1/21/2016

Tips Jitu Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Mata Minus Secara Alami

Tips Jitu Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Mata Minus Secara Alami

Firdaus45 - Cara mencegah mata minus yang benar merupakan keinginan setiap orang. Mata merupakan organ terpenting yang harus selalu dijaga dan diperhatikan kesehatannya. Namun, tidak semua orang dapat menjaga kesehatan mata dengan baik dan benar sehingga dapat menyebabkan terjadinya kelainan penyakit mata salah satunya mata minus.

Selain menggunakan merk obat mata terbaik, sebenarnya mengobati mata minus itu dapat dilakukan dengan cara alami dan sederhana. Ada yang perlu diingat, cara sederhana bukan berarti murahan. Banyak cara sederhana yang diperlukan untuk mengobati mata minus dengan hasil yang memuaskan.

Namun sebelum melakukan pengobatan harus mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya mata minus terlebih dahulu. Terjadinya penyakit mata minus dipengaruhi oleh banyak faktor-faktor tertentu. Faktor lingkungan, pola gaya hidup yang tidak sehat seperti makanan, kebiasaan sehari-hari dan lain-lain.


Sering membiasakan diri melihat sesuatu terlalu dekat dan terlalu jauh juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit  mata minus. Hal ini dapat terjadi karena memaksa otot mata untuk bekerja lebih keras dalam mengatur fokus mata terhadap objek.

Selain itu, berada di lingkungan yang tidak sehat seperti kurangnya pencahayaan, banyaknya debu yang berkeliaran di udara bebas, juga dapat menimbulkan mata menjadi minus.

Tips  Mencegah dan Mengurangi Penyakit Mata Minus

Agar tidak akan terkena masalah penyakit mata minus, maka diperlukan cara yang benar dalam menjaga kesehatan mata. Berikut ini tips yang harus diketahui untuk menjaga kesehatan mata terhindar dari penyakit mata minus.

  1. Perhatikan pola makan yang sehat, memenuhi kebutuhan asupan gizi dan vitamin  merupakan hal penting yang harus dipenuhi. Namun juga tidak boleh berlebihan dalam memenuhi hal tersebut.

  2. Menghindari kebiasaan buruk seperti membaca sambil tiduran serta membaca dalam situasi gelap atau kurangnya penerangan.

  3. Menghindari Polusi udara, air serta bahan  makanan yang banyak mengandung bahan kimia seperti pengawet dan lain sebagainya.

  4. Tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan.

  5. Mencukupi paparan sinar matahari pagi hari.

  6. Tidak sering menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat, karena radiasi gelombang televisi terlalu kuat dan dapat merusak retina.

  7. Menyesuaikan pencahayaan saat memakai monitor komputer, sehingga pencahayaan tidak terlalu cerah dan tidak terlalu redup. Saat didepan monitor komputer sesering mungkin memejamkan mata. Hal ini agar syaraf mata dapat beristirahat sesaat, walaupun hanya sebentar namun memiliki manfaat yang berlipat ganda.

    Jika terlalu sering menggunakan komputer sebaiknya pilihlah layar komputer yang radiasinya rendah seperti layar LCD (liquid crystal display). Usahakan setiap setengah jam sekali  mengalihkan pandangan  dari arah layar monitor ke arah lainnya beberapa saat.

    Selain itu, diperlukan melatih mata dengan melihat pemandangan dari jarak pandang yang jauh tanpa menggunakan kaca mata misalnya pemandangan di pantai, pegunungan, bukit atau di persawahan yang terbentang luas.
    Serta melatih mata dengan melihat obyek yang bergerak seperti saat di jalan raya, fokus pada obyek tertentu misalnya mobil yang sedang bergerak perhatikan gerakannya dengan seksama.

  8. Tidak menggunakan obat-obatan terlarang, menggunakan obat-obatan terlarang dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit mata minus. Tidak hanya itu, jenis-jenis penyakit berbahaya lainnya jua dapat menyerang kapan saja.

  9. Tidak merokok dan tidak meminum minuman keras, rokok dan minuman keras banyak mengandung racun berbahaya yang dapat merusak sel-sel sehat dalam tubuh. Terutama  merusak kesehatan syaraf mata, sehingga menimbulkan gangguan kaburnya penglihatan atau mata minus.

  10. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, karena jenis-jenis nabati tersebut banyak mengandung klorofil dan berbagai macam vitamin. Jenis buah-buahan dan sauran yang paling diperlukan untuk kesehatan mata adalah jenis vitamin A dan vitamin C. Peran dari kedua vitamin tersebut tidak akan lepas kaitannya dalam masalah kesehatan mata.

Tips Mengobati Penyakit Mata Minus Dengan Daun Sirih

Apabila telah terjadi atau terkena masalah penyakit mata minus dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengobati mata minus salah satunya adalah menggunakan daun sirih.

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.  Jenis daun sirih tersebut dapat digunakan sebagai terapi yang sangat mudah dan praktis dalam penggunaannya.

Cara Peggunaannya

1. Siapkan empat lembar  daun sirih, kemudian cuci dengan menggunakan air dingin sampai bersih

2. Tepuk-tepuk daun sirih tersebut agar sedikit lunak

3. Tempelkan daun sirih tersebut pada kedua mata saat menjelang tidur, masing-masing mata dua lembar daun sirih yang ditumpuk.

4. Agar tidak terlepas dari mata sebaiknya ikat daun tersebut dengan menggunakan perekat atau dibalut dengan kain perban yang steril.

5. Lakukan cara penggunaan kompres daun sirih secara teratur dan rutin agar kesehatan mata lebih optimal terhindar dari penyakit mata minus.

Demikian semua tips untuk mencegah dan mengatasi penyakit mata minus / rabun semoga dapat bermanfaat. Dengan cara yang alami tentunya dapat memberikan efek yang positif.

Walaupun bersifat alami namun juga diperlukan dengan konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli mata terdekat. Agar tidak terjadi seperti hal-hal yang tidak diinginkan.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya