1/10/2016

Perlu Diketahui, 5 Alasan Harus Memilih Popok Bayi Berbahan Kain

Perlu Diketahui, 5 Alasan Harus Memilih Popok Bayi Berbahan Kain

Firdaus45 - Memberikan popok pada bayi merupakan salah satu kebutuhan utama yang harus dilakukan oleh orang tua. Tapi, kadang-kadang banyak orang tua yang hanya ikut-ikutan trend . Misalnya memilih merk popok bayi terpopuler, merk popok bayi terbaik dan merk popok bayi paling aman tetapi hanya katanya.

Hal ini yang membuat kondisi yang mengkhawatirkan karena belum tentu aman. Sebelum memberikan popok pada bayi, orang tua harus bisa membedakan mana ciri-ciri popok bayi yang berkualitas dan jenis popok bayi yang sehat. Penggunaan popok pada bayi yang bekualitas bagus ini bertujuan untuk mencegah air kencing bayi dan kotoran bayi merembes keluar secara langsung.

popok bayi

Namun penggunaan popok bayi saat ini yang sering ditemukan adalah penggunaan popok bayi yang sifatnya sekali pakai. Secara sekilas popok bayi yang cara penggunaannya bersifat sekali pakai memang lebih praktis dan mudah dalam penggunaannya.

Akan tetapi secara tidak disadari popok bayi yang hanya dapat digunakan satu kali pemakaian tersebut justru dapat menimbulkan efek negatif pada bayi.

Dengan demikian, sebaiknya popok bayi yang digunakan berbahan kain dengan kualitas terbaik. Mengapa harus memilih popok bayi yang berbahan kain? Pastinya manfaat popok kain yang menjadi alasan-alasan tersendiri bagi kesehatan bayi. Berikut ini penjelasannya dari alasan harus memilih popok yang berbahan kain untuk digunakan pada bayi.

1. Kulit bayi lebih sehat tanpa terjadi iritasi

Penggunaan popok bayi yang bersifat sekali pakai banyak menimbulkan suatu masalah, yang sering terjadi adalah timbulnya masalah ruam-ruam pada kulit bayi. Masalah tersebut dapat terjadi karena permukaan dari popok sekali pakai terlalu rapat dan lembab sehingga kulit bayi sulit mendapatkan sirkulasi udara untuk bernapas dengan lega.

Selain itu, popok bayi yang satu kali pakai menggunakan campuran dari bahan kimia, hal tersebut merupakan salah satu penyebab utama timbulnya masalah kulit. Sedangkan penggunaan popok kain akan memberikan efek lebih baik karena bahan kain yang lebih alami dan memiliki pori-pori cukup. Sehingga kulit bayi dapat leluasa dalam memerlukan udara bebas.

2. Memudahkan ketika melatih bayi buang air

Suatu masalah yang sering terjadi pada penggunaan popok bayi berbahan kain adalah terjadinya perembesan ketika bayi buang air atau buang kotoran. Justru masalah tersebut akan membuat anak terlatih sejak dini karena dapat mengetahui kapan waktunya buang air. Tentu saja hal ini dapat dilakukan ketika anak sudah memiliki usia yang cukup.

3. Harga lebih hemat

Popok kain pada bayi cenderung memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan popok bayi yang sifatnya sekali pakai.  Popok bayi sekali pakai tidak boleh digunakan berulang kali dan harus segera dibuang ketika sudah digunakan. Sedangkan Popok bayi yang berbahan kain dapat digunakan dalam waktu yang lama. Sehingga membuat pengeluaran lebih hemat, disisi lain jua lebi menyeatkan kulit bayi.

4. Popok kain bisa dicuci dan digunakan lagi

Popok bayi yang berbahan kain lebih muda untuk dicuci dan tidak memerlukan perlakuan secara khusus. Hanya saja bersihkan dibawah air yang mengalir dari sisa kotoran atau air seni milik bayi kemudian cuci hingga bersih menggunakan sabun. Untuk selanjutnya setelah dicuci dan dikeringkan, popok bayi tersebut sudah siap untuk digunakan kembali.

5. Tidak memiliki ukuran kusus

Popok bayi  yang berbahan dari kain berbeda dengan popok sekali pakai, karena popok bayi berbahan kain tidak memiliki ukuran kusus seingga dapat digunakan oleh bayi dengan segala ukuran dan usia. Popok bayi berbahan kain dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, mulai anak berusia beberapa hari hingga sudah cukup besar. Hal yang paling menarik lainnya dari popok bayi berbahan kain tersebut adalah dapat disimpan dan dgunakan ketika memiliki anak lagi.

Beberapa alasan itulah, kalangan orang tua harus memilih dengan menggunakan popok bayi yang berbahan kain. Semoga artikel mengenai “5 Alasan Harus Memilih Popok Bayi Berbahan Kain” dapat bermanfaat.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya