1/21/2016

Manfaat Kunyit Putih dan Efek Samping Kunyit Putih Terhadap Kesehatan Berikut Cara Mengolahnya

Manfaat Kunyit Putih dan Efek Samping Kunyit Putih Terhadap Kesehatan


Firdaus45.com – Sudah tahukah manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh? Kunyit putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit putih memiliki bentuk dan daun yang sama halnya dengan kunyit kuning.

Namun rasa yang dimiliki pada kunyit putih jauh berbeda dengan kunyit kuning. Saat masih segar kunyit putih rasanya hambar, namun saat sudah dikeringkan atau sudah dalam bentuk bubuk rasanya sangat pahit.

Pohon dan Bunga Kunyit Putih

Dibalik rasa pahit yang dimiliki kunyit putih menyimpan beberapa manfaat yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada kunyit ptuih mampu membasmi jenis-jenis penyakit berbahaya yang menyerang anggota tubuh.

Kunyit putih sebagian besar memang banyak digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Pada zaman terdahulu pengobatan masalah penyakit tidak lepas dengan bahan yang satu ini. Nenek  moyang kita telah lama memanfaatkan kunyit putih sebagai bahan penyembuhan.

Sangat  jarang ditemukan penggunaan kunyit putih sebagai pelengkap bumbu memasak..Walupun satu anggota dengan kunyit kuning, namun manfaatnya jauh berbeda dalam dunia dapur. Manfaat kunyit putih banyak ditemukan pada dunia kesehatan. Kunyit putih memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat berlimpah. Tentu saja hal tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meingkatkan kesehatan.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat kunyit putih terhadap kesehatan yang harus diketahui oleh semua orang. Selain itu resep dan cara penggunaannya dalam menangani berbagai macam penyakit juga akan dibahas dalam laman firdaus45.com.

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit maag




Timbulnya penyakit maag memang membuat penderita merasa tidak nyaman dan merasa perih kesakitan. Penyakit maag diakibatkan karena kebiasaan pola makan yang tidak teratur, serta memakan jenis makanan yang memicu meningkatnya kadar asam lambung yang terlalu tinggi.  Untuk mengobatinya hal tersebut dapat menggunakan ramuan dari tananam herbal, yakni  kunyit putih.

Caranya :
  1. Sipakan Kunyit putih secukupnya
  2. Bersihkan dengan menggunakan air mengalir kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian.
  3. Rebus kunyit yang telah dipotong-potong tersebut dengan 500 cc air
  4. Tunggu beberapa saat,  sampai mendidih hingga airnya sisa separuhnya.
  5. Setelah itu saring ramuan tersebut dan tambahkan sedikit madu  kemudian minum selagi hangat.
  6. Minum 2 kali sehari, dosis 50 cc sekali minum.

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker




Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi penderita. Namun dengan doa dan usaha bukan berarti tidak bisa diatasinya. Setiap ada musibah pasti ada jalan keluarnya, yaitu salah satu jalan keluar untuk mengatasi penyakit kanker tersebut adalah dengan menggunakan kunyit putih. Jenis penyakti kanker yang kerap terjadi adalah kanker serviks dan kanker payudara.

Zat yang terkandung dalam kunyit mampu mengatasi sel kanker yang berupaya merusak sel sehat dalam tubuh. Cara mengatasi dengan kunyit putih juga tidak begitu rumit.

Caranya, kunyit putih dan beberapa bahan lain seperti keladi putih di cuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu sampai tinggal setengahnya. Saring dan dinginkan, kemudian minum namun sebelumnya dengan menambahkan campuran madu murni.

Menurut hasil dari sebuah penelitian yang telah banyak dilakukan oleh para ahli menyatakan zat yang terkandung dalam  kunyit putih mampu mengendalikan gejala kanker serta mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Selain itu, kunyit putih juga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan abnormal.

Manfaat Kunyit Putih untuk Mengobati Kista


Ilustrasi Kista Ovarium

Selain bermanfaat untuk mengobati kanker, kunyit putih juga dapat mengobati kista. Tumor jinak ini memang harus segera diobati secara medis. Akan tetapi, kita bisa membantu proses pengobatan kista dengan mengandalkan bahan-bahan alami, seperti menggunakan kunyit putih.

Cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih yang benar untuk kista adalah mencuci dan memotong kunyit putih, lalu menjemur kunyit putih sampai kering.

Setelah itu, rebus kunyit putih kering bersama dengan temu putih, tapak liman kering, pegangan kering, dan cakar ayam segar. Rebus semua bahan-bahan tersebut dalam 1 liter air dan biarkan sampai menjadi setengahnya. Saring air rebusan bahan-bahan alami tadi dan minumlah sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, ada beberapa manfaat kunyit putih yang laiinya yaitu:

1. Anti nyeri
Kunir putih dapat dimanfaatkan sebagai obat anti nyeri. Penggunaan kunyi putih sebagai obat analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit bergantung pada seberapa banyak Anda menggunakannya.

2. Antibakteri
Kunyit putih juga dipercaya dapat menekan jumlah mikroba yang banyak terdapat di mulut. Khasiatnya luarbiasa karena menunjukkan hasil yang sama seperti obat kumur yang beredar di pasaran.

3. Antijamur
Bila Anda bisa membuat ekstrak dari kunyit putih, Anda bisa menggunakan ekstrak tersebut untuk mengobati jamur yang tumbuh subur di sekitar tubuh Anda.

Beberapa jamur yang dapat diobat menggunakan kunyi putih diantaranya panu kadas dan kurap.

4. Antiracun
Selain untuk mengobati panu kadas dan kurap, ekstrak kunyit putih juga dapat dimanfaatkan sebagai antiracun atau penawar racun dari bisa ular. Hal tersebut bisa terjadi karena kunyit putih dapat menghambat aktifitas dari racun ular.

5. Antioksidan
Minyak esensial yang terbuat dari ekstrak kunyit putih dipercaya dapat mengurangi radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh.

Kunyit putih juga diyakini bermanfaat untuk pengobatan gejala arthritis, asma, anti-rematik, dan obat diuretik.

6. Menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh
Kunyit putih yang dikonsumsi dengan benar juga akan membantu Anda menurunkan kadar gula dalam darah Anda.

7. Sebagai bahan obat untuk wanita
Mengatasi keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan juga memperlancar haid merupakan salah satu manfaat yang diperoleh dari konsumsi kunyit putih dengan jumlah yang benar.

8. Anti-inflamasi
Tanaman ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat anti-inflamasi (peradangan atau pembengkakan).


Efek Samping dari Kunyit Putih

Kunyit putih walaupun termasuk jenis tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Namun, juga memiliki efek samping, hanya saja jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur. Penggunaan kunyit putih secara berlebihan memang berdampak buruk pada kesehatan.

Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit putih yang tidak sesuai aturan atau melebihi batas yang telah dianjurkan dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah. Hal ini jika terjadi secara terus-menerus dapat merusak sel darah merah seperti anemia.

Kunyit putih juga dapat berperan dalam proses penurunan gula darah dalam tubuh. Jika dikonsumsi pada orang yang memiliki kadar gula dibawah normal secara berlebihan dapat memicu kekurangan kadar gula dalam darah. Kondisi tersebut biasa terjadi,  dengan istilah hypoglycemia atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.

Selain itu, bagi ibu hamil juga perlu berhati-hati dalam penggunaan kunyit putih. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi kunyit putih konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli kandungan terdekat. Agar tidak akan terjadi hal-hal seperti yang tidak diinginkan.

Artikel Menarik Lainnya