1/31/2016

Manfaat Daun Mangkukan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Daun Mangkukan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

Firdaus45 - Daun mangkukan memiliki manfaat yang sangat menakjubkan terutama bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena jumlah kandungan gizi yang melimpah didalam daun mangkukan. Gizi yang terkandung dalam daun mangkukan mampu menutrisi organ tubuh. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam daun mangkukan memiliki fungsi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sudah tahukah seperti apa daun mangkukan itu? Nah yang belum mengenal daun mangkukan, berikut ini deskripsi daun mangkukan yang perlu dikenali lebih dalam.

Daun mangkukan dikenal mirip dengan bentuk mangkuk, yaitu bagian permukaan daun mangkukan berbentuk cekung dan mampu menampung tetesan air hujan. Sehingga banyak orang menyebut jenis tumbuhan tersebut sebagai daun mangkukan.

Tumbuhan mangkokan tergolong dalam kelompok Spesies : P. scutellaria, Famili : Araliaceae,    Genus : Polyscias  Kerajaan : Plantae dan Ordo : Apiales
    



Manfaat tumbuhan mangkukan terbilang sangat melimpah. Namun dari sebagian banyak masyarakat tidak semuanya mengetahuinya. Sehingga jenis tumbuhan mangkukan hanya sekedar digunakan sebagai tanaman untuk pagar.

Karena cara memelihara tumbuhan mangkukan juga terbilang cukup mudah. Tanaman jenis mangkukan dapat tumbuh subur pada daerah beriklim tropis. Batang tumbuhan mangkukan dapat mencapai ketinggian hingga 5-6 meter. Memiliki daun yang lebat dan tumbuh subur dengan warna hijau cerah.

Tumbuhan mangkukan biasa dimanfaatkan daun dan akarnya sebagai bahan pengobatan tradisional. Daun mangkukan memiliki manfaat untuk meningkatkn dan menjaga kesehatan tubuh. Hanya sebagian orang yang mengketahui akan manfaat yang didapatkan dari daun mangkukan tersebut.

Maka dari itu dalam artikel firdaus45 akan membahas manfaat daun mangkukan bagi kesehatan tubuh. Hal ini diperlukan untuk mempermudahkan masyarakat mengetahui manfaatnya dari daun mangkukan tersebut.

Manfaat Daun Mangkukan Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat dari daun mangkukan bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui adalah sebagai berikut ini.

1. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan

Daun mangkokan merupakan salah satu jenis daun yang banyak mengandung serat alami. Serat alami yang terkandung dalam daun mangkukan dapat mememberikan peran penting untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan kebutuhan serat dalam tubuh yang tercukupi dapat mencegah terjadinya masalah penyakit sembelit atau kesulitan buang air besar, diare, dan juga melancarkan buang air kecil.

Cara penggunaan daun mangkokan untuk melancarkan sistem pencernaan hanya dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Yaitu dijadikan sebagai lalapan atau dengan cara diolah sebagai tumis, urap dan lainnya.

2. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi kerontokan rambut

Setiap orang tentunya akan merasa risih  apabila memiliki masalah rambut yang mudah rontok. Rambut rontok yang terjadi secara terus menerus akan mengakibatakan kebotakan yang serius. Pastinya terjadinya kebotakan akan mengurangi penampilan sehingga membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Dengan demikian daun mangkokan dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan. Cara penggunaannya juga cukup mudah, berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengatasi rambut rontok dengan menggunakan daun mangkokan :

  1. Siapkan 4 – 5 lembar daun mangkokan, yang telah cuci hingga bersih
  2. Parut daun mangkukan tersebut dan tambahkan minyak kelapa murni atau minyak blondo secukupnya
  3. Aduk ramuan tersebut sampai merata
  4. Oleskan ramuan daun mangkokan tersebut pada seluruh kulit kepala secara merata.
  5. Lakukan  secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal terhadap rambut dan kulit kepala

3. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan rambut

Selain dapat mencegah terjadinya kebotakan dan juga kerontokan pada rambut. Daun mangkokan juga dapat berfungsi untuk membantu menjaga dan mengoptimalkan kesuburan rambut. Memiliki rambut yang sehat dan subur tentu saja dambaan dari setiap orang.

Cara penggunaannya juga hampir sama dengan cara membuat ramuan dari daun mangkokan yang telah disebutkan sebelumnya, yang digunakan untuk mencegah kerontokan rambut.

Dengan menggunakan ramuan daun mangkokan ini, maka rambut anda akan menjadi lebih sehat, kuat dan juga berkilau. Selain itu, ramuan dari daun mangkokan juga mampu berperan untuk mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri seseoarang.

4. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka

Luka ringan akibat terjatuh atau terkena sayatan pisau juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan daun mangkukan. Nutrisi yang terkandung dalam daun mangkukan bersifat anti inflamasi sehingga terhindar dari infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Cara penggunaannya dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun mangkokan, lalu dikompreskan pada bagian kulit yang terluka. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya dibalut dengan kain kasa/perban yang benar-benar steril.

5. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mencegah peradangan

Daun mangkokan juga dapat berperan penting lainnya yakni sebagai salah satu obat untuk mencegah dan mengatasi penyakit peradangan. Hal ini dikarenakan daun mangkukan memiliki zat anti inflamasi. Zat tersebut berperan sebagai anti peradangan.

Sehingga mencegah munculnya penyakit peradangan yang kerap terjadi  pada bagian organ tubuh  seperti radang tenggorokan, lambung dan juga usus. Selain itu, daun mangkokan juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati dan mengatasi peradangan pada payudara wanita

6. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk  melancarkan sistem peredaan darah

Kandungan zat besi yang terdapat dalam daun mengkukan terbilang cukup tinggi. Kandungan zat besi dalam daun mangkukan merupakan salah satu mineral yang sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah.

Dengan sistem peredaran darah yang lancar tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena tidak akan terjadinya penyumbatan pembuluh darah serta dapat membantu mengoptimalkan dalam pengangkutan oksigen keseluruh organ-organ tubuh .

7. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk  mencegah penyakit anemia

Selain berguna untuk meningkatkan kinerja sistem peredaran darah, kandungan zat besi pada daun mangkokan, juga memiliki peran penting dalam membantu mencegah timbulnya gejala anemia. Gejala yang timbul akibat anemia atau kekurangan darah dapat berupa tubuh terasa lemas, letih, mudah  lelah, sering merasa pusing sering mengeluh sakit kepala, dan mudah  pingsan serta rentan terserang penyakit, karena daya tahan tubuh yang cenderung menurun. Dengan memanfaat kandungan zat besi dalam daun mangkukan, maka timbulnya  gejala-gejala anemia akan lebih mudah teratasi.

8. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak pernah disangka daun mangkokan ternyata banyak mengandung antioksidan. Kandungan zat antioksidan dalam daun mangkokan memiliki peran untuk mengusir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai macam penyakit, dan juga dapat meningkatkan kekebalan dan juga daya tahan tubuh.

9. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mengusir bakteri

Daun mangkokan  juga memiliki sifat anti bakteri. Sehingga daun mangkokan banyak dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk mencegah terjadinya infeksi dan juga membantu mencegah masuknya bakteri serta kuman penyebab penyakit ke dalam tubuh.

10. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Daun mangkokan juga memiliki penting lainnya dalam menjaga kesehatan mata. Daun mangkokan memilki kandungan vitamin A yang cukuo tinggi. vitamin A diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kulit kesehatan mata anda.

Dengan terjaganya kesehatan. Sehingga resiko masalah penyakit yang berkaitan dengan mata dan kulit dapat terminimalisir. Beberapa macam gangguan pada mata antara lain seperti rabun ataupun katarak.

11. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit sariawan

Kandungan vitamin C juga dapat ditemukan pada daun mangkokan. Peran dari vitamin C bagi tubuh sangat besar, selain baik untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh kita, juga dapat membantu mencegah dan juga mengobati penyakit  sariawan.

12. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mengingkatkan kesehatan tulang

Daun mangkokan juga banyak mengandung sejumlah vitamin D. Kebutuhan vitamin D dalam tubuh harus dipenuhi karena kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis pada tulang. Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin, yang dapat bekerja bersamaan dengan fosfor dan  kalsium menjaga kesehatan tulang. Sehingga kalangan oranng tua yang memerlukan kebutuhan vitamin D dapat memanfaatkan daun mangkukan.

Manfaat yang didapatkan dari daun mangkukan terhadap kesehatan walaupun sangat berlimpah. Namun sebelum menerapkan penggunaan daun mangkokan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli terdekat. Hal ini diperlukan untuk mengetahui tingkat kecocokan daun mangkokan terhadap sel-sel tubuh setiap orang. Semoga dapat bermanfaat dan temukan artikel menarik lainnya.