian maka plasenta akan mengalami penuaan sehingga tidak memiliki fungsi yang tepat. Plasenta yang tidak berfungsi dengan sempurna dapat mengakibatkan janin mengalami kekurangan jumlah asupan nutrisi dan oksigen karena ibu hamil kekurangan gizi.

Selain itu, masa kehamilan yang melebihi batas waktu dari 42 minggu akan mengakibatkan cairan ketuban mengalami perubahan menjadi kental dan berwarna hijau.  Apabila air ketuban yang telah berubah mejadi kental dan berwarna hijau tersebut, terisap oleh janin dan masuk ke dalam paru-parunya dapat menyebabkan efek yang sangat berbahaya yakni janin mengalami keracunan, infeksi, hingga meninggal dunia.

2. Penyebab janin meninggal dalam kandungan ibu hamil karena Gawat janin.  

Janin membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang  dialirkan melalui tali pusat. Akan tetapi, jika tali pusat tersebut mengalami masalah dalam meyuplai oksigen maupun nutrisi seperti  terpelintir. Hal ini akan membuat janin kesulitan menerima suplai oksigen dan nutrisi, atau bahkan tidak dapat menerima oksigen sama sekali.

Terpelintirnya tali pusat pada janin diakibatkan karena janin mengalami gerakan yang sangat berlebihan, terutama gerakan pada satu arah secara terus menerus. Selain itu, karena dipengaruhi faktor kondisi kesehatan dari ibu hamil seperti sedang menderita jenis-jenis penyakit tertentu diantaranya penyakit diabetes, jantung, dan hipertensi.

Sehingga dapat menyebabkan janin mengalami kekurangan asupan oksigen dan nutrisi janin. Atau bisa jadi karena kehabisan air ketuban dan secara otomatis membuat tali pusat terkompresi antara badan janin dengan sang ibu sehingga akan mengakibatkan janin "tercekik" karena tidak dapat menerima suplai oksigen.

3. Penyebab janin meninggal dalam kandungan ibu hamil karena Penyakit ibu dan infeksi  

Ibu hamil yang mengalami gangguan penyakit dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan janin. Selain itu juga dapat menjadi pemicu penyebab janin meninggal dalam kandungan. Jenis-jenis penyakit tersebut yang secara umum sering dialami kaum ibu hamil adalah jenis penyakit diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung, gangguan kekurangan gizi, dan lain sebagainya.

Jenis penyakit-penyakit tersebut dapat mengganggu dan mengurangi jumlah asupan nutrisi ke janin sehingga pertumbuhan janin tidak dapat berkembang dengan baik. Selain itu, terjadinya masalah akibat infeksi bakteri maupun virus juga dapat mengakibatkan pertumbuhan janin terganggu bahkan sampai membuat janin meninggal. 

4. Penyebab janin meninggal dalam kandungan ibu hamil karena Golongan darah janin tidak cocok dengan ibu  

Perbedaan golongan darah antara ibu kandung dengan janin juga menjadi faktor penyebab janin meninggal dalam kandungan. Bisa jadi perbedaan golongan  darah seperti yang dimiliki ibu misalnya golongan darah A, sedangkan yang dimilliki janin golongan darah O atau B.

Ketidakcocokan golongan darah ini akan mengakibatkan janin mengalami kesulitan dalam menerima masukan nutrisi dan oksigen dari ibu, sementara zat antibodi dari dalam darah ibu untuk sistem pertumbuhan janin akan membuat terhenti. Hal inilah yang menjadi pemicu utama janin meninggal dalam kandungan ibu.

5. Penyebab janin meninggal dalam kandungan ibu hamil karena Kecelakan saat hamil

Kecelakaan yang dialami oleh Ibu hamil juga dapat menjadi pemicu gagalnya kehamilan. Benturan keras pada perut dapat mengakibatkan plasenta terlepas, robek dan terkadang benturan langsung mengenai janin. Ketika plasenta terlepas, atau robek sebagian kecil, akan tetapi jika terjadi perdarahan hebat akan menyebabkan sumber asupan oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh janin terhenti.
 
Beberapa tanda yang diperlihatkan ketika janin meninggal akibat benturan adalah munculnya darah (Flek) yang keluar dari daerah kewanitaan. Beberapa penyebab keluarnya darah seperti darah haid selama periode kehamilan banyak sekali faktor penyebabnya. Lebih jelasnya dapat anda baca pada penyebab keluar darah (flek) saat hamil.

6. Penyebab janin meninggal dalam kandungan ibu hamil karena Kelainan genetik dan bawaan

Kelainan genetik  yang berupa kelainan pada kromosom janin, dapat mengakibatkan sistem pertumbuhan janin akan terhenti. Selain itu, janin yang mengalami kelainan bawaan seperti terjadinya kelainan jantung janin yang tidak dapat tumbuh dengan sempurna, paru-paru janin tidak bisa mengembang, mengalami kebocoran,  atau jenis kelainan bawaan lainnya yang dapat mengakibatkan kematian janin.

7. Penyebab janin meninggal dalam kandungan ibu hamil karena Rhesus darah tidak cocok

Rhesus darah janin dan rhesus darah ibu yang tidak cocok juga dapat menjadi pemicu kematian janin dalam kandungan. Misalnya janin mengikuti rhesus darah Ayah yang lebih dominan. Padahal, rhesus (Rh) Ayah dan Ibu mengalami perbedaan yang signifigan misalnya Ibu memiliki Rh negatif sedangkan  Ayah memiliki  Rh positif.

Perbedaan jenis Rh dapat memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kondisi kesehatan janin. Akibat tidak cocoknya jenis Rh tersebut dapat mengakibatkan janin mengalami hidropsfetalis, cairan berlebih dalam rongga perut, reaksi imunologis berlebihan yang dapat menimbulkan pembengkakan pada kulit janin, penumpukan cairan di dalam rongga dada atau rongga jantung sehingga membuat janin kesulitan bernafas dan  tidak dapat melangsungkan hidupnya.

Janin yang hiperaktif
Gerakan janin yang berlebihan -apalagi hanya pada satu arah saja- bisa mengakibatkan tali pusat yang menghubungkan Moms dengan janin terpelintir. Akibatnya, pembuluh darah yang mengalirkan suplai oksigen maupun nutrisi melalui plasenta ke janin akan tersumbat. Tak hanya itu, tidak menutup kemungkinan tali pusat tersebut bisa membentuk tali simpul yang mengakibatkan janin menjadi sulit bergerak. Hingga saat ini kondisi tali pusat terpelintir atau tersimpul tidak bisa terdeteksi. Sehingga, perlu diwaspadai bilamana ada gejala yang tidak biasa saat hamil.

Untuk itu sebaiknya bagi ibu hamil, selama masa kehamilan harus lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan dengan optimal. Salah satunya dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang bergizi seperti buah-buahan ataupun sayuran. (Baca: Makanan sehat ibu hamil yang wajib dipenuhi)
Sering Merasakan Sakit Ketika Keluar Sperma? Yuk Cari Tahu Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya

Sering Merasakan Sakit Ketika Keluar Sperma? Yuk Cari Tahu Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya

Sering Merasakan Sakit Ketika Keluar Sperma? Yuk Cari Tahu Penyebabnya dan Bagaimana Mengatasinya - Bagi sebagian dari anda mungkin pernah merasakan sakit pada Mr. p anda ketika mengeluarkan sperma. Rasa sakit pada Mr. p anda merupakan salah satu gejala gangguan s3ksual. Pada umumnya, rasa sakit yang ditimbulkan berbarengan dengan rasa panas pada Mr.p anda. Dalam situasi tertentu akibat beberapa faktor, banyak pria yang alih-alih mengalami rasa nikmat, mereka malah merasakan rasa sakit saat mengeluarkan sperma. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan rasa sakit pada Mr.p ketika mengeluarkan sp3rma

Inilah Alasan Munculnya Rasa Sakit Saat Mengeluarkan Sp3rma

Tidak jarang seorang pria yang sudah beristri mengeluh merasakan sakit ketika mengeluarkan sperma. Rasa sakit akan semakin terasa ketika mendekati puncak kenikmatan. Pada dasarnya, penyebab sakit pada saat ejakulasi adalah karena adanya infeksi atau karena terjadi pembengkakan pada area sekitar Mr. P

Rasa sakit dan nyeri saat ejakulasi terjadi pada area di sepanjang rute yang dilalui oleh sperma dan air mani saat keluar dari saluran Mr. P melalui proses ejakulasi. Ketika seorang pria berejakulasi, otot-otot tubuhnya akan berkontraksi dan mulai mengirim semen dari prostat dan sperma dari testis.

Baik air mani maupun sperma dikeluarkan dari Mr. P melalui uretra. Setiap kondisi yang menyebabkan timbulnya peradangan atau infeksi pada struktur yang berhubungan dengan proses ejakulasi atau berada di sekitar struktur tersebut akan mengakibatkan ejakulasi yang menyakitkan.




Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi:

1. Orchitis (Orkitis)
Orchitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh terjadinya peradangan pada area epididimitis yaitu saluran yang berfungsi untuk menghubungkan testikel dengan vas deverens. Peradangan juga kadang terjadi akibat infeksi bakteri atau virus.

Berikut ini beberapa gejala penyakit orchitis yang kerap muncul:

  • Air mani bercampur darah
  • Demam
  • Nyeri di daerah selangkangan
  • Skorum membengkak
  • Testis sakit
  • Nyeri saat berhubungan intim dan
  • Sakit saat ejakulasi

Untuk mengobati Orkitis, Medline Plus menyarankan kombinasi dari obat anti biotik, obat anti inflamasi, obat nyeri dan penderita perlu istirahat di tempat tidur (bed rest). Jika Orchitis yang diderita disebabkan oleh virus atau bakteri yang berhubungan dengan aktifitas seksual maka pasangan juga perlu diperiksa kesehatan organ daerah kewanitaannya.

Hal ini, jika tidak melakukan perawatan organ daerah kewanitaan kemunkinan besar akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan sistem reproduksi wanita. Selain melakukan perawatan dokter, merawat daerah kewanitaan juga dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Tentunya Cara Sederhana merawat daerah kewanitaan hal yang paling mudah untuk dilakukan oleh setiap wanita. Untuk artikel mengenai daerah kewanitaan, selebihnya anda dapat membaca pada topik daerah kewanitaan.

2. Prostatitis
Karena letak prostat berdekatan dengan kandung kemih maka setiap gangguan prostat akan mempengaruhi organ sekitar dan menimbulkan masalah seperti susah buang air kecil atau timbul rasa nyeri ketika berejakulasi.

Salah satu gangguan prostat yang bisa menyebabkan masalah tersebut adalah prostatitis. Menurut Mayo Clinic, prostatitis bisa timbul akibat bakteri yang menyebabkan infeksi. Infeksi yang terjadi inilah yang menimbulkan rasa sakit saat seorang pria sedang berejakulasi.

Prostatitis akibat bakteri bisa diobati dengan anti biotik. Sementara prostatitis kronis lebih sulit diatasi karena penyebabnya tidak diketahui. Menurut Mayoclinic, pengobatan gangguan prostat ini bisa dilakukan dengan kombinasi obat konvensional dan terapi pijat prostat.

3. Kanker Prostat
Menurut pusat pengendali dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum diderita oleh semua pria dari semua ras dan etnis. Gejala kanker prostat biasanya bervariasi antara satu pria dengan pria lain tapi umumnya berkaitan dengan masalah buang air kecil.

Salah satu gejala kanker prostat lain yang biasa dikeluhkan penderita adalah nyeri saat ejakulasi (painful ejaculation). Gejala lain yang biasa muncul adalah air seni bercampur darah. Massa yang tumbuh tidak terkendali di area prostat menyebabkan proses ejakulasi dan buang air kecil akan terasa menyakitkan. Jadi jika anda mengalami rasa nyeri saat berejakulasi maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Pada umumnya kanker prostat dialami oleh pria berusia 50 tahun ke atas. Metode pengobatan yang paling umum disarankan oleh dokter adalah operasi, terapi radiasi dan terapi hormon.

4. Uretritis
Uretritis adalah peradangan yang sangat menyakitkan yang terjadi di uretra. Peradangan tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus yang ditularkan melalui hubungan seksual. Bakteri yang diketahui bertanggung jawab terhadap timbulnya uretritis adalah gonore dan klamidia. Salah satu gejala uretritis yang biasa dialami kaum pria adalah orgasme yang menyakitkan.

Setelah mendapatkan beberapa gejala seperti rasa sakit ketika berhubungan intim maka pemeriksaan bisa dilakukan dengan tes urine. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik seperti memeriksa perut, Mr. P, skrotum dan kandung kemih.

Pengobatan uretritis meliputi pemberian resep antibiotik, tujuan pengobatan adalah untuk menghilangkan faktor penyebab timbulnya infeksi. Biasanya dokter yang menangani juga akan memberi obat penghilang rasa sakit salah satu obat pengilang rasa nyeri yang paling umum diberikan oleh dokter adalah jenis asam mefenamat.

5. Urethral Stricture
Urethral stricture adalah peradangan yang muncul akibat operasi, cedera atau penyakit tertentu. Gangguan ini berkaitan dengan uretra yang membawa urin dari kandung kemih keluar dari tubuh. Urethral stricture menimbulkan penyempitan pada area lumen uretra akibat timbulnya jaringan fibrotik di dinding uretra. Kondisi ini menimbulkan masalah pada saat buang air kecil ataupun ketika berejakulasi.

Nyeri saat ejakulasi bisa juga timbul akibat penyebab lain seperti terjadinya kerusakan pada sistem saraf Mr. P. Kerusakan saraf pada Mr. P tersebut mungkin timbul akibat kecelakaan atau karena seks yang kasar. Tumpukan lemak dan plak di uretra juga dapat memblokir aliran air mani saat akan keluar dari Mr. P sehingga menimbulkan rasa sakit.

Bagaimana Mengetahui Penyebab Nyeri Ejakulasi
Seperti dijelaskan di atas, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya rasa sakit saat orgasme dan ejakulasi. Seorang pria yang menderita painful ejaculation perlu mendatangi dokter untuk mengetahui penyebab pasti rasa sakit tersebut. Dokter yang memeriksa akan mengambil sampel air mani dan sampel urin untuk dianalisa. Pemeriksaan juga dilakukan untuk mengetahui apakah ada infeksi yang terjadi akibat penyakit menular seksual.

Tes lain yang bisa dilakukan adalah cystoscopy untuk melihat secara langsung kondisi kandung kemih dan uretra. Tes ini jarang dilakukan karena sebagian besar pria kesulitan menggambarkan lokasi tepat rasa sakit itu berada.

Bagaimana Menghilangkan Rasa Sakit Saat Orgasme
Pada umumnya, infeksi atau gangguan pada saluran uretra dan daerah sekitar uretralah yang menimbulkan rasa sakit sewaktu ejakulasi. Untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri akibat infeksi pada daerah ini, pertama kali yang harus dilakukan adalah mencari tau secara pasti apa penyebabnya, setelah penyebabnya diketahui maka tindakan medis akan lebih mudah dilakukan dan tepat sasaran.

Jika faktor penyebab tidak diketahui dengan pasti maka dokter biasanya akan memberikan obat untuk mengendurkan otot di daerah panggul. Jika penyebabnya adalah prostatitis maka beberapa jenis obat relaksasi dan analgesik dapat diberikan. Jika penyebab rasa sakit tersebut adalah infeksi akibat bakteri atau virus maka dokter akan memberi obat anti biotik. Jika rasa sakit pada organ Mr. disebabkan karena infeksi virus maupun bakteri, yang dibiarkan terlalu lama maka akan berakibat sangat fatal bahkan dapat menyebabkan kemandulan pada pria. (Baca selengkapnya: Cara Mencegah Kemandulan.)

Meskipun rasa nyeri tidak menyebabkan kematian, akan tetapi munculnya rasa nyeri dapat menyebabkan terganggunya kenikmatan. Jika masalah ini terus dibiarkan, perlahan seorang pria akan mengalami tekanan mental yang kuat seperti rasa cemas dan rasa percaya diri menjadi menurun. Solusi yang paling tepat adalah dengan segera melakukan tindakan, konsultasi ke dokter adalah saran yang paling bagus untuk membantu permasalahan anda.

Ingin bebas dari penyakit? Beginilah Cara Mengatasi Segala Penyakit Tanpa Obat

Ingin bebas dari penyakit? Beginilah Cara Mengatasi Segala Penyakit Tanpa Obat – Memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari segala penyakit tentunya keinginan setiap orang. Sebenarnya banyak cara mudah  mengatasi segala penyakit. Namun tidak banyak orang yang mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan agar bebas dari penyakit.

Mengatasi segala penyakit tidak harus bergantung pada obat-obatan dengan harga yang amat mahal. Banyak langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi segala macam penyakit dengan menggunakan pijatan urat. Dalam tubuh manusia banyak titik-titik tertentu yang sangat sensitif untuk meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh. Dengan sistem metabolisme tubuh yang lancar tentunya akan lebih tahan terhadap serangan  penyakit.

Mengatasi beberapa macam penyakit dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan pijatan pada telapak tangan. Telapak tangan memiliki titik urat yang menghubungkan pada pusat sistem metabolisme tubuh.

Memijat telapak tangan juga lebih mudah dilakukan sendiri dan tidak terlalu ribet. Kapan saja dan dimana saja dapat melakukan pemijatan urat dengan sendiri. Asalkan sudah tahu titik telapak tangan mana yang harus dipijat.

Untuk itu dalam laman firdaus45 akan sedikit mengulas cara mengatasi beberapa macam penyakit dengan memijat telapak tangan dengan mudah. Agar semua orang yang belum mengatehui cara mengatasi segala macam penyakit dengan pijat urat telapak tangan dapat terbantu.

Pemijatan beberapa ttitik urat pada telapak tangan tersebut dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit pada paru-paru, tenggorokan, jantung, usus besar, ginjal, liver, lemah jantung, batuk, pernapasan,  alat reproduksi dan lain sebagainya. Perhatikan pada gambar telapak tangan dibawah ini.
  

Cara melakukan pemijatannya adalah sebagai berikut :

Tekan dengan ibu jari, selama 5 detik. pada telapak tangan dibagian titik-titik tertentu sesuai jenis penyakit yang diderita  Kmeudian lepaskan hingga beberapa detik, kemudian tekan lagi secara berulang-ulang selama 20-30 menit. Lakukan secara teratur dan rutin untuk mendapatkan hhasil yang maksimal.
 
  
Selain itu, ada beberapa organ tubuh lainnya yang nyaman untuk dipijat dan dapat mengurangi rasa sakit. Beberapa organ tubuh lainnya adalah sebagai berikut.

 1. Pelipis Dekat Mata

Memijat organ tubuh bagian pelipis dekat mata secara perlahan-lahan  juga mampu mengurangi rasa pusing. Rasa pusing terkadang dapat menyerang pada setiap orang secara tiba-tiba bahkan setiap hari. Dengan demikian untuk mengatasi dan mengurangi rasa pusing tersebut dapat dilakukan dengan memijat pelipis secara teratur.

2.  Ibu Jari Dan Jari Telunjuk

Saat seorang merasa pegal pada daerah leher, hampir semuanya memiliki kebiasaan untuk menggerakkan tulang leher sampai berbunyi krek. Padahal, aktivitas semacam itu berpotensi sebagai pemicu stroke pada seseorang. Mengatasi nyeri atau pegal pada leher dapat dilakukan dengan metode pemijatan.

Pemijatan pada ibu jari dan jari telunjuk secara perlahan dan teratur dapat berperan untuk mengatasi sakit leher.  Lakukan pemijatan pada ibu jari dan jari telunjuk  selama 5 – 10 menit dengan gerakan yang lembut dan fokus secara teratur. Rasakan perbedaannya setelah dipijat. (Baca: Bahaya menggerakkan leher sampai berbunyi krek berpotensi menyebabkan robekan pada pembuluh arteri)  
3. Tulang di Pergelangan Kaki

Apabila mengalami sakit pada bagian punggung bawah (tulang punggung), sakit panggul maupun pinggul. Dapat diatasi dengan melakukan pemijatan pergelangan kaki, terutama dibagian tulang yang besar dengan pijatan secara perlahan hingga kurang lebih 10 menit.  Rasakan  perbedaannya otot  akan terasa lebih  nyaman. Menjaga kesehatan tulang punggung sangat dianjurkan mengingat usia yang semakin bertambah tua, dan kemampuan atau kekuatan tulang seiring berjalannya waktu akan semakin melemah. Tulang punggung bisa dianggap salah satu organ yang cukup vital karena pada tulang punggung terdapat berbagai macam syaraf salah satunya jika itu terkena gangguan akan menyebabkan kelumpuhan.

4. Kening

Memijat kening tepatnya dibagian tengah-tengah antara kedua dengan perlahan dan dapat bermanfaat untuk meredakan kecapekan pada organ mata. Organ mata  terkadang juga timbul rasa capek atau lelah terutama bagi seseorang yang berhadapan dengan monitor perangkat komputer maupun laptop. Untuk itu, anda tidak perlu merasa khawatir akan rasa capek yang terjadi pada mata, karena dapat diatasi dengan melakukan pemijatan kening.

Langkah-langkah memijat kening untuk mengatasi mata lelah adalah sebagai berikut

  • Pejamkan mata, kemudian lakukan pemijatan bagian kening dengan menggunakan kedua tangan kearah atas selama kurang lebih satu menit,
  • setelah itu lakukan pemijatan kening kearah kanan dan kiri dengan menggunakan kedua tangan secara bersama selama sekitar kurang lebih 1 menit
5. Tulang Pangkal Lengan dibagian Punggung

Di Melakukan pemijatan tulang pangkal lengan dengan perlahan dapat berperan untuk meredakan permasalahan kelelahan terutama bagian leher, sakit kepala, nyeri dada    serta melancarkan sistem pernapasan.

6. Telapak Kaki

 Memijat oran tubuh terutama pada bagian telapak kaki dengan menggunakan ujung ibu jari selama 10-15 menit secara teratur dapat berperan untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi rasa lelah berlebihan. Telapak kaki dikenal ada banyak memiliki titik akupresur yang terkait dengan sistem syaraf pusat.     

7. Pertengahan Telapak Tangan Bagian Luar dan Dalam

 Memijat sisi dalam dan sisi punggung telapak tangan selam 20-30 menit secara teratur dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri saat haid atau dengan sebutan istilah lain Dismenore.  Gangguan menstruasi yang disebut dengan dismnenore (nyeri haid) memang sangat menggangu penderita. Nyeri haid sering dialami oleh sebagian banyak wanita.

Anemia Pada Ibu Hamil dan Bahaya yang Akan Dialaminya

Firdaus45.comAnemia Pada Ibu Hamil | Sering mengalami kelelahan pada masa kehamilan? Hati-hati bisa jadi anda mengalami anemia. Anemia tidak mengenal kondisi, seorang wanita hamil juga memiliki kemungkinan terkena anemia. Bisa jadi malah wanita hamil memiliki potensi tinggi terkena anemia. Anemia pada wanita hamil biasanya disebabkan karena kekurangan zat besi, hal ini sering diidentikkan pada wanita hamil dari kalangan kurang mampu.

Mengalami anemia pada masa kehamilan ternyata dapat membahayakan ibu dan janin yang sedang dikandung. Oleh karena itu, perlu mendapatkan perhatian serius bagi siapa saja yang dekat dengan wanita hamil. Jika seorang wanita hamil mengalami hal demikian, maka kesehatannya pun akan terganggu, dan wajah mereka juga akan terlihat pucat dan mudah lelah.

Lantas bagaimana mengatasi anemia pada masa kehamilan?
Untuk mengatasi anemia pada masa kehamilan, sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu anemia yang terjadi pada wanita hamil.

anemia pada ibu hamil

Anemia defisiensi besi, adalah jenis anemia yang diesbabkan karena defisiensi zat besi atau kekurangan zat besi pada umumnya terjadi selama masa kehamilan dan selama masa nifas.

Hemoglobin dihasilkan dari zat besi. Hemoglobin adalah salah satu protein dalam sel darah merah yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dari paru-paru. Ini adalah penyebab paling sering ditemukan pada ibu hamil yang menderita anemia. Hemoglobin tidak berjumlah cukup untuk menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Anemia akibat perdarahan akut, Pada umumnya anemia perdarahan disebabkan karena solusio plasenta dan plasenta previa.

Ada lagi anemia pada penyakit kronik, saat seorang wanita hamil menderita anemia kronik, penurunan berat badan akan terjadi secara drastis, wajah tampak pucat dan mudah sekali merasakan lelah.

Anemia megaloblastik atau defisiensi vitamin B12, sudah jelas sekali bahwa anemia ini disebabkan karena ketidakmampuan tubuh menyerap vitamin B12 selama masa kehamilan.

Sel darah merah juga dibentuk oleh vitamin B12. Apabila seorang wanita sedang mengandung dan kekurangan vitamin B12, tubuhnya tidak akan mampu menghasilkan sel darah merah yang sehat dengan cukup. Wanta hamil yang tidak memakan daging, ikan, dan unggas, serta telur dan susu memiliki kemungkinan kekurangan vitamin B12 lebih besar. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena anemia pada ibu hamil bisa mengakibatkan cacat pada janin.

Anemia defisiensi folat, Folat atau juga asam folat merupakan kelompok dari vitamin B. Tubuh kita membutuhkan folat untuk menghasilkan sel-sel baru termasuk dalam menghasilkan sel darah merah. Selama masa kehamilan, jumlah folat lebih besar daripada biasanya namun terkadang makanan yang dikonsumsi tidak cukup memberikan folat bagi tubuh sehingga sel-sel darah merah tidak terproduksi dengan cukup dan oksigen tidak terangkut dengan baik.

Inilah Efek Langsung yang Terjadi Pada Ibu hami Ketika Mengalammi Anemia Selama Masa Kehamilan
Apabila kekurangan zat besi yang cukup serius dan tidak diobati, maka akan meningkatkan risiko lahirnya bayi premature atau berat badan yang rendah, harus melakukan transfusi darah jika kehilangan darah dalam jumlah besar selama persalinan. Kemudian depresi setelah melahirkan.

Apabila ibu hamil mengalami anemia dengan defisiensi folat, selain berkemungkinan anak lahir prematur, juga kemungkinan cacat pada tulang belakang ataupun otak (neural tube defects). Begitu pula dengan yang kekurangan vitamin B12, akan meningkatkan kemungkinan bayi lahir dengan cacat tabung saraf.

Tidak hanya bagi yang sedang dalam masa kehamilan, orang yang tidak sedang hamil pun akan mengalami dampak secara langsung akibat dari anemia. Pada wanita hamil, anema akan membuat wanita yang sedang hamil mudah merasakan lelah, kurang gairah dan menjadi lebih malas. Tidak hanya itu, terkadang bagi wanita hamil yang mengalami anemia juga akan merasakan pusing. Dampak buruk lainnya yang disebabkan karena anemia adalah adanya gangguan terhadap kondisi kesehatan janin. Perkembangan janin juga akan ikut terhambat ketika sang ibu sedang mengalami anemia karena darah dalam tubuh berkurang. Selain itu juga, proses persalinan juga terancam akan ikut terganggu jika anemia terus dibiarkan sampai mendekati proses persalinan.

Bagaimanakah Cara Mengatasi Anemia Pada Kehamilan?
Anemia adalah penyakit karena menurunnya atau kurangnya kadar zat hemoglobin atau sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh jaringan pada tubuh, termasuk ke organ-organ vital. Oleh karena itu daya angkut oksigen tidak cukup apabila kekurangan zat ini. Hal ini terjadi karena ibu hamil memerlukan sel darah merah lebih banyak dari biasanya untuk menunjang kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan. Dalam masa kehamilan, anemia terjadi ketika hemoglobin berada di bawah 11 gr% di trimester pertama dan ketiga atau kurang dari 10,5 gr% di trimester kedua.

Biarpun anemia pada wanita yang sedang mengandung dianggap kondisi yang wajar, namun akan berakibat fatal apabila tidak segera diatasi sebab oksigen sangat penting untuk tubuh maupun untuk perkembangan bayi dalam rahim. Selama kehamilan, pasokan sel darah merah dan oksigen harus mencukupi dan produksinya harus lebih besar ketimbang ketika tidak sedang hamil. Penanganan harus dilakukan secara cepat dan tepat guna mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan kesehatan janin. Anemia bisa diatasi dan diobati sehingga Anda tidak perlu begitu khawatir ketika dikatahui mengidap penyakit ini sebab khawatir berlebihan akan berpengaruh pada kondisi kehamilan

Selama masa kehamilan memang harus terus menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan fit. Ketika wanita hamil tidak begitu memperhatikan kondisi kesehatan tubuhnya, memang anemia terkadang menghampiri wanita hamil. Wanita hamil yang jarang mengkonsumsi zat besi memang akan lebih mudah terkena anemia oleh karena itu untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi zat besi yang cukup, selain itu penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh akan tubuh tidak mudah dehidrasi yang akan menyebabkan wanita hamil mudah mengalami lesu. Menjaga kondisi tubuh juga sangat diperlukan, jika gemar berolahraga, lakukanlah sewajarnya dan jangan sampai kelelahan. Sering-seringlah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda untuk mengetahui buah dan sayuran yang bagus untuk anda konsumsi selama masa kehamilan. Untuk menjaga hal yang tidak diharapkan, pencegahan sedini mungkin adalah langkah yang paling bagus untuk menjaga kondisi janin agar tetap kuat dalam kandungan.


Inilah Cara Mencegah Anemia Agar Tidak Terjadi Pada Ibu Hamil
Zat besi merupakan kebutuhan utama untuk pencegahan anemia. Maka makanlah makanan bergizi ddengan kandungan zat besi yang cukup. Usahakan makan tiga kali sehari dengan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C untuk membantu penyerapannya ke dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging merah, daging unggas, serta ikan. Selain itu juga dedaunan berwarna hijau gelap contohnya bayam dna brokoli. Lalu bisa juga dengan telur, kacang-kacangan, dan tahu. Sementara itu makanan yang mengandung vitamin C terletak pada buah-buahan seperti jeruk, stroberi, tomat, paprika, dan kiwi. Coba untuk memakan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C secara bersamaan untuk memaksimalkan penyerapan guna mencegah anemia pada ibu hamil.

Dan untuk mencegah kekurangan folat, Anda bisa memilih makanan dengan kandungan folat yang tinggi seperti sayuran hijau, buah-buahan, roti dan sereal, serta kacang kering.

Tahap Pemeriksaan
Ibu hamil biasanya akan selalu dicek kadar hemoglobinnya agar terpantau dengan baik. Tahap pemeriksaan untuk anemia biasanya meliputi pemeriksaan hemoglobin. Pada tahapan ini, dokter atau suster akan mencari tahu apakah kadar hemoglobin telah cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang harus mengangkut oksigen ke seluruh tubuh bahkan pada janin. Kedua adalah pemeriksaan hematokrit untuk mengukur berapa jumlah sel darah merah dalam sampel darah untuk dihitung persentasinya. Jika data yang didapat menyatakan bahwa kadar hemoglobin dan hematokrit di bawah normal, amka kemungkinan mengidap anemia. Untuk mengetes anemia pada ibu hamil, dokter juga memungkinan untuk melakukan pemeriksaan lain.


Cara Mengobati Anemia Pada Ibu Hamil dengan Pengobatan Alternatif yang Alami

1. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan sehingga hal ini membuat tekanan darah naik. Nah, jika Anda mau sembuh dari darah rendah ada baiknya mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, kacang hijau dan lain-lain.

2. Air Mineral
Jumlah cairan di tubuh berkurang bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Untuk itu salah satu cara untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah mengonsumsi air putih setiap harinya kurang lebih 8-10 gelas.

3. Bayam
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Mineral yang seimbang pada bayam ini sangat berguna untuk tekanan darah rendah. Selain itu, folat pada bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian akan menjaga aliran darah yang lancar.

4. Daging dan Hati Ayam
Daging ayam memiliki kandungan protein hewani yang diyakini bisa meningkatkan tekanan darah. Karena tubuh memerlukan protein untuk membangun sel termasuk juga sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah dan tekanan akan mempengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Roti, Oatmeal, dan Sereal
Makanan-makanan ini menyediakan zat besi sebanyak 20 persen jika Anda makan setiap hari. Gandum akan membuat tubuh mejadi lebih sehat, sehingga perlu dimasukkan dalam daftar diet Anda. Gandum juga banyak mengandung zat besi untuk mengurangi risiko terkena tekanan darah rendah.

6. Kopi
Tekanan darah rendah dapat dinaikkan dengan minum 1-2 gelas kopi perhari, tapi yang penting adalah jangan sampai berlebihan.

7. Lemak nabati
Lemak nabati adalah salah satu sumber utama yang bisa membantu anda mengatasi darah tinggi. Mengonsumsi lemak nabati lebih direkomendasikan daripada lemak hewani karena lebih mudah dicerna dan risiko untuk mengakibatkan kolesterol juga lebih kecil. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lemak nabati dari kacang-kacangan dan gandum.

8. Garam
Sangat disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam adalah salah satu zat alami yang bisa menambah laju produksi sel darah merah dan sangat membantu untuk menaikkan tekanan darah.


Cara mengobati anemia pada ibu hamil dengan mengatur pola hidup sehat

Biasakanlah pola hidup sehat
Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta mengatur jadwal dan pola makan, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam karena makanan yang mengandung kadar garam dapat meningkatkan tekanan darah.

Atur jadwal istirahat / tidur di malam hari
Hindari begadang dan memulai tidur saat larut malam. Upayakan anda mendapatkan waktu istirahat / tidur minimal 8 jam sehari karena kurang tidur dapat dengan mudah mengalami gangguan jantung

Meminum Air Putih
Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, sekitar 8-10 gelas per hari.

Berolahraga
Berolahraga teratur minimal tiga kali seminggu. memang terdengar sangat klise, tetapi berolahraga secara teratur sangat ampuh dalam mengurangi gejalanya.

Hindari Mandi Air Panas
Mandi air panas memang memiliki efek relaksasi yang luar biasa, namun bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya membatasi hal ini. Alasan utamanya adalah mandi air panas bisa membuat tekanan darah anda makin turun. Selain itu, hal ini juga bisa membuat anda merasa lemas, pusing, dan tidak bertenaga.

Batasi juga aktivitas spa dan sauna. Jika anda melakukan spa atau sauna, lakukanlah dalam posisi duduk yang nyaman, di kursi yang stabil atau tidak licin. Hal ini berguna untuk mengantisipasi jika tiba-tiba anda merasa pusing dan harus bersandar pada sesuatu.

Minum Vitamin ataupun Suplemen
Pemberian obat-obatan (meningkatkan darah) hanya dilakukan apabila gejala tekanan darah rendah – hipotensi yang dirasakan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian

Kurangi Gula dan Alkohol
Mengkonsumsi terlalu banyak gula dan alkohol bisa secara drastis meningkatkan tekanan darah anda. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan gula dalam waktu singkat.

Selain itu, gula dan alkohol juga memiliki banyak efek negatif bagi tubuh anda. Gula bisa menyebabkan diabetes yang bisa berakibat berbagai komplikasi. Alkohol juga memiliki dampak negatif bagi sistem syaraf apabila dikonsumsi terlalu banyak secara terus menerus.

Tidak menganggap remeh gejala yang terjadi
Hipotensi atau tekanan darah rendah sebenarnya banyak diderita oleh orang-orang. Tetapi sebagian dari mereka mengabaikannya dan menganggapnya sebagai kasus pusing biasa atau dehidrasi. Padahal membiarkan tekanan darah rendah sama berbahayanya dengan tekanan darah tinggi dan memicu kematian.

Baca juga: Dampak Buruk Hipertensi pada Kehamilan
Inilah Gangguan Haid / Menstruasi Yang Harus Diwaspadai

Inilah Gangguan Haid / Menstruasi Yang Harus Diwaspadai

Firdaus45.com. Inilah Gangguan Haid / Menstruasi Yang Harus Diwaspadai- Terjadinya siklus haid / mentruasi pada wanita tidak selamanya berjalan lancar dan begitu pula dengan sebaliknya. Terkadang banyak kaum wanita mengalami gangguan menstruasi yang berbeda-beda. 

Terjadinya gangguan mentruasi pada wanita harus diwaspadai dan dikatehui gejala ataupun penyebabnya. Agar lebih mudah dalam penanganannya serta tidak menimbulkan masalah daerah kewanitaan.


Perlu diketahui, menstruasi normal merupakan terjadinya interaksi yang sangat kompleks antara kelenjar pituitari, hipotalamus, ovarium dan endometrium. Jika beberapa interaksi tersebut mengalami masalah atau gangguan terhadap salah satu interaksi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya siklus menstruasi tidak lancar.

Terjadinya siklus haid / menstruasi tidak teratur pada wanita memang dapat menimbulkan beberapa masalah baru. Beberapa masalah gangguan haid yang kerap terjadi pada wanita dapat berupa nyeri haid (dismenore), telat haid (amenorrhea); keluarnya darah secara berlebihan selama siklus menstruasi (menorrhagia), pendarahan tidak terjadi pada uterus (anovulasi perdarahan) dan pendarahan tidak teratur (metrorrhagia).

Selain gangguan tersebut diatas, terkadang juga masih banyak kaum wanita yang mengalami sindrom pramenstruasi. Sindrom pramenstruasi merupakan gangguan fisik dan emosional yang kerap terjadi sebelum mengalami kedatangan siklus menstruasi.

Beberapa ganguan menstruasi tersebut dapat menyerang kaum ibu-ibu maupun kaum wanita remaja yang telah mencapai masa menstruasi. Sindrom pramenstruasi dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut. Sehingga membuat kaum wanita merasa tidak nyaman dan sering menimbulkan rasa ingin marah, dan mudah tersinggung.

Terjadinya gangguan haid pada wanita dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor tertentu. Mungkin masih ada sebagian wanita yang belum mengetehui penjelasan beberapa gangguan  menstruasi tersebut. Untuk itu dalam laman firdaus45.com akan menjelaskan berbagai macam masalah yang berkaitan denggan gangguan menstruasi.


Berikut ini beberapa penjelasan gangguan menstruasi yang harus diketahui oleh setiap kaum wanita, baik wanita remaja maupun kaum wanita yang sudah menjadi ibu-ibu.

Gangguan Haid / Menstruasi Amenore (Telat Haid)

Amenore merupakan masalah dimana terjadinya kegagalan dalam  refleksi neuroendokrin antara hipotalamus, kelenjar pituitari, ovarium, dan uterus yang mengontrol siklus menstruasi. Masalah amenore (telat haid) memiliki dua kategori yaitu amenore primer dan amenore sekunder. Amenore primer merupakan  terlambatan masa menstruasi atau kegagalan datangnya masa menstruasi pada kaum wanita setelah mencapai umur 16 tahun.

Amenore primer tidak perlu dilakukan pengobatan jika sebelum mencapai usia lebih dari 18 tahun. Hal ini tidak akan bermasalah jika diiringi dengan tanda pubertas yang subur, kesuburan masa pubertas diketahui adanya percepatan pertumbuhan, ketiak atau rambut kemaluan, perkembangan payudara dan lain sebagainya. Akan tetapi, jika terjadi telat haid setelah mencapai  umur 18 tahun segera dilakukan pengobatan, baik pengobatan secara alami maupun pengobatan medis. Setiap wanita memang mengalami masa pubertas  secara berbeda-beda sehingga tidak perlu merasa khawatir selama ia belum genap memiliki umur 16 tahun.

Sedangkan, Amenore sekunder merupakan masalah yang mengacu pada keterlambatan menstruasi kaum  wanita, dimana  yang sebelumnya pernah mengalami mentruasi dan  menstruasi untuk selanjutnya tidak kunjung datang hingga mencapai siklus haid ketiga. Kejadian gangguan menstruasi amenore sekunder. cukup mengkhawatirkan penderita. Jika  tidak segera diatasi akan mengakibatkan efek yang buruk yakni masalah faktor kesulitan untuk mencapai masa kehamilan.

Untuk itu segera lakukan pemeriksaan sejak dini, agar kondisi kesehatan rahim dapat diketahui secara pasti. Sehingga pengobatannya juga lebih mudah dilakukan untuk melancarkan siklus menstruasi. Selain itu peluang untuk memperoleh kehamilan lebih mudah, terutama bagi wanita yang sudah menikah. Setiap orang wanita yang telah menikah tentunya ingin cepat hamil dan segera mendapatkan keturunan.

Amenore primer disebabkan oleh beberapa faktor-faktor tertentu. Secara umum yang mempengaruhi  gangguan amenore primer adalah terjadinya kelainan pada  kromosom seperti sindrom Turner,  olahraga yang berlebihan, penyakit hipotalamus atau hipofisis, kekurangan asupan sumber nutrisi dan gizi makanan, anoreksia nervosa, obesitas, sering mengalami stres fisik secara berlebihan, dan sering minum-minuman beralkohol  dengan kadar tinggi dan lain sebagainya.

Sedangkan penyebab umum gangguan amenore sekunder adalah adanya sel kanker serviks, kista atau tumor ovarium, penurunan berat badan ekstrim, kelelahan akibat aktivitas fisik yang berlebihan, terapi radiasi atau plasenta abnormal pada kehamilan sebelumnya dan kerusakan pada hipofisis.

Untuk memastikan kondisi kedua jenis gangguan amenore tersebut diperlukan dengan perawatan medis serta  mengetahui penyabab dan gejala-gejala yang ditimbulkannya. Untuk mendapatkan hasil tes yang lebih baik dengan menggunakan alat-alat modern salah satunya seperti sinar X-ray. Sinar X-ray diperlukan untuk pemeriksaan panggul dalam mendiagnosis tumor hipofisis. Selain  itu, juga  dengan melihat riwayat medis secara terperinci, dengan melakukan tes  urin melalui uji laboratorium untuk mendeteksi amenore sekunder.

Jika telah diketahui terjadi perubahan hormon pada saat telat menstruasi primer, alternatif yang harus diupayakan adalah dengan melakukan terapi hormon. Sedangkan untuk mengatasi telat haid sekunder, dapat dilakukan dengan merubah gaya hidup yang sehat, menghindari minuman keras, tidak merokok, menghindari stres, mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan, Serta mengkonsumsi obat  herbal untuk melancarkan haid / menstruasi racikan sendiri. 

Baca: Cara alami mengatasi menstruasi yang sering terlambat

Hal yang terpenting adalah rutin berkonsultasi ke dokter ahli kandungan terdekat guna  memastikan perkembangan selanjutnya.

Gangguan Haid / Menstruasi Anovulasi (Tidak mengalami haid lagi sebelum masa menopause)

Anovulasi merupakan masalah yang mengacu pada pendarahan tidak normal dari daerah kewanitaan, yang bukan termasuk dari kategori siklus menstruasi normal. Gangguan anovulasi dapat terjadi pada wanita yang telah mengalami menstruasi di hari kedua sampai hari ketiga tahun pertama masa menstruasi dan akan akan kembali terjadi saat lima tahun sebelum datangnya masa menopause (berhenti masa menstruasi).

Pada saat siklus menstruasi normal yang tidak mengalami ovulasi akan mengakibatkan hormone progesteron tidak dapat diproduksi lagi sehingga siklus menstruasi mengalami hambatan.  Hormon progesteron berperan untuk mengatur waktu siklus menstruasi tetap berjalan normal. Pemicu utama terjadinya masalah  menstruasi tidak teratur salah satunya adalah produksi hormon progesteron yang tidak berjalan lancar.

Gagalnya proses ovulasi pada wanita sebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya. Seperti yang  telah diketahui oleh para ahli, gagalnya proses ovulasi sekitar 20%  disebabkan oleh beberapa faktor tertentu yakni kelebihan berat badan (obesitas), kelahan akibat aktifitas fisik yang berlebihan, adanya penyakit kronis,  kelenjar tiroid yang mengalami disfungsi, kelebihan produksi hormon prolaktin atau masalah psikologis seperti stress berlebih.

Dismenore (Nyeri Haid)

Nyeri haid kerap terjadi pada setiap wanita yang sedang mengalami haid. Dismenore (nyeri haid) juga  disebut sebagai gangguan kram haid. Dismenore kejadian yang sangat menyakitkan setiap penderita dan membuat rasa  tidak nyaman terutama  nyeri pada perut bagian bawah. Rasa nyeri pada perut bagian bawah dapat sering terjadi  sebelum datangnya menstruasi maupun selama menstruasi sedang terjadi.

Rasa sakit yang timbul akibat dismenore secara umum terjadi hanya melibatkan daerah perut, daerah kewanitaan, serta rasa nyeri  merambat pada bagian punggung bawah, pada bagian paha dan seluruh seluruh panggul. Akibat dari rasa sakit tersebut, dabat menimbulkan gejala lain pada sebagian banyak wanita, sepertti mengalami rasa pusing, mual, ingin muntah, bahkan menyebabkan pingsan.

 Kram menstruasi yang terjadi pada kebanyakan wanita, cenderung akan menghilang dengan sindirinya pada usia usia 30an tahun. Sekitar dari 5% – 10% kaum wanita , banyak yang merasa kesulitan saat mengalami gangguan nyeri haid sedang muncul.

Dismenore juga dibedakan menjadi dua type yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder. Dismenore yang paling sering dialami oleh sebagian banyak wanita adalah dismenore primer. Dismenore primer terjadi pada beberapa hari sebelum datang haid , awal menstruasi, atau selama periode masa menstruasi.

Rasa sakit yang timbul akibat gangguan dismenore primer juga sangat beraneka ragam, ada yang nyeri ringan ada pula nyeri yang parah, ada yang hanya sebentar saja dan ada pula yang sangat lama. Selain itu, akibat dari rasa nyeri yang dirasakan juga dapat membuat penderita mudah terbawa emosi tingkat tinggi yakni cenderung lebih mudah marah, mudah tersinggung, mudah kelelahan, sering sakit pada bagian punggung, sering sakit kepala, kaki terasa sakit, timbulnya rasa mual, ingin muntah, dan kram pada beberapa bagian tubuh lainnya.

Penyebab utama gangguan dismenore primer  adalah kelebihan hormon prostaglandin yang diproduksi oleh sistem endokrin dalam tubuh sehingga merangsang otot rahim berkontraksi lebih keras dan menyebabkan rasa nyeri saat terjadinya gesekan otot-otot rahim tersebut.

Untuk gangguan menstruasi dismenore sekunder ini sangat jarang terjadi pada wanita. Dismenore sekunder disebabkan oleh beberapa faktor internal dalam tubuh yakni adanya radang panggul, degenerasi sel tubuh, terjadinya pemisahan normal pada dinding rahim, terjadinya pengembangan endometriosis, adanya infeksi kronis pada rahim, ada penyakit tumor ataupolip, ataupun otot-otot yang mendukung fungsi rahim mengalami pelemahan.

Nyeri haid dapat diatasi dengan cara tradisonal menggunakan ramuan herbal ataupun dengan obat yang direkomendasikan oleh dokter ahli terdekat. Namun dengan cara herbal tentunya akan memberikan efek yang menyehatkan.

Gangguan Menstruasi / haid Menorrhagia (Pendarahan Berlebihan saat Haid)

Menorrhagia merupakan gangguan menstruasi dimana darah yang keluar dari daerah kewanitaan secara berlebihan. Jumlah darah yang dikeluarkan akibat gangguan menorrhagia lebih dari 3 ons, sementara siklus mentruasi normal rata-rata darah yang keluar sekitar 2 ons.

Menorrhagia secara umum disebabkan karena ketidakseimbangan hormon wanita antara hormon estrogen dan progesteron,  fibroid, adanya masalah infeksi pada panggul, gangguan endometrium, penggunaan alat kontrasepsi (IUD) dan hipotiroidisme.

Untuk pengobatan gangguan menorrhagia cara terbaik dapat dilakukan dengan mengunakan bantuan dokter. Apabila mengalami gejala-gejala gangguan haid  menorrhagia sebaiknya segera konsultasikan pada dokter ahli terdekat agar tidak memiliki efek yang berkelanjutan.

Jika  gangguan menorrhagia disebabkan karena adanya penyakit infeksi pada bagian panggul, maka kemungkinan yang dilakukan dengan pengangkatan rahim (histerektomi) atau pengobatan dengan kemoterapi berupa radiasi.

Gangguan Menstruasi / haid Metrorrhagia (Haid tidak Teratur)

Menstruasi/haid tidak teratur ini dipicu oleh beberapa factor yang mempengaruhinya. Pengaruh menstruasi tidak teratur secara umum yang sering terjadi disebabkan karena stress, kelelahan, menu makan yang tidak sehat, tidur tidak teratur dan lain sebagainya. Selain itu kemungkinan lainnya yang mempengaruhi haid tidak teratur adalah adanya indikasi kelainan penyakit kanker serviks, polip pada serviks,dan erosi serviks. Untuk itu diperlukan pemeriksaan secara medetail agar tidak akan mengalami beberapa masalah kesehatan lainnya.  

Gangguan Menstruasi / haid Oligomenore (interval haid yang semakin lama)


Secara umum siklus haid yang dialami oleh kebanyakan wanita dengan jangka waktu selama 25 sampai 30 hari jika mereka tidak menyusui, tidak sedang hamil,  ataupun memiliki kelainan lain seperti tumor, atau anorexia nervosa. Akan tetapi gangguan menstruasi oligomenore ditandai adanya gejala periode siklus menstruasi dengan interval lebih dari 35 hari. Pemicu terjadinya gangguan  menstruasi oligomenore terkadang dipengaruhi oleh masalah obesitas, emosional, pola makan yang tidak sehat dan gangguan hormonal.

Gangguan Menstruasi / haid Polymenorrhea (haid berulang-ulang)

Gangguan Menstruasi Polymenorrhea merupakan jenis gangguan menstruasi yang terjadi berulang-ulang dalam 1 bulan lebih dari satu kali atau mentruasi muncul dengan interval kurang dari 20 hari. Penyebab menstruasi Polymenorrhea diakibatkan karena produksi hormon estrogen dan progesterone  tidak seimbang. Namun yang mendominasi adalah ketidakseimbangannya produksi hormon estrogen.

Gangguan haid polymenorrhea sering dialami  pada kaum perempuan yang belum masa ovulasi dan kaum wanita yang akan mengalami masa menopause. Demikian artikel tentang gangguan haid  semoga dapat bermanfaat serta dapat meningkatkan kewaspadaan kaum wanita saat terjadi gangguan haid.
Inilah yang Harus Dilakukan Apabila Keluar Darah (Flek) Saat Hamil Muda

Inilah yang Harus Dilakukan Apabila Keluar Darah (Flek) Saat Hamil Muda

Firdaus45.com - Penyebab Keluar Darah (Flek) Saat Hamil Muda - Keluar darah pada saat masa kehamilan memang membuat sebagian wanita hamil menjadi resah. Keresahan tersebut muncul disebabkan karena tidak mengetahui secara pasti penyebab keluarnya darah saat hamil. Sebuah pertanyaan mungkin muncul apakah ini adalah darah haid?

Pada saat hamil memang ada kemungkinan seorang wanita mengeluarkan darah melalui daerah kewanitaan. Keluarnya darah terkadang memang tidak terduga dan tiba-tiba keluar darah tanpa merasakan rasa sakit. Penting untuk anda ketahui bahwa keluar darah (Flek) saat hamil muda bukan merupakan bagian dari darah haid. Kemungkinan terbesar keluar darah saat hamil muda adalah karena adanya gangguan pada kehamilan anda. Gangguan kehamilan yang dapat menyebabkan keluar darah bisa saja karena infeksi, tanda keguguran, implantasi sel telur, ataukah anda baru saja melakukan hubungan suami istri, atau karena gangguan lain yang belum diketahui penyebabnya.



Agar anda tidak merasa resah, sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan secara medis. Dengan melakukan pemeriksaan secara medis, akan diketahui darah apa yang keluar pada saat hamil muda. Sehingga akan mudah menentukan tindakan selanjutnya untuk meminimalisir kemungkinan yang tidak diinginkan oleh kedua pasangan.

Keluar darah atau sering disebut dengan istilah Flek merupakan darah yang keluar dari daerah kewanitaan yang dapat terjadi kapanpun saat hamil. Munculnya Flek ini biasanya terjadi pada trimester pertama

Keluarnya darah saat hamil muda merupakan hal yang wajar yang biasa terjadi. Namun yang perlu diperhatikan adalah keluarnya darah saat hamil apakah faktor komplikasi atau faktor lainnya misalnya keguguran (karena tanda utama keguguran adalah keluarnya darah melalui daerah kewanitaan).

Penyebab Keluar Darah Saat Hamil Muda

Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi keluarnya darah dari daerah kewanitaan saat sedang hamil muda adalah sebagai berikut.

1. Pendarahan saat hamil disebabkan karena Implantasi

Kaum wanita mungkin banyak yang mengalami kejadian darah yang keluar saat hamil namun tidak menyadarinya karena implantasi. Pendarahan implantasi disebabkan karena pergerakan sel telur setelah dibuahi untuk menuju ke dalam dinding rahim. Sehingga jaringan trofoblas yang terbentuk disekitar telur dapat merusak pembuluh darah didalam dinding rahim dan menyebabkan ibu hamil mengalami pendarahan.

2. Pendarahan saat hamil disebabkan karena Keguguran

Keguguran adalah gagalnya hasil pembuahan sel telur oleh sel sperma, secara umum banyak terjadi pada saat awal kehamilan dan sering disertai dengan pendarahan. Banyaknya darah yang  keluar dari dalam rahim tergantung dari umur masa kehamilan. Terjadinya keguguran juga terkadang tampak seperti pada siklus haid normal dihari minggu-minggu akhir. Yang paling umum terjadi keluarnya darah saat sedang mengalami keguguran jumlahnya sangat banyak dan disertai dengan kram pada bagian organ tubuh lainnya.

3. Pendarahan saat hamil disebabkan karena Infeksi

Infeksi pada organ rahim terkadang juga dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan di awal-awal masa kehamilan. Apabila terjadi pendarahan yang disertai rasa sakit segera lakukan pemeriksaan. Hal tersebut sangat penting untuk mendiagnosis gejala dari pendarahan tersebut apakah terjadi infeksi daerah kewanitaan akut ataupun tidak. Jika masalah tersebut diketahui hasilnya dengan segera maka proses pengobatan juga akan lebih mudah dilakukan.

4. Pendarahan saat hamil disebabkan karena Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik disebut juga kehamilan yang terjadi diluar kandungan yang merupakan suatu  kondisi dimana sel telur  yang telah dibuahi tidak mampu menempel pada rahim dan melekat pada saluran telur atau lebih dikenal sebagai tuba falopi.  Sehingga kejadian ektopik dapat menyebabkan sel telur mengalami pembengkakan sehingga terjadinya pendarahan pada awal kehamilan. Kehamilan ektopik merupakan masalah kehamilan yang sangat serius dan beresiko pada keguguran. Jika tidak segera dilakukan pertolongan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil. Untuk itu diperlukan pemeriksaan sesegera mungkin, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perbedaan Perdarahan antara yang Normal dan Tidak Normal

Meskipun rasa panik pasti ada, namun yang harus Anda lakukan ketika keluar bercak darah pada saat hamil yaitu mengenali ciri-ciri dan tanda perdarahan antara yang normal dan yang tidak (flek yang harus diwaspadai).

Perdarahan atau keluar darah pada wanita hamil dikatakan normal (wajar) bila darah yang keluar jumlahnya sedikit atau hanya bercak saja seperti bercak darah ketika awal menstruasi.

Sedangkan jika dilihat dari segi warna darahnya, flek yang masih tergolong wajar biasanya darahnya berwarna merah muda, merah tua, hingga kecokelatan (warna darah kering) — tapi tidak pernah berwarna merah terang.

Untuk perdarahan yang tergolong waspada, adalah darah yang keluar dalam jumlah banyak dan mengalir terus menerus.

Meskipun flek atau darah yang keluar hanya berupa bercak-bercak saja, tetap saja yang namanya flek atau perdarahan baik serius atau wajar kita harus waspada.

Segeralah periksakan diri Anda ke dokter terdekat untuk memastikan apakah itu membahayakan atau tidak.

Baca juga: 10 tanda bahwa janin sehat dan normal

Tips Mencegah Keluar Darah Saat Hamil

Pergi ke Dokter secara rutin   

Mencegah terjadinya flek pada saat kehamilan dapat dilakukan dengan cara rutin melakukan pengecekan kehamilan.

Sejak Bunda dikatan positif hamil, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala. Tujuannya adalah untuk memantau perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

Selain itu, Bunda juga bisa berkonsultasi apakah yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama kehamilan. Makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan. Karena beberapa jenis makanan memang dapat mengganggu kondisi janin dalam kandungan bila Bunda konsumsi selama hamil.

Bila terjadi pendarahan atau flek saat hamil muda, sebaiknya segera ke dokter dan ceritakan secara detail bagaimana proses keluarnya darah.

Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat memang diharuskan bagi setiap ibu hamil. Saat hamil, konsumsilah makanan-makanan yang memang dianjurkan untuk ibu hamil.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat selama kehamilan, selain dapat membuat janin tumbuh secara optimal dan sehat, juga dapat mencerdaskan janin sejak dalam kandungan.

Banyak sekali daftar makanan yang dapat Bunda konsumsi selama hamil agar bayi cerdas. Beberapa makanan tersebut setidaknya harus memiliki nutrisi yang dibutuhkan janin saat masih dalam kandungan seperti protein, AA – DHA, asam amino, omega 3 6 9 protein, vitamin A, B, C, kalsium, asam folat dan zat besi. Semakin kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut terpenuhi, maka akan semakin maksimal pula perkembangan otak janin. Selain itu, memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan juga dapat membantu Bunda memperoleh kehamilan yang sehat sampai proses persalinan tiba.

Lakukan Senam Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Mencegah keguguran atau keluar darah saat hamil muda juga dapat dilakukan dengan berolahraga. Namun olahraga yang dilakukan bukanlah olahraga berat. Ada beberapa olahraga yang memang diperbolehkan bagi ibu hamil muda seperti push up, gerakan mengangkat kaki, renang, dan jalan kaki.

Banyak sekali manfaat yang akan Bunda peroleh bila secara rutin berolahraga saat hamil seperti memperlancar persalinan, memperoleh bayi yang cerdas, dan menguatkan kandungan  bila semuanya dilakukan dengan cara yang benar.


Langkah yang Harus Dilakukan Bila Keluar Darah Saat Hamil Muda


Setiap ibu hamil pastilah akan merasa khawatir bila tiba-tiba keluar darah. Meskipun begitu, ada baiknya untuk tetap tenang dan pahami apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan bila secara mendadak keluar darah ketika hamil
  • Segera beristirahat, faktor kelelahan juga dapat membahayakan janin, terlebih bila usia kandungan masih pada masa trimester I
  • Perbanyaklah berbaring, kurangi aktivitas. Bila anda sedang bekerja, sebaiknya segeralah minta cuti atau izin tidak masuk sampai kondisi anda mulai membaik. Dan lebih baik lagi untuk beristirahat sampai anda melahirkan (bagi ibu hamil yang memiliki kondisi kandungan lemah). 
  • Jangan melakukan hubungan terlebih dahulu dengan suami
  • Hindari penggunaan pembersih daerah kewanitaan
  • Bila sering pendarahan, sebaiknya gunakan pembalut biasa agar mudah mengetahui berapa kali sudah terjadi pendarahan
  • Bagi yang terlalu sering keluar darah saat hamil, sebaiknya selalu perhatikan warna darah yang keluar. Selanjutnya tanyakan pada dokter terkait warna yang keluar tersebut.
  • Bila darah yang keluar cukup deras dan banyak, warna segar dan dibarengi dengan rasa sakit atau kram di perut, sebaiknya segeralah bawa ke dokter agar mendapat pertolongan segera mungkin
    Semoga dapat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Tetap jaga kesehatan janin anda dengan mengkonsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga yang sudah disetujui oleh dokter anda. 
    Inilah Cara Mengetahui Kadar Racun Pada Pembalut Serta Tips Memilih Pembalut Yang Sehat dan Aman Untuk Mengatasi Haid / Mentruasi, Yuk Cari Tahu Ciri-Ciri Pembalut Yang Sehat

    Inilah Cara Mengetahui Kadar Racun Pada Pembalut Serta Tips Memilih Pembalut Yang Sehat dan Aman Untuk Mengatasi Haid / Mentruasi, Yuk Cari Tahu Ciri-Ciri Pembalut Yang Sehat

    Inilah Tips Memilih Pembalut Yang Sehat dan Aman Untuk Mengatasi Haid / Mentruasi, Yuk Cari Tahu Ciri-Ciri Pembalut Yang Sehat – Dalam memilih pembalut untuk mengatasi haid / mentruasi tentunya harus lebih selektif dan tidak boleh secara sembarangan atau asal-asalan. Ada baiknya sebelum menggunakan pembalut diperhatikan terlebih dahulu, apakah pembalut tersebut bahaya atau tidak. Karena akhir-akhir ini telah banyak jenis pembalut yang beredar dipasaran memiliki kandungan  zat kimiawi berbahaya.

    Hal tersebut tentu saja dapat membuat para kaum wanita sangat khawatir akan efek pemakaian pembalut tersebut. Namun kaum wanita jangan terlalu risau memikirkan ciri-ciri pembalut yang sehat. Ciri-ciri pembalut yang sehat untuk mengatasi haid / menstruasi tentunya dapat diketahui dari kriteria-kriterianya tertentu.
     


    Untuk itu kaum wanita harus memperluas wawasannya mengenai jenis pembalut yang aman dan sehat untuk digunakan saat sedang menstruasi. Kaum wanita yang kurang wawasan tentang tips memilih pembalut yang sehat dan aman merupakan hal yang sangat disayangkan. Karena setiap wanita perbulannya pasti mengalami haid / mentruasi, jika itu terjadi siklus haid / mentruasi normal. Namun yang mengalami haid / mentruasi tidak teratur bahkan bisa lebih dari satu bulan baru haid / menstruasi.

    Mengalami siklus haid / mentruasi yang teratur maupun tidak teratur, kaum wanita tetap membutuhkan pembalut. Pembalut merupakan sudah menjadi suatu kebutuhan pokok dalam jangka panjang yang harus dipenuhi. Sehingga kaum wanita dalam menggunakan pembalut harus lebih berhati-hati.

    Jika penggunaan pembalut saat haid / menstruasi dengan kualitas yang tidak memenuhi standar kesehatan, secara terus menerus dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah kesehatan pada organ kewanitaan salah satunya adalah timbulnya serangan kanker serviks atau jenis penyakit lainnya yang berkaitan dengan organ kewanitaan.

    Penggunaan pembalut wanita yang tidak memiliki kelembutan akan membuat kulit daerah kewanitaan menghitam. Apabila sudah terjadi demikian, cara memutihkan daerah kewanitaan bukanlah suatu hal yang gampang. Sehingga membutuhkan waktu untuk memutihkan kulit daerah kewanitaan yang menghitam.

    Kaum wanita terkadang saat akan membeli pembalut banyak yang mudah terkecah dengan promo murah. Sehingga tidak terlalu memperhatikan kualitas pembalut yang akan dibeli tersebut.  Apalagi dalam promo tersebut setiap membeli 3 pembalut gratis 2 pembalut, pasti lebih banyak yang tidak akan menolaknya.

    Kaum wanita sebelum membeli pembalut untuk mengatasi haid / mentruasi sebaiknya lebih teliti. Yang menjadi acuan untuk memilih kriteria pembalut yang dibenar adalah kualitas kesehatan dan keamanannya. Hal itulah yang harus dijadikan prioritas utama agar terhindar dari bahaya pemakaian pembalut. Sebenarnya banyak Tips Memilih Pembalut Yang Sehat dan Aman Untuk Mengatasi Haid / Mentruasi yang harus diperhatikan.

    Tips Memilih Pembalut Yang Sehat dan Aman

    Berikut ini beberapa tips memilih pembalut yang sehat dan aman.
    1. Tidak Menagandung Zat Klorin

      Kandungan zat klorin pada pembalut yang telah melewati ambang batas dapat mebahayakan kesehatan tubuh.  Zat klorin merupakan zat kimiawi yang digunakan untuk memutihkan bahan baku pembuatan pembalut. Bahan baku untuk membuat pembalut biasanya memiliki warna yang tidak begitu putih. Sehingga banyak cara yang dilakukan untuk memutihkan pembalut dengan menggunakan bahan-bahan kimiawi. Jika pembalut yang terlihat putih tentunya dapat terkesan bersih. Padahal dengan bahan-bahan kimiawi tersebut secara jangka panjang efeknya sangat buruk bagi kesehatan. Ciri-ciri pembalut yang tidak mengandung bahan-bahan kimiawi tidak berbau, jika digunakan tidak dapat menimbulkan iritasi kulit, netral dan lembut.

      Tes kualitas dan kandungan berbahaya pada pembalut

      •  Siapkan gelas kaca yang bening yang telah diisi dengan air putih.
      • Siapkan satu batang sumpit atau sendok untuk alat pengaduk.
      • Sobek pembalut dan ambil bagian dalam pembalut yang berupa  bahan penyerap. 
      • Masukan sepotong bahan penyerap dari dalam pemablut ke dalam gelas yang berisi air.
      • Aduk apakah kapas atau bahan penyerap hancur seperti kertas atau hanya airnya saja yang keruh.
      • Jika bahan penyerap tersebut hancur seperti kertas menandakan bahwa bahan pembalut tersebut kurang berkualitas
      • Jika airnya berubah keruh maka bahan pembalut tersebut banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti zat klorin.

    2. Tidak Mengandung Pewarna

      Pembalut yang menangdung bahan pewarna juga tidak aman untuk digunakan untuk mengatasi haid / menstruasi. Terutama jenis pembalut yang memiliki banyak warna pada bagian dalamnya yang melekat langsung pada  kulit daerah kewanitaan. Diusahakan memilih pembalut yang tidak mengandung pewarna. Penggunaan warna pada pembalut dapat menimbulkan iritasi. Walaupun dalam jangka pendek  tidak ada efeknya, namun yang sangat mengkhawatirkan adalah secara jangka panjang. Karena pewarna pembalut pada dasarnya bahan-bahan kimiawi.

    3. Memiliki Daya Serap Yang Tinggi

      Pembalut yang memiliki daya serap tinggi tentu saja memberikan rasa yang nyaman, aman dan menyehatkan. Daya serap sebuah pembalut yang ideal adalah 10 x lipat dari berat pembalut, jika itu tidak terpenuhi maka bisa dipastikan pembalut tersebut tidak memenuhi standar yang direkomendasikan.

      Berikut ini cara mengetes daya serap pembalut

      • Masukan airpada permukaan pembalut sebanyak sekitar 35 - 50 ml / cc
      • Diamkan beberapa saat, kemudian tempelkan tisu kering pada permukaan pembalut yang telah disiram dengan air tersebut dan sambil ditekan  agak kuat, jika tisu basah, maka menandakan bahwa daya serap pembalut tersebut sangat rendah. Sebaiknya Pembalut yang daya serap rendah sebaiknya jangan digunakan karena dapat  meningkatkan kelembaban daerah kewanitaan dan mudah dijadikan tempat berkembangnya bakteri.

    4. Memiliki Daftar Tanggal Kedaluarsa

      Pembalut yang memiliki label tanggal kedaluarsa dapat digunakan untuk mengetahui kapan pembalut tersebut akan kedaluarsa. Sehingga kaum wanita yang akan menggunakan pembalut untuk mengatasi haid / menstruasi dapat mengetahui secara pasti dan tidak akan merasa kawatir. Jika pembalut yang telah melewati batas tanggal kadaluarsa dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Label tanggal kadaluarsa bukan hanya untuk produk makanan saja. Organ kewanitaan merupakan organ yang sangat sensitif. Sehingga melakukan perawatan daerah kewanitaan ekstra hati-hati.

    5. Tidak Mengandung Bahan Pewangi

      Pembalut yang sehat dan aman tidak mengandung bahan pewangi sehingga netral tidak berbau. Bahan pewangi buatan merupakan zat yang harus dihindari oleh organ daerah kewanitaan. Bahan pewangi pada pembalut memiliki kadar kimiawi yang sangat membahayakan kesehatan jika digunakan secara terus menerus dalam jangka panjang.

    Tips memilih pembalut seperti yang telah disebutkan diatas patut diterapkan oleh semua kaum wanita. Agar mendapatkan efek yang aman dan sehat saat digunakan untuk mengatasi haid / mentruasi. Untuk mendapatkan efek yang aman dan sehat  tidak cukup dengan memperhatikan tips memilih pembalut yang sehat saja. melainkan juga memperhatikan cara menggunakan pembalut yang benar.

    Penggunaan pembalut yang dilakukan dengan cara yang tidak benar juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan pada sistem reproduksi wanita. Terkadang masih ada sebagian kaum wanita yang tidak begitu meperhatikan penggunaan pembalut dengan benar.

    Tips Menggunakan Pembalut Yang Aman dan Sehat
    1. Gunakan pembalut hanya untuk satu kali, tidak disarankan penggunaan ulang pembalut yang sudah terpakai, walupun sudah dibersihkan dengan cara dicuci.

    2. Lakukan penggantian pembalut secara teratur tiap 2-3 jam sekali, atau sesuaikan dengan jumlah darah haid yang keluar. Semakin banyak darah haid yang keluar semakin baik segera dilakukan penggantian pembalut. Agar darah haid yang tertampung dalam pembalut tidak menjadi sarang bakteri maupun kuman penyakit lainnya.

    3. Jika dalam pemkaian pembalut saat haid / menstruasi terjadi iritasi pada kulit daerah kewanitaan segera ganti dengan pembalut merk lain. Kemungkinan besar bahan baku pembalut banyak mengandung beberapa jenis bahan kimiawi.

    Inilah Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Wajib Dicoba

    Inilah Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Wajib Dicoba

    Inilah Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Yang Wajib Dicoba


    Firdaus45.comJenis Olahraga yang Cocok Untuk Penderita Kolesterol - Berolahraga memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berolahraga selain membuat badan terasa ringan dan fresh, juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi juga sangat banyak.

    Olahraga merupakan bukan hal yang sangat mebosankan jika dilakukan secara teratur dan santai serta tidak berlebihan. Penderita kolesterol tinggi sebenarnya disarankan aktif berolahraga, namun dengan teratur. Terkadang masih banyak penderita yang tidak begitu tertarik dengan berolahraga, sehingga proses penurunan kolesterol dalam tubuh sangat melambat.

    Padahal cara menurunkan kolesterol tinggi sangat diperlukan dengan olahraga yang rutin dan teratur.



    Kolesterol tinggi  dalam darah yang dibiarkan terlalu lama akan berefek sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan. Penderita koleseterol tinggi jika tidak segera melakukan tindakan untuk mengatasinya dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan penyakit. Penyakit yang kerap terjadi akibat kolesterol tingggi adalah  penyakit jantung dan penyakit stroke.

    Hal ini disebabkan karena kolesterol sangat erat kaitannya dengan kesehatan pembuluh darah.  Pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah yang semakin menumpuk akan mengakibatkan pembuluh darah mengalami penyempitan. Sehingga jantung bekerja lebih keras karena kesulitan dalam memompa darah keseluruh tubuh.

    Untuk itu diperlukan dorongan dengan melakukan aktifitas fisik salah satunya berolahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur memberikan peran yang sangat besar terhadap jumlah kadar kolesterol dalam tubuh.   Membiasakan diri dengan melakukan olahraga akan mendorong untuk mengaktifkan sel-sel tubuh yang tidak berkeja secara maksimal. Sehingga tidak akan mudah mengalami masalah pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi.

    Bagi penderita kolesterol tinggi yang malas melakukan olahraga, selama melakukan diet untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, kemungkinan besar turunnya kolesterol dalam tubuh tidak berjalan lancar atau mengalami hambatan. Penderita kolesterol tinggi yang aktif melakukan aktifitas olahraga dapat membantu jantung dalam proses mengalirkan darah untuk mengantar oksigen dan nutrisi  keseluruh tubuh.

    Lancarnya sistem metabolisme tubuh dalam melakukaan aktifitasnya tentunya akan mengurangi pengendapan koleseterol dalam tubuh. Karena darah pada pembuluh darah mengalir dengan lancar. Sehinga resiko menumpuknya kolesterol tinggi dapat terminimalisir.

    Penderita kolesterol tinggi diusahakan lebih giat berolahraga atau setidaknya seminggu dua sampai tiga kali. Karena kekurangan berolahraga dapat mengakibatkan kadar kolesterol  sulit terkontrol.

    Manfaat berolahraga secara teratur dapat membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein) dalam tubuh. Kadar kolesterol HDL (high-density lipoprotein) memiliki peran penting untuk mengambil penumpukan lemak dalam pembuluh arteri dan kemudian dikembalikan lagi menuju organ hati untuk diuraikan kembali.

    Seperti yang telah diungkapkan dari hasil sebuah penelitian oleh para ahli, menyatakan bahwa penderita kolesterol tinggi yang rajin berolahraga secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol LDL lebih cepat. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak alasan tertentu.

    Beberapa alasan yang menjadikan olahraga sangat berkaitan erat dengan kadar kolesterol dalam tubuh antara lain adalah

    Alasan Pertama, berolahraga mampu meproduksi enzim yang berperan untuk membantu proses memindahkan kolesterol LDL dalam darah terutama pada pembuluh arteri kemudian dikembalikan menuju ke hati untuk diubah menjadi asam empedu.

    Asam empedu ini diperlukan melancarkan proses pencernaan kadar lemak dalam darah. Semakin rutin  berolahraga dengan teartur maka kadar kolesterol LDL dalam tubuh akan semakin berkurang sampai menuju ke titik normal.

    Alasan Kedua, Berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan jumlah partikel protein dalam tubuh. Tugas dari partikel protein tersebut adalah untuk melarutkan kadar kolesterol dalam darah. Semakin besar jumlah partikel protein yang terproduksi, maka akan semakin besar manfaatnya untuk mencegah terjadinya pengendapan kadar kolesterol jahat dalam lapisan pembuluh darah dan jantung. Terjadinya pengendapan kolesterol jahat dalam pembuluh darah akan berakibat pada gangguan penyakit jantung.

    Dengan demikian penderita yang mengalami kenaikan kadar koleseterol jahat semakin tinggi. Maka mulai saat ini juga lakukan gerakan rutin atau berolahraga secara teratur. Jadi cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, tidak hanya mengkonsumsi obat herbal ataupun mengkonsumsi  makanan penurun kolesterol untuk menurunkan kolesterol tinggi saja. 

    Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

    Berikut ini beberapa jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.
    • Aerobik, senam aerobik memiliki peran yang sangat penting untuk membuat otot-otot organ jantung memompa darah lebih kuat dan stabil. Sehingga mampu meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh dalam melakukan pembakaran kadar lemak dalam darah. 
    • Bersepeda, berenang dan berlari, merupakan jenis olahraga bertenaga yang mampu membuatkan kinerja organ jantung bekerja lebih cepat dan mampu  merangsang pembentukan enzim tertentu untuk menguraikan kolesterol LDL dari darah ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat maupun urin.
    • Yoga, menurut hasil dari sebuah penelitian senam yoga secara rutin dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL hingga 35%. Selain itu, yoga juga dapat merangsang pembentukan kadar HDL dalam tubuh meningkat.
    • Taichi, menurut hasil dari sebuah studi penelitian, gerakan taichi yang dilakukan secara rutinb dan teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam jumlah besar yakni 12 % hingga 15 %  dan mampu meningkatkan kadar HDL dalam tubuh hingga 7 %.

    Batas Ideal Waktu Berolahraga

    Banyaknya waktu olahraga yang diperlukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi tentunya ada jumlah idealnya.  Menurut panduan yang berlaku secara umum batas minimal waktu berolahraga yang ideal selama sekitar 150 menit dalam seminggu.  Waktu olahraga selama kurang lebih 150 dalam satu minggu sudah mampu untuk membakar kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Sehingga mendorong jumlah kadar kolesterol tubuh menajdi stabil.
      

    Tips yang bermanfaat untuk olahraga yang sehat


    Melakukan  kegiatan olahraga tidak harus pas dengan ukuran 150 menit perminggunya. Namun yang menjadi patokan waktu ideal berolahraga adalah kurang lebihnya mendekati angka 150 menit. Melakukan olahraga seperti bersepeda, berenang atau jogging secara kontinyu selama  20 menit setiap hari sudah mendekati batas ideal dan mampu meberikan manfaat untuk membantu mempercepat penuruan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

    Agar tidak cepat merasa bosan melakukan olahraga harus yang sesuai dengan keinginan hati dan mudah untuk dilakukan atau dengan mengajak teman maupun keluarga untuk berolahraga bersama.

    Selain berolahraga, penderita kolesterol tinggi harus memperhatikan gaya hidup sehat lainnya dengan menerapkan  menu makan sehat, mengkonsumsi sayuran berserat tinggi dan buah-buahan salah satunya seperti buah jeruk nipis. Buah jeruk nipis memiliki banyak zat antioksidan yang sangat diperlukan untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol tinggi. Selain dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jeruk nipis juga dapat digunakan untuk kecantikan wanita salah satunya memutihkan daerah kewanitaan.

    Membahas tentang jeruk nipis memang tidak ada habisnya, karena manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis sangat berlimpah. Namun dalam artikel ini fokus membahas masalah kolesterol tinggi tidak banyak membahas manfaat jeruk nipis. Untuk itu, jika ingin mengetahui manfaat jeruk nipis lebih banyak, baca selengkapnya dalam artikel Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh.

    Teruslah Berpikir Positif! Inilah Pemikiran yang Akan Buat Kamu Gagal dalam Hal Apapun

    Teruslah Berpikir Positif! Inilah Pemikiran yang Akan Buat Kamu Gagal dalam Hal Apapun

    Tips Kesehatan - Keinginan setiap orang berbeda-beda, setiap orang pasti memiliki cara untuk mencapai sesuatu yang menjadi keinginannya. Akan tetapi tidak semua dapat merealisasikan keinginan yang ingin dicapai. Kegagalan hampir pasti pernah menghampiri setiap manusia di dunia ini. Kegagalan memang bukan berarti akhir dari segalanya, hanya berapa lama kegagalan itu datang pada kita, seberapa cepat kita bangkit dari kegagalan itulah yang seharusnya diperhatikan oleh setiap orang. Karena dari setiap kegagalan pasti ada celah untuk mengetahui kekurangan dan segera melakukan perbaikan.

    Teruslah Berpikir Positif! Inilah Pemikiran yang Akan Buat Kamu Gagal dalam Hal Apapun

    Kesuksesan bukan didapat hanya dari kepandaian saja, definisi kesuksesan juga berbeda-beda bagi setiap orang. Dilihat dari apa yang dicita-citakan, maka orang tersebut dikatakan sukses apabila telah mencapai apa yang dicita-citakan.

    Dikutip dari majalah Time, setidaknya ada empat hal yang dapat membuat anda selalu gagal. Agar kamu terhindar dari empat hal ini, Firdaus45.com coba rangkumkan untuk anda dan cobalah untuk menghindari dari hal-hal dibawah ini.

    Berada di lingkungan orang-orang yang setuju dengan pendapatmu. Mungkin kamu pernah memiliki teman dengan sifat ini. Mereka memilih untuk berada di antara orang-orang yang setuju dengan pendapatnya. Ketika mereka mengatakan sesuatu sementara orang lain yang mendengarkan tidak sepakat, mereka tidak bisa menerima hal ini. Hal ini tidak baik buatmu karena kamu tidak akan pernah mengerti dan tahu ada pendapat-pendapat lain yang dimiliki orang lain. Hati-hati juga dengan orang-orang yang takut mengatakan kalau pemikiranmu salah selama ini.

    Percaya dengan hasil di masa lalu. Banyak orang yang menggunakan data-data di masa lalu untuk menentukan masa depan. Belajar dari sejarah memang tidak salah. Tapi, ada kasus-kasus tertentu yang tidak bsia diselesaikan dengan metode yang sama. Ketika kamu hanya terpaku pada sejarah dan tidak mencari sebab yang lain, di sinilah kegagalan akan berulang kali menghampiri.

    Hanya mengandalkan kisah sukses sebagai pembelajaran. Kamu memang harus belajar dari siapa pun, termasuk dengan orang-orang yang sukses. Tapi, ada banyak sumber untuk belajar. Jangan hanya mengandalkan kisah sukses mereka, tapi juga harus belajar bagaimana menggunakan waktumu serta usaha yang keras. Gabungkan ketiga hal ini agar kamu bisa sukses di masa depan.

    Kamu berpikir hari terakhir di sekolah adalah hari terakhir untuk belajar. Ingatkah ketika kamu lulus dari SMA atau universitas? Banyak orang yang merasa lega pada saat itu. Soalnya mereka merasa tidak lagi terbebani dengan pelajaran. Mereka juga berpikir saat itulah hari terakhir mereka membuka buku dan mengerjakan banyak tugas. Padahal, kamu tidak boleh berhenti belajar. Ketika kamu sudah bekerja pun, tetap harus terus belajar tentang hal yang baru dan terus mengasah keahlianmu.
    Inilah Gejala Diabetes Melitus Yang Wajib Diwaspadai

    Inilah Gejala Diabetes Melitus Yang Wajib Diwaspadai

    Inilah Gejala Diabetes Melitus Yang Wajib Diwaspadai


    Tips KesehatanDiabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang menghampiri seseorang tanpa permisi terlebih dahulu.

    Banyak yang mengakatan bahwa diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan.

    Karena sifatnya yang datang dengan cara diam-diam membuat sebagian orang tidak merasa bahwa dirinya telah terkena diabetes melitus.

    Penyembuhan penyakit diabetes melitus sampai saat ini masih tergolong susah untuk disembuhkan.

    Namun bukan berarti tidak bisa disembuhkan, karena banyak yang harus dilakukan dalam pengobatan penyakit diabetes. Setiap ada tekad yang sungguh-sungguh dan tidak lupa disertai do'a pasti ada jalan keluarnya.

    Pengobatan diabetes melitus yang paling tepat adalah dengan cara mengontrol jumlah kadar gula yang terkandung dalam tubuh.



    Mengontrol diabetes melitus tidak serta merta dapat begitu saja dilakukan, karena penyebab munculnya diabetes juga disebabkan karena beberapa faktor salah satunya adalah dari faktor makanan.

    Akan tetapi, tidak semua pemicu munculnya diabetes dapat diketahui dengan pasti dan terkadang orang akan acuh tak acuh terhadap hal seperti ini.

    Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa dikenali yang dikutip dari buku Diabetes and Me yang ditulis oleh Sidartawan Soegondo.

    Gejala Diabetes Melitus Yang Wajib Diwaspadai

    1. Mudah lelah

    penderita diabetes melitus pada umumnya akan cepat merasa lelah, lapar, dan tubuh lemas.

    Keadaan ini disebabkan karena hormon insulin yang tidak lagi aktif yang menyebabkan gula darah sulit untuk melewati membran sel dalam mengantarkan makanan keseluruh sel dalam tubuh.

    Sehingga terjadi penumpukan gula darah pada pembuluh darah atau membran sel.

    2. Sering buang air kecil

    Penderita diabetes melitus juga akan sering buang air kecil.

    Meskipun tidak terlalu banyak minum, penderita diabetes melitus akan sering buang air kecil.

    Bagi anda yang melihat kejadian semacam ini baik pada diri anda atau pada keluarga anda, maka bersegeralah periksakan kesehatan anda.

    Kebiasaan buang air kecil untuk penderita diabetes melitus ini pada umumnya terjadi waktu malam hari dengan jumlah lebih dari 3 kali buang air kecil.

    3. Mudah merasa ngantuk

    Gula yang tidak serap sepenuhnya oleh tubuh apabila jumlahnya terlampau banyak akan dibuang melalui urine.

    Saat tubuh kekurangan gula karena tubuh tidak mampu menyerap gula akan membuat tubuh kekurangan energi sehingga membuat penderita diabetes melitus sering merasakan ngantuk.

    4. Berat badan berkurang

    Energi yang dibutuhkan oleh tubuh diperoleh dari asupan gula, bukan jenis gula yang sering kita konsumsi akan tetapi gula sederhana yang diproses terlebih dahulu oleh hormon insulin.

    Ketika insulin sudah tidak mampu lagi bekerja, tubuh akan mengambil cadangan makanan berupa lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi pengganti lemak. Mungkin orang beranggapan ini akan menjadi tips diet yang patut dicoba.

    Tapi sejujurnya tips diet semacam ini tidak baik untuk dilakukan, karena ketika tubuh kekurangan lemak akan membuat tubuh menjadi kurus kering dan tidak berenergi.

    5. Kulit pucat. 

    Penderita diabetes pada umumnya akan terlihat pucat dan kering akibat adanya kerusakan saraf tepi atau neuropati perifer. Hal ini memengaruhi sirkulasi dan fungsi kelenjar keringat. Kulit diabetesi pun akan gatal, kering dan mudah terinfeksi.

    6. Insulin tidak terproduksi dengan baik

    Dengan gagalnya insulin beroperasi, sistem kekebalan tubuh pun turut terkena dampaknya. Sehingga penyakit dari luar mudah menyerang, terutama luka di bagian kaki dan tangan.

    7. Penglihatan menjadi kabur

    Penderita diabetes secara perlahan akan mengalami gangguan pada penglihatan

    Perlahan pnglihatan perderita diabetes akan menjadi kabur, hal ini disebabkan oleh berlebihnya kadar gula yang merusak pembuluh darah dan saraf mata.

    Tidak hanya itu, kadar gula yang tinggi juga memicu penarikan air di dalam sel melalui proses osmosis.

    8. Berkurangnya kemampuan untuk merasakan

    Kekurangan asupan gula pada sistem syaraf akan berdampak pada pelemahan sistem saraf yang mengakibatkan kemampuan syaraf untuk merasakan sesuatu menjadi berkurang.

    Penderita diabetes melitus pada umumnya juga kerap merasakan kesemutan.