1/03/2016

Resep Masakan Nasi Jagung, Makanan Untuk Penderita Diabetes

Resep Masakan Nasi Jagung, Makanan Untuk Penderita Diabetes

Firdaus45 - Terkadang penyakit diabetes melitus dapat menyerang kaum laki-laki maupun wanita, entah itu pada kalangan yang masih muda maupun sudah tua. Timbulnya penyakit diabetes ini dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Faktor utama penyebab timbulnya penyakit diabetes salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Penderita diabetes harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan, terutama jenis makanan yang banyak mengandung kadar gula tinggi. Sebenarnya banyak jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes. Namun tidak semua orang akan memanfaatkan makanan yang baik untuk penderita diabetes melitus tersebut.

Perlu diketahui penderita yang salah dalam mengkonsumsi jenis-jenis makanan dapat menimbulkan efek yang sangat buruk bagi kesehatan bahkan dapat memperparah penyakit diabetes yang diderita.

Jenis penyakit diabetes melitus (kencing manis) memang bisa dibilang menyusahkan, akan tetapi segala sesuatu yang diberikan kepada kita patut kita syukuri, sekalipun yang diberikan adalah sebuah penyakit. Rasa syukur meskipun diberikan penyakit dapat membuat kita termotivasi untuk melupakan penyakit yang diderita dan mencoba untuk mensugesti diri untuk cepat sembuh dari penyakit yang sedang kita derita.

Seperti yang sudah kita ketahui, penyakit diabetes itu dibedakan menjadi 2 (dua) tipe berdasarkan seberapa parah orang tersebut menderita diabetes. Dikatakan menderita diabetes tipe 1 apabila orang tersebut sudah tidak mampu lagi memproduksi insulin yang digunakan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dikatakan menderita diabtes tipe 2 apabila orang tersebut masih dapat memproduksi insulin akan tetapi jumlah insulin yang dihasilkan tidak mampu untuk menjaga kondisi normal gula darah dalam tubuh.

Penyabab utama dibates pada dasarnya adalah konsumsi gula yang berlebih, sehingga gula dalam darah juga ikut naik. Selain konsumsi gula yang berlebih, penyakit diabetes juga diakibatkan karena rusaknya organ yang bertugas untuk memproduksi insulin.

makanan untuk penderita diabetes, makanan untuk diabetes, manfaat nasi jagung, nasi jagung, manfaat nasi jagung untuk diet kesehatan, diabetes melitus,

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes, terutama bagi penderita yang sudah tidak mampu lagi untuk memproduksi hormon insulin harus terus menjaga pola makan. Banyak pantangan yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Beberapa makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan untuk dikonsumsi diantaranya adalah bayam, almon, ubi jalar, dan beberapa jenis makanan lainnya yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat rendah. Jagung merupakan salah satu makanan yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi yang berasal dari beras.

Nasi jagung seringkali digunakan oleh penduduk pribumi pada zaman dahulu saat mereka masih berada dibawah rezim penjajahan Portugis, Belanda, Inggris dan Jepang. Mereka memanfaatkan segala macam jenis tumbuhan untuk tetap bertahan hidup.

Nasi jagung memiliki berbagai macam khasiat diantaranya yaitu:

  • mengatasi gangguan pencernaan
  • sebagai pengganti nasi untuk menghasilkan energi
  • mencegah munculnya penyakit kardiovaskuler
  • mengatasi diare
  • mencegah penyakit kanker
  • meningkatkan antioksidan tubuh
  • mencegah terjadinya anemia
  • menjaga kesehatan tulang
  • menjaga kesehatan fungsi ginjal
dan masih banyak lagi manfaat jagung bagi kesehatan tubuh, untuk selengkapnya dapat anda baca pada artikel manfaat nasi jagung untuk kesehatan tubuh.

Meskipun banyak sekali manfaat dari jagung, akan tetapi bila salah dalam mengolah tentu manfaat tersebut tidak akan terasa. Selain itu, nasi jagung yang tidak divariasi juga akan memiliki rasa yang tawar karena proses pembuatannya rasa manis jagung akan hilang sehingga yang tersisa hanya karbohidratnya saja. Untuk itu, berikut ini adalah resep pembuatan nasi jagung yang dapat anda coba dirumah


Bahan :
  1. 2500 gram jagung meniran
  2.  50 gram beras
  3. 700 ml air
  4. 1 sdt garam / blueband
Cara Membuat :
  1. Campur jagung meniran, beras, air dan garam / blueband.
  2. Rebus di atas api sedang hingga mendidih dan jagung lunak. Angkat dan biarkan hingga airnya terserap habis.
  3. Kukus campuran beras dan jagung hingga matang. Angkat,sajikan hangat.
Catatan:  resep tersebut untuk 4 porsi

Nilai gizi per porsi
Energi : 150,7 kkal
Protein : 3,1 gram
Lemak : 0,4 gram
Karbohidrat : 33,4 gram

Artikel Menarik Lainnya