1/14/2016

Inilah Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan Yang Harus Diketahui

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan Yang Belum Diketahui

Firdaus45.com - Labu siam dikenal banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan. Labu siam memiliki nama lain yang biasa disebut dengan labu air. Jenis labu siam banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar orang sebagai sayuran.

Jenis sayuran labu siam tersebut banyak mengandung kalsium, polifenol, saponin, dan jenis vitamin C. Labu siam memiliki bentuk yang lonjong seperti halnya buah alpukat serta memiliki warna kulit hijau. Walaupun banyak yang memanfaatkan sayuran labu siam, namun tidak semua orang mengetahui manfaatnya yang didapatkan.


Dengan demikian dalam laman firdaus45.com akan membantu mencari tahu manfaat yang didapatkan dari labu siam. Agar semua orang yang menyukai sayuran labu siam tidak hanya sekedar mengkonsumsinya, namun mengetahui manfaat yang didapatkan.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat berlimpah dari labu siam yang harus diketahui oleh sebagian besar orang adalah sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit panas dalam secara alami

Labu siam banyak mengadung senyawa aktif yang berupa sponin dan polifenol. Kedua senyawa tersebut bersifat dingin. Sehingga dapat menurunkan suhu panas pada tubuh yang terlalu tinggi. Suhu  panas dalam tubuh ini menyebabkan dehidrasi karena menguras cairan dalam tubuh yang ekstra besar. Selain itu juga menyebakan peradangan pada tenggorokan, timbulnya penyakit sariawan dan  penyakit saluran pencernaan lainnya. Dengan demikian mengkonsumsi sayuran labu siam mampu menetralisir berbagai masalah penyakit panas dalam.

2. Menguatkan tulang

Kandungan mineral kalsium pada labu siam cukup melimpah sehingga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Jumlah asupan kalsium yang tercukupi dalam kesehariannya akan berdampak memiliki tulang yang kuat.  Sehingga terhindar dari masalah pengeroposan tulang.

3. Meningkatkan stamina

Zat  potasium yang terkandung dalam labu siam merupakan ion elektrolit yang dapat berperan untuk menjaga stamina tubuh. Sehingga sayuran albu siam sangat cocok dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki pekerjaan berat, seperti para atlet, pekerja kasar dan lain sebagianya.

4. Menyembuhkan kembung

Perut yang sering mengalami masalah kembung atau adanya pengedapan angin yang sulit untuk keluar, Maka dengan mengkonsumsi labu siam secara teratur  mampu mengurangi gangguan kembung tersebut. Hal ini merupakan peran dari kandungan zat diuretik didalamnya. Mekanisme dari zat diuretik tersebut adalah untuk menguraikan gas sisa metobolisme yang tidak bisa keluar dari dalam sistem pencernaan.

5. Mengobati penyakit batu ginjal

Seperti dari hasil dalam sebuah penelitian oleh para ahli, yang diadakan di Universitas North Florida. Menyatakan bahwa labu air/ labu siam  dapat berpotensi untuk mengurangi glikogen yang ada dalam darah, sehingga masalah penyakit-penyakit turunan seperti diabetes, dan batu ginjal,dapat teratasi dengan mudah.

6. Mencegah penyakit kolesterol

Nutrisi yang terkandung dalam labu siam dapat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit kolesterol. Dengan demikian labu siam sangat berperan bagus untuk membantu mempercepat penyembuahn bagi penderita penyakit kolesterol. Cara mengkonsumsinya hanya dengan merebusnya tanpa menggunakan campuran bumbu sama sekali. dan dimakan secara teratur dan rutin.

7. Menurunkan tekanan darah

Labu siam tidak mengandung senyawa kolesterol maupun lemak jahat serta memiliki kandungan karbohidrat rendah. Hal tersebut dapat melonggarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah yang berlebihan.

8. Mengandung folat untuk kesempurnaan bayi

Bagi para ibu hamil dengan mengonsumsi labu siam secara teratur sangat dianjurkan karena dapat berperan dalam mengatur kesempurnaan pertumbuhan janin. Labu siam banyak mengandung sejumlah vitamin B dan Folat yang mampu memenuhi kebutuhan sekitar 25% untuk tubuh. Zat Folat sangat diperlukan dalam perkembangan janin dengan baik dan menghindari bayi lahir cacat.

9. Mencegah penyakit sembelit

Sembelit merupakan salah satu jenis  penyakit yang ditimbulkan karena tubuh kita kekurangan serat. Kurangnya jumlah asupan kadar air dan serat dalam tubuh akan menghambat jalannya feses di usus besar sampai ke anus. Labu siam dikenal banyak mengandung serat dan senyawa-senyawa yang berguna untuk mendinginkan suhu organ pencernaan serta melancarkan sistem metabolisme

10. Mengurangi resiko penyakit jantung

Vitamin C serta zat pendukung lainnya yang terkadung dalam  labu siam merupak penyumbang zat antioksidan di dalam tubuh. Jumlah zat antioksidan dalam tubuh yang semakin meningkat mampu melancarkan kinerja organ-organ tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan kinerja organ jantung. Sehingga masalah penyakit jantung dapat terminimalisir.

11. Mengurangi resiko terkena kanker

Kandungan vitamin C dalam labu siam terbilang cukup berlimpah. Setiap per 100 gram labu siam terdapat  jumlah vitamin c sekkitar 7,7 miligram. Vitamin C memiliki peran yang sangat penting dalam mengusir radikal bebas dalam tubuh. Selain itu dapat membuat sistem imun tubuh akan semakin meningkat sehingga resiko timbunya sel kanker dapat dicegah.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya