12/20/2016

Rahasia Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Yang Akan Membuat Anda Takjub

Rahasia Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Yang Akan Membuat Anda Takjub

Firdaus45 - Tanaman ciplukan dikenal banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat  ciplukan sangat beraneka ragam dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun jenis tanaman ciplukan saat ini agak sedikit punah.

Jenis tanaman ciplukan berasal dari golongan genus Physalis, keluarga Solanaceae dan memiliki nama binomial. Ciri-ciri dari tumbuhan ciplukan memiliki batang dengan kettinggian 50 cm sampai 100 cm, dengan daun meruncing lunak, halus ,dan memiliki warna daun hijau, buah kecil-kecil bulat dan dilapisi mahkota dengan bentuk meruncing, Buah ciplukan memiliki kesamaan dengan buah kersen yang berbentuk bulat dan terasa manis.



Buah ciplukan yang sudah matang terasa harum dan manis, jika masih muda atau mentah rasanya sangat pahit. Namun dibalik rasa pahit pada buah ciplukan yang masih mentah, juga menyimpan banyak rahasia yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat ciplukan untuk kesehaan tubuh yang harus diketahui oleh semua orang.

1. Mengobati Penyakit Flu

Tanaman ciplukan dapat berperan untuk mengobati penyakit flu. Cara mengobati flu dengan tananam ciplukan yang dimanfaatkan adalahh bagian daunnya. Daun ciplukan memiliki kanddungan nutrisi yang berupa zat antioksidan. Zat antiioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara membuat ramuan dari daun ciplukan juga sangat mudah yakni,

Siapkan daun ciplukan secukupnya kemudaian cuci sampai bersih

Potong daun ciplukan yang telah dibersihkan tersebut hingga menjadi beberapa bagianR
Rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas
Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat secara teratur dan rutin

2. Mengobati Radang Tenggorokan

Selain bermanfaat untuk mengobati penyakit flu, daun ciplukan juga dapat bermanfaat untuk mengobati timbulnya penyakit radang pada tenggorokan. Penyakit peradangan kerap kali menyerang pada kaum anak-anak maupun dewasa. Dengan demikian mengkonsumsi ramuan dari daun ciplukan dapat teratasi. Cara memanfaatkannya seperti cara membuat ramuan untuk mengobati flu, yakni dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan secara teratur dan rutin setiap hari. Namun juga tidak boleh secara berlebihan.

3. Mengobati Pertusis atau Batuk Rejan

Pertusis merupakan penyakit batuk yang disertai rejan, jenis batuk rejan yang tidak segera ditangani juga dapat menjadi batuk kronis. Mengobati batuk rejan dapat menggunakan ramuan herbal salah satunya dengan memanfaatkan daun ciplukan. Daun ciplukan  terbukti dapat bermanfaat untuk menyembuhkan  batuk rejan atau pertusis. Senyawa antikosidan yang terkandung dalam daun ciplukan dapat berperan aktif untuk meredakan batuk secara alami dan cepat. Caranya dengan meminum air rebusan daun ciplukan.

4. Mengobati Penyakit Gondong

Penyakit gondong adalah kondisi dimana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Penderita yang mengalami gangguan penyakit gondong akan merasakan nyeri dan panas secara berlebihan disekitar kulit yang mengalami pembengkakan.

Jika terjadi hal demikian dapat diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan untuk menyembuhkannya. Tanaman ciplukan memiliki sifat anti peradangan, sehingga  dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan secara teratur kondisi tubuh akan sehat kembali

5. Untuk Mengobati Penyakit Bisul

Sifat anti radang yang dimiliki oleh tanaman ciplukan sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit salah satunya bisul. Timbulnya penyakit bisul memang membuat penderita merasa tersiksa, hal yang paling menyiksa adalah munculnya bisul pada daerah pantat. Karena membuat si penderita kesulitan untuk duduk.

Caranya membuat ramuan dari daun ciplukan juga cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan ke daerah kulit yang sedang mengalami peradangan atau berbisul.

6. Mempercepat Pengeringan Luka

Kulit yang mengalami luka tergores atau setelah jatuh dapat diatasi dengan daun ciplukan. Hanya dengan mengoleskan tumbukan daun ciplukan yang telah dihaluskan, pada seluruh luka secara merata. Maka luka pada kulit akan lebih cepat mengering dan sembuh.

7. Mengobati Kencing Manis

Penyakit kencing manis / diabetes melitus juga dapat diatasi dengan menggunakan daun ciplukan. Hal ini kerana nutrisi yang terkandung dalam daun ciplukan mampu mnormalkan kadar gula dalam darah. Penderita kencing manis hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan secara rutin agar penyakit kencing manis dapat segera hilang.

8. Menyembuhkan Penyakit Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah terkadang sering menyerang pada seseorang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Daun ciplukan dapat berkhasiat untuk mengobati penyakit paru-paru basah. Cara mengatasi penyakit paru-paru basah dengan menggunakan daun ciplukan juga tidak terlalu sulit. Yakni dengan meminum air rebusan daun ciplukan secara teratur dan rutin, seta tidak berlebihan.

9. Mengurangi resiko Terjadinya Epilepsi

Nutrisi yang terkandung dalam daun ciplukan juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Sehingga bagi yang memiliki riwayat penyakit epilepsi dapat memanfaatkan ramuan daun ciplukan. Yakni dengan cara merebus daun  ciplukan dan meminumnya secara teratur.

10. Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening

Yang terakhir, daun ciplukan juga dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah pembengkakan kelenjar getah bening, Jika sering meminum air rebusan daun ciplukan secara rutin dan teratur. Maka jenis masalah pembengkakan kelenjar getah bening dapat terminimalisir.

Demikian manfaat dari tanaman ciplukan semoga dapat bermanfaat. Ada yang perlu diingat cara mengkonsumsi ramuan tidak boleh secara berlebihan. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi ramuan dari daun ciplukan berkonsultasi terlebuh dahulu pada dokter ahli terdekat.

Artikel Menarik Lainnya