1/24/2016

WOW!! 10 Manfaat Tidur Miring Kekanan Terhadap Kesehatan Tubuh, Yang Belum Diketahui

WOW!! 10 Manfaat Tidur Miring Kekanan Terhadap Kesehatan Tubuh, Yang Belum Diketahui

Firdaus45.com – Kegiatan tidur ini pasti semua orang mengalaminya entah itu anak-anak, remaja maupun kalangan orang tua. Karena dengan tidur yang cukup dan teratur akan membuat kondisi kesehatan badan akan kembali segar.

Tidur juga memerlukan posisi yang benar. Hal inu bertujuan untuk mendapatkan manfaat tidur yang maksimal.

Tidur dengan posisi yang benar juga akan memberikan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh. Namun tidak semua orang meperhatikan posisi tidur.

Setiap posisi tidur yang berbeda masing-masing memiliki manfaatnya tersendiri. Tidur dengan posisi berbeda maksudnya adalah tidur posisi telentang, tengkurap, miring kekiri maupun miring kekanan.



Namun dalam artikel yang dimuat dalam laman firdaus45.com akan membahas mengenai manfaat tidur dengan posisi miring kekanan. Posisi tidur dengan kondisi miring kekanan tidak semua orang mengetahui akan manfaat yang didapatkannya.

Untuk itu, dalam artikel yang ditulis ini akan membedah satu persatu manfaat tidur miring kekanan terhadap kesehatan tubuh. Hal ini agar semua orang mengatahui manfaat yang didapatkannya. Sehingga saat tidur tidak hanya sekedar tidur, melainkan tahu akan manfaat dari posisi tidur tersebut.

Manfaat Tidur Miring Kekanan Terhadap Kesehatan Tubuh

Berikut ini adala beberapa manfaat tidur dengan posisi miring kekanan terhadap kesehatan, yang harus diketahui oleh setiap orang.

1. Mengoptimalkan Kinerja Otak Kiri

Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak kiri. Bagian otak manusia terbagi menjadi dua bagian yakni otak kanan dan otak kiri. Dimana setiap bagian otak memiliki peran yang berbeda. Otak kanan berfungsi untuk mengatur pusat saraf organ tubuh  yang ada di bagian kiri, sedangkan otak kiri berfungsi untuk mengatur kinerja sistem tubuh bagian kanan.

Sebagian besar orang beraktifitas banyak yeng menggunakan organ tubuh bagian kanan, sehingga membutuhkan kerja keras dari otak kiri. Dengan demikian memposisikan tubuh saat tidur dengan miring ke kanan, mampu menyegarkan kembali syaraf-syaraf otak kiri  sehingga dapat mencegah penyempitan pembuluh darah akibat pengendapan pembekuan darah serta asam sisa oksidasi dan lemak dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kinerja Organ Jantung

Membiasakan diri dengan posisi tidur miring kekanan, dapat membantu organ jantung dalam mengatur sistem peredaran darah lebih merata dan lancar serta lebih berkonsentrasi mengatur aliran darah untuk menuju sebelah kanan bawah. Dengan demikian beban aliran darah untuk keluar dan masuk pada jantung secara otomatis menjadi lebih ringan dan rendah.

Tidur dengan posisi miring kekanan akan mengontrol denyut jantung lebih ringan dan mampu menurunkan tekanan darah. Sehingga dapat membantu meyehatkan organ jantung. Selain itu,  posisi tidur dengan kondisi miring kekanan juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik dan terasa lebih tenang.

3. Dapat Menyehatkan Paru-paru

Tidur dengan posisi miring kekanan kanan juga ada kaitannya dengan kesehatan paru-paru. Perlu dikatahui paru-paru terbagi menjadi dua baian kanan dan bagian kiri. Untuk sebela kanan paru-paru memiliki ukuran lebih besar daripada paru-paru yang ada di sebelah kiri. Dengan demikian  tidur posisi tubuh miring ke kanan akan meringankan kinerja organ jantung karena tidak terbebani oleh jantug bagian kanan.

4. Mengurangi Rasa Tegang pada bagian Punggung

Tidur dengan posisi miring kekanan juga dipercaya dapat membuat kondisi tubuh terasa lebih nyaman. Terutama mampu mengurani rasa tegang yang berlebihan pada bagian punggung. Hal ini dikarenakan kinerja dari jantung dalam mengatur sistem peredaran darah yang semakin lancar sehingga ketegangan yang terjadi di bagian punggung akan dapat dikurangi.

5. Menjaga Kesehatan Lambung

Organ lambung terletak pada bagian kiri, jika tidur dengan posisi miring kekanan organ lambuing tidak banyak tertekan. Sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan yang akan dilanjutkan menuju keusus melalui ujung katup lambung. Dengan demikian proses sistem pencernaan tidak mengalami perlambatan. serta resiko terbentuknya asam lambung juga dapat terminimalisir.

6. Menambah Waktu Proses Terserapnya Nutrisi

Tanpa kita sadari pergerakan usus saat sedang tidur dapat meningkat. Sehinga dengan posisi tidur miring kekanan zat makanan yang tersimpan dalam lambung lebih capat diproses dan berjalan lebih lancar dalam penyerapan nutrisi oleh usus. Denagn demikian, proses penyerapan nutrisi atau zat gizi dari makanan akan dapat terserap secara maksimal pada saat sedang tidur.

7. Melancarkan Buang Air Besar

Selain membantu melancarkan proses penyerapan nutrisi, tidur dengan posisi miring ke kanan juga dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi penderita sembelit. Dengan posisi tubuh menghadap ke kanan, usus besar sigmoid yang letaknya tepat sebelum anus akan mengalami proses pengisian lebih cepat. Saat sudah penuh, maka usus besar secara otomatis akan  merangsang untuk bergerak dimana relaksasi otot anus mengikuti yang menjadikan kita lebih lancar untuk  membuang zat sisa kotoran.

8. Menyehatkan Pankreas

Aliran chime yang semakin lancar, mampu meningkatkan keluarnya cairan empedu. Selain itu, terjadinya masalahh pembentukan batu pada kantung empedu dapat dicegah dengan tidur miring kekanan. Tidak hanya itu, pengkatan produksi getah pankreas pun juga mengalami peningkatan.

9. Memberikan Efek Rileks

Dengan posisi tidur miring kekanan yang benar serta dilengkapi dengan penggunaan bantal yang tepat untuk kepala dan juga diantara kedua lutut, juga membantu meningkatkan perasaan lebih rileks. Relaksasi tersebut dapat dialami karena sendi-sendi kita mendapat dukungan baik dari posisi tidur dan bantal yang tepat sehingga rasa sakit yang misal kita rasakan pun akan berkurang.

10. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Yang terakhir, manfaat tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan juga memberikan manfaat dalam meningkatkan kebugaran tubuh. Hal ini terjadi karena organ vital dalam tubuh mengalami penigkatan sistem metabolisme . Secara otomatis efeknya akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar saat bangun.

Kondisi organ-organ tubuh terasa segar, bugar dan bersemangat maka resiko terkena masalah kesehatan juga dapat dikurangi. Demikian manfaat tidur dengan posisi miring kekanan semoga dapat bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya