1/22/2016

Pertolongan Pertama Pada Anak Mengalami Kejang-kejang

Pertolongan Pertama Pada Anak Penderita Kejang-kejang


Firdaus45.com – Terkadang kaum orang tua mengalami kepanikan saat  anaknya mengalami kejang-kejang. Jika gangguan kejang-kejang telah terjadi pada anak, maka  harus ditolong dengan segera dan  tidak boleh membiarkan terlalu lama. Mengapa demikian? Jika gangguan kejang-kejang dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan kerusakan pada sel otak sang anak.

Untuk itu melalui artikel ini firdaus45.com mencoba untuk memberikan informasi mengenai cara mengatasi kejang-kejang pada anak. Semoga dengan mengetahui informasi ini bisa memberikan manfaat yang berguna, sehingga anda tidak merasa panik dan kaget lagi karena telah mengetahui cara penanganannya jika anak anda mengalami kejang.



Penyakit kejang-kejang dapat terjadi secara mendadak, hal tersebut memang membuat seseoarang merasa panik. Kepanikan tersebut terutama pada seseorang yang belum mengetahui cara menanganinya.

Mungkin masih ada sebagian kaum orang tua yang belum mengetahui cara mengatasi penyakit kejang-kejang secara mendadak tersebut. Untuk itu, agar semua orang lebih tahu cara mengatasi kejang-kejang secara cepat dan tepat. Maka dalam laman firdaus45.com akan memberikan sedikit penjelasan cara menangani gangguan kejang-kejang pada anak.

Penyakit kejang-kejang yang timbul secara mendadak dipengaruhi oleh banyak faktor-faktor tertentu. Dalam hal ini kaum orang tua harus lebih teliti dan berhati-hati dalam mejaga kesehatan anak. Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Jika kebutuhan nutrisi terpenuhi maka secara otomatis sistem imun tubuh juga semakin meningkat.

Meningkatnya sistem imun tubuh mampu mengusir berbagai macam masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang terusir adalah penyakit kejang-keang secara mendadak tersebut.

Penyebab Kejang Pada Anak


Penyakit kejang atau step diakibatkan karena daya tahan tubuh pada anak menurun. Saat daya tahan tubuh pada anak mengalami penurunan maka penyakit akan leluasa lebih mudah menyerang. Hal ini akan membuat suhu tubuh semakin meningkat drastis.

Toleransi peningkatan suhu tubuh pada anak sangat berbeda-beda, tapi kebanyakan pada range 38-40 derajat Celcius. Apabila suhu tubuh mengalami peningkatan yang melewati batas toleransi maka kondisi tersebut akan kejang-kejang.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya kejang-kejang secara mendadak pada anak.
  1. Radang Tenggorokan
  2. Pilek
  3. Diare
  4. Faktor Keturunan
  5. Muntaber

Gejala yang ditimbulkan pada anak-anak yang mengalami kejang-kejang


  1. Bola akan mata melihat keatas kening.

  2. Otot-otot pada kedua tangan dan kaki menjadi kaku dan disertai gerakan kejut.

  3. Gigi antara rahang bawah dan atas terkatup.

  4. Kadang-kadang disertai dengan muntah dan nafas terhenti sejenak.

  5. Apabila sudah parah biasanya disertai dengan tidak sadarkan diri.

  6. Kejang yang terjadi biasanya hanya selama 5 menit, namun jika terjadi lebih lama dari 15 menit maka sudah termasuk membahayakan sebab dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Cara Mengatasi Kejang-kejang Pada Anak


  1. Jika terjadi hal demikian, maka orang tua jangan panik, pindahkan posisi anak ke tempat yang lebih aman dan nyaman seperti kasur ataupun lantai serta jauh dari benda-benda yang berbahaya.

  2. Melonggarkan pakaiannya ataupun melepaskan semua yang berkaitan dengan sistem pernapasan, agar tidak menghambat saluran pernafasan  pada anak.

  3. Miringkan posisi tubuh agar cairan dalam mulut dapat keluar dengan lancar dan tidak akan menghambat saluran pernafasan. Seperti yang telah diketahui penderita kejang-kejang akan mengeluarkan air liur dari mulut yang diakibatkan produksi air liur berlebih. hal ini dikarenakan syaraf yang mengatur kelenjar air liur tidak terkontrol lagi.

  4. Kompres dengan menggunakan kain bersih yang telah direndam dengan air hangat agar sistem peredaran darahh berjalan dengan lancar. Perlu diingat, saat mengkompres tidak boleh menggunakan air dingin.

  5. Selama kejang sedang berlangsung tidak boleh memasukkan benda apapun ke dalam mulut anak termasuk memberinya obat-obatan.

  6. Gunakan obat penghilang kejang yang disarankan oleh dokter. Namun pemberian obat tersebut dimasukkan melalui lubang anus.

  7. Segera bawa anak ke dokter ahli terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh anak.

Agar tidak akan timbul masalah kesehatan yang berkaitan dengan kejang-kejang secara mendadak.  Orang tua harus memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi pada anak. Hal ini diperlukan agar sistem pertahanan tubuh tetap terjaga.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya